PENTINGNYA MENJAGA RAMBUT AGAR TETAP MUDA

by - February 26, 2024

Jika ibaratnya rambut adalah mahkota wanita, maka apapun akan kita lakukan demi selalu menjaganya. Banyak sekali faktor yang membuat rambut kita bermasalah, salah satunya adalah faktor cuaca panas dan tingkat polusi yang tinggi, apalagi kita hidup di Indonesia. Rambut sering menjadi kusut, kering, patah, maupun kasar. Kalau tidak rutin perawatan, rambutpun bisa rusak dan menua. Iya, yang butuh perawatan bukan cuma kulit saja, karena rambut juga bisa menua.
Kalau kita aware tentang rambut menua, maka sebagai wanita aktif yang selalu menjaga penampilan dari ujung kaki ke ujung kepala, tentu tidak boleh mengabaikan perawatan rambut yang rutin. Bukankah rambut yang sehat adalah dambaan dan faktor penting penunjang penampilan? Nah, kita bahas semuanya agar #rambuttetapmuda.
Apa Itu Rambut Menua
Rambut menua pasti dialami oleh sebagian besar dari kita, jika kita membiarkan rambut rusak dan tidak merawatnya. Rambut menua bukan hanya dialami oleh wanita dewasa, tapi juga bisa dialami oleh wanita usia 20-an. Makanya, secepat mungkin kita sadar akan pentingnya merawat rambut, maka rambut menua bisa ditunda jauh lebih lama.
Ciri-Ciri Rambut Menua
Banyak wanita tidak menyadari bahwa permasalah rambut yang dialami merupakan penuaan rambut. Penuaan rambut bukanlah perubahan warna rambut saja atau ubanan seperti yang diketahui selama ini. Ada banyak sekali ciri-ciri yang sangat mudah dikenali, antara lain:
1.  RAMBUT RUSAK
Nah sayangnya, indikasi penuaan rambut bukan hanya adanya uban saja namun juga rambut yang menjadi lebih kering karena produksi minyak alami kulit berkurang. Akibatnya, rambut menjadi lebih kusam dan tampak rusak. 
2.  RAMBUT RONTOK
Jika kita mendapati rambut rontok karena mudah patah dan tidak setebal sebelumnya, bisa jadi itu juga termasuk penuaan rambut. Pada awalnya mungkin akan terlihat rambut yang kasar dan patah, kemudian lama-lama akan rontok parah. Hal ini disebabkan karena Folikel rambut yang mengecil dan membuat rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan bahkan berhenti tumbuh. Jika ini terjadi secara terus menerus dan dibiarkan begitu saja, maka rambut kita bisa botak dan tentunya bikin tidak percaya diri.
Penyebab Penuaan Rambut
1.  MENGHABISKAN BANYAK WAKTU DI BAWAH TERIK SINAR UV
Paparan sinar matahari tak hanya berbahaya buat kulit, namun juga buat rambut. UVA dan UVB berpotensi membuat rambut kering dan kemerahan. Yang paling parah, efek buruk sinar UV juga bisa membuat lapisan terluar rambut yaitu keratin dan melanin, menjadi rusak karena kelembapan alami rambut akan berkurang.
2.  MENCUCI RAMBUT SETIAP HARI
Mencuci rambut setiap hari biasanya kita lakukan karena sering berada di luar ruangan. Rasanya rambut menjadi kotor, bau tak sedap, dan keringat yang bikin kulit rambut gatal. Namun, beberapa shampoo mengandung bahan aktif untuk mengatasi ketombe atau jamur di kulit kepala, membuat sebum rambut terus berkurang jika setiap hari digunakan. Hal ini bukan hanya membuat rambut menjadi kering, namun juga bikin rambut kusam.
3.  MENGIKAT RAMBUT TERLALU KENCANG DAN SERING
Hal yang sering tidak kita sadari adalah mengikat rambut terlalu kencang, karena beberapa dari kita menginginkan rambut yang rapi. Namun jika rambut selalu diikat kencang dalam frekuensi yang berlebihan, akan menganggu ketahanan folikel, dan mempercepat perubahan warna alami rambut. Termasuk lebih cepat beruban!
4.  SERING STYLING RAMBUT
Sebagian besar wanita pasti pernah styling rambut entah dengan mewarnai, meluruskan, mencatok, sampai menggunakan hair dryer. Proses styling ini memang membuat tampilan kita tidak membosankan dan membuat lebih percaya diri. Namun jika kita tidak merawat rambut dengan benar, maka rambut akan lebih cepat rusak dan patah.
5.  MENGABAIKAN PENTINGNYA PERAWATAN
Perlu kita akui bahwa perawatan rambut seringnya dinomorduakan. Banyak diantara kita yang lebih sering memikirkan perlindungan dan perawatan kulit, sehingga ketika kita sudah memasuki usia 30-an, kita baru sadar bahwa rambut juga perlu didengarkan.
Perawatan rambut bukan hanya soal rutin membersihkannya, namun juga menggunakan conditioner untuk melembapkan, mengeringkan dengan benar, kemudian menggunakan vitamin yang rutin agar rambut tetap sehat, kuat, dan bersinar.

 

Jadi, gimana sih cara supaya rambut tetap muda dan membuat penampilan tetap terjaga?
Solusi Mengatasi Rambut Menua Yang Praktis dan Terjangkau
Meski proses penuaan memang tidak bisa dihindari, namun dengan perawatan rambut yang rutin dan menggunakan ingredients yang terbukti bagus, akan membuat rambut tampak muda kembali.
Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, maka kita tidak perlu repot-repot membuat treatment rambut homemade memakai bahan alami. Pun untuk kita yang aktif dan sibuk sehingga tidak punya banyak waktu buat perawatan rambut di salon atau di klinik kecantikan. Saat ini ada banyak sekali produk perawatan rambut yang bisa kita percaya, karena pastinya brand-brand besar sudah melakukan riset dan development produk yang berkualitas prima.
Namun untuk mendapatkan #rambuttetapmuda, ada beberapa hal harus kita perhatikan dari ingredients di dalam produknya:
- Mengandung Antioksidan
Beberapa penelitian menyebutkan bahwa antioksidan dapat mencegah kerontokan rambut, serta mengobati kerontokan agar tidak lebih parah. Antioksidan sangat penting untuk kesehatan rambut karena dapat meremajakan rambut sehingga membuatnya terhindar dari penuaan lebih awal.
- Mengandung Heat Protection
Heat Protection sangat wajib untuk kita yang suka dengan styling rambut, karena bahan ini akan melapisi dan melindungi rambut dari kerusakan yang biasanya disebabkan oleh paparan suhu panas ketika styling.
Nah, kedua manfaat di atas, bisa kita dapatkan dalam sebuah ingredients bernama Moroccan Oil/ Argan Oil.
Bahan ini sangat populer untuk perawatan rambut, karena di negara asalnya yaitu Maroko, minyak ini menjadi rahasia kecantikan lokal yang turun temurun. Minyak ini mengandung nutrisi beragam, terutama vitamin E, yang berperan sebagai antioksidan dan penting untuk melindungi rambut dari radikal bebas dan mengandung berbagai jenis lemak nabati maupun asam lemak. Morrocan Oil mempunyai manfaat untuk mengatasi rambut kusut dan kering, menjadikan rambut lebih kuat, tampak lebih tebal, sehat, dan berkilau.
Saat ini, usiaku udah kepala 3. Banyak hal yang membuat rambutku berubah kondisi, seperti terlalu sering berada di lapangan waktu zaman muda, mengalami kerontokan akibat menyusui, hingga proses styling yang kadang tidak diimbangi dengan perawatan yang rutin.
Dari pengalamanku tersebut, maka aku tidak mau lagi membuat rambut rusak, dan aku intens sekali melakukan perawatan harian. Sebagai wanita aktif, baik dalam keluarga maupun bekerja, maka aku melakukan perawatan rambut di rumah saja, karena aku jarang sekali bisa keluar rumah sendirian dalam waktu lama. Artinya, perawatan rambut bisa kita lakukan secara praktis dan mudah.
Beberapa hal yang aku lakukan adalah:
1.  Keramas 2-3 hari sekali, dan fokus di area kulit kepala untuk menghilangkan kotoran seperti ketombe, dan kerak kepala.
2.  Memakai produk shampoo dan conditioner setiap keramas, tanpa skip salah satunya.
3.  Memakai vitamin rambut pada saat rambut setengah kering, fokus dari tengah ke ujung rambut.
4.  Tidak melakukan styling berlebihan, termasuk mengkuncir rambut dalam waktu yang lama.
5.  Melakukan perawatan mingguan dengan creambath/ hairspa sesuai dengan kebutuhan rambut.
Dengan berbekal perawatan rutin yang aku lakukan biar rambutku tidak rusak, maka meskipun saat ini aku masih masa menyusui anak kedua, rambutku tidak rontok berlebihan! Rambutku juga tetap terasa lembut dan tergerai indah, walaupun rambutku super panjang karena sudah lama tidak potong rambut ke salon. Wah senang sekali ya kan? Hal ini sangat berbeda ketika aku menyusui anak pertama, di mana waktu itu kondisi rambutku rontok parah. Jadi, aku akan tetap menjaganya biar rambut tetap muda.

 

Aku harap, siapapun kalian yang baca ini, kalian sudah mulai sadar akan pentingnya perawatan rambut, seberapapun usia kalian. Jangan lupa pilih produk unggulan dari brand-brand yang terpercaya karena rambut kita adalah asset yang berharga!

You May Also Like

0 komentar