SABUN ANAK BERKULIT SENSITIF - REVIEW CUSSONS SENSICARE

by - April 20, 2019

Sesekali mau review perawatan buat anak ah. Pembaca blog ini pasti tahu, kalau sejak lahir, Alya punya kulit super sensitif. Waktu masih bayi, pakai popok yang enggak lembut bisa ruam. Cuaca panas, badan bisa beruntusan kemerahan. Makan telur kebanyakan, bisa bisulan. Kena bedak di punggung, kulit bisa langsung kering kerontang. Makanya, aku menghindari hal-hal yang bikin kulit Alya bereaksi negatif. Seperti mengurangi konsumsi telur, enggak makein minyak telon, dan selalu memandikan Alya dua kali sehari agar kulitnya bersih dan segar.

Namun hal itu juga kudu didukung sama perawatan yang tepat. Yang tepat bagaimana? Salah satunya adalah memilih sabun bayi dan lotion khusus untuk kulit sensitif. Contohnya? Cussons Baby Sensi Care.


Buat yang belum tahu, aku pernah loh, ngreview perawatan Alya waktu masih bayi. Coba klik di sini deh. Iya, merek Cussons memang yang paling sering aku beli. Disamping harganya murah, juga bagus, lengkap dan banyak variannya.

Cussons Baby SensiCare menurut pengamatanku adalah versi premium dari produk Cussons. Jadi dikhususkan untuk yang memiliki kulit sensitif dan gampag kena alergi, kayak Alya. Dilengkapi dengan Derma Soft Complex, Cussons telah teruji Hypoallergenic, dan banyak direkomendasikan oleh Dokter Kulit dan Dokter Anak. 


Kemasan Cussons Baby SensiCare juga lebih lux dan lebih besar, jika dibandingkan dengan produk Cussons Baby yang lain. Kalau yang biasa kan, kita sering nemu kemasan kecil-kecil ya, nah, yang SensiCare ini beda. Hanya punya satu ukuran setiap variannya.

Cussons Baby SensiCare mempunyai 3 varian: 

- Hair and Body Wash
- Moisturizing lotion
- Soothing Cream

Kesemua produknya mempunyai kandungan Organic Oats, Organic Olive Oil, Shea Butter, dan Ceramide. Rasa-rasa sih, target marketnya bayi yang baru lahir. Tapi kan aku kenalnya setelah Alya umur 4 tahun, jadi ya, dicoba saja. Toh, orang dewasa juga sering pakai produk bayi juga kan hehe. Lagian aku percaya, skincare enggak punya batasan usia dan jenis kelamin. Kecuali kalau dibalik, Alya pakai produk dewasa. Itu yang berbahaya.

Biar lebih terperinci, aku bahas satu per satu saja deh ya.


CUSSONS BABY SENSICARE HAIR & BODY WASH


Netto: 200 ml
Harga: Rp 180.000

Varian ini adalah varian pertama yang aku coba. Senengnya, satu produk bisa digunakan buat badan dan rambut. Pertama kali nyoba dan pakein ke Alya, wanginya bener-bener soft dan busanya gentle banget. Sebenernya Alya terbiasa pakai yang busanya banyak, karena dia seneng mainan gelembung. Tapi setelah aku jelasin kalau Cussons ini memang diformulasikan minim kandungan busa, ya dia enggak ada masalah. Malah dia bilang, "Ma lembut banget dan haruuum. Alya suka"

Iya, deskripsi wanginya itu wangi yang mahal ala-ala TBS gitu dan awet pula. Terbukti siang-siang rambutnya masih harum, walaupun setelahnya enggak aku pakein lotion rambut. Terus, gatel-gatel Alya seperti biang keringat juga jarang nongol. Kalaupun ada, itu enggak begitu lama, dan mudah ilang. 

Minusnya apa ya. Oh iya, mungkin karena saking senengnya, aku jadi boros pakai ini sabun. Belum ada sebulan sudah habis. Teksturnya enggak terlalu kental dan bening. Kalau Alya pakai, bakal lebih boros lagi, karena dia belum begitu mudeng, gimana cara pakai sabun yang bener. Wkwk.


CUSSONS BABY SENSICARE MOISTURIZING LOTION

Netto: 200 ml
Harga: Rp 150.000

Setelah Alya mandi, aku pastikan kulitnya dikeringkan dengan handuk, tanpa ada sisa air yang menempel. Berkaca dari pengalaman pribadi, aku dulu sering handukan cepet-cepet. Belum kering bener sudah pakai pakaian. Alhasil, kulit punggung lembap dan jamur mudah menempel. Ini lembapnya karena air yang nempel gitu loh, bukan karena minyak atau lotion. Jadi ya, kesalahan besar. Makanya, sekarang aku pastiin biar kulit punggung kering, baru berani pakai baju. Termasuk memberlakukan hal itu sama Alya. Tipe kulit Alya yang sensitif nurun dari aku soalnya. 

Aku pakein mosturizing lotion di bagian tangan, paha, dan kaki. Lotionnya juga lembut! Dan soal harumnya, masih sama persis. Tekstur dari Lotion SensiCare cenderung cair, dan gampang meresap. Pun juga awet sesiangan, dan lembutnya masih terasa. 


CUSSONS BABY SENSICARE SOOTING CREAM


Netto: 50 gram
Harga: Rp 70.000

Sooting cream klaimnya bilang bisa dipakai di wajah. Mungkin buat yang ruam susu, bisa dipakein si sooting cream. Kulit bayi dan anak kan lebih tips dibanding kulit orang dewasa, jadi perawatannya juga kudu ekstra, rentan kering pula. Sooting Cream juga diperkaya susu serta chamomile untuk menjaga kenyamanan kulit bayi. Hasilnya, kulit akan terasa lembap dan lentur.

Bohong kalau aku bilang gatel-gatel Alya sudah hilang. Walaupun semua pantangan sudah dihindari, dan perawatan juga sudah optimal, tapi yang namanya alergi, tetap masih ada, mbuh sampai kapan. Yang masih kerap terjadi adalah bisulan. Sudah deh, telur itu penyebab utama. Alya kalau sudah makan telur secara massive, timbul satu benjolan besar yang kalau dikeluarkan isinya darah. Ini kalau orang dewasa, meringis kesakitan loh, apalagi anak kecil.

Cuma ya gitu, dia ini seneng banget makan telur. Misal lagi dititipin di tempet eyang mintanya telur, mana berani dia kalau sama orang tuanya sendiri. Nah, kalau sudah bisulan gini, baru dia jera. Pertama kali Alya bisulan, itu waktu masih umur setahunan. Dia kena bisul tepat di bawah mata, tepatnya di cekungan kulit bawah mata. Mau melek saja kayak bengep. Dan susah banget ngeluarinnya. Waktu itu sampai diresepin Dokter macem-macem. Dan hilang karena cream yang aku beli di apotek.

Beberapa hari yang lalu, Alya bisulan lagi. Enggak besar kayak yang dulu0-dulu sih, tapi kan tetep wae sakit. Bisulnya ada di bagian perut atas. Isinya sudah dikeluarin, tinggal sisa dan bekasnya aku pakein Cussons Baby SensiCare Sooting Cream. Karena namanya saja cream, jadi teksturnya kental. Dikeluarkan dikiiit, sudah langsung terasa. Aku oleskan di tempat bisul dan bekas bisulan.

Yang bisulan, belum terlalu terlihat. Tapi, yang bekas bisulannya, wow, bekasnya pudar sodara-sodara! Dan bagusnya lagi, bekas bisulan kan biasanya gradakan kalau dipegang. Nah ini enggak! Tekstur kulit juga berangsur membaik.


Bisa dibilang, Cussons Baby SensiCare memang tepat sasaran sih. Karena pengalamanku saja deh, setelah sebulanan pakai produk ini, kulit Alya lebih kalem, enggak gampang kena gatel-gatel yang kemerahan gitu. Oh iya, kadang Alya juga beberapa kali digigit nyamuk kan, nah bekasnya itu aku kasih sooting cream dan rajin dikasih lotion, berangsur membaik kok. 

Aku agak hemat-hemat nih pakai Cussons Baby SensiCarenya. Kalau yang biasanya boros pakai sabun dan lotion, kini disayang-sayang. Tapi beneran kok, dikit saja ambilnya memang sudah terasa. Kalau enggak percaya, cobain deh sendiri sana :)

You May Also Like

0 komentar