BEAUTIESQUAD MAKE UP CHALLENGE - INDEPENDENCE DAY

by - August 16, 2017

Bukan jawaban yang mudah kalo ada yang nanya, "Apa makna kemerdekaan bagi kamu?". Rasanya pengen nyebur ke kolam es dawet lalu nelen cincaunya banyak banyak deh, biar kenyang. Kan kalo kenyang pikiran tenang. 
Ya gimana, bagiku, itu adalah salah satu pertanyaan susah yang entah kenapa aku malah pengen balik nanya: "lha emangnya kita udah merdeka?"

Hahaha.

Oke, sebelum kita menjawab pertanyaan nasionalis di atas, mari kita berpikir sederhana saja. Kira-kira apa sih yang udah kita lakukan untuk negara tercinta ini, Indonesia?
Ada yang bisa bantu jawab?

Lhoh malah lempar pertanyaan, T.T

Aku jawab menurut versiku kalo gitu.
Kemerdekaan itu dapat diartikan sebagai kebebasan. Ya bebas apa? Bebas dari segala bentuk penindasan dan kekuasaan. 
Masihkah kita terkekang dan ngga bisa memilih jalan hidup sendiri? 
Atau apakah kita dipaksa melakukan sesuatu yang ngga kita suka?

Makna kemerdekaan sebenernya ngga sekadar De Facto dan De Jure. Kemerdekaan bukan cuma sebatas iming-iming diakui. Dan letak merdeka justru ketika kita udah bisa menentukan nasib sendiri dengan rasa penuh tanggungjawab. 
Cukup mudah kok mudah untuk mewujudkan kepedulian kita terhadap Indonesia, misalnya dengan menumbuhkan rasa bangga dan mencintai karya anak bangsa. Kalo kita udah peduli, berarti kita udah turut membangun bangsa supaya lebih maju. Ngga bergantung pada bangsa lain, kan Indonesia negara yang kaya.

Sounds petty memang.

Wong apa yang aku lakukan buat negara tercinta itu belum seberapa. Emang sih, aku sering jadi petugas upacara di sekolah, pernah juga jadi Guru Komunikasi di SMK Broadcasting, atau sekali dua bikin tayangan bertema kemerdekaan.
Tapi aku kan cuma wanita di balik layar, yang yaaa...ngga dianggep juga ngga papa. Udah biasa.
*Padahal aslinya nangis tapi bersyukur karena ngga ketahuan*

Sekarang yang terpenting buatku adalah menjadi Ibu yang baik serta menanamkan rasa percaya diri akan potensi yang dimiliki kepada anak maupun diri sendiri. Karena nantinya, potensi yang kita miliki adalah kebanggaan bangsa juga. 
Aku yakin, kebanggaan pada bangsa dan negara merupakan langkah awal menuju kemerdekaan yang sesungguhnya.

Nah, sebagai Ibu yang kudu cerdas memanfaatkan waktu, energi dan pikiran, tinggal gimana caranya kita tetep beraktivitas tanpa merasa dikekang atas nama udah berkeluarga. Caraku biar ngga stress dengan kerjaan di rumah adalah dengan tetep menekuni hobbyku, yaitu belajar make up.
Nyambung juga arahnya ke make up LOL.

So please, ijinkanku kali ini bikin Make Up Look bertemakan Independence Day Make Up yang berkolaborasi sama BEAUTIESQUAD. Itu loh, grup beauty blogger yang owsem dan saling belajar lewat kolaborasi. *salim satu satu*
Mengusung semangat nasionalisme, Make Up Collaboration kali ini bakalan diramaikan dengan warna merah dan putih sebagai lambang kebesaran bangsa Indonesia. 




Dan ya, ini adalah pertama kalinya aku ikutan BEAUTIESQUAD MAKE UP CHALLENGE, jadi ampun deh kalo hasilnya ngga seberapa, namanya juga sambil belajar. Mana tadinya aku mau sok sok an beli Face Painting dan hunting eyeshadow yang warna merahnya ngejreng. Tapi tenyata isi dompet menjawab sifat muluk-mulukku yang yaudahlaya, manfaatin aja yang ada. Namanya juga ibuk ibuk yakan, prioritas kebutuhan adalah rumah tangga.

Bare Face
Aku akuin sempat kocrat kacrit mau nanya ama siapa juga bingung. Eh entah dink bingung atau malu atau gengsi. Yang jelas aku nonton youtube buat inspirasi make up nya. 
Nah lo, alat make up seadanya tapi tontonannya youtubers yang udah Pro. Sok sok an nya makin jadi. Tapi lagi-lagi balik lagi ke budget dan skill.
Gimana caraku nyiasatinnya? Gimana hasilnya?
Kalo kamu perhatikan, problem utama aku adalah pori besar dan geradakan. Ini mewajibkan aku untuk memilih skincare yang ringan dan aman. Ngga mau ah, abis make up-an malah wajah jadi makin jerawatan.
Aku pake produk Indonesia donk ya, biar nyambung dengan tema Independence Day. 
Dan tahu sendiri lah disamping harganya ramah, juga disesuaikan sama kulit orang beriklim tropis. Soal kualitas ngga usah ditanya, sekarang banyak kan produk Indonesia makin melalang buana dan dikenal di luar negeri? Aku makin cinta Indonesia.

So, product yang aku pake adalah:
Face: 
Viva Sunscreen Foundation Cream
Wardah Luminous Creamy Foundation
Wardah Luminous Two Way Cake
Mustika Ratu Oxygenated Spray

Eyebrow:
Viva Eyebrow Pencil Black

Cheeks:
Caring Colours Luxurious Perfecting Blush - Rose Desire

Eyes:
Caring Colours Happy Lip Colour - 19 Sexy Bounce
Viva Cream Eyeshadow Putih
Viva Cream Eyeshadow Merah
LT Pro Eyeliner Pencil Waterproof
Viva Perfecting Eyelash Mascara

Lip:
Caring Colours Happy Lip Colour - 19 Sexy Bounce


Sebelum aku pake make up, hal yang perlu dilakukan untuk pemilik pori besar adalah dengan memakaikan es batu pada seluruh wajah. Biar apa? Biar pori nutup dan make up nya awet.
Abis itu, baru aku lanjut pake Viva Sunscreen Cream yang bisa digunakan juga sebagai make up base. Hasilnya matte abis dipake.
Trus aku pake Foundation dari wardah yang cream dan di set dengan Two Way Cake nya. Cuma ditepuk tepuk pelan dan ngga usah heboh, yang penting ngga kelihatan demek dan bikin pori makin jelas. Langkah akhir dari dempulin wajah ini aku lengkapin dengan menyemprotkan Mustika Ratu Oxygenated Spray.


Untuk bagian alis, aku pakein Viva Eyebrow warna hitam dengan cukup mengikuti bentuk dasar alis. Eh aku tuh emang suka banget alis warna item, kayak lebih seksi aja gitu. Hehehe.
Di Make Up Collaboration barengan Beautiesquad ini aku cukup berani bikin alis supaya lebih mempertegas sekitar mata aja. Soalnya, aku emang bikin look simple tapi manis.

Lalu di bagian kelopak mata, aku pulaskan tipis-tipis lipstick shade Sexy Bounce dari Caring Colours karena menurutku kalo kita cuma mainin eyeshadow, warna merahnya susah keluar. 
Ya tapi namanya lipstick dipakein ke kulit, apalagi kulit kelopak mataku berminyak, jadi hasil awalnya malah mataku kelihatan lengket dan cakey. DOH. Yaudah, aku campur ama eyeshadow viva warna merah. Aku ratain bener-bener deh di bagian mata ini, lumayan susah buatku yang masih pemula.
Sekarang ke bagian bawah mata. Aku cuma pakein Eyeshadow Cream putih dari Viva. Warnanya keluar kok, dan aplikasinya pake brush kecil aja ya biar rapi.

Niat sebelumnya, aku mau bikin Winged Eyeliner yang cukup panjang, tapi aku ngga bisa cobaaa... Huhu.
Jadi aku bikin dua winged eyeliner versi kecil, warna hitam dan merah. Aku pake Eyeliner Pencil dari LT Pro yang warna hitamnya kreng dan waterproof. Bawahnya, aku aplikasikan lipstick merah pake brush kecil lagi. Trus dilengkapin sama Mascara dari Viva biar matanya jadi sedikit lebih terbuka.

Beralih ke bagian pipi nih. Aku serahin ke Caring Colours Luxurious Perfecting Blush shade Rose Desire. Warnanya ngga terlalu pigmented, tapi cukuplah kalo buat make up simple. Aku belum ngerti shading soalnya.
Trus cara bikin stamp bendera merah putih itu gampil kok. Aku pakein lagi Foundation Cream tipis aja, baru deh diwarna pake Lipstick warna merah dan Eyeshadow Cream warna putih. 

Naaah, hasilnya oke kan...walopun ngga matte. Yang penting mah dapet warnanya. Hehehe, siapa dulu donk...*minta di toyooor*


Oke yang terakhir sentuhan lipstick merah. Langsung poles gitu aja, ngga banyak mainin juga di bibir. Kenapa? Karena bibirku tebel dan kering. Lipstick Caring ini cocok buat aku, yang aku suka, di bagian tengahnya ada semacam pelembabnya. Jadi hasilnya sedikit glossy.
Dan ngga lupa aku kasih highlighter di bagian ujung hidung, atas bibir, tulang pipi dan sekitar mata, pake Viva Eyeshadow Cream putih.

Simple dan manis kan? *muji diri sendiri*


Iya donk, gimana aku ngga semangat, orang yang ikut Beautiesquad Make Up Challnge ini bagus bagus banget. Bahkan banyak yang berani berkreasi dengan dominasi warna merah putih. Kayak Alifah ini contohnya, kreatif dan cantik.

Pasti pengen tahu kan gimana make up ala Alifah?
Langsung cus ke blog nya dengan klik aja foto di bawah ini. 
Dijamin kece!


Cek juga Make Up Beauty Blogger lain guys. Asli, cantik cantik deh ya... Makin seneng karena udah gabung bareng belajar bareng seru-seruan bareng. YEAY!

You May Also Like

2 komentar

INSTAGRAM