FANBO ULTRA SATIN LIPSTICK - ALL SHADES

by - February 23, 2019

Barangkali era kejayaan lip cream dengan hasil matte sudah berlalu. Dibuktikan dengan banyaknya riasan bibir glossy maupun kembalinya lipstick klasik. Tapi kalau kamu bingung dan suka tampilan glossy sekaligus matte, tenang, ditengah-tengahnya ada yang namanya satin lipstick. Teksturnya lembut, hasilnya sedikit mengkilap, plus bisa juga dibikin matte. Tinggal diblot sama tissue ala-ala orang zaman dulu.

Ngomongin soal satin lipstick, aku berkesempatan nyobain series terbaru dari Fanbo Precious White, yang bekerjasama dengan Beautiesquad.  Seneng banget deh! Makanya, aku enggak sabar mau bagiin hasil review-ku ke kalian.


Brand yang lahir tahun 1903 ini tampaknya enggak pernah salah membidik pasar. Selain karena promosinya yang ciamik, kualitas produknya pun enggak perlu diragukan lagi. Hampir semua blogger kompak-cocok baik segi harga maupun varian yang ditawarkannya. Kayak pernah kan kapan hari aku review Fanbo Acne Solution? Nah, Fanbo tuh kayak punya pilihan jawaban buat kecantikan kita-kita. Mau set mekap yang ala anak muda, ADA. Mau mekap klasik, ADA. Mau skincare buat mencerahkan atau buat jerawat, ADA!

Dari dulu hingga kini, Fanbo bertahan dengan macam-macam inovasinya. Jadi, balik ke topik yuk!


Fanbo Ultra Satin Lipstick ini punya 8 varian warna. Waktu pertama kali melihat sekilas, aku sempet ragu dan mikir, "wah warnanya kok hampir samaan sih". Batinku, paling enggak kan dibedain sekalian nuansanya. Misal merah, ya jangan yang deket-deket lah. Apalagi bibirku agak susah menerima lipstick, sekali oles enggak bagus, jangan harap akan lebih baik diolesan kedua. Ini mungkin karena kondisi bibirku yang kering, gampang pecah-pecah, plus warna bibir agak hitam. Ya enggak salah siapa-siapa juga sih, cuma kan teteup ya, harus pinter-pinter milih produk yang cocok.

Hingga paketannya tiba, dan aku buka box-nya, ternyata, baiklah, warnanya cakep semua sodara-sodara! Namun aku masih enggak percaya sih kalau belum dicoba. Beneran, bayangin nge-swatch 8 warna saja aku mikir panjang kok. Seperti biasa, aku kondisikan bibir biar sehat dulu dengan scrub bibir plus memberinya sleeping mask sepanjang malam. Harapannya, biar selama sesi foto, enggak ada kasus bibirku pecah-pecah dan bikin lipstick susah merata.

Di kelas satin lipstick, harga Fanbo terbilang cukup terjangkau. Aku lihat di beberapa e-commerce, harganya sekitar Rp 40.000. Kalau yang doyan belanja langsung dan pengen nyobain, coba deh datang ke counternya. Karena waktu aku ke toko kosmetik, deretan Fanbo Ultra Satin Lipstick sudah nangkring dengan cantiknya.


PACKAGING


Kita bahas satu persatu dulu ya. Pertama, dari segi kemasan. Sudah dua kali dikirimin paketan fanbo, pengemasannya cukup rapi, ditambah dengan bubble wrap di kotak produknya. Hal ini tentu saja biar kualitas produknya terjaga, dan penting bagi kamu yang doyan belanja online.

Sementara itu pada packaging lipstick, desainnya feminine dengan nuansa putih dan pink. Kalau dipegang, produknya sangat ringan. Tapi inilah yang kadang jadi masalah, terutama buat orang pecicilan kayak aku gini wk.

Lipsticknya aman ketika sampai. Cuma, waktu sesi foto, enggak tahu karena keburu atau gimana, yang nomor 2 langsung patah dong. Kraaay. Padahal warnanya bagus loh, dan termasuk favorit. Terus aku pakeinnya dengan cara memakai kuas. Abis itu enggak berani lagi grusak grusuk dan lebih berhati-hati waktu buka warna lain.

Semua info ada di packaging, mulai dari nomor, tanggal expired, sampai nomor POM. Warna aslinya juga langsung bisa kalian lihat di bagian bawah kemasan.

Lainnya yang aku notice, kemasan lipsticknya kan ada plastik sealednya tuh, yang warnanya transparant. Tapi di plastiknya ada keterangan ingredientsnya, ya mana aku bisa lihat dong. Wong warnanya saja putih, terus tembus di kemasan lipstick warna putih susu. Nah, saran nih buat Fanbo. Misal mau dikasih keterangan ingredients di plastiknya, paling enggak tulisannya ada warna background yang kontras, biar kebaca. Sayang loh.


KLAIM


 Highly Pigmented = Kandungan Titanium dioxide yang berfungsi sebagai UV Filter sebagai dasar warna agar warna lebih keluar & tahan lama. 
 Vitamin E = Sebagai antioksidan dan menutrisi kulit bibir agar tetap halus, lembab, dan sehat 
 Soft focus effect = Dapat menutupi garis-garis di bibir sehingga tampilan bibir terlihat halus 
 Long wearing = Mampu bertahan hingga 6 jam 
 UV Protection = Menjaga bibir agar tidak menjadi gelap jika digunakan sehari-hari

TEKSTUR & SCENT


Fanbo Ultra Satin Lipstick punya tekstur yang lembap. Enak dipakai dan enggak bikin bibir aku kering. Aku enggak bohong loh ini. Bibirku yang sensitif enggak menunjukkan tanda kering dan pecah-pecah, karena waktu diswatch, lipsticknya lembut banget.

Untuk scent-nya sendiri, fanbo kayaknya enggak banyak perubahan dari dulu. Wanginya masih khas seperti lipstick eyang hehe. Tapi ya enggak ada masalah sih, wong namanya saja lipstick, bukan parfum (krik).


RESULT


Aku mau bahas klaimnya yang highly pigmented dan Long Wearing dulu. Untuk beberapa warna yang bold, hal ini bisa berlaku. Apalagi nomor 1, 2, 4, dan 7, gampang banget ngoles sekali keluar. Swatches di tangan 6 jam-an juga enggak hilang. Kalau di bibir sendiri, wah ya enggak lama-lama banget. Mana transfer pula. Paling 3 jam-an bubar.

Kemudian yang warna kalem dan cenderung nude, pigmented dan daya tahannya kurang. Ngolesnya sampe berkali-kali. Terus daya tahannya lebih pendek, apalagi kalau makannya bar bar. Alamat gampang ilang.

Sedangkan klaim soft focus effect-nya, lumayan kerasa. Garis bibir nyaris enggak kelihatan, nanti kalian akan lihat sendiri di foto-fotonya.

Nah, yang jadi masalah nih, tadi sudah aku bilang kan ya, kalau warnanya mirip-mirip. Terutama yang nomor 1,2, dan 4. Beneran, secara kasat mata, MIRIP. Hampir saja ku gundah gulana, gimana nanti reviewnya, apakah di foto juga enggak ada bedanya? Ya gimana ya, nuansa merah semua.

Tapi aku lega begitu aku swatch di tangan. Walaupun tipis, perbedaannya ada di kepekatan warna dan colour pantonenya. Mungkin kalau anak desain bakalan lebih tahu ya hehe.

Swatch di tangan

01 PROM QUEEN

Judulnya cocok sih, porm queen. Mungkin ditujukan untuk riasan malam hari. Warna ini merah cabe, merah yang bener-bener merah pedas. Menurutku, akan lebih cocok untuk warna bibir yang enggak hitam, karena kalau gelap sepertiku, merahnya masih kurang kelihatan. Butuh dua kali oles supaya fotonya representatif hehe.


02 NERD


Berbeda dari prom queen, nerd lebih pekat dan lebih cocok dipakai buat bibir gelap. Buktinya bisa dilihat pada foto di bawah ini ya. Bibirku yang hitam ketutup sempurna. Aku enggak tahu kenapa namanya nerd ya, karena di bibirku, warna ini bisa digunakan buat pagi atau malam. Menurutku, warna ini lebih terkesan hot dan sexy gitu hehe.

Oh iya, warna nerd ini loh yang patah. Sedih deh, padahal cukup bagus di bibirku. Kelihatan penuh gitu. 


03 FEMININE


Kalau yang nomor 3 ini, warnanya cenderung pinkish, tapi pinknya kalem, bukan tipikal yang gonjreng. Aman buat ketemu mertua hahaha. Aku pakai lipstick ini sampai 2 kali oles, but again, enggak bikin bibir kering kok. Aku bisa pakai warna ini buat riasan sehari-hari atau pas meeting juga. Kelihatan fresh gitu soalnya.


04 ADVENTUROUS


Setelah aku perhatikan, warna adventurous cenderung lebih kalem ketimbang nomor 1 dan 2. Merahnya lebih ke pink dan enggak gonjreng. Tapi ketika dioles ke bibir, ada semacam hint orange-nya. Kabar baiknya, ternyata gampang diratain di bibirku. Kata suami, malah lebih cocok yang ini ketimbang warna-warna sebelumnya. Padahal menurutku warna ini enggak bikin bibirku kelihatan penuh. Bimbang deh jadinya.


05 FASHIONISTA


Satu-satunya warna yang cenderung coklat. Kalem banget. Buat kemana-mana oke, saingan sama nomor 2. Dioles sekali juga langsung keluar, ugh tayang. Kekurangannya ada di soft focus effect, garis bibirku masih kelihatan. Cuma ya enggak ada masalah sih sebenernya haha.


06 INNOCENT


Tadinya aku pikir, ini bakalan biasa saja. Wong pas ngaca, beneran yang malah kayak warna bibir. Tapi ketika preview hasil foto, weits, cakep juga. Kok cocok sama bentuk bibir dan aku terlihat kalem. Sayangnya, warna ini paling gampang ilang. Butuh touch up sering-sering biar bibir enggak kelihatan pucet.


07 POSESIF


Namanya juga posesif, jadi warnanya tegas banget, hahaha. Warna merah-coklat-keungu-unguan. Mau bilang maroon bukan, mau bilang ungu juga bukan. Yang jelas, terlihat penuh di bibirku. Warna ini cocok buat riasan malam nan glam. Atau bisa juga buat collab foto yang biasanya pakai tema bold. Dan kayaknya ini bakalan paling awet deh -mengingat-aku-agak-enggak-berani-orangnya- pakai mekap yang nyolok mata, hehe.


08 AMBITIOUS


Last but not least, enggak disangka enggak diduga. Ambitious sangat bisa bikin wajahku berubah. Dari yang default judes, jadi kelihatan anteng. Aku jarang loh, bisa nemuin warna pink yang cocok buatku. Pernah beli yang gonjreng, bibirku yang tebel makin kayak disengat lebah. Giliran nyari yang pink kalem, malah kayak orang sakit. 

Makanya, aku sangat suka warna pink cantik ini. Coba deh lihat fotoku berikut ini, mayan berbeda kan ya? Aku memutuskan warna ambitious sebagai warna favoritku, karena telah membuatku cantik dan kalem. Hahaha.


Buat kamu yang mungkin kurang jelas dan masih penasaran, aku sudah bikin kolase warna-warnanya buat perbandingan. Lebih jelasnya lihat di foto-foto berikut ini ya.



Kalian setuju enggak aku cocok pakai yang ambitous? Atau justru warna lain? Well, aslinya aku bingung juga sih, favoritnya warna apa hehe. 

Oh iya, kalian bisa juga share di kolom komen kalau sudah pernah mencobanya. Siapa tahu ada info lain yang belum aku jabarkan di sini. 

Sekian review kali ini, semoga berguna juga buat kalian yang sedang galau pilah pilih lipstick. See ya!

You May Also Like

1 komentar