REVIEW HIMALAYA OIL CONTROL - LEMON FACE WASH

by - February 02, 2019

Setelah ngerasa cukup percaya diri mengenal kondisi kulit plus sedikit tahu ingredients yang cocok,  jadi aku lebih bebas mau gonta-ganti produk skincare. Asal first cleansernya cocok saja, second cleanser insyaallah aman buat diutak-atik. Apalagi aku bosenan, ada produk menarik dikit saja di rak skincare, hawanya pengen nyobain. Ternyata selama ini bukan kulitku yang rewel, melainkan aku enggak ngerti apa yang dia inginkan. Sedih ya, tahunya ketika sudah 30 tahun loh haha.


Nah, beberapa pekan lalu aku ke Guardian. Niat awalnya sih mau beli hair oil, eeeh ternyata baru keingetan facial wash juga habis. Iseng, aku lihat ada Himalaya Oil Control Face Wash yang varian Lemon. Oh wow, aku lupa, dulu sebelum nikah, pernah beli yang varian Neem and Tumeric dan kerasa gentle banget. Sayangnya, waktu itu kurang cocok di kulit, emmm mungkin karena belum menerapkan double cleansing kali ya. Maka, aku putuskan buat nyobain varian lemon saja, sekalian buat perbandingan.

Well then, kalian mau tahu kan reviewnya gimana? 


PACKAGING


Jujur, ini pertama kalinya aku nyobain produk tanpa ngelihat packaging. Karena biasanya, aku lebih judge something by its cover. Kenapa? Ya kasihan para desainer lah cuy, sudah capek-capek bikin desain, enggak dipertimbangkan, heu.

Menurutku, desainnya biasa saja. Enggak wow yang cute atau nunjukkin ini herbal, alami, atau beda sama yang lainnya. Pun juga enggak terkesan wah. Okelah, karena harganya juga termasuk terjangkau. Cuma, lihat deh di bagian tutup flip top yang kesannya ringkih. Ini penting loh, mengingat kalau mengutamakan kualitas isi produk, setidaknya dikasih lapisan plastic sealed di bagian tutup luar, atau sealed tembaga di bagian dalam lubang botol. Apalagi lubang botolnya tuh besar, dan ketika keluarin, kadang kebanyakan. 

Point plusnya ada di bagian botol yang berwarna transparan dan bikin isinya kelihatan. Jadi enggak khawatir ada sisa enggak kalau mau dibuang.


INGREDIENTS

Aqua, Ammonium Lauryl Sulfate, Citrus Medica Limonum Fruit Extract, Cocamidopropyl Betaine, Sodium Cocoyl Glutamate & Disodium Cocoyl Glutamate, Glycerin, Honey, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Fragnance, Phenoxyethanol, Sodium Hydroxide, Hydrogenated Jojoba Oil, Citric Acid, Sodium Metabisulfite, Methylchloroisothiazolinone & Methylisothiazolinone, Disodium EDTA

Seingatku, dulu Himalaya ini gencar bilang kalau produknya enggak terdapat kandungan SLS. Yea i know, banyak beauty blogger yang akhirnya mempertanyakan SLS sama ALS apa bedanya. Wong sama-sama sulfate kok. Namanya juga face wash, kalau enggak ada kandungan sabunnya, pasti harganya manjat kan.

Nah, mungkin karena itulah Himalaya mengganti klaimnya. Ya sudah sih, jujur saja lebih enakeun ketimbang jadi kontra. Toh masih banyak yang pakai juga.

Oh iya, Himalaya juga pakai fragnance, tapi menurutku baunya lembut dan nyaman. Enggak nyegrak  di hidung. So, its no problem.

KLAIM


Himalaya Lemon Face Wash dilengkapi dua kandungan yang sangat bagus buat ngurusin minyak berlebih, yaitu Lemon dan Madu. 

Lemon memiliki efek menenangkan secara keseluruhan, karena efektif menghilangkan kotoran, dan membuat kulit terasa kenyal dan halus. Terus asam sitrat dari Lemon juga bikin kulit cerah dan lembut. Enggak cuma itu, bintik hitam, bintik penuaan, dan komedo bakal berangsur-angsur hilang kalau digunakan secara rutin.

Sementara madu, bermanfaat untuk menjaga kelembapan dan memberi nutrisi pada kulit. Bahkan konon berfungsi sebagai antiseptik alami karena mengandung agen antimikroba yang membunuh bakteri.


 TEKSTUR



Bagian yang aku suka dari produk ini adalah teksturnya. Aku suka bentuk gel kayak gini, yaaah walaupun ada butiran scrub biru kecilnya, tapi buatku Alhamdulillah enggak bikin break out apa. Tadinya pas sampai rumah, aku batin juga sih "wah mampus, ada scrubnya. Cocok enggak ya?"

Nah, pas aku pakai, kan aku gosokin ke tangan dulu tuh. Scrubnya lembut dong, enggak bikin perih yang gimana-gimana. Dan busanya juga enggak banyak. Kalau di kulitku, jatuhnya gentle. Aku enggak tahu butiran biru halus ini sebenernya dari apa dan buat apa. Karena kalau dipikir-pikir buat aesthetic saja, takutnya cuma bakalan bikin pori makin membesar. Semoga enggak sih ya.


PEFORMA


Aku pakai dua kali sehari, yaitu pagi dan malam hari. Caranya wajah dibasahin dulu, lalu tuang gel di telapak tangan, ratakan dengan kedua tangan, lalu pijat lembut ke wajah. Ini beneran enak banget loh rasanya. Seger, tapi juga lembut.

Selama kurang lebih dua minggu aku pakai Himalaya Lemon Face Wash, kulitku belum menunjukkan reaksi yang signifikan. Mengurangi minyak berlebih, yes off course. Bikin wajah lembut, buatku masih aman. Mencerahkan? Memudarkan bintik hitam? Belum terasa tuh!

Aku sempet lihat beberapa review orang-orang di female daily, katanya setelah memakai produk ini bikin wajah kayak ketarik gitu. Tapi beneran, di aku enggak. Mungkin karena wajahku sangat berminyak, jadi cocok-cocok saja. Efeknya pun enggak yang matte kok, masih ada kesan lembap kenyalnya.


Aku pakai ini barengan sama Suami. Enggak tahu tuh, Suamiku hobbynya nyomot face washku mulu, padahal kalau lagi belanja disuruh milih sendiri ogah. Ya wes, malah hemat haha. Eh ya enggak ding! Kalau satu botol isi 100 ml ini bisa aku habisin sendiri selama satu bulanan, bakalan lain ceritanya. Paling dua minggu juga sudah habis. ERRRR.

Terus efeknya di Suami apa? Suamiku kulitnya kering, tapi banyak blackhead dan milia gedhe di hidung. Katanya, "enak kok yang". Agak enggak percaya sih sama reviewnya LOL. Soalnya dia manutan dan enggak tahu mana produk yang tepat buat cuci muka. Wong sempet cuci muka saja sudah luar biasa baginya. Hadeeeh.

Baiklah, menurutku pribadi, produk ini cukupan. Enggak yang baguuus banget, tapi enggak ada salahnya juga dicoba. Aku sendiri pakai produk ini masih aman, enggak bikin nambah jerawat, dan enggak bikin wajah kusam. Hanya saja yang perlu diingat, suatu produk akan bekerja jika rangkaiannya juga tepat. Untungnya, enggak ngerusak perawatan skin barrier aku selama ini. 

Eh lupa, dari tadi ngoceh kalian belum tahu harganya ya. Oke, kemarin di Guardian harganya sekitar Rp 24.000. Varian yang lemon memang agak susah ditemukan dibanding yang Neem and Tumeric. Jadi, kalau pengen nyobain, mungkin hanya ada di store tertentu.

Face wash ini akan aku pakai selama beberapa bulan ke depan sebelum mau berganti ke yang baru. Ya buat membuktikan saja bahwa klaimnya enggak salah. Moga-moga bisa mencerahkan dan membuat bekas jerawat pudar. Amiiiin.

Kalau kalian ada yang pernah coba Himalaya Lemon Face Wash ini, boleh share juga di kolom komentar. Aku tunggu ya :)

You May Also Like

1 komentar

  1. wah aku sempat memakai produk himalaya. Tetapi wajahku malah iritasi. Mungkin tidak cocok, tetapi temanku anak farmasi bilang kalau kandungan dihimalaya itu bagus dan baik

    ReplyDelete