SCARLETT ACNE SERUM BENERAN BISA TUNTASIN JERAWAT?

by - March 19, 2021

Semenjak terpapar COVID-19, aku makin sering pakai masker. Waktu masih bergejala saja, di rumah aku pakai masker medis double 24 jam kecuali kalau tidur enggak sengaja kebuka. Baru setelah sembuh, walaupun cuma beli sayur pun, aku tetep pakai masker, yang harus diganti setiap 4 jam sekali. Bukannya sebelum COVID aku enggak pakai masker, pakai kok, cuma saat ini lebih ekstra dan aku double-in masker medis plus masker kain misal keluar rumah.

Nah, hal ini membuat wajahku yang sensitif, langsung ketrigger dan muncul satu dua jerawat. Karena aku sudah rutin perawatan pakai skincare berlapis, memang jerawatnya bukan tipe bruntusan dan kemerahan, namun kalau dilihat seksama, apalagi diraba, wah sudah, bakalan lebih kerasa! Maka dari itu aku memutuskan untuk membeli Scarlett Acne Serum yang kemarenan ini lagi hits. Seperti yang rang orang bilang kalau serum ini punya kandungan yang enggak main-main walaupun harganya cenderung murah (kalau dibandingin serum lain). So, kenapa kita tidak coba saja ya kan? For your information, aku sangat berharap banyak pada serum ini.

SCARLETT ACNE SERUM

Seperti yang kalian tahu, Scarlett adalah produk lokal punya Felicya Angelista yang meroket banget sejak body lotion perfume-nya. Setelah itu, seperti produk lokal yang berusaha bersaing dan tetap di hati para pecintanya, Scarlett meluncurkan beberapa produknya lagi mulai dari facial wash, serum, dan sekarang ini cream!

Call me terlambat, tapi produk lokal sekarang banyak cuy. Muka cuma satu, gimana mau nyobain semuanya. Kan butuh waktu. Well, Scarlett Serum punya dua varian yaitu Brighly Ever After Serum (untuk mencerahkan) dan Acne Serum (untuk kulit berjerawat). Aku pilih Acne Serum karena kebetulan, aku masih punya serum yang fungsinya untuk mencerahkan.

SCARLETT ACNE SERUM

Scarlett ini selalu punya packaging yang cantik, muda, dan cenderung pop. Serumnya punya box kemasan yang cukup tebal, serta dilapisi plastik sebelum kita membukanya. Untuk di dalam box-nya sendiri, masih ada plastik wadah botol serum biar serumnya enggak gampang pecah. Botolnya dari kaca cuy. Cakep juga ini.

Aku beli offline di toko temenku dan Scarlett ini dibandrol seharga Rp 75.000 dengan isi 15 ml. Buat kalian yang mupeng pengen beli serum-serum Scarlett, enggak perlu khawatir sih, di e-commerce banyak yang jual. Bukan produk rare atau yang gampang sold out seperti body lotion perfume-nya waktu pertama kali diluncurkan, Serum-nya sering banyak stocknya kok.

Tapi yang harus kalian perhatikan adalah keaslian produk. Karena ternyata ada juga yang palsu. Sedih ya, sudah gampang ditemuin, harganya juga cukup terjangkau, masih juga diduplikat tanpa tahu efeknya gimana. Jadi make sure kamu beli di toko/ e-commerce yang terpercaya. Nah, buat membuktikan asli enggaknya, di box kemasan, terdapat sticker original yang seri kodenya bisa kalian cek di website resminya. 

SCARLETT ACNE SERUM

KLAIM

Serum ini punya active ingredients yang memang bintangnya dalam mengatasi jerawat. Star ingredientsnya Tea Tree Water, Jeju Centella Asiatica, Salicylic Acid, Liquroice Extract, dan Vitamin C.

Keseluruhan ingredients ini diramu untuk mendapatkan manfaat sebagai berikut:
1. Membantu menyembuhkan jerawat meradang, jerawat batu, kulit kemerahan dan iritasi.
2. Membantu meregenerasi dan menjaga kulit yang sensitive tanpa menimbulkan iritasi.
3. Membantu menenangkan kulit, menghaluskan dan juga membantu memudarkan bekas jerawat atau luka.
4. Membantu mencerahkan kulit secara aman karena menggunakan Liquorice Extract dan Vitamin C yang juga berfungsi sebagai anti oxidant + anti pollution.
5. Membantu mengontrol kadar minyak berlebih di kulit.

SCARLETT ACNE SERUM

INGREDIENTS
Aqua, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Water,  Annona Cherimola Fruit, Isopentyldiol, Centella Asiatica Extract, PEG-8, Phenoxyethanol, Salicylic Acid, Ascorbyl Glucoside, Aminomethyl Propanol, Hydroxyethylcellulose, 1,3-Butylene Glycol, Pentane - 1,2 - diol, Di Na EDTA, Ethylhexylglycerin, Isostearamidopropyl Ethyldimonium Ethosulfate, Sodium Hydroxide, Sodium Citrate, 1.2 Hexanediol, Tamarindus Indica Seed Gum, Biosaccharide Gum - 1, Phenylpropanol, Sodium Dehydroacetate, Propylene Glycol, Citric Acid, 2-Amini-1 - Butanol, Glycyrrhiza Uralensis (Licorice) Root Extract, Olea Europaea (Olive) Fruit Oil, Carthamus Tinctorius (Safflower) Seed Oil.

Produk ini paraben free, sulfate free, alcohol free, silicone free. Buat kamu yang concern ke bahan ini, kalian aman. Marker hijau adalah star ingredients. Breakdown-nya seperti ini:
Tea Tree Water bermanfaat sebagai anti bakteri, penenang kulit, dan bisa mencegah jerawat. Tea Tree Water ini membantu menenangkan kulit yang berjerawat agar tidak mudah iritasi.
Centella Asiatica secara efektif menyembuhkan luka pada kulit sekaligus juga Anti Inflamasi. Mampu mengembalikan warna kulit/ memudarkan bekas jerawat.
Salicylic Acid termasuk jenis BHA mampu membersihkan pori-pori, ,eredakan peradangan pada jerawat, dan mengangkat kotoran penyumbat pori-pori yang bisa menyebabkan komedo. Selain itu juga mengatasi minyak berlebih.
Ascorbyl Glucoside dan Citric Acid merupakan jenis Vitamin C yang larut dalam air. Memiliki kandungan antioksidan yang mampu mencerahkan kulit dan mencegah tanda penuaan. Stabilitas Vitamin C jenis ini baik tahan terhadap cahaya dan panas.
Liquorice Extract kaya akan vitamin dan mineral untuk menutrisi kulit, ampuh dalam mengatasi jerawat, meminimalisir kemerahan, mencegah hiperpigmentasi, dan menyerap kelebihan minyak di wajah.

Kalau kalian punya kulit yang sensitif, please notice Salicylic Acid, Citric Acid, atau bisa juga dari Ascorbyl Glucoside karena ini bisa menjadi pemicu jerawat atau ketidakcocokan suatu produk.

SCARLETT ACNE SERUM

TEXTUR AND SCENT

Beberapa di antara kalian bilang wangi produk ini agak enggak enak. Kalau di aku sendiri ya biasa saja, bukan yang wangi menenangkan, bukan juga yang tipe menyengat. Kalau teksturnya sendiri, cukup cair dan enggak terlalu kental. Point plus-nya, tekstur seperti ini sangat gampang meresap di kulit wajah.

Aku pakainya hanya 2-3 drop yang dituang di telapak tangan, kemudian diaplikasikan ke kulit yang gampang berjerawat. Sekali oles, menurutku sudah cukup dan enggak perlu berlayer-layer.

SCARLETT ACNE SERUM

Sewaktu awal pemakaian, seperti halnya mencoba produk baru, aku selalu kasih jeda. Misalnya, aku pakai pagi, malamnya enggak. Besoknya jeda dulu, baru hari ketiga pakai lagi. Cara seperti ini biasanya paling aman untuk mengetahui produk tersebut cocok atau tidak. Oh iya, waktu mencoba Scarlett Acne Serum, skincare-ku enggak ganti-ganti. Sudah 2-3 bulan pakai itu-itu saja dan memang kondisi kulitku sudah jauh membaik. Kulitku sebelum pakai Scarlett Acne Serum justru glowing dan sudah engga bruntusan. Jerawat yang timbul akibat maskne, cenderung mendem, enggak merah, enggak bruntusan, tapi sangat kerasa kalau diraba.

Aku baru meningkatkan pemakaian Scarlett Acne Serum sesudah 1 minggu. Aku gunakan setiap pagi untuk mencegah maskne. Kalau malam aku pake Bakuchiol soalnya. Jadi aku mau main aman saja, dengan tidak melayering skincare yang punya kandungan BHA, Vitamin C, dengan Bakuchiol. Apalagi Bakuchiol yang aku pakai sudah ada Salicylic Acid-nya. So yeah.

SCARLETT ACNE SERUM

RESULT

Sebelum aku mantep posting blog ini sebetulnya aku ada rasa enggak enak juga. Ya maaf, kayaknya militan Scarlett tuh banyak. Pada bilang bagus-bagus, dan nyaris enggak ada yang failed. Cuma.... sayangnya.... di aku... Huhuhu. Enggak cocok!

Kalian bisa lihat progress-ku selama 1 bulanan lebih. Menginjak 1 bulan, aku tetap ngeyel pertahanin pakai Scarlett Acne Serum karena aku pikir jangan-jangan karena aku lagi mudik dan sibuk bantuin iparku nikahan jadi kulitku capek. Atau jangan-jangan karena menstruasi. Atau jangan-jangan karena ada produk yang kontra. Tapi setelah dipikir-pikir jauh, justru Scarlett ini yang baru aku pakai mau gimana huhuhu (sekali lagi).

Setelah aku denial, akhirnya sadar diri juga, bahwa aku memang enggak cocok dengan kandungan VITAMIN C! Kandungan ini paling bisa bikin jerawatan. Sebelumnya pernah juga pakai produk dengan bahan citric acid gitu, paginya langsung bruntusan. Mana waktu itu aku masih perjalanan mencari skincare yang baik dan benar haha. Jadi ya, ngobatinnya butuh waktu lama. Enggak salah Vitamin C-nya ya say. Kulitku saja yang enggak bisa menerima.

SCARLETT ACNE SERUM

Aku bulatin merah ya, yang kerasa bruntusan. Sorry banget mungkin enggak representatif, tapi kalau di zoom kelihatan kok. Beruntungnya, saat ini aku sudah ngerti gimana cara layering skincare yang cocok buat kulitku. Kalau hidrasinya sudah pas, biasanya barrier kulitku akan terjaga. Jadi, aku sudah enggak sering jerawatan besar-besar seperti dulu lagi. Naaah, waktu pakai Scarlett Acne Serum, jerawatanku itu munculnya satu-satu. Satu muncul, timbul dua, timbul tiga tapi tipis. Nanti satu hilang, muncul empat. Kecil-kecil memang, tapi ya kerasa euy. Aku sudah capek jerawatan you know! Aku enggak mau jerawatan terus, dan ini harus segera diperbaiki.

Now, I've stopped using this product since back then. Baru minggu lalu kok, geradakannya juga masih kerasa. Masih ada juga white head kecil-kecil yang ganggu di area mulut dan hidung. Kabar buruknya, aku lagi bokek, skincare-ku mau habis bersamaan. Semoga habisnya pas dengan tanggal gajian yah, jadi aku enggak kepikiran kepikiran amat haha.

Ya wes, semoga review kali ini membantu kalian yang mau memantapkan hati pakai Scarlett Acne Serum. Honest review terus loh aku ini! Cocok ya cocok, enggak ya enggak. Tapi dicatat lagi ya sob! Enggak cocok di aku belum tentu di kamu! Anyways, jangan ada hujatan di antara kita.... See ya.

You May Also Like

0 komentar