MY CURRENT BODY CARE

by - September 14, 2020

Akhir-akhir ini aku lagi banyak beraktivitas, baik pas kerja ke luar kota, Work From Home, maupun kala weekend tiba. Kalau pas kerja di Semarang, aku dari pagi sampai malam biasa di kantor saja dengan segala deadline-nya. Kalau WFH, dari pagi aku sudah nyiapin keperluan rumah tangga, mendampingi Alya sekolah daring, baru bisa kerja dengan nyaman. Sedangkan kalau weekend, aku biasa bersih-bersih rumah dan kadang pun masih ada deadline nulis naskah. 

Bukan bermaksud menyombongkan diri karena sibuk, tapi hal riweuh seperti ini jujur saja sering bikin capek dan mood berantakan. Kalau mood berantakan? Ya ngapain saja jadi enggak nyaman. So, pada postingan kali ini, aku mau sharing soal perawatan kulit. Kalau rekomendasi produk untuk usia 30 tahun-an dengan Jenis Kulit yang Berjerawat, bisa kalian lihat di artikel yang aku tulis di situs My Best berikut ini.


Sedangkan pada postingan kali ini. aku akan membahas My Current Body Care, karena bagiku, merawat tubuh enggak kalah pentingnya buat menaikkan mood, bisa bikin happy, dan percaya diri.


Body care bagiku adalah kewajiban dan selalu aku beli produknya tiap bulan. Berbeda dengan skincare, aku lebih sering gonta-ganti produk dan cenderung mupeng begitu lihat ada produk yang kece. Mulai dari lulur, body wash, body lotion, sampai parfum. Apalagi segala jenis body care termasuk banyak dijual di  pasaran, di supermarket, terdekat bahkan toko kelontong deket rumah. 

Sekarang kita bahas satu-satu ya!


CLEANSING THE BODY

Langkah pertama tentu saja dimulai dari mandi. Aku suka sekali mencoba berbagai jenis sabun mandi, terutama yang berbau mencerahkan, anti bakterial, sampai ada scrub-nya. Bagian tangan dan kakiku kadang terasa kering, tapi jangan salah, bagian punggungku lembap dan rentan kurap. Aku ya, kalau pas cuaca panas dan gerah, ditambah dengan kondisi air mandi yang enggak jernih, bisa dipastikan area punggung dan dada pasti akan merespon dengan cepat. Hal ini aku buktikan waktu di Semarang. Di beberapa tempat, apalagi Semarang bawah, air mandinya kan air payau tuh, jadi kadang bisa bikin gatal pada kulit sensitif seperti ku. Bagian wajah boleh lah cuci muka pakai air mineral, tapi kalau bagian badan? Ya apa aku mandi pakai air galon? Hahaha.

So, cara terbaiknya adalah memakai body wash yang sifatnya anti bacterial atau bisa juga mandi menggunakan shower puff buat gosokin kulit tubuh, terutama area punggung dan dada. Ribet sih, tapi gimana lagi? 

Biore Bright Body Foam Lovely Sakura Scent 
Price: Rp 13.000 - Rp 23.000 an

Klaim-nya bilang kalau ini adalah sabun mandi pertama di Indonesia dengan teknologi Japan Bright Micellar & Hyaluronic Acid, untuk kulit cerah, bercahaya. Bisa mencerahkan kulit dengan sensasi kelembutan Bunga Sakura yang mempesona, dan diperkaya dengan Hyaluronic Acid yang dikenal baik untuk jaga kelembapan kulit.

Biore adalah salah satu brand yang lumayan sering aku beli. Varian Lovely Sakura Scent ini punya busa yang cukup melimpah dengan wangi bunga yang soft. Baunya masih kecium kok begitu keluar dari kamar mandi. Cocok buat kalian yang suka wangi feminine. Yang mungkin akan di-notice sebagian orang adalah efek yang ditimbulkannya cenderung keset. Tapi kalau buatku, justru ini yang enak, area punggungku jadi kerasa lebih bersih. Kalau terlalu moist malah akan bikin jerawatan.

Herborist Lulur Tradisional Bali Greentea
Price: Rp 12.000 an

Aku beli ini di toko terdekat. Enggak ekspektasi macam-macam sih, karena menurutku lulur itu sama saja dengan harga yang segini-segini. Pokoknya bagiku buat merontokkan kotoran di kulit tubuh sudah cukup asal enggak bikin perih.

Varian greentea aku pilih karena aku suka greentea, tapi ternyata wanginya biasa saja. Tekstur scrub-nya enggak terlalu kasar, namun juga enggak creamy. Gampang di-blend walaupun dalam keadaan kering, dan gampang digosok tanpa bikin kulit kemerahan. Hasilnya kulit lumayan licin ketika dibilas plus terlihat lebih lembap.

Purbasari Lulur Whitening Bengkoang + Brightening
Price: Rp 16.000 an

Produk satu ini cukup legendaris dan eksis. Aku masih sering pakai Purbasari Lulur Whitening setiap 3 kali seminggu, terutama untuk area ketiak dan lipatan lainnya. Scrub-nya cukup besar, tapi masih aman. Efek brightening-nya enggak terlalu terasa kalau enggak diimbangi dengan sun protector tentu saja. Aku pakai Purbasari Lulur Whitening sejak gadis dan lumayan sering aku beli. Masih bertahan, tentu saja karena mudah dan gampang ditemukan.


PROTECTING

Beralih ke perlindungan badan. Apalagi kalau enggak deodorant haha. Melindungi dari malu kalau sampai ketek keringetan menodai baju dan baunya kemana-mana. Sama hal-nya dengan produk body care lainnya, aku juga gonta ganti merek deodorant. 

Rexona Shower Clean Roll On
Price: Rp 15.000 an

Rexona paling sering aku beli karena variannya banyak banget dan wanginya enak-enak. Aku pernah beli merek lain, ternyata enggak senampol Rexona. Aku enggak perlu efek whitening di kulit ketiak sih, karena lebih sering ketutup hehe. Aku lebih seneng kalau deodorantnya wanginya seger kayak habis mandi. Misalpun sore hari belum sempet mandi karena hectic kerja, yang penting keteknya aman dulu saja. So, Rexona Shower Clean Roll On ini aku anggap cukup membantu mengurangi bau badan dan meminimalisir keringat.

Wardah Scentsation Body Mist Joyful
Price: Rp 35.000 an

Pagi hari boleh lah aku pakai parfum, tapi yang aku bawa terus di tas adalah Body Mist. Aku sedang memakai Wardah Scentsation Body Mist yang Joyful. Wanginya manis, tapi enggak terlalu bikin pusing. Suami dan temen-temenku enggak ada yang komplain sama wanginya hahaha. Which is sebenernya ini hal yang krusial banget loh. Karena kalau sampai lebay pakainya, orang di sekitar kita justru yang enggak nyaman. Beruntungnya, wangi Wardah Scenstation Body Mist enggak nyegrak, namun urusan ketahanan ya biasa saja. Sudah cukup oke dengan harga yang cukup terjangkau.


MOISTURIZING

Body care pada step ini menurutku paling penting. Moisturizing! Aku sejak SMA enggak pernah melupakan lotion! Aku diajarin Mamaku supaya selalu memakai body lotion setelah mandi apapun mereknya yang penting aman. Biar apa? Biar meminimalisir kerutan. Tapi terbukti sih, kulit Mamaku masih kenceng dan glowing padahal umurnya sudah 60 an. Nah, aku juga mau ngikutin jejak Mamaku. 

FYI, kalau kalian mau tahu, kulit kakiku penuh bercak karena saat kecil aku sering bentol-bentol alergi. Makan udang sedikit alergi, kena rumput sedikit alergi. Efeknya waktu remaja aku sering nutupin kakiku saking enggak pedenya. Lalu aku memperhatikan perawatan kaki sama baiknya dengan perawatan wajah. Beneran, aku enggak bohong. Aku rajin scrub, dan pakai body lotion yang mengandung brightening. Bahkan kadang aku pakein minyak zaitun biar lebih nampol lembapnya. Tapi pada postingan kali ini aku bahas produk yang sedang aku pakai saja ya.

Scarlett Whitening Body Lotion Romansa
Price: Rp 70.000 an 

Body lotion ini sedang hits. Banyak yang nge-rave dan mostly bilang bagus. Aku pakai Scarlett Whitening Body Lotion setelah mandi di area tangan dan kaki. Selama ini aku doyan efek mencerahkan untuk kulit kakiku yang banyak noda hitam. Teksturnya cukup kental kalau mau dibilang lotion, perlu effort ketika dibaurkan karena jatuhnya mirip tone up cream yang dipakai di wajah. 

Soal wangi, yang konon pada bilang enak dan awet, ya memang awet kalau kita sedang enggak banyak aktivitas. Begitu hectic kesana kemari ditambah kena sinar matahari langsung, waduh say, sama saja gampang hilang. Namun begitu, aku suka sih, ada perbedaannya setelah kita pakai, apalagi kalau rutin. Teskturnya juga enak, melembapkan tapi seperti ada lapisan luar yang mencerahkan. 

Mustika Ratu Coffee Body Butter
Price: Rp 38.000

Seperti halnya sabun mandi, aku pun memakai 2 jenis moisturizer untuk kulit tubuh. Yang Scarlett Whitening aku pakai khusus untuk tangan dan kaki, sedangkan urusan stretchmark aku pakai body butter. Sejak aku melahirkan, aku pakai Mustika Ratu Coffee Body Butter. Teksturnya enak, super lembap dengan harga yang enggak mahal. Enggak mahal dalam artian kalau dibandingkan dengan Body Butter merek lain lho ya.

Oh iya, meski mengusung nama Coffee, tapi menurutku aromanya malah lebih ke coklat dan mirip dengan produk beraroma coklat merek lain. Lalu kenapa masih bertahan pakai produk ini? Guys, aku enggak bohong, dia bikin glowing dan bikin kulit jadi lebih kencang. Aku ngerasa nyaman dan kalau aku pakai di malam hari, mood-ku langsung membaik, terus pagi harinya kulit terasa lebih kenyal. 

Boleh dibilang mungkin ini sugesti. Aku pakai Body Butter di area perut dan paha, untuk menyamarkan guratan putih bekas hamil. Aku pakai dalam waktu yang cukup lama, tentu dengan pemakaian teratur, dan olahraga yang diperlukan. Produk ini semacam melengkapinya agar tubuh menjadi kencang.


HAND CARE

Ngomongin body care saat ini enggak bisa lepas dari handcare. Pokoknya sejak pandemi ini ya, kita kudu ekstra jaga kebersihan, termasuk urusan cuci tangan. Kalau di luar, aku 

Nuvo Hand Sanitizer Pink Blossom
Price: Rp 8.000 an

Kenapa pilih Nuvo? Ya jelas karena cukup murah dan wanginya enak. Aku dapetin di mini market waktu belanja dan sampai saat ini paling sering aku beli. Produk ini selalu aku sediakan di dalam tas. 

Body Lotion Nourishing Almond
Price: I don't know 

Produk ini dikasih adekku sih. Judulnya body lotion tapi aku pakai buat hand cream, karena sama saja sebetulnya haha. Soal melembapkan enak juga kok. Aku pakai setelah cuci tangan biar kulit enggak kering dan tetap nyaman.

******
Fiuh, selesai juga nulis body care-nya. Sebetulnya masih wajar dan enggak terlalu ribet kok kalau kita melakukannya dengan hati yang senang hehe. Kalian juga bisa baca body care punya Lia Melqa, temenku yang juga sama-sama menjaga bentuk tubuh secara sehat. Kulitnya glowing, cakep, banyak tips sehat yang Ia bagi melalui sosial media, maupun blog-nya. 

So, kalau ada yang bilang, "kok ngurusin badan saja sih, memang enggak ada kerjaan lain apa?". Jawab saja, "sorry, did I bother You?". Kita-kita ini merawat tubuh buat naikin mood booster, bukan untuk kamu-kamu. Karena dalam mood yang sehat, kita jadi semangat dan bodo amat. Hahaha.


Blog post ini adalah September Blog Challenge Sesi I barengan Beautiesquad. 

If You wanna join on this Beauty Community, make sure You have a beauty blog, join on Beautiesquad Facebook Group , also follow Beautiesquad Instagram to always get the latest information. Trust Me, You will get more fun here!

You May Also Like

1 komentar

  1. jadi kepo sama body butter mustika ratu. kopi tapi cokelat? malah jadinya mocca dong? hmm

    ReplyDelete