REVIEW SECRET KEY STARTING TREATMENT ESSENCE

by - December 24, 2019

Sebelum aku nge-review produk yang sudah terkenal satu ini, aku mau cerita bentar. Dulu, waktu masih gadis, aku tuh demen banget mantengin forum Female Daily. Hampir tiap hari aku buka forumnya, terutama bagian yang bahas soal jerawat. Ada buanyak banget saran yang dikasih sama para membernya, mulai dari yang DIY skincare, produk lokal, sampai yang korea punya. Mostly, yang paling sering aku praktekkin jelas yang DIY. Selain karena aku ngerasa aman karena bahan-bahannya alami, harganya pun terjangkau. Misalnya yogurt, oatmeal, EVOO, sampai daun binahong. Tapi, makin lama makin kusadari, bahwa yang alami belum tentu cocok bagi semua kulit, dan yang berbahan kimia belum tentu enggak bagus buat yang jerawatan. Jadi, makin ke sini, aku enggak mau repot urusan skincare, pasrah sama para peneliti, pasrah sama mereka-mereka yang berhasil membuat sebuah produk skincare dan bisa menjadi holy grail dimana-mana. Sekarang aku enggak ragu deh milih produk skincare yang dijual di pasaran, bahkan sampai yang dari luar negeri, asalkan jelas ingredients list-nya apa, aku berani coba-coba. 

Yap, salah satu produk yang aku incar sejak lama adalah SECRET KEY STARTING TREATMENT ESSENCE.


Banyak yang bilang, Secret Key Starting Treatment Essence ini adalah Dupe-nya SKII. Buat aku yang saat ini kayaknya enggak mungkin beli SKII, hal ini tentu adalah kabar baik. Jujur, SKII harganya masih selangit bagi aku. Masih sayang gitu even though aku beli kemasan kecil yang sudah di-share. Problem besar juga kan, kalau akhirnya cocok dan aku lagi bokek T.T

Jauh sebelum bermunculan Treatment Essence produk lokal dengan harga yang terjangkau, Secret Key sudah jadi idola. Bahannya pun juga menggunakan ragi, sama kayak SKII, yaitu menggunakan Galatomyces, sebagai ragi terbaik yang berfungsi untuk mencerahkan, menjernihkan, melembapkan, serta membuat kulit jauh lebih sehat. 

Buat yang belum tahu, essence berbeda dengan serum. Essence itu biasanya lebih ringan, lebih cair, dan mudah menyerap ke dalam kulit wajah. Secret Key Starting Treatment essence merupakan booster essence yang bisa diaplikasikan setelah penggunaan toner. Jadi, bisa juga sebagai tahapan pertama perawatan kulit setelah ritual cleansing. Tapi, sebagian orang menggunakan Secret Key STE ini sebagai toner dan cara pakainya menggunakan kapas. Saranku nih ya, kamu bisa kok explore ritual skincare kamu, lebih enak dipakai sebagai apa dan dengan cara apa. Karena yang sifatnya hydrating gini, kecenderungannya memang bisa dilayer sesuai kebutuhan wajah kamu.


Secret Key Starting Treatment Essence, ada 2 varian. Satu original, dua Rose Edition. Bedanya selain terletak pada kemasannya, juga ada pada free system-nya, atau bahan-bahan berbahaya bagi kulit yang tidak ada di produk ini.

INGREDIENTS

Water, Glycerin, Galactomyces Ferment Filtrate, Butylene Glycol, Arbutin, Aloe Barbadensis Leaf Juice, rh-Oligopeptide-1, Dimethicone, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Centella Asiatica Extract, Camellia Sinensis Leaf Extract, Physalis Alkekengi Fruit Extract, Ogidan Extract (Mixture Extract of Paecilomyces japonica, Acanthopanax senticosus, Ganoderma Lucidum, Deer antlers, and Panax Ginseng Root), Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Oryza Sativa (Rice) Bran Extract, Portulaca Oleracea Extract, Zanthoxylum Piperitum Fruit Extract, Adenosine, Phenoxyethanol, Disodium EDTA



Secret Key STE mengklaim bahwa kandungannya bebas paraben, alcohol, mineral oil, phenoxyethanol, benzophenone, triethanolamine, animal oil, sulfate, artificial coloring. Jadi, aman untuk yang berkulit sensitif sekalipun. Sedangkan untuk varian STE Rose Edition, mempunyai 10 manfaat yang mampu mengubah kondisi kulit. Seperti mencerahkan kerutan, memperbaiki warna kulit, menjaga elastisitas, menenangkan, menghirasi, mempunyai oil control, mengeksfoliasi, boosting, sampai menghaluskan kulit wajah.


TEKSTUR

Sejauh mencoba berbagai macam Essence, Secret Key STE ini mempunyai tekstur lebih cair, watery, dan malah seperti toner. Tapi bukan berarti bikin STE enggak bikin lembap loh. Justru malah karena lebih gampang meresap, STE bisa dilayering enggak cuma satu dua kali saja, dan bikin kulit kelihatan glowing seketika. Aku pakainya bisa sampai 3 layer demi bisa melembapkan dan membuat kulit terhidrasi.


CARA PAKAI

Banyak yang bilang produk ini bisa dipakai berbulan-bulan. Tapi kalau aku paling 2-3 bulan juga habis mengingat aku boros soal pemakaian essence. Sudah aku bilang ya tadi, kalau aku pakai 2 sampai 3 layer. Soalnya kulitku berminyak sekaligus dehidrasi. Lagian Secret Key STE, setelah dibuka, harus dihabiskan sebelum 12 bulan, sesuai petunjuk dari PAO-nya. Menurutku, 3 bulan pemakaian sudah cukup hemat dan bagus sih, sesuai sama kantong.

Sekarang aku ngerasa cukup telat mengenal essence, padahal kulitku dulu sering dipakein lotion jerawat, yang bikin kulit aku kering, keriput, dan kayak mau mengelupas. Jadi, sebisa mungkin aku  kejar lagi kelembapan alami kulit, salah satunya dengan pemakaian toner dan essence yang rutin.

Aku pakai setelah pemakaian toner. Iya, aku pakai toner dari brand lain, karena sudah terbiasa, dan menggunakan STE sebagai essence setelahnya. Aku tuang ke tangan, lalu usap ke kulit wajah, tepuk-tepuk sampai meresap. Baru aku pakai pelembap, atau sleeping mask.


RESULT

Secret Key STE memang bisa untuk diaplikan ke segala jenis kulit, terlebih untuk kulit yang sensitif dan oily seperti aku. Tapi perlu diperhatikan, enggak semua orang mempunyai hasil yang sama loh ya. Ada yang pakai acara break out di awal pemakaian, ada juga yang enggak cocok sampai kelihatan urat merah, ada pula yang cocok sampai enggak mau pindah ke yang lainnya.


Beruntung, aku pada di posisi cocok dan enggak break out. Kulitku menunjukkan hasil yang makin bagus, makin sehat, dan makin kelihatan segar enggak kusam lagi. Di foto ini memang pencahayaannya berbeda, mohon maaf ya. Soalnya aku lagi banyak kerjaan dan sering kelupaan foto perubahannya dari hari ke hari. Tapi semoga cukup merepresentasikan perubahan yang signifikan terutama di bagian jerawat dan bruntusan. Di foto ini aku juga ngerasa kalau kulitku makin glowing dan enggak minyakan. 

Untuk jerawat hormonal sendiri, masih belum bisa teratasi. Waktu aku nulis ini, aku lagi mens, jerawat besar 2 biji di pipi sebelah kiri samping nongol gitu saja. Secret Key STE di kulitku enggak bisa mencegah jerawat seperti itu, tapi... bisa membantu mengurangi radang dan membantu lebih cepet ngempesinnya. Jerawat yang besar enggak jadi bernanah atau berdarah. Ngempesinnya kalem, dan enggak bikin sakit cenut-cenut. Padahal sekarang aku jarang banget pakai acne spot gel.


Soal mencerahkan warna kulit, kulitku belum menunjukkan hasilnya. Tapi yang aku notice, pori-poriku di sini sedikit mingkem dan itulah yang bikin kulitku enggak kusem. Untuk bekas jerawat, flek hitam, aku masih perlu bantuan serum setelah pemakaian STE. Itu akan lebih efektif mengingat STE akan membuat produk yang diaplikasikan sesudahnya menjadi lebih optimal.

Oh satu lagi, aku lupa ngomong ya. Satu botol ini berisi 150ml. Di sociolla harganya sering diskon tuh. Normalnya sekitar Rp 360.000. Kalian bisa dapet diskon lagi dengan menggunakan kode voucherku, SBNLA0XI saat check out. Lumayan loh, tiap pembelian Rp 250.000 bisa diskon Rp 50.000, mana lagi ada program free ongkir pula. 


Segitu dulu review-nya, dan selamat berbelanja di sociolla ya :)

You May Also Like

0 komentar