SELERA MUSIK ALYA

by - March 06, 2018

Kemarin, suami tiba-tiba ngasih tahu kejadian lucu yang Alya lakukan. Hal yang biasa aja sih, tapi aku share supaya enggak jadi perdebatan. Nanti aku dikira enggak kasih Alya video-video edukasi anak. Kok selera Alya kayak orang dewasa sih, kan kasihan masa anak-anaknya hilang. Eerrrmmmm kayak apaan aja. Hahaha.


Jadi Alya ini ditanyain sama tetangga ku yang masih satu komplek. Begini lengkapnya.

Tetangga : "Alya sukanya lagu apa?"
Alya :"Paradise om..."
Tetangga : "Hah paradise?"

Supaya enggak salah paham, suami langsung menimpali dan ngasih pengertian donk, kalo paradise yang dimaksud adalah lagunya coldplay. Emang awalnya Alya suka karakter utama di video klip tersebut, yaitu gajah. Itu sejak umur setahun. Lalu lama-lama dia hafal, dan suka nyanyiin lagu paradise ini.

Oke mashyoook akal kan jawabannya.

Eeeeeh ternyata tanya jawabnya engga sampai di situ doank nih. Si tetangga pengen tahu lebih banyak donk. Trus nanya lagi.

Tetangga : "Emangnya Alya suka lagu-lagunya siapa sih?"
Alya : "Itu lho om, Bruno Mars. Keren"

Hayoloh. Malah sampe Bruno Mars.
Suamiku kasih pengertian lagi, kalo emaknya yang emang suka dengerin Bruno Mars. Dan mau enggak mau ya Alya dengerin. Apalagi pas aku banyak kerjaan dan otakku penuh, otomatis bakalan karaoke Bruno Mars lengkap pake teriak-teriak di dalam rumah. Beuuugh enggak perlu ke Inul Vista aku udah bahagia.

Eh, kok malah jadi ngomongin diri sendiri, begimane ceritanye?

via GIPHY

Oke skip ya. 
Intinya, abis suami laporan ke aku dan kami ketawa-ketawa doank, beberapa setelahnya kami terdiam bareng. Mikir. Kira-kira apa ya yang dipikirkan tetangga. Hahahaha mikirnya telat ya cuy. Ya maaf. Lemot ku emang maksimal.


Mungkin ada beberapa dari kalian juga yang nanyain karena aku sering IGs pas Alya nyanyi-nyanyi di rumah. 
"Eh yos, Alya kamu cekokin musik apa sih? Kok sampe jarang nyanyi anak-anak?"

WELL WELL WELL.

Enggak, aku enggak marah. Wajar kok kalian nanya. Toh enggak ada yang salah kan? Hehehe.

Sebenarnya, aku sendiri enggak ngajarin dan nyuruh Alya buat hafalin lagu-lagu yang aku dengerin. Iya aku tiap hari playing random music, such as Arctic Monkeys, The Beatles, Bjork, Ladytron, sampai Selena Gomez. Random amat kan sist. Kayak enggak kenal waktu aja sih kalo ini. Karena musik bagiku adalah salah satu mood booster ampuh menangkal stress. Gini lho, daripada aku keluar rumah ninggalin Alya buat nonton gigs, mending sekarang aku head bang di rumah. Begitulah kira-kira penggambarannya.

Lalu... akhirnya Alya juga ikut dengerin. Mau enggak mau. Suka enggak suka. Serah dia kok pokoknya. 


Jadi misal dia suka ya dia ikutan nyanyi. Tapi jangan salah juga. Di balik aku dengerin musik-musikku, kalau pas intens sama Alya ya aku prefer ngajarin dia lagu anak-anak. Dia cukup hafal juga kok lagu anak-anak dalam bahasa indonesia dan juga bahasa inggris. Sedangkan kalo dia minta setelin lagu-lagu di youtube ya mintanya lagu sebangsa soundtrack Moana, Tangled, Frozen, dan yang princess-princess gitu deh.  Dari bayi mah ini, sukanya Frozen. Apalagi sekarang umurnya udah mau 3 tahun, lumayan mudeng lah buat ngerti selera dan tahu jalan cerita di film.

Trus di sekolah dia juga JELAS nyanyinya lagu anak-anak. Engga mungkin di sekolah disuruh ngapalin lagu-lagu OST La La Land kan. Hahaha. Genggeus ah.

Baca juga: Jangan Terlalu Memaksakan Selera

Aku sadar kok, selera musik Alya emang agak berbeda. Cuma ya harus digarisbawahi. Aku mikirnya, ini karena semua aktivitas kami lakukan di rumah. Baik aku, suami, maupun Alya lebih sering di rumah dan jarang terpisah. Bisa dibayangkan kan, pasti ada kegiatan di rumah. Kerja, masak, makan, nyuci, sampai mainan juga di rumah. Paling kalo mau jalan-jalan itu tiap pagi sama sore. Cari anginlah biar enggak sumpek.

Hiburan kami di rumah ya itu-itu aja. Makanya kami berusaha banget, supaya rumah kami bener-bener nyaman. Misal pasang TV Cable, wifi yang unlimited, granery jangan sampai empty my lord, itu sebuah keharusan supaya enggak bosan.

Fungsi TV sendiri jarang dipake. Alya jarang mau nonton TV lama-lama. Dia lebih suka maen ke luar, masak-masak, atau apa lah jingkrak-jingkrak kayak umumnya anak kecil.

via GIPHY

Kerja di rumah kan juga banyak tantangannya, mungkin juga double stressnya. Di sisi lain aku kudu kelarin kerjaan, tapi Alya juga butuh perhatian. Kalo udah gitu ya musik lah yang jadi penyelamat jiwa raga ini, supaya enggak gila-gila amat cuy.

Bingungnya, kadang Alya sengaja ngajak aku maen ketika kerjaan numpuk. Misal "Ma, nyanyi yok" Kan aku enggak bisa nolak ya hahaha. Mungkin kalo ngajaknya maen pasir, ya bisanya cuma aku temenin sambil tetep kerja. Tapi kalo karaoke di rumah kan akunya juga suka. 

Naaah, dari situlah kemudian Alya suka nyanyi apa aja. Sering juga sih, aku denger dia lirih nyanyi

So give me coffee and TV
Peacefully

I've seen so much, I'm going blind

And I'm brain-dead virtually



Tahu itu lagu apa? Ya benar, Blur, Coffee and TV. Lucu ya, padahal aku sama suami nyetelnya enggak yang sering lho. Of course, ini jadi lagu favoritnya Alya saat ini. Oh tentu ada alasannya donk, kenapa dia suka lagu ini. Karena di video klipnya Coffee and TV kan tokohnya kotak susu. Trus dia klaim sebagai susu yang biasa dia minum: "Itu susunya Alya"
Hayasudah, enggak papa. Susunya emang kotakan gitu kok. 

Ngomong-ngomong, selera Alya begini emang mirip waktu aku masih kecil dulu. Kata Papa Mama, aku juga sering nyanyi lagunya Anggun C Sasmi, The Beatles, dll. Alasannya juga sama. Papa Mama sering nyetel kaset-kaset yang mereka suka. Dan aku ikutan nyanyi juga.

Trus parahnya lagi, aku pernah MAKSA MAU manggung pas tujuhbelasan dengan membawakan lagu Unchained Melodi-nya Elvis Presley. Mmmm mantep kan pedenya. Sialnya, band tujuhbelasan di kampung ternyata enggak bisa ngiringin pake lagu ini. Padahal ku sudah dandan cantique pake celana monyet. Aaaah aku ingat sekali. Karena disitulah aku jadi malu sendiri. LOL.


Ini belum aku ceritain ke Alya sih. Nanti lah kalo dia udah siap dengerin cerita emaknya yang sungguh konyol. Yaaah daripada dia tahu cerita ini dari orang lain, mending ku yang duluan cerita. Asique.

Jadi ya begitulah ceritanya kenapa Alya suka dengerin lagu-lagu orang dewasa. Ya karena keadaan dan ketidaksengajaan. Mana ada aku berlomba biar Alya hafal lagu antimainstream. Apa hadiahnya coba. Kan engga ada.

Sebagai seorang ibu jelas aku pengen Alya bertingkah sesuai umurnya. Mau selera tontonan, musik, ataupun mainan ya aku usahakan sama kayak temen-temennya.

TAPI.

Aku juga enggak mau donk, terus melenyapkan selera musikku begitu saja. Masak aku kudu nunggu Alya tidur dulu sih baru dengerin musik. Ya mana mau, aku keburu stress cuy.


Oke, udah sepaham ya. Mungkin ada dari kalian yang punya pengalaman sama, kita toss dulu ah. Jangan anggap anak kita udah kayak orang dewasa, mungkin kitanya aja yang terlalu berprasangka. Yaaa selama nyanyinya bukan yang nyinggung sara dan saru juga, kan enggak apa-apa. Hehehe.

Yaudah, cukup lega bisa sharing di sini. Nanti kalo ada yang tanya lagi, tinggal aku kasih link ini. Mungkin ada yang nambahin atau sharing di kolom komen, boleh bangeeet.

Sip. Muach.

You May Also Like

6 komentar

  1. anak-anak ingatannya tajam banget ya mba. Gimanapun juga kadang kita nggak sengaja kan, nyetel lagu eh anak ikutan dengar malah hafal. Asalkan liriknya masih pantas aja. Kalau saya kebalik, justru sering bersenandung lagu anak - anak gara-gara keseringan diputar di rumah pagi siang malam haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya aku juga sering nyanyi lagu anak-anak kok. Tapi enggak tahu nih, abis alya makin gedhe, aku jadi ngerasa lebih free buat nekunin hobby lagi, yaitu...nyanyi.
      Hihihih

      Delete
  2. Aku suka setel lagu-laguku tapi anakku tetep memilih untuk nyayiin lagi dari chucu TV hahaha.... Beda-beda anak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chucu TV lumayan lengkap ya. Dulu alya pernah suka. Tapi sekarang udah bosen katanya. Hehehe.

      Delete
  3. Hahahaha 😂 .. itulah ciri anak jaman Now ...
    Kalo nyanyiin lagu dewasa hafaaal banget..

    Ponakanku sejak dari TK sampai kelas 1 SD sekarang ini juga pinter nyanyiin lagu2 dewasa ... dan ngga pake malu2 kalo ditanggap rame2 karaokean 🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalo Alya cuma berani di rumah aja kok. :)

      Delete

INSTAGRAM