REVIEW CITRA FRESH GLOW MULTIFUNCTION GEL - ALOE BRIGHT UV

by - December 25, 2019

Aku pernah cerita ya, kalau aku tuh sebetulnya enggak terlalu wow gimana gitu sama yang namanya Aloe Vera Gel. Mau dibilang bisa nyembuhin beruntusan, mau dibilang bisa mencerahkan, seperti yang sudah-sudah, Aloe Vera Gel buatku cuma bisa mengatasi sunburn, alias aku pakai kalau habis panasan doang. Selebihnya? Aku pakai buat lotion tubuh karena sensasi dingin yang menyegarkan.

Well then, aku dapetin produk Citra Fresh Glow Mutifunction Gel - Aloe Bright UV dari #socobox #bestof2019. Sempet mau hibahin ke Mama saja setelah selesai review, karena Mama katanya malah cocok sama produk-produk soothing gel seperti ini. Maklum, kulitnya suka kemerahan akibat jarang pakai sunblock. Sudah dibilangin berkali-kali ngeyel, katanya enggak perlu sunblock wong kalau keluar pakai motor Mama pakai masker. Intinya, seberapapun aku bilang pentingnya sunblock ke Mama, bakalan enggak mempan didengarkan, dan jadilah Mama senang sama sama produk yang menenangkan seperti ini. Sek sek, kok malah jadi ngomongin Mama sih.

Ya sudah, daripada berlama-lama, mari kita mulai saja reviewnya ya!


Sebelum ngomongin Citra Fresh Glow Mutifunction Gel, selama ini aku pernah mencoba 2 produk yang samaan mengusung aloe vera sebagai bahan dasarnya. Satu, jelas Nature Republic yang ngehits. Dua, Herborist Aloe Vera Gel. Keduanya, bagi aku enggak memberikan hasil yang mengesankan. Nature Republic jelas terlalu keras di kulitku karena kandungan alcoholnya. Sedangkan Herborist, yang waktu itu aku pakai buat meredakan kemerahan akibat sunburn, cuma bisa itu doang, selebihnya jika dipakai tiap hari, beruntusan datang. Seperti ceritaku tadi, akhirnya, Herborist aku hibahin ke Mama setelah sunburn-nya memudar.


Citra Fresh Glow Multifunction Gel mempunyai 2 varian, Aloe Bright UV dan Tomato Bright UV. Jujur aku lebih tertarik sama Tomato Gel-nya, tapi belum sempet beli karena aku enggak ngerasa penting dan di rumah masih banyak pelembap lainnya. Sempet jadi wishlist sih, cuma aku kan kalau beli sesuatu ngelihat asas manfaat dan urgensinya, jadi, aku skip dulu saja, sampai akhirnya malah dikirim sama Sociolla. Hehehe.


Yang menarik dari Citra Fresh Glow Aloe Vera ini, ternyata diperkaya dengan 100% natural aloe vera essence, 100% natural mint essence, 20x vitamin B3 dan Vitamin E, serta klaimnya 0% alcohol. Jadi, bisa melembapkan, mencerahkan, dan menyejukkan kulit. Selain itu, Citra ngeklaim bahwa produk ini bisa menyamarkan noda hitam atau bekas jerawat dan cocok untuk semua jenis kulit. 

INGREDIENTS

Water, Glycerin, Niacinamide, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Mentha Piperita (Peppermint) Leaf Extract, Tocopheryl, Acetate, Acrylates/C10-30, Alkyl Acrylate Crosspolymer, Perfume, PEG-40, Hydrogenated Castor Oil, Benzophenone-4, Phenylbenzimidazole, Sulfonic Acid, Sodium Hydroxide, Disodium EDTA, Glucose, Sodium Carbonate, Propylene Glycol, Sodium Chloride, Lactic Acid, Sodium Sulfate, Phenoxyethanol. Methyparaben, Sodium Benzoate, Pottasium Sobate, CI 19140, CI 42090


Di ingredients-nya, terdapat Phenoxyethanol, namun termasuk list terakhir. Phenoxyethanol ini masih turunan alcohol, penggunaannya dalam kosmetik, biasanya bertujuan sebagai pengawet anti-bakteri dan anti-oksidan. Tapi tenang, menurut penelitian di Amerika Serikat, asalkan penggunaan Phenoxythanol masih dalam konsentrasi 0,5 sampai 1,0%, masih menunjukkan rasa aman, dan dampak buruknya enggak begitu terlihat di tubuh manusia.


PACKAGING

Agak berbeda dengan packaging Aloe Vera Gel lainnya, Citra lebih menarik dan cantik. Kemasan semi transparan dan tutup flip top membuat gel-nya gampang dikeluarin, tapi juga enggak gampang tumpah. Desainnya sendiri simple, enggak banyak ornamen. Semua informasi dari ingredients, klaim, isi produk, bar code, expired produk, semua tumplek blek ada di kemasannya. Buatku yang bermata minus, agak jereng juga baca tulisan yang kecil-kecil seperti ini.


TEXTURE AND SCENT

Tekstur Citra Fresh Glow Multifunction Gel Aloe Bright UV cenderung lebih kental ketimbang Produk Aloe Vera Gel lainnya. Meskipun begitu, cukup gampang diratain dan meresap enggak pakai lama. Cuma sayangnya, aku kurang suka sama wanginya yang semerbak kemana-mana. Menurutku, ini merupakan ciri khas produknya Citra sih, punya wangi yang strong dan menggelora.

Sedihnya lagi, aku cukup cocok pakai di kulit wajah. Jadi kalau dioles ke wajah, aku pasti reflek tahan nafas. Tapi tenang, gel Citra terasa banget dinginnya. Cocok banget buat yang mendambakan ketenangan pada kulit.


CARA PEMAKAIAN

Kalau biasanya aku pakai buat lotion kulit tubuh, Citra ini enakan juga buat kulit wajah. Aku suka dan cocok nih sama Aloe Vera Gel-nya. Padahal, awalnya aku enggak berekspektasi macem-macem. Saat ini aku pakai malam hari saja, sebagai sleeping mask. Jadi, urutan pemakaiannya begini:

Cleansing Balm - Face Wash - Toner - Essence -  Citra Fresh Glow Multifunction Gel

Untuk di badan sendiri, aku enggak sering pakai. Justru beberapa kali aku pakein ke Alya secara tipis-tipis, karena kulit Alya lagi besem-besem-nya. Sudah dia sering panasan, malas pakai sunblock pula. Terus kapan hari ke Pantai pakai baju kelihatan keteknya dan sampai sekarang gosongnya masih kentara. Selama 2 minggu aku pakein (walaupun enggak tiap hari juga), hasilnya, kulit Alya lumayan membaik sih, terutama di bagian lengannya.

Sedangkan untuk primer makeup, aku pernah coba pake. Menurutku enggak begitu terlihat awet enggak-nya sih. Kalau butuh primer, sudah paling bener beli primer makeup sekalian dan ditambahin setting spray biar makeup enggak luntur, awet nan glowing. Citra Aloe Vera Gel ini memang bisa bikin produk setelahnya lebih nempel, tapi kalau makeup, masih butuh setting yang OK lagi ketimbang cuma ngandelin gel.


RESULT

Beberapa kali aku skip pemakaian aloe vera gel ini supaya kulitku enggak kebal. Sesuai pengalamanku, aku pernah pakai Aloe Vera Gel dari yang langsung petik sampai 2 produk yang aku sebutin di atas, kalau tiap hari pakai, malah bisa bikin jerawatan.

Tapi gimana ya, aku sudah kadung suka dan dilema juga ini, mengingat ternyata, Citra Aloe Bright UV bisa mengeringkan jerawat secara cepat dan membantu meminalisir peradangan jerawat. Point plus-nya lagi, setelah aku pakai seminggu lebih, enggak bikin jerawatan. Pengen pakai tiap hari, cuma masih inget pengalaman enggak enak sama Aloe Vera, lalu aku selang seling saja pemakaiannya.

Kalau hari ini aku pakai Citra Fresh Glow Mutifunction Gel, besoknya aku pakai whitening serum, atau serum lainnya, sesuai kondisi kulit dan keinginan. Aku pernah baca juga, di beberapa orang, Citra Aloe Bright UV bikin pori-pori menganga, makanya aku agak ketar-ketir nih, soalnya pori-poriku sudah pelan-pelan tersamarkan akibat penggunaan layering skincare yang cocok dan pas.

Besok mungkin akan pelan-pelan aku kurangi penggunaannya apabila jerawat yang besar-besar di kulitku mulai berangsur hilang. Aku gunakan sebagai sleeping mask atau masker saja setelah ngerasa panas-panasan di bawah sinar matahari. Masih susah kalau mau stop pemakaian, bahkan kalau habis pun mau aku beli lagi, mungkin varian lain. Jadi, kayaknya enggak aku kasih ke Mama deh. Mama aku beliin saja sendiri hehe.


Citra Fresh Glow Multifunction Gel - Aloe Bright UV
BPOM: NA 18190100033
Isi: 180 ml
Harga: Rp 34.000
Bisa dibeli di Toko terdekat dan beberapa E-commerce.

You May Also Like

0 komentar