MAKEUP INSPIRASI KOPI

by - September 28, 2020

Ditulis sebagai blog post sekalian karena sayang euy, sudah bikin step by step-nya, kenapa enggak dijabarin sekalian. So yes, seperti biasa, masih ikutan blog challenge bulan september barengan Beautiesquad, kali ini collab makeupnya bertema: COFFEE INSPIRATION. 

Wow, siapa sih hari gini yang belum pernah icip kopi-kopi kekinian. Ya paling enggak cobain satu dua menu di sebuah kedai kopi kan enggak ada salahnya. Aku pribadi sebenernya suka kopi hitam, tapi untuk makeup kali ini, aku lagi enggak mau yang ribet. Boleh deh, mainstream saja enggak apa-apa. Karena jatuhnya kalau terinspirasi dari kopi hitam, bayanganku makeupnya bakal gothic, dan aku lagi enggak suka. Aku sukanya makeup manis manja. 

Well kita mulai saja ya makeup-nya!


Sebelum aku jabarin detail produk dan tutorial makeup, aku mau cerita dikit ya. Jadi, aku itu memang penyuka kopi sejak zaman kuliah. Kenapa kok sejak dari kuliah? Karena kalau di rumah, Papa Mama enggak freak sama kopi. Biasa saja gitu. Ada sih Mama sering beli kopi, tapi seringnya kopi sachet-an, dan aku enggak suka.

Aku mulai bisa icip berbagai macam jenis kopi, karena zaman dulu tuh mostly anak-anak film kalau pada begadangan minumnya ya kopi. Kopi yang aku konsumsi memang seringnya bukan yang 'sachet'an, tapi kopi tubruk, atau kopi lokal dari petani-petani. Nah, kopi jenis ini nih yang aku suka. Masuk di lidah, aman di perutku. Btw, kalau lagi pada nongkrong di rumah temen gitu, aku dapetnya gratis. Beberapa kali memang pernah ke kedai kopi atau kafe-kafe, tapi enggak sering, mahal!

Naaah, beralih ke zaman kerja, aku punya penyakit maag, lalu asam lambung. Tepat seperti dugaan kalian, tentunya aku sering telat makan. Dan sekalinya makan, makanannya sering enggak sehat. Aku mulai kurangi konsumsi kopi. teh, maupun makanan pedas. Hidupku sempet berubah drastis. Kalau yang biasanya nyari ide harus ada kopi dulu, nah ini tuh enggak. Pokoknya mending air putih saja deh.

Kira-kira sampai hamil dan menyusui, nyaris enggak pernah minum kopi. Sampai suatu ketikaaaa.. Suami nih tiba-tiba beli kopi arabica, gara-gara dia nyoba barengan tetangga katanya enak. Kopi ini belinya di Pabrik Kopi Bandung, nitip temen, karena memang enggak dijual online. Nah, aku nyoba dong, dan perutku aman! Ternyata, kata Suamiku, kalau mau enak minum kopi, apalagi yang punya riwayat asam lambung, pilih kopi arabica. Kandungan kadar kafein dan asam klorogenat punya Arabica lebih rendah dibanding dengan robusta maupun liberica. Tapiii, cara aman minum kopi, teteup ya, disarankan minum setelah makan.

Aku sekarang sudah mulai bisa minum macem-macem kopi, tentu saja mengingat takaran yang baik dan benar. Selama enggak kebanyakan, perutku aman. Begitu ceritanya.

Nah. sekarang kita mulai makeupnya yuk! Awalnya aku bingung, warna kopi susu apakah mirip dengan warna coklat? Lalu apa bedanya? Dibedain di mana? Lalu gimana step by step-nya? Duh kebanyakan mikir malah jadi enggak action nih! Yo wes lah, yang penting aku eksekusi dulu, soal hasil-nya biar kalian yang menilai haha. Sekarang aku jabarin produknya saja ya.


FACE
Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer
Pixy Make It Glow Dewy Cushion Shade Neutral Beige
Purbasari Oil Control Matte Powder Shade Natural

EYE DECORATIVE
Just Miss Eyebrow (shade Brown)
Inez Color Contour Plus Eyeshadow - Venice
Purbasari Eye Liner Pen Daily Series
Essence  Waterproof Volume Mascara

CHEEKS
Viva Blush On Fin Touch - 05 Red Purple
Focallure Trio Blusher & Highlighter Palette Original

LIP
Emina Lip Cushion - Coffee Please


Mengusung tema makeup kopi susu kekinian, nuansa makeup-ku kali ini pastinya akan kecoklatan. Aku cenderung memanfaatkan alat makeup seadanya sih, kecuali Emina Lip Cushion yang memang aku inginkan sejak lama. Mana ada shade "Coffee Please" pula, jadi, kenapa enggak sekalian beli saja?

Untuk step pertama, aku bikin kulit wajah bersih dulu, karena aku pengen riasku dewy. Aku pakai Pixy Make It Glow Beauty Skin Primer lalu ditempa pakai Pixy Make It Glow Dewy Cushion Shade Neutral Beige, baru yang terakhir di set pakai Purbasari Oil Control Matte Powder Shade Natural tipis-tipis saja dengan kuas. Sampai sini hasilnya menurutku sudah natural sih, enggak terlalu kelihatan bedak banget.


Step selanjutnya aku pakai Just Miss Eyebrow (shade Brown) yang enggak habis-habis padahal murah banget hehe. Aku enggak pakai tambahan concealer untuk merapikan alis, karena malas hehehe. Oh iya, Just Miss Eyebrow ini aku pakai untuk daily makeup juga. Lumayan awet kok dari pagi sampai sore. Kecuali kalau dipakai wudhu, ya pasti agak luntur lah ya.


Sekarang beralih ke mata. Aku pakai Inez Color Contour Plus Eyeshadow - Venice yang bernuansa kecoklatan. Aku ambil warna dark brown, gold, dan creamy white. Blend sampai pegel deh biar kelihatan alus, because blend is the key rapi enggaknya sebuah makeup. Pakai brown dulu ke kelopak mata, baru ditimpa dengan warna gold di tengah, dan creamy white di bagian pinggir.



Step yang enggak kalah penting ketika kita enggak pakai bulu mata palsu adalah membingkai mata dengan eyeliner, dan membuat mata tampak seperti mata kucing. Bagian pinggir kelopak mata, aku bikin agak tebal, sedangkan makin ke arah hidung, semakin aku tipisin.


Setelah berhasil pakai eyeliner, aku pakai mascara yang sifatnya volumizing, karena bulu mataku tipis dan mudah rontok. Lalu aku pakai penjepit bulu mata agar bentuknya melengkung.


Awalnya aku ngerasa sudah cukupan sih. segini saja langsung lipstick-an. Tapi begitu ngaca, seperti ada yang kurang. Lalu aku tambahkan blush on di bagian pipi tipis-tipis saja dan merata. Ini kesannya biar ada cute-nya gitu. Jadi enggak terlalu sexy dan jatuhnya enggak inspirasi coklat hehehe.


Kemudian step yang aku suka nih, lip cushion. Guys, ini belum aku review loh, tapi spoiler saja nih ya. Buat kamu-kamu yang sedang nyari lipstick dengan tekstur yang nyaman dan hasil yang glossy tapi pigmented, cobain deh Emina Lip Cushion! Apa yang aku pengeni. tercapai sudah! Sesuai nama shadenya Coffee Please, warnanya coklat, tapi cenderung gelap dan kemerahan. Top deh!


Karena ada nuansa pink dan eyeliner hitam, aku ngerasa inspirasi kopi dapet di sini. Kalau blush on nya aku pilih warna kecoklatan, ya pasti akan cenderung ke inspirasi coklat ketimbang kopi. Hehehe. Sotoy enggak apa-apa ya, ketimbang enggak pede. Wkwkwk.

Nah, untuk mendukungnya, aku foto pakai kopi susu beneran yang aku beli di kedai kopi deket rumah. Sekarang dimana-mana ada soalnya. Dari yang pinggir jalan, sampai di kafe-kafe terkenal. Menu kopi susu dan latte selalu ada karena makin banyak penggemar. Kalau aku pribadi, sebetulnya biasa saja, tetep lebih enak arabica yang diseduh langsung dengan gula tipis.


Detail Mata



Semoga tutorial ala-ala kali ini bisa menginspirasi kalian ya. Aku pakai makeup kayak gini ke kedai kopi juga masih dalam tahap aman. Soalnya aku enggak pede pakai makeup yang tebal-tebal. Okay guys, see you next blog post ya!

You May Also Like

0 komentar