REVIEW SUKIN ORIGINAL HYDRATING MIST TONER

by - July 24, 2021

Basic skincare yang enggak kalah penting buatku saat ini adalah toner buat hidrasi kulit. Layering buat hidrasi ini udah mulai enggak main-main, bahkan kadang kalau lagi niat banget. aku sanggup pakai 3 layer sekaligus, misalnya exfoliating toner, lanjut toner, baru ke essence. Hidrasi kulit emang penting supaya kulit enggak kusam dan kering, apalagi mengingat umurku udah kepala 3, jadi ya aku pengen kulit tetap kenyal dan lembap awet muda.

Baru-baru ini aku sedang nyobain produknya Sukin. Sukin merupakan brand asal Australia yang sudah ada sejak tahun 2007. Sukin ini banyak kelebihannya, salah satunya adalah dia punya range yang bisa kalian pilih sesuai jenis dan masalah kulit. Nah, baru pertama kali nyobain, bisa pilih Signature Range berupa rangkaian perkenalan yang diformulasikan Sukin buat semua jenis kulit. 

Brand ini berkomitmen untuk Say No terhadap penggunaan bahan-bahan dan proses yang berbahaya buat kulit, hewan, maupun bumi. Jadi ciri khas pada setiap produk Sukin berupa sederet daftar ingredients yang 100% vegan dan cruelty free. Selain itu, seluruh kemasan Sukin juga menggunakan material PET, amber glass, PE yang bisa didaur ulang dan bebas dari BPA. Nah, nanti jika di akhir postingan ini kalian lihat bandrol harganya, aku harap kamu enggak bakal kaget karena selaras dengan kualitas serta signature yang mereka tawarkan.

Produk yang mau aku bicarain kali ini adalah Sukin Original Hydrating Mist Toner, yang bebas alkohol memadukan Chamomile dan Rosewater untuk membantu menenangkan, memurnikan, dan mendinginkan kulit lelah.


Aku tahu brand Sukin dari Beauty Journal, dan memang di Indonesia, didistribusikan sama Sociolla. Sebagai pemilik kulit sensitif dan banyak masalah, tentu aku pengen nyobain salah satu variannya. Nah, kebetulan, aku sempet ikut kuis live kuis di Live Instagramnya Beauty Journal dan menang donk. Sukin ini adalah salah satu hadiahnya.

Pertama kali produk ini datang, aku udah kebayang bakalan pakai buat apa aja. Mengingat bahan-bahannya bagus dan enggak banyak kandungan aneh-aneh. I mean, aku lebih suka kalau sebuah produk punya list ingredientsnya ringkas, padat, jelas.


INGREDIENTS
Water (Aqua), Rosa Damascena Flower Water (Rose), Glycerin, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract (Chamomile), Citric Acid, Phenoxyethanol.


Sukin Original Hyrdrating Mist Toner ini punya star ingredients Rose dan Chamomile Extract. Rosa Damascene Flower Water ini berasal dari bunga Mawar Damask yang bisa melembutkan kulit, mencegah stress, dan memberikan efek kalem di kulit wajah. Bahan ini juga mengandung beberapa senyawa antioksidan dan antimikroba, serta beberapa aroma harum yang bikin sebuah produk enggak perlu menambahkan fragnance tambahan lagi. Maka, Mist Toner ini beraroma mawar yang tenang.

Sedangkan Chamomile Extract mengandung terpenoid chamazulene dan bisabolol yang keduanya adalah anti-inflamasi. Chamomile juga baik untuk kulit sensitif karena bisa menenangkan kulit yang bermasalah.

Selain itu pada list ingredients terdapat kandungan natural seperti aqua, glycerin adalah humektan, citric acid yang diekstrak dari buah-buahan citrus, dan phenoxyethanol. List terakhir ini pengawet, tapi lebih aman digunakan.


Sukin Original Hydrating Mist Toner ini packagingnya cukup simple sih. Di bagian sticker pada kemasan, terdapat informasi A-Z seperti ingredients, expired date, no BPOM, deskripsi produk, sampai cara pakai. Warnanya sendiri terkesan minimalis dan mahal. Botolnya juga terasa tebel, dan yang aku suka, semprotannya segar merata, enggak gampang macet. Jadi kita enggak perlu berkali-kali pump, buat bikin isinya keluar, tapi biasanya aku cuma butuh 2 kali aja, karena sudah terasa segar semuka.


Untuk penggunaan sendiri, aku biasa pakai Sukin Original Hydrating Mist Toner ini awalnya sebagai first toner, alias ketika udah kelar cuci muka, aku kembalikan kelembapan dan hidrasi kulit pakai toner ini. Testurnya ringan banget kayak air biasa. Jadi aku masih harus pakai toner produk lain, lanjut essence, baru serum dan moisturizer. Aku enggak bisa pakai Sukin ini sebagai single fighter buat kulit wajahku. Ya bisa sih, dia menenangkan, tapi akan lebih optimal jika dibarengin dengan produk lain yang enggak kalah pentingnya.

Karena aku pun sebenernya bingung, mau anggap toner ini sebagai face mist, atau buat hidrasi kulit mengingat biasanya kalau pakai air mawar ya cuma buat campuran masker doang. Jadi rasanya kok sayang yah, kalau enggak memaksimalkan Sukin ini, mengingat harganya yang cukup nendang.

Setelah semingguan pakai, aku lalu coba-coba pakai sebagai dasar makeup, setting spray, sampai toner buat dipakai sebelum reapply sunscreen. Hasilnya seperti ini:

- Buat dasar makeup: Jika berpori besar dan ada beberapa jerawat, aku harus tetep pakai primer dulu karena produk ini hanya bersifat menenangkan di kulitku. Kalau cuma abis itu pakai foundation lanjut bedakan, biasanya masih terasa enggak nyatu sama kulit. Agak demplong istilahnya. 
- Buat setting spray: I guess ini juga masih kurang nampol karena dengan harga yang sama, masih ada setting spray brand lain yang lebih nampol.
- Buat reapply sunscreen: Ini terdebest sih. Jadi ketika abis wudhu, nunggu wajah setengah kering, aku semprotin Mist Toner ini, abis itu pakai sunscreen, waaah beneran, enggak terasa engap pakai sunscreen siang-siang. Sukinnya bisa menenangkan kulit setelah panasan, juga bisa sebagai landasan biar sunscreen lebih cepet ngeset di kulit wajah.


Pada foto di atas, nyaris enggak ada perbedaan sebelum dan sesudah pakai. Ini dikarenakan spraynya yang lembut maupun tonernya gampang menyerap, juga ya karena efek yang ditimbulkan bukan cuma sekejap. Aku menganggap Sukin Original Hydrating Mist Toner ini sebagai additional aja, supaya layering skincare sesudahnya meresap lebih baik. Meski begitu, jika boleh memilih, aku akan tetap pakai Sukin Original Hydrating Mist Toner karena kulitku cukup pelik itu tadi. Setelah beberapa kali pakai, sekitar 3 mingguan, kulitku jadi lebih kalem dan enggak terlihat kusam. Ciamik sih... Ya sekali lagi inget harganya aja Rp 130.000 dengan isi 125 ml.

Gimana, kalian tertarik beli?

You May Also Like

0 komentar