BASIC SKINCARE YANG NGGA BOLEH DISKIP! REVIEW SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50 PA+++

by - August 31, 2023

Pembaca blog aku masih ada yang belum tahu CTMP? Pembaca blog aku sudah pada coba produk-produk skincare buat advance tapi belum tahu basic skincare itu apa? Tenang, aku nggak marah. Aku akan kasih tahu sesuai pengetahuan dan pengalamanku punya kulit berjenis acne prone yang saat ini udah berusia 30an.

Jadi seperti yang kita setujui bahwa kulit yang sehat adalah dambaan setiap umat. Sehat mungkin bukan berarti harus glowing, licin, mulus bak porselen. Tapi sehat bisa berarti bersih, terasa nyaman, dan bikin percaya diri. Nah, sayangnya, tidak semua orang paham bahwa kulit sehat tidak bisa didapat dalam sekejap mata dan maunya instan. Bisa sih perawatan di klinik, tapi selain harganya cenderung mahal, juga tetap butuh konsistensi dan perawatan yang optimal.

Nah, buat kita yang mungkin punya keterbatasan dana, hal paling simple yang bisa dilakukan adalah skincare basic dengan produk yang masuk akal. Masuk akal dalam artian produknya harus aman, terdaftar, tidak menjanjikan sesuatu hal yang instan, dan yang jelas: produk original.

Okay. Back to CTMP. CTMP adalah singkatan dari Cleansing – Toning – Moisturizing – Protecting. CTMP ini step skin care yang paling sederhana dan paling dibutuhkan kulit. Boleh kamu breakdown per step sesuai kebutuhan dan pilih produk yang bisa kamu sesuaikan dengan jenis kulit.

Cleansing adalah proses membersihkan kotoran dari sisa makeup, debu, polusi, serta mengangkat sel kulit mati. Bisa pakai metode single cleansing atau double cleansing. Kalau aku, biasa pakai double cleansing dengan Milk Cleanser dan Face Wash, supaya kulitku bersih sempurna.

Toning sangat dibutuhkan buat make sure kotoran sudah tidak ada lagi, dan juga bisa menambah/ mengembalikan kelembapan kulit supaya tidak kering setelah mencuci muka. Nah, ada bermacam-macam jenis toner yang bisa kita pilih, seperti exfoliating toner atau hydrating toner. Exfoliating toner biasanya aku pakai dengan kapas, sedangkan hydrating toner aku tuang langsung di tangan. Exfoliating toner biasanya aku barengi dengan pemakaian hydrating toner, sedangkan hydrating toner selalu aku pakai dengan takaran layer yang aku butuhkan.

Moisturizing ini adalah step ketiga setelah toning. Biasanya aku tunggu setelah kulit setengah kering, lalu aku aplikasikan moisturizer yang teksturnya ringan dan cepat meresap di kulit.

Protecting adalah step yang paling penting dalam basic skincare. Apalah arti semua step skincare jika kita tidak melindunginya dari efek buruk sinar matahari. Yep, protecting mencakup produk yang ber-SPF dan digunakan pada saat terang atau mulai pagi hari.

Kabar baiknya lagi, moisturizing + protecting bisa banget kalian gabungin karena saat ini ada banyak produk yang bertajuk sunscreen, tapi punya efek kelembapan yang luar biasa. Dari CTP, kita bahkan bisa persingkat menjadi CTP.


Buat yang belum tahu, kondisi kulitku saat ini cukup bersih dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. PR besarku mengurangi PIE dan PIH yang bandel banget! Selain itu, aku sudah harus gencar melawan aging, yang tentu tidak bisa dihindari lagi. Yang tadinya punya kulit acne prone dan berminyak, kini di beberapa spot sungguh terasa kering dan terlihat garis halus jika tersenyum. Oh no!

Pakai skincare anti aging? Wah tentu sudah. Aku rajin pakai retinol sebelum hamil anak kedua. Nah, tapi aku balik nanya deh. Apakah kalian tahu bahwa sunscreen juga bisa dikategorikan produk anti aging? Hah yang benar? Iya dong. Karena sunscreen memang dibuat untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sinar UV ini salah satu penyebab utama kulit mengalami penuaan dini. Penggunaan sunscreen bahkan bisa dilakukan sejak kita mulai usia remaja. Kebayang kan, jika semakin awal kita pakai sunscreen, maka semakin tertunda pula tanda-tanda penuaan dini. Seperti kerutan, garis halus, bitnik hitam, sampai kulit yang kendur.

Benang merah ceritaku di atas adalah: kalian harus pilih sunscreen yang tepat dan jangan malas pakai sunscreen.

So, di blogpost kali ini, aku mau kenalin produk yang punya fungsi ganda dan cocok buat segala macam jenis kulit: SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50 PA+++.


SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50 PA+++ adalah sunscreen yang sudah lama bersliweran di timeline sosial mediaku. Dengan kemasan dominan kuning cerah, Scarlett berhasil bikin aku excited buat coba!

Isi                      : 50 ml
No BPOM         : 18221701725

Sunscreen ini dilengkapi dengan kemasan plastic yang membungkus seluruh bagian, supaya kualitasnya terjaga. Dengan bentuk tube yang ringan, aku kira sunscreen ini cocok banget dibawa jalan-jalan.


INGREDIENTS

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Homosalate, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid, Ethylhexyl Salicylate, Octocrylene, C12-15 Alkyl Benzoate, Cetearyl Alcohol, Aminomethyl Propanol, Butylene Glycol, Glycerin, Glyceryl Stearate, PEG-100 Stearate, Polyacrylate Crosspolymer-6, Trimethoxybenzylidene Pentanedione, Phenoxyethanol, Bis-Ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Arisaema Amurense Extract, BHT, Bisabolol, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Allantoin, Decyl Glucoside, Panthenol, Glycine Soja (Soybean) Oil, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, T-Butyl Alcohol, 1.2-Hexanediol, 2-Aminobutanol, Tocopherol, Theobroma Cacao Seed Extract.


KEY INGREDIENTS:
·       Bisabolol (tidak membuat iritasi dan aman untuk kulit sensitive)
Membantu menghidrasi kulit, melindungi kulit dari penuaan dini yang disebabkan oleh efek buruk sinar UV, membantu mengatasi iritasi ringan, membantu melawan bakteri penyebab jerawat.
·       Allantoin (tidak membuat iritasi dan aman untuk kulit sensitive)
Menyejukkan kulit, merawat kulit agar terasa halus, lembut, dan tidak kering, serta bisa menghidrasi kulit.
·       Aloe Barbadensis Leaf Extract
Membantu menyamarkan noda gelap pada wajah, membantu menyejukkan kulit, menjaga kelembapan kulit.
·       Vitamin E
Membantu melindungi efek buruk sinar UV, melembapkan kulit.
·       Phyto Whitening
Membantu mencerahkan warna kulit dan menyamarkan noda hitam.
·       Pro Vitamin B5
Menjaga kelembapan kulit wajah dan menyegarkan kulit.
·       Glycine Soja Oil
Membantu menyamarkan noda gelap, meratakan warna kulit, melindungi kulit dari efek sinar UV, dan menjaga kelembapan kulit.

Secara keseluruhan, produk ini adalah Triple Protection Sunscreen (UVA, UVB, dan Blue light) dengan kandungan SPF 50 PA +++ dan Blumilight. Kandungan Blumilight berfungsi sebagai proteksi kulit wajah dari radiasi blue light, yang berasal dari gadget & elektronik. Produk ini juga disebut dengan Broad Spectrum Sunscreen untuk cegah sunburn, kerutan, flek hitam, hingga kanker kulit. Menurutku, sunscreen ini memang must have item sih!


TEKSTUR

Setelah mencoba banyak produk sunscreen, maka aku ngerasa SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50 PA+++ ini punya tekstur cream tapi runny. Tidak terlalu thick, dan mampu menyerap sempurna ke dalam kulit. Dia juga nggak whitecast, tapi memang setiap sunscreen perlu jeda buat nge-set!


Di kulit terasa adem dan nggak pliket. Nggak engap dan nggak berat. Nah, meskipun klaimnya cocok buat kulit normal to dry, tapi di kulitku yang mudah berminyak di beberapa spot tertentu, nyaman-nyaman saja tuh. Kalian bisa coba sendiri ya, karena hasil di setiap orang akan berbeda.

CARA PAKAI

Cara pakainya gampang kok. Setelah cuci wajah, kamu bisa pakai toner, serum, dan moisturizer, kemudian baru dilanjutkan dengan sunscreen. Seperti aku bilang di atas, pada kondisi kulit tertentu, bahkan pemakaian SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50 PA+++ tidak lagi memerlukan moisturizer sebelumnya. Karena hasilnya benar-benar lembap dan kenyal.

Aku pakai sebanyak 2 ruas jari penuh, dan ratakan di kulit dengan cara ditepuk-tepuk pelan, biar sunscreen ngeset perlahan. Gunakan sunscreen secara merata, kurang lebih 15-30 menit sebelum keluar ruangan. Nah, karena produk ini punya SPF 50 PA+++, nanti pemakaian sunscreen akan aku ulangi, sekitar 4-5 jam ke depan. 


RESULT

Sebagai pecinta kulit glowing, surprisingly hasilnya cakeeeep paraaah! Aku ngerasa kulitku super moist, no whitecast, nggak lengket, dan glowing bahkan sejak permakaian pertama. Kelihatan lebih sehat, cerah, dan sehat. Di bagian awal aku sudah bilang kan, kalau sunscreen pun bisa jadi pelembap sekaligus? SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50 PA+++ ini bisa jadi produk andalan yang sat set, dan praktis. 

Oh iya, buat kalian yang takut dengan efek pedih sunscreen di area mata, aku punya tipsnya. Setelah pakai sunscreen biasanya akan aku jeda 7 menitan, baru di-tap-tap dengan loose powder, terutama bagian bawah mata agar sunscreen nggak terasa pedih. Pengaplikasian bedaknya jangan digeser ya, biar nggak crack, atau nggak pilling.

Biar lebih jelas, silahkan lihat di foto before – after berikut ini. Ini pemakaian SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50 PA+++ tanpa bedak ya! Glowing kan?


Dengan pengalaman pemakaian SCARLETT SUN BRIGHT DAILY SUNSCREEN SPF 50 PA+++, aku juga pengen kalian ikutan cobain deh. Ingat, sunscreen itu penting dan produk utama untuk anti aging!

Supaya nggak salah pilih produk, kalian jangan lupa cek keaslian produk di:
Dan untuk produk aslinya, kalian bisa beli di:


Semoga review ini membantu kalian dalam merawat kulit dengan bahagia ya!

You May Also Like

0 komentar