REVIEW SEMUA VARIAN TONER SEJUTA UMAT - AZARINE

by - June 13, 2022

Setelah sekian lama rutin skincare-an, aku menemukan fakta kalau kulitku itu cenderung dehidrasi, sehingga sering kelihatan kuyu dan kusam. Yaps, dehidrasi itu bukan cuma dimiliki oleh kulit kering, tapi bisa juga kulit berminyak dan berjerawat. Aku ngeuh-nya ketika sudah memasuki usia 30-an, tepatnya ketika di beberapa bagian wajah kelihatan bersisik, mulai muncul kerutan, dan warna kulit tidak merata. 

Jujur waktu masih muda, karena saking jengkelnya sama jerawat, aku lakukan exfoliasi kulit nyaris tiap hari dengan scrub. Harapanku, jerawat dengan mudah dilibas, dan kulit mulus kembali. Namun alih-alih jerawat lewat, yang ada, kulitku malah meradang, makin sensitif, kusam, dan pernah mengalami masa kering kerontang. Kesalahannya lagi, pada saat itu aku juga memilih pelembap yang thick demi memperbaiki kulitku yang nyaris susah diselamatkan itu. Aku jadi makin bingung mencerna jenis kulitku sendiri. Hingga pada akhirnya aku sadar kalau skin barrierku udah rusak, jadi pelan-pelan harus diperbaiki. Enggak usah muluk-muluk ternyata, pakai basic skincare saja. 

From my fatal mistake, aku sekarang bisanya memperbaiki kulit menjadi lebih sehat dan menunda supaya kerutan tidak menjadi-jadi. So, salah satu 'rahasia dapurku' adalah penggunaan toner berlayer-layer, dan beberapa kadang menggantikan fungsi moisturizer, karena lembapnya aku sudah dapat dari produk hidrasi. Nah ini nih asyiknya skincare-an, kita bahkan bisa makin ngerti kebutuhan dan kenyamanan kulit. 

So finally aku cobain kesemua produk toner-nya AZARINE yang bertajuk #tonersejutaumat. Permisi, saya gabung ya jemaat!


KENAPA SIH DISEBUT #TONERSEJUTAUMAT?

Mungkin buat sebagian orang, menentukan produk toner itu membingungkan. Pengennya semua masalah kulit teratasi hanya dengan 1 produk. Tapi kenyataannya enggak gitu. Kita memang harus telaten dan tahu mana produk yang cocok buat kulit. Nah, buat nentuinnya supaya enggak bingung, Azarine Toner punya 4 varian yang diformulasikan sesuai dengan segala jenis permasalahan kulit kamu. Produk ini berbahan dasar natural, dermatologically tested, BPOM certified, no alcohol, no oil, no fragrance. Harganya juga termasuk terjangkau loh, yaitu sekitar Rp 69.000! Jadi, produk hidrasi yang biasanya terkesan mahal, kini siapapun bisa memakainya dengan aman dan nyaman.


Namun meski harganya termasuk terjangkau, packaging Azarine Toner termasuk unik. Berupa botol plastik yang dilengkapi dengan sealed untuk menjaga kualitasnya. Selain itu, tutup botolnya berupa flip top, dengan pump supaya memudahkan kita untuk mengeluarkan isiannya supaya tidak terbuang percuma. 

Masing-masing varian punya warna botol yang berbeda, dan sudah ada nama, klaim, ingredients di bagian kemasan. Ini memudahkan sekali buatku yang sering buru-buru skincare-an. 

Well, seperti yang aku bilang, masing-masing toner punya kelebihan dan fungsinya. So, supaya lebih jelas, aku jabarin satu per satu saja ya.


Daily Beginner Exfoliating Toner

Karena dulu tahunya produk exfoliating selalu identik dengan scrub, jadi aku sempet heran ketika ada produk exfoliating dengan bentuk peeling cair, serum, bahkan toner. Daily Beginner Exfoliating Toner ini bisa dipakai setiap hari, tentu dengan tekstur cair yang lebih nyaman, dan bahan yang aman. Kenapa aman? Karena toner ini punya enzymatic peeling dari Zat Aktif Keratoliner, jadi aman digunakan tiap hari, dan termasuk mild tapi efektif mengeksfoliasi kulit. Kamu juga enggak perlu khawatir karena toner ini tidak mengandung alkohol, minyak, dan parfum, serta non comedogenic. Mantap banget!


INGREDIENTS
Aqua, Glycerin, Portulaca Oleracea Extract, Lactid Acid, Potassium Azeloyl Diglycinate, Allantoin, Lactobionic Acid, Bacillius Ferment, Propylene Glycol, Chlorphenesin, Salicylic Acid, Sodium Hyaluronate, Xanthan Gum, Phenoxyethanol, Citric Acid.

Dengan presentase main ingredients-nya seperti ini:
- Azeclair 1% 
Untuk mengontrol sebum dan minyak serta bisa mencerahkan warna kulit.
- Keratoline 0.5% 
Enzymatic peeling untuk mengeksfoliasi secara natural dan mild.
- Lactic Acid 1% 
Mencertahkan, dan meratakan warna kulit, serta aman untuk kulit sensitif.
- Salicylic Acid 0 5% 
Mengeksfoliasi komedo, dan mampu menembus lapisan minyak.

Secara keseluruhan, toner ini punya manfaat:
1. Mengangkat sel kulit mati, kotoran, dan debu.
2.Memudarkan bekas jerawat/ flek/ pori besar/ bekas luka.
3. Meratakan tekstur kulit (bruntusan/ bopeng)
4. Memudahkan proses regenerasi kulit.
5. Mencerahkan dan mengontrol kadar sebum.

Cocok untuk:
Kulit kusam, Penuaan/ flek, Mencegah Jerawat, Bekas luka/ jerawat, Bruntusan


Pertama kali coba eksfoliasi toner-nya Azarine ini, aku enggak ngerasain cekat-cekit dan enggak iritasi sama sekali. I guess, yang termasuk pemula akan suka sama produk ini.

Aku biasanya pakai Daily Beginner Exfoliating Toner, wajib pada malam hari, setelah beraktivitas seharian. Meski klaimnya bisa tiap hari pakai, aku hanya pakai 2 hari sekali, karena aku lebih nyaman selang-seling dengan toner Azarine lainnya. Nah, buat kamu yang awam, kamu bisa memakainya dengan jeda dulu, sambil 'kenalan' sama produnya. Baru kalau sudah ngerasa nyaman, bisa lanjutkan bertahap setiap hari.

Urutannya:  
Cleanser - Azarin Daily Beginner Exfoliating Toner - Toner yang lebih lembap - Serum - Moisturizer Cream

Cara pakainya:
- Pump toner dengan menggunakan kapas, usapkan ke wajah secara perlahan, agar sel kulit mati terangkat maksimal. Setelahnya, aku gunakan serum yang cenderung meringankan seperti berbahan mugwort, centella asiatica, niacinamide, lalu aku lock dengan moisturizer yang lebih padat, supaya kulit tidak kering.


Mild Purifying Toner

Satu lagi toner andalan untuk urusan jerawat dan sebangsanya adalah Mild Purifying Toner. Toner ini juga bisa mengontrol minyak berlebih, serta bisa hempaskan jerawat dan komedo. Aku masih butuh produk seperti ini buat harian, terutama di pagi hari, atau bisa aku selang-seling penggunaannya dengan exfoliating tonernya.


INGREDIENTS:
Aqua, Glycerin, Centella Asiatica Extract, Allantoin, Cinnamomum Zeylanicum Bark Extract, Succinic Acid, Chlorphenesin, Bakuchiol, Sodium Hyaluronate, Xanthan Gum, Phenoxyethanol, Citric Acid (from natural resources)

Dengan presentase main ingredients-nya seperti ini:
- Succinic acid 0,5% 
Alternatif Salicylic Acid untuk kulit berjerawat yang meradang, namun lebih aman untuk kulit sensitif.
- Bakuchiol 0,2% 
Alternatif Retinol dari bahan alami untuk jerawat dan anti aging.
- Centella asiatica 1%  
Menyembuhkan bekas luka, anti inflamasi, dan anti bakteri.
- Sodium Hyaluronate (Hyaluronic Acid) 0,2% 
Menghidrasi dari berbagai level kulit agar tidak memproduksi sebum secara berlebihan.

Manfaat:
1. Merawat kulit berjerawat.
2. Mengontrol minyak/ sebum berlebih.
3. Menenangkan kulit radang/ kemerahan akibat jerawat.
4. Menetralkan pH kulit.

Cocok untuk:
Kulit Berminyak, Kulit Berjerawat, Komedo, Pori Besar, Bruntusan, dan Penuaan Dini.


Mild Purifying Toner sebenarnya mirip sama Daily Beginner Exfoliating Toner, tapi ini lebih mild lagi, dan bisa digunakan di pagi hari. Nah, karena lebih cocok untuk kulit sensitif, kamu bisa juga CSM-an pakai toner ini. Oh iya, yang belum tahu, CSM adalah Chizy Saeki Method, yaitu metode maskeran dengan menggunakan produk hydrating toner/ lotion ke kulit wajah melalui media kapas/ sheet mask.

Urutannya:  
Cleanser - Azarin Mild Purifying Toner - Toner yang lebih lembap - Serum - Moisturizer Gel/ Cream

Cara pakai CSM:
- Pump toner dengan menggunakan kapas/ sheet mask, rendam sampai menyerap, lalu tempelkan ke wajah. 

Cara pakai sebagai toner:
- Pump toner dan keluarkan cairan di tangan, kemudian aplikasikan ke wajah. Aku bisa pakai ini sampai 2 layer, supaya lembapnya dapet. Setelahnya aku bisa pakai serum yang bersifat menenangkan atau apa saja bisa cocok sama toner ini, bahkan serum anti aging sekalipun. Kemudian, aku lock dengan pelembap gel/ cream yang aku sesuaikan dengan kondisi kulit pada saat tersebut.


Multi-Acids Glowing Toner

Jujur saja, aku agak skeptis dengan kandungan vitamin C, karena beberapa produk vitamin C sering menyebabkan kulitku jerawatan. Padahal, vitamin C itu kaya akan benefits buat kulit kita. Tapi setelah beberapa lama utak-atik, ternyata memang kadang harus pinter mix and match skincare, dan pilih dengan tekstur yang cenderung ringan supaya kulitku enggak kerasa berat. Well, toner menurutku adalah jawaban tepat.

Azarine Multi Acids Glowing Toner ini punya kandungan vitamin C yang ampuh bikin kulit glowing, dan kaya antioksidan. Jadi bisa mencerahkan kulit kusam serta menghambat penuaan.


INGREDIENTS:
Aqua, Glycerin, Aloe Barbandesis Juice Leaf Extract, Tranexamic Acid, Allantoin, Ascorbic Acid, Ferulic Acid, Mandelic Acid, Chlorphenesin, Xanthan Gum, Phenoxyethonol, Citric Acid, Terminalia Ferdinandiana Fruit Extract.

Dengan presentase main ingredients-nya seperti ini:
- Vitamin C/ Ascorbic Acid 0,5% 
Mencerahkan dan stimulasi produksi kolagen
- Ferulic Acid 0,5% 
Antioksidan tinggi buat anti aging dan mencerahkan warna kulit
- Tranexamic Acid 0,5% 
Antioksidan tinggi untuk anti aging dan mencerahkan kulit
- Mandelic Acid 0,5% 
AHA dari bahan alami yang aman untuk eksfoliasi kulit sensitif

Manfaat:
1. Mencerahkan kulit kusam dan flek bekas jerawat.
2. Membuat kulit tampak glowing dan lebih segar.
3. Antioksidan tinggi pada kulit agar sehat, dan tampak lebih muda.
4. Menetralkan PH kulit.

Cocok untuk:
Kulit Kusam, Flek Hitam, Garis Halus, dan Bekas Jerawat.


Mungkin buat sebagian orang, Vitamin C bisa dilayer dengan produk pencerah atau anti aging. Tapi kalau aku, harus tetap harus mencatat produk yang cocok atau kontra. Nah, berikut formulanya ya.

Urutannya (AM Routine):
Cleanser - Azarin Multi-Acids Glowing Toner - Toner yang lebih lembap - Serum (biasanya yang mengandung hyaluronic, peptide, alpha arbutin, atau mugwort) - Moisturizer  Gel - Sunscreen

Cara pemakaian: 
Multi-Acids Glowing Toner Pump ini bisa digunakan dengan kapas/ CSM, atau bisa juga langsung diusap ke wajah. menggunakan kapas tipis lalu diusap pelan ke wajah.
Caranya langsung saja pump langsung ke kapas, atau dituang ke tangan untuk langsung di tap ke wajah. 


Moisture Rich Hydrating Toner

Dari ketiga varian di atas, aku selalu meletakkan "Toner yang lebih lembap" di setiap urutan skincare. Nah ini dia nih yang aku maksud. Yas, Toner ini aku letakkan di review terakhir karena inilah toner yang menurutku paling bisa dilayer dengan 3 toner lainnya, which means, PALING AKU SUKA! Best of the best istilahnya. Karena paling ampuh bikin kulit lembap dan kenyal, dengan blue light protection. Sehingga skin barrier dan kelembapan kulit lebih terjaga.


INGREDIENTS:
Aqua, Glycerin, Lactoacillus/ Collagen/ Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate, Pentylene Glyco, Allantoin, Sodium Hyaluronate, Polyglutamic Acid, Xylityglucoside, Anhydroxylitol, Xylitol, Sodium Acetulated Hyaluronate. Hydroluzed Sodium Hyaluronate, Hydroxypropyltrimonium Hyaluronate, Panthenol, Rosmarimus Officinalis (Rosmary) leaf extract, Palmitoyl Tetrapeptide-7, Xanthan Gum, Phenoxyethanol, Citric Acid.

Dengan presentase main ingredients-nya seperti ini:
- Aquaxyl 1% 
Zat aktif paten yang sangat bisa menghidrasi kulit kering dan usia lanjut.
- Panthenol (Vitamin B5) 0,2 % 
Melembapkan kulit dari dalam dan mendorong komunikasi antar sel.
- Synchrolife 1% 
Membuat kulit terlihat lebih segar, tidak kusam, tidak lelah akibat blue light.
- Total Hyaluronic 2% 
Menghidrasi dari berbagai level kulit.
- Ice Plant Extract
Mengikat air dan antioksidan.

Manfaatnya:
1. Melembapkan kulit di berbagai lapisan kulit.
2. Membuat kulit kenyal dan halus.
3. Membuat kulit tampak glowing dan segar.
4. Menenangkan kulit kemerahan/ iritasi.
5. Pelembap sebelummakeup agar riasan tahan lama.
6. Menetralkan pH kulit.

Cocok untuk:
Kulit Lelah, Kulit Kusam, Penuaan Dini, Kulit Kering, Mengencangkan Kulit.


Urutannya (AM Routine):
Cleanser - Azarine Toner (Daily Beginner Exfoliating Toner/ Mild Purifying Toner/ Multi-Acids Glowing Toner) - Azarine Moisture Rich Hydrating Toner - Serum - Moisturizer 

Cara pemakaian: 
Moisture Rich Hydrating Toner bisa di pump menggunakan kapas tipis lalu diusap pelan ke wajah, bisa menggunakan teknik CSM (meredakan sunburn/soothing kulit yang sedang sensitif), atau juga bisa di pump dan dituang langsung ke tangan untuk di tap ke wajah. 
Aku sendiri lebih suka pakai dengan langsung dituang ke tangan, dan segera aplikasikan ke wajah sampai 3 layer biar makin lembap. Setelahnya aku lebih suka pakai moisturizer dengan tekstur gel karena menyerapnya lebih enak.

Tapi, kalian juga bisa pakai toner ini sendirian sampai layer yang kamu inginkan. Kemudian kamu bisa layer lagi dengan serum apapun karena toner ini cenderung berbahan aman.


RESULT

Sudah 2 minggu lebih aku pakai keempat toner Azarine ini dengan cara diselang-seling, dan pakai metode DOUBLE TONING. Hasilnya aku suka banget. Kulitku tampak lebih glowing, kenyal, sehat, dan makin cerah. Kalian bisa lihat di foto ini, aku tidak pakai complexion sama sekali. Aku hanya pakai skincare, dengan akhiran sunscreen. Wow banget sih buatku!


Buat kalian yang lagi nyari toner/ produk hidrasi, menurutku harus cobain Azarine ini. Selain produk lokal, juga harganya termasuk terjangkau, mengingat manfaatnya yang enggak main-main. Semoga review ini ngebantu ya. See ya.

You May Also Like

0 komentar