SKINCARE AMAN BUAT BUMIL? AKU PAKAI GINZA BEAUTY HYDRATING SERIES!

by - March 09, 2023

Dibanding waktu kehamilan pertama, hamil anak kedua ini sejujurnya sudah lebih siap. Sekarang udah masuk bulan ketiga, jadi lebih jarang mual, dan wajahpun makin enggak kusam. Nah tapi, ada tapinya nih. Waktu hamil bulan-bulan pertama, aku sempet super malas skincare-an. Padahal kalau dipikir-pikir, aku biasanya pakai skincare yang berlapis kan, aku nyaris ngga pernah skip perawatan karena aku tahu wajahku sensitive dan gampang jerawatan.

Alhasil, pada usia kehamilan 2 bulan, jerawat sempat berdatangan. Ini bukan jerawat hormonal lagi, melainkan memang karena aku malas membersihkan wajah dengan benar. Maka, aku pun kepikiran: “ada ngga sih paket skincare yang bisa memperbaiki barrier kulit dan harganya terjangkau?” Jujur saja, aku masih malas cari-cari brand skincare, mix and match produk, dan harapannya bisa pasrah saja sama satu brand. Jadi istilahnya, semacam reset penggunaan skincare dari awal, yaitu ganti produk cleansing, toner, dan tentunya serum.

Secara kebetulan aku berkenalan dengan Ginza Beauty. Ini ada skincare local dibawah naungan PT Aroma Prima Livindo yang sudah berkecimpung lebih dari 20 tahun di industry kosmetika di Indonesia. PT. Aroma Prima Livido sudah mengantongi Sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik) dari Badan Pengawas Obat dan Makan Republik Indonesia/BPOM RI, juga mengantongi Sertifikat Jaminan Halal (SJH) dari LPOM MUI. Jadi secara otomatis, semua produk Ginza Beauty, sudah terdaftar BPOM, tersertifikasi halal, dan dermatology tested!


Dengan kata lain: Ginza Beauty adalah produk yang aman, karena dirancang dan diformulasikan dengan bahan baku berkualitas tinggi, dikombinasikan dengan teknologi formulasi terbaru. Ada 3 series produknya yaitu: Brightening Series, Acne Series, dan Hydrating Series. Aku jelas pilih yang hydrating series karena lagi fokus ke penyelamatan barrier kulit dan menjaganya agar kembali sehat. Waktu paketnya datang, the first impression I’ve got was interested in trying it right away! Mana packaging-nya cantik, rapi, dan dilapisi plastik pembungkus supaya kualitas isinya terjaga!

Meski tergolong brand baru, tapi Ginza Beauty nggak tanggung-tanggung ngeluarin produknya. Dalam satu series, biasanya terdiri dari Cleansing Oil, Micellar Water, Mousse Cleanser, Toner, dan Serum. Menurutku ini adalah tokoh-tokoh buat langsung fokus ke target kulit kita. Paket yang aku dapatin, dilengkapi sekalian dengan lip serum yang makin bikin aku semangat skincare-an.

CLEANSING LINE


Sejujurnya, aku kaget juga karena Ginza Beauty punya 3 cleanser sekaligus, yaitu Micellar Water, Cleansing Oil, dan yang terakhir Mousse Cleanser. Menurutku bagus, karena sebagai penyuka double cleansing, aku jadi bisa punya pilihan mau pakai first cleanser apa. Jika dirasa kotoran di kulit masih normal, aku bisa pilih micellar water, kemudian lanjut ke mousse cleanser. Sedangkan jika aku pengen yang daya bersihnya juara, maka akupun pilih cleansing oil yang bisa membersihkan sampai pori-pori biar ngga ada residu tersisa.

Nah, beda lagi kalau aku makeup. Bahkan aku bisa pakai ketiganya untuk triple cleansing, karena aku ngerasa Cleasing Line Ginza Beauty ini aman dan ngga bikin kulit terasa kering.

TREATMENT LINE


3 produk ini aku kategorikan sebagai treatment line-nya Ginza Beauty. Ada Hydrating Toner, Hydrating Serum, dan juga Lip Serum. Semua produk ini punya fungsi sebagai pelengkap perawatan, setelah proses pembersihan. Namun begitu, perawatan tetap penting buatku, dan bukan sebagai opsi melainkan memang sudah kewajiban. Supaya apa? Supaya kulit tetap bersih, sehat, dan terawat.

Sekarang, kita bahas produknya satu per satu ya!

GINZA SILKY PORE CLEAR
CLEANSING OIL

Ukuran            : 155 ml
Harga              : Rp 75.000

Setiap aku mencoba produk baru, terlebih produknya serangkaian, maka aku akan mulai dulu dari step cleansing. Nah, karena dari awal aku sudah sangat excited sama Cleansing Oil-nya, maka aku pun langsung mencobanya. Biasanya aku memilih milk cleanser as first cleanser, karena aku cukup jarang makeupan. Cleansing Oil biasanya aku gunakan sebagai makeup remover, terutama bagian mata dan bibir yang butuh kelembapan extra.

Ginza Beauty Silky Pore Clear Cleansing Oil ini fokusnya untuk membersihkan kulit mulai dari makeup daily hingga makeup waterproof, sampai ke dalam pori tanpa membuat kulit kering dan tanpa merusak skin barrier.

Active Ingredients-nya adalah,
Salicylic Acid yang mampu penetrasi kedalam pori-pori untuk membersihkan pori dari debu dan kotoran secara memdalam dan maksimal.
Centella Oil sebagai anti inflamasi yang berfungsi untuk meredakan kemerahan dan sebagai soothing agent pada kulit.
Cactus Oil yang berperan sebagai anti-inflammatory dan anti aging dan juga menjaga kelembaban kulit wajah.
Selain itu, Paraben Free, Non Greasy, Non Tacky, Non Acne, dan Non comedogenic.

Oleh karena bahannya termasuk Expert Gentle Formula, jadi cocok untuk semua jenis kulit, yaitu: normal, acne prone, oily non acne, sensitive, dry, oily acne, sampai combination.


Packaging Cleansing Oil ini berupa botol plastik ramping dengan pump yang efektif karena bisa lock dan unlock. Caranya tinggal diputar pump-nya ke direction buka tutupnya.


Meski aku jarang dandan, tapi aku sering pakai cleansing ini di malam hari, apalagi setelah beraktivitas seharian di luar. Wah langsung berada semua kotoran luruh dan hilang! Cara pakainya gampang kok.

 

Pompa 1-2 kali ke tangan yang kering, pijat lembut wajah dalam kondisi kering dan tutup mata anda. Hal yang unik adalah, ketika aku percikkan sedikit air, teksturnya akan berubah lembut dan berwarna seperti susu. Jadi bisa menciptakan efek seperti pakai milk cleanser! Nah, setelah itu, langsung bilas dengan air bersih, dan rasakan bedanya.

 

Hasilnya kulitku terasa segar, bersih, dan tetap lembap!

GINZA HYDRATING MICELLAR
CLEANSING WATER

Ukuran            : 100 ml
Harga              : Rp 23.000

Produk ke dua adalah Ginza Micellar Water. Fungsinya mirip seperti Cleansing Oil, Cuma beda jenis dan tekstur. Produk ini bisa membersihkan makeup ringan dan pemakaian sunscreen, tanpa membuat kulit kering, tanpa merusak skin barrier, dan membantu menghidrasi kulit.

Kalau biasanya kita menemukan Micellar Water yang pedih, pahit, dan bikin kulit cekit-cekit, Ginza Micellar Water ini lain. Produk ini menggunakan PEG-6-Caprylic/Capric Glycerides yang merupakan gentle dan vegan surfactant ultra mild, ultra soothing active yang dapat mengangkat sisa make up di wajah tanpa membuat kulit kering dan merusak skin barrier.


Active Ingredients-nya adalah:
Advanced Moisture Complex NP yaitu Sodium Hyaluronate & Sodium PCA yang membantu menghidrasi kulit wajah dan menjaga kelembapan kulit wajah intens selama 8 jam
Calendula Extract yang berperan sebagai anti-inflammatory yang dapat meredakan kemerahan pada kulit wajah.


Tesktur produk ini watery banget dan nyaris seperti pakai air saja. Cara pakainya berbeda dengan Cleansing Oil. Micellar Water ini lebih nyaman memakai kapas, supaya kotorannya terangkat. Tuangkan produk ke kapas secukupnya lalu usapkan ke wajah dengan lembut tanpa perlu dibilas. Biasanya aku pakai setelah dandan, atau aku pakai di pagi hari untuk menghapus sisa skincare semalam. Aku tetap perlu bebersih wajah di pagi hari, karena takut kalau semalaman, aku skincare-an trus nempel di bantal. Pernah menerapkan tidak perlu bersihin wajah tiap pagi, tapi ternyata ngga cocok di kulitku, dan tetap nyaman bersihin wajah sebelum lanjut skincare-an.

Foto di atas adalah pembersihan 1 kali usap, dengan kondisi makeup minimalis buat daily. Kotorannya cukup terangkat dan it doesn’t irritate my skin at all. My skin loves it!


GINZA ADVANCED HYALURONIC
MOUSSE CLEANSER

Ukuran            : 110 ml
Harga              : Rp 33.000

Masih di Lini Cleansing, Ginza punya Ginza Advanced Hyaluronic Mousse Cleanser. Kalian pasti familiar dong sama Hyaluronic? Bahan satu ini memang dikenal bisa menghidrasi, membantu meregangkan dan melenturkan kulit, serta mengurangi kerutan dan garis kulit.

Jujur waktu pertama kali lihat, aduh kok packagingnya gemes amat, karena dilengkapi dengan aplikator berbentuk brush lembut yang berfungsi untuk meratakan foam, dan juga dapat mengangkat kotoran/ sebum sampai ke dalam pori-pori dengan maksimal. Tapi, aku ngerasanya seperti pijatan lembut, dan bikin kulit aku relaks dan nyaman.


Active Ingredients:
Advanced Moist Complex NP yaitu Sodium Hyaluronate & Sodium PCA yang membantu menghidrasi kulit wajah dan menjaga kelembapan kulit wajah intens selama 8 jam.
Glacial Mineral Water berfungsi untuk meningkatkan collagen, sebagai antioxidant yg melindungi kulit dari sinar UV dan membantu mempertahankan hidrasi (kadar air) dan elastisitas.
Gold Kiwi Extract merupakan antioxidant yang melindungi kulit dari sinar UV yang dapat membantu mencegah penuaan dini.
Jeju Centella Asiatica Extract sebagai anti aging di dalam kulit yang mampu meningkatkan produksi kolagen di dalam tubuh. Produksi kolagen di dalam tubuh berperan sebagai fondasi utama kulit agar tetap elastis, dan juga berfungsi sebagai anti-inflamasi dimana anti-inflamasi tersebut dapat meredakan kemerahan dan hyper-sensitivitas pada kulit wajah.


Supporting Ingredients:
Sodium Cocoamphoacetate merupakan surfkatan yang sangat lembut untuk kulit dan mata (low-irritation surfactants)
Maltooligosyl Glucoside and Hydrogenated Starch Hydrolysate yang membuat tekstur foam/busa yang creamy sehingga nyaman diaplikasikan serta dapat menjaga kelembaban kulit, tekstur kulit, dan menjaga kulit dari iritasi.
 
Cara pakainya jadi asik karena kita ngga perlu repot ngeluarin isi produk ke tangan. Cukup dengan pompa untuk mengeluarkan busa secukupnya, gosokkan ke seluruh area wajah dengan gerakan melingkar dan bilas sampai bersih. Bersihkan brush dengan menggunakan air setelah digunakan.

Aku suka banget pakai Mousse Cleanser ini, karena selain praktis, hasilnya pun bikin kulit wajah terlihat lebih segar!


Nah, kalau dirasa cleanser-nya sudah cocok semua, mari kita bahas yang Treatment Line.

GINZA ADVANCED HYALURONIC
FACE TONER

Ukuran            : 110 ml
Harga              : Rp 27.000

Produk yang tidak kalah penting dalam masalah hidrasi kulit tentu saja adalah Toner! Untuk memperbaiki skin barrier-ku, aku lanjutkan perawatan dengan memakai Ginza Advanced Hyaluronic Face Toner.


Active Ingredients
:
10+ types of Hyaluronic Acid  berfungsi untuk melembabkan kulit dengan mengikat air, meningkatkan metabolisme kulit, meningkatkan elastisitas kulit, menyamarkan garis-garis halus pada wajah, mengaktifkan kembali sel matrik, pembentukan collagen.

Sodium Hyaluronate golongan emolien yang berfungsi sebagai pembersih dan pelindung kulit.
Advanced Moisture Complex NP yang membantu menghidrasi kulit wajah dan menjaga kelembapan kulit wajah secara intens.


Setelah membersihkan wajah, toner punya peranan penting supaya mengembalikan hidrasi di wajah. Istilahnya, semua kotoran di kulit dan sel kulit mati kan dibersihkan tuh, jadi lebih baik diimbangi dengan produk hidrasi, supaya kulit akan lebih siap menerima layering skincare berikutnya.

Toner dari Ginza ini menurutku sangat ringan dan lembap banget. Teksturnya cukup gampang meresap, sehingga jika kamu pengen kelembapan ekstra, tinggal main layering saja, disesuaikan kebutuhan kulitnya. Kalau aku biasanya 2 kali layering toner sudah cukup. Enaknya lagi, toner ini enggak bikin kulit keset!

Cara pakainya, aku pakai dua kali sehari terutama setelah membersihkan wajah dengan cara tuangkan langsung ke tangan, dan usapkan ke wajah. Nah, sebelum menggunakan skincare selanjutnya, biasanya aku akan biarkan toner ini kering dengan sendirinya supaya benar-benar meresap ke kulit.


GINZA ADVANCED HYALURONIC
FACE SERUM

Ukuran            : 30 ml
Harga              : Rp 59.000

Setelah Cleansing dan Hydratingnya sudah memenuhi, mari beralih ke Face Serum. Mengapa serum itu penting? Kalau buat aku pribadi, serum itu berfungsi sebagai pelengkap utama untuk tujuan yang diharapkan pada rangkaian skincare. Bedanya sama toner, biasanya tekstur serum yang lebih tebal atau kental. Hal ini karena serum mengandung bahan aktif yang lebih banyak dari pada toner. Jadi, tentunya serum lebih intens buat ngatasin permasalah kulit.

Ginza Advanced Hydrating Face Serum datang dengan kemasan biru cantik. Lalu botolnya terlihat simple, but again, pumpnya terdapat lock and unlock. Sama seperti varian lainnya, serum ini mengandung 10+ types of Hyaluronic Acid, Sodium Hyaluronate, Centella Asiatica Extract, Gold Kiwi Extract, Glacial Mineral Water, namun tentu dengan intensitas yang lebih tinggi.


Tekstur serum ini medium, tidak terlalu kental, juga tidak cair. Bewarna putih susu, dan aromanya sama sekali tidak mengganggu. Yang aku suka,  serum ini non-tacky feeling! Sama sekali ngga kerasa lengket, dan super gampang meresap. Jadi bisa dipakai dengan metode serum coctails, atau layering pakai serum lain tanpa merasa berat.

Biasanya aku pakai setelah toner, pada saat kulit terasa sudah cukup lembap, dan terhidrasi. Aku pakai 3 pump lalu diratakan ke seluruh wajah. Aku notice banget, setelah serangkaian produk Ginza Beauty Hydrating Series ini kulitku jadi membaik dan lebih kalem. Jika pun ada jerawat, itu bukan yang besar-besar karena barrier kulitku sudah terjaga.


GINZA MAGIC COLOUR
LIP SERUM

Ukuran            : 4,5 ml
Harga              : Rp 45.000

Masih ada produk satu lagi sebelum aku tunjukkin hasil before-after pemakaian selama 8 hari. Ini adalah Lip Care berbentuk lip serum. Ginza Magic Colour Lip Serum ini cukup menyita perhatianku karena aku belum pernah pakai lip serum sebelumnya. Kemasannya super cute dan ada hint pink, yang mana ini adalah clue bahwa lip serum ini memang akan menghasilkan warna pink natural.

Fungsi dari lip serum ini adalah membuat bibir lebih lembab dan anti aging dengan formulasi Changing Colour yang dapat berubah warna ketika diaplikasikan di bibir. Sehingga bibir terasa lebih plumping, sehat, dan tidak pucat.


Ingredients:
Sodium Hyaluronate membantu menghidrasi bibir dan menjaga kelembapan bibir intens selama 8 jam juga membuat bibir terlihat lebih bervolume.
Tripeptide-1 sebagai anti-aging yang dapat menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.
Vitamin E yang mampu mengembalikan kekenyalan bibir dan mempercepat regenerasi kulit bibir Membantu permasalahan bibir kering dan gelap.

Formulasi Colour Changing ini unik banget karena akan memberikan perubahan warna bibir menjadi warna pink alami, sesuai pH & kelembapan bibir. Iyaps. Hasil pada setiap orang akan berbeda.


Kondisi bibirku sendiri adalah kering, lumayan pucat, dan bagian pinggir bibir sedikit gelap. Aku nggak bisa skip perawatan bibir, karena buatku bibir itu bagian terpenting dan menjadi fokus orang terutama ketika kita bicara.

Ginza Magic Colour Lip Serum super fun dan nyaman banget dipakai. Biasanya aku pakai setelah mandi, dan selesai memakai skincare. Aplikatornya meruncing, sehingga bisa menjangkau sudut bibir. Sedangkan teksturnya oily, tapi sama sekali enggak lengket! Di bibirku yang kering langsung bisa meresap dan tidak membuat bibir mengelupas! Wah, keren sih Ginza.

Nah, karena hasilnya sering terlihat sangat pink di bibir aku, jadi misal buru-buru, aku aplikasikan Lip Serum di bagian bibir bawah, kemudian dikatupkan bibir atas dan bibir bawah supaya hasilnya terlihat lebih natural. Jika dirasa kurang merata, aku biasanya ratain pakai tangan bersih dan jangkau sampai ke sudut bibir.

Tapi secara keseluruhan, Lip Serum ini bagus. Warna pinknya cukup awet, meski sampai siang dan sempat makan.

RESULT PEMAKAIAN

Sudah aku jelaskan ya, aku coba produk Ginza satu per satu. Nah, kalau serangkaian langsung, akan dihitung sesuai tanggal tertera seperti berikut.


Mungkin secara sekilas ngga terlalu terlihat bedanya. Tapi coba kalian perhatikan: redness, jerawat besar, dan komedo seperti memudar! Jerawat besar pun kempes tanpa meninggalkan bekas. Bumil jadi happy nih, sekalinya skincare-an, hasilnya oke.

Menurutku, Ginza Beauty perlu dipertimbangkan terutama buat para produk local. Ginza mampu bersaing dengan apik, baik segi kualitas maupun harga. Hasilnya ngga instan, tapi terpercaya bisa mengatasi permasalahan kulit dengan aman.
Semoga review ini membantu kalian ya! Kalau mau beli produk Ginza Beauty, jangan lupa ke situs terpercaya ya!

See ya.

You May Also Like

0 komentar