HAPPINESS MAKE UP COLLABORATION

by - March 17, 2019

Apa sih definisi bahagia menurut kalian? Punya duit banyak? Skripsi kelar? Punya Suami dambaan hati? Atau lunasin KPR? Well, seperti yang pernah kubilang, bahagia memang kadang enggak sesederhana itu. Ada banyak effort di baliknya.

Tapi gini deh, sejak aku menurunkan tingkat kepuasan diri, di situ aku menemukan secercah kebahagiaan yang... yah... banyak ditemui di sekitar kita. Kadar ekspektasi ternyata enggak perlu langsung muluk-muluk. Toh katanya, gapailah mimpi setinggi langit. Nyatanya, langit saja tingkatannya banyak, enggak bisa dong langsung yang langit ke tujuh. Maka dari itu, kalau dipikir-pikir, muasin diri harusnya dilihat dari kondisi. Nah, kebahagiaan yang sesungguhnya, adalah tentang bagaimana kita bisa berdamai dengan situasi, mencari hal-hal kecil yang membuat tersenyum, ataupun mengambil hikmah dari setiap kejadian tanpa terpaksa.

Wow, bijak juga ya yosa. Oh, tentu saja, pengalamanku banyak pahitnya ketimbang yang manis-manis. Cuma menurutku pribadi, hal-hal buruk cukup jadi pelajaran saja, enggak perlu dimenye-menyein lama-lama. Sekarang aku lebih suka share yang baik-baik, yang bisa menyalurkan kebahagiaan, simply karena aku ingin makin berpikir positif ke depan.

Seperti contohnya: make up.


Mungkin kalau kalian kenal aku berjuta tahun lalu, aku adalah cewek tomboy nan sinis lengkap dengan sarkasnya. Senggol bacok lah istilahnya. Ada yang dirasa enggak sepaham, woah, langsung panasan. Ada yang enggak up-to-date, ngira orang itu jauh ketinggalan. But as we know, manusia berubah seiring dengan usia, zaman, serta pengalaman.

Misal pengalamanku enggak pahit, barang kali aku akan tetap seperti dulu: menjadi manusia yang nyolotan tanpa peduli orang di sekitar.

Lantas hubungannya sama mekap apa?

Jujur saja dari dulu aku memang suka dandan. Entah itu alisan, entah itu pakai lipstick, atau sekedar buat foto-fotoan. Tapi ya sebatas itu doang, karena aku beranggapan orang yang mekap tebel itu hanya sekadar agar diperhatian. Cih, apaan buat menyenangkan diri sendiri. Wong kalau keluar enggak mekapan saja minder kok? Enggak usah menutupi kalau memang enggak pede. Ya enggak sih. Karena yang terjadi di aku sebaliknya, aku enggak pede kalau mekapan tebel. Aselik, lama-lama gatel.

Ketambahan aku bergaulnya sama cowok-cowok. Iya, temenku banyakan cowok ketimbang cewek. Enggak usah mikir macem-macem, presentase kru film cowok sama cewek, banyakan cowok di eraku. Di mataku, kebutuhan mekap harus pada tempatnya. Misal kondangan, ada acara, syuting, mantenan, atau special occasion lainnya. Seleb-seleb film dan televisi yang aku kenal nih ya, misal enggak syuting ya mereka bareface saja tuh. Enggak perlu berlebihan tiap hari mekap tebel kan?

Tapi kan makin ke sini kan enggak bisa gitu. Era media sosial gini, yang namanya beauty entusiast sama influencer makin banyak jumlahnya. Mekap semacam jadi kewajiban dan enggak bisa dibatesin sama yang namanya umur. Mau masih kecil atau sudah berumur sekalipun, seneng ya seneng. Siapa sih kita kalau mau ngurusin hidup orang?


Sudut pandangku jadi berubah gara-gara sekarang aku diakui sebagai beauty blogger. Rasanya nih, kalau enggak pakai eyebrow saja ke indomar**, ada yang kurang. Parahnya, kalau ketemu temen lama, kalau ketemu langsung mereka sering komplain "loh yos, kamu kok pucet". Mampus enggak lo! Di media sosial sering dandan, giliran kemana-mana bareface bikin kaget muke gile!

Kesimpulannya, menilai sebuah mekap enggak usah dibikin pusing, dibikin happy saja. Lagi mood pengen mekapan, ya enggak usah banyak mikir macam-macam. Begitu pula sebaliknya, lagi enggak mood mekapan, pede saja entah itu pucet atau enggak. Kunci dari itu semua adalah lagi-lagi kebahagiaan.


Ngomongin soal happy, tanggal 20 maret diklaim sebagai International Day of Happiness.  "Happiness for the entire human family is one of the main goals of the United Nations" . Jadi kita semua diserukan supaya mengisi hari dengan kebahagiaan. Karena semua orang berhak bahagia tanpa batasan apapun.

Untuk memperingatinya, Beautiesquad ngadain make up collaboration dengan tema Happiness Make Up. Sungguh ku gundah gulana.

Pertama, kondisi harian lagi enggak memungkinkan bikin look yang kesannya happy. Aku lagi banyak kerjaan, plus di rumah lagi banyak orang. Yang artinya aku bakal kesusahan photo session.
Kedua, aku lagi enggak ngerasa happy. Masih nuansa deg-deg-an, karena lagi nyiapin film pendek fiksi karya ku sendiri. 
Intinya, aku capek, lebih happy tiduran.

Pengennya ya kan?


Untungnya kemarin aku ada jeda waktu di rumah seharian. Jadi, look ini aku buat di hari terakhir deadline. Namun apesnya, seharian hujan, combo Suami lagi ada urusan. Jadilah, mekapku enggak bisa direpresentasikan secara jelas.

Ya maap ya. Aku sudah berusaha sekuat tenaga, but the pic is still not clear enough :(

Aku buat riasan dengan tema simply happy. Aku gunakan Foundation ringan yang shadenya natural, ditambah concealer tipis-tipis di sekitar bawah mata, hidung, dahi, dan dagu, Lalu aku blend hingga rata agar wajah enggak kelihatan kusam.

Untuk bagian alis, aku cuma pakai Focallure Double Take Eyebrow Pencil dan mempertegasnya dengan eyeshadow warna hitam. 

Beralih ke bagian mata. Aku lagi mau wajahku terlihat segar, jadinya aku memberanikan diri memakai warna orange dan kuning. Setelah itu baru pakai eyeliner, dan maskara sebagai sentuhan terakhir riasan mata.

Oh iya, selain itu, aku juga shading bagian pipi dan jidat, karena seperti yang kalian tahu, jidatku nonong ya amplooop. Shading lain terletak di bagian pinggir hidung biar kesannya mancung. Lalu aku juga pulaskan eyeshadow warna orange sebagai blush on di area bawah mata. Setelahnya baru aku bubuhkan highlighter di tulang pipi, hidung, dan atas bibir.

Terakhir, pakai lipstick warna.. apa ya ini? Aku mix sendiri soalnya. Yang penting kelihatan seger kan, hehe. Sayangnya, hasil fotonya beneran enggak maksimal. Aku enggak bisa nyetting lampu, mana lampuku bukan ringlight, juga aku pakai kamera handphone. Sedih sih, tapi enggak apa-apa deh, ketimbang enggak ikutan kan.

Buat kalian yang kepo produk apa saja, sudah aku list di bawah ini.


FACE
Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence
Baby Skin Pore Eraser Maybelline
Purbasari Foundation Daily Series (shade natural)
Focallure Big Cover Concealer (Warm Ivory)
Fanbo Acne Solution Loose Powder (shade translucent)

EYEBROW
Focallure Double Take Eyebrow Pencil (shade black)

CHEEKS
Focallure Trio Blusher & Highlighter Palette Original
Popfeel Eyeshadow Pallete

EYES
Popfeel Eyeshadow Pallete
Maybelline Magnum Volume Express
Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black

LIP
Vaseline Repairing Jelly
Fanbo ultra satin lipstick (shade Fashionista mix with feminine)



Okay, it's not bad for me. Aku pikir mekap memang bisa bikin happy, terutama kalau riasannya cocok begini. Masalah foto yang buram, next aku persiapkan matang lagi. Besok-besok kalau mau bikin mekap collab, kudu cari waktu yang tepat deh. Sayang, sudah bagus-bagus, eh fotonya jelek.

Nah daripada nggrundel terus, aku kasih kalian rekomendasi look happiness collab dari Kornelia Lucia ya.


Atau dari temen-temen yang lain. Wow kali ini banyak banget yang ikut, mana bagus-bagus lagi.




Kalau kalian pengen juga ikutan collab, bisa banget join Beautiesquad kok. Tiap bulannya ada tema rutin, kita bisa belajar ngelatih skill mekap, plus juga dapetin temen. Sudah dulu ya, monmaap sekali lagi karena blogpost ini jadi kebanyakan curhat ketimbang tutorialnya. Wkwk. Aku kabur dulu deh. See ya!

You May Also Like

2 komentar