PERAWATAN JERAWAT PAKAI PRATISTA SKINCARE

by - January 15, 2021

Sebelum kalian membaca tulisan ini secara utuh, perlu kalian ketahui, aku enggak di-endorse ya Guys. Aku tahu Pratista Skincare dari banyak skincare enthusiast seperti Pak De Danang, Aro Kopa (yang jenis kulitnya mirip sama aku), dan tentu saja Kinan Review. Dari yang banyak aku baca dan telaah testimoninya, akhirnya sejak November tahun lalu, aku memantapkan hati memilih Pratista, dan belinya banyak sekalian. Rasanya malah langsung kalap dan percaya diri milih beberapa varian produknya, tapi tentunya, sesuai rekomendasi MinStanya.

Aku emang sengaja pilih perawatan yang sekalian satu brand gitu niatnya biar praktis. Plus sependek pengalamanku, yes, Pratista memang berawal dari klinik kecantikan, lalu produknya tersebar di beberapa agen. Tapi yang aku salut, Pratista terbuka banget soal ingredients, aktif di Instagram (termasuk rutin bikin konten dan tanya jawab via DM), dan yang terakhir, admin-adminnya, baik di Instagram maupun di Shopee, semua ramah. Admin Pratista bahkan terbuka soal penggunaan produk dari brand lain. Misalnya ketika aku bilang aku sudah ada sunscreen, ya sudah, langsung direkomendasikan varian produk yang lain. Kan ada tuh klinik kecantikan yang maksa harus satu paket biar hasilnya mantap.

Buatku, ilmu marketing yang diterapkan Pratista ini keren. Pratista welcome, terbuka, dan merawat para pelanggannya. Buatku ini point plus plus, karena ada kalanya aku pengen praktis, dan manut aja sama rekomendasinya. Ya pokoknya pengen nyoba sendiri, tapi tentu diarahkan sesuai permasalahannya wajah. 


Di awal aku beli Pratista, aku langsung search official storenya di shopee. Ternyata ada lumayan banyak, yang bisa kamu sesuaikan dengan jarak tempat kamu tinggal, biar ongkirnya enggak terlalu mahal. Yang aku notice, harganya semua sama, bedanya kadang seller kasih diskon, atau sale gitu. Kalau aku pribadi, karena aku lagi butuh skincare, ya aku beli saja sesuai keperluan. 

Sebelum aku pilah pilih, aku chat adminnya dan langsung disuruh foto kondisi wajah terkini. Aku cerita soal keluhan, brand apa aja yang aku pakai, dan aku butuh produknya apa saja. Tapi, sejak awal aku lihat-lihat Pratista, aku sebenernya udah milih Centella Enrich Cream, Calming Spray, sama Hyalu. Keyakinanku bakalan cocok karena dari ingredients dan review-nya saja sudah meyakinkan banget.

Nah, karena masih jerawatan, oleh adminnya, aku direkomendasikan ada beberapa lagi produk buat melengkapinya. Yaitu Liquid Brightening Serum untuk bekas jerawat yang hitam-hitam, dan Derma Pure Cream sebagai cream eksfoliasi ringan untuk merawat kulit berjerawat. Tanpa babibu, aku langsung check out beberapa produk!

- Centella Enrich Cream Rp 80.000
- Derma Pure Cream Rp 80.000
- Liquid Brightening Serum Rp 50.000
- Calming Spray 2 buah sekaligus @ Rp 35.000
- Hyalu Hydrating Toner Rp 100.000

Singkatnya, pemakaian ini berlangsung 1 bulanan lebih. Aku mulai mengganti skincare-ku perlahan lahan dengan Pratista, dan aku jeda 3 harian sesuai petunjuknya. Jadi jangan langsung mak breg ganti semua gitu. Supaya tahu produknya cocok enggak, dan kulit kan perlu adaptasi juga. So, pertama yang aku ganti jelas Centella Enrich Cream, yang aku pakai sebagai pelembap dan digunakan pagi dan malam. Lalu aku masukin Calming Spray sebagai toner setelah cuci muka. Terus Hyalu, baru Liquid Brightening, dan yang terakhir aku pakai Derma Pure Cream khusus di malam hari.

Setelah 1 bulan pemakaian, yang aku lihat memang kulitku jadi glowing! Enggak berminyak loh, tapi beneran berkilau, karena ketika aku pakein kertas minyak, minyaknya jarang banget keserap. Tapi, masih ada PR, yaitu jerawat akibat aku sering banget pakai masker kalau keluar rumah. Bahkan kadang bisa seharian dan engap rasanya. Terus aku chat lagi MinSta-nya, kali ini lewat DM instagram, lalu direkomendasiin acne serum. Selang beberapa minggu kemudian, aku dapat hadiah karena saking seringnya share di Instagram soal Pratista, dan aku pilih HyGlow Face Mist yang sudah lama tersohor itu. So yeah, You can call me militannya Pratista, dan aku akan me-review satu-satu produknya ya!

REVIEW PRATISTA SKINCARE

HYGLOW FACE MIST

Price: Rp 135.000/ 100 ml

Produk ini buah karya Kinan Review yang sudah lama malang melintang di showbiz bebeautyan, azeg. So, aku enggak meragukan lagi sih inovasinya. HyGlow ini tajuknya face mist, tapi sebenarnya ada pelembap bi-phase yang bisa digunakan untuk semua jenis kulit. Buat yang belum tahu bi-phase tuh apaan, jadi di dalam satu botol/kemasan, terdapat bahan yang terlihat terpisah, misalnya water dan oil. Nah, Pratista HyGlow pun sama, jadi, menggunakannya pun musti dikocok terlebih dahulu. 

HyGlow Face Mist ini bisa berfungsi juga sebagai pelembab, face mist, hydrating toner, setting spray, sampai moisture sandwich method. Aku pernah pakai di semua slot yang disebutkan barusan, dan hasilnya memang enak enggak main-main. Terus yang paling digadang-gadang orang adalah, HyGlow + sunscreen = da bomb! Aku pribadi bisa bilang yes, i agree, terutama ketika travelling, karena praktis cuy. Tapi mengingat aku lagi suka keribetan layering skincare, aku tetap nyaman pakai essence dan moisturizer yang bikin kulit makin hinyai.

REVIEW HYGLOW PRATISTA SKINCARE

INGREDIENTS:
Aqua, Vitis Vinifera (Grape) Seed Oil, Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Niacinamide, Camellia sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Juice, Panax Ginseng Root Extract, Butylene Glycol, Panthenol, DMDM hydantoin, Parfum, Triethanolamine.

Sejak baca kandungannya, wow ini keren sih. Star ingredients-nya adalah: Grape Seed Oil, Camellia sinensis (green tea) leaf extract, Licorice, Aloe Barbadensis, Panax Ginseng Root Extract sebagai antioksidan, efek anti-aging, anti inflamasi, dan merawat kulit. Klaimnya, bisa membuat wajah jadi lembap, terhidrasi, dan bikin wajah makin glowing.

REVIEW HYGLOW PRATISTA SKINCARE

Waktu aku dikirimin MinStanya, ketika itu pula Calming Spray-nya pas habis. Jadi aku posisikan di slot pengganti Calming Spray, yaitu digunakan setelah cuci wajah. Memang tidak seadem Calming Spray, tapi efeknya wow, langsung lembap dan fresh gitu. Kerasa banget kok di wajah. Nah, untuk scent-nya sendiri, HyGlow ini ada semacam wewangian ala oil gitu, cukup kerasa, tapi enggak nyengat, dan kalem! 

Caranya, kocok botolnya terlebih dahulu, lalu semprotkan ke wajah. Aku pakainya setelah cuci muka, dan aku gunakan sebagai hydrating toner. Kalau mau pakai sebagai moisture sandwich method juga konon lebih nampol. Yaitu dengan cara memberi slot HyGlow ini di setiap layering skincare kamu. Misalnya habis cuci muka semprot HyGlow, lalu Essence, semport HyGlow lagi baru moisturizer, yang terakhir semprot HyGlow lagi baru sunscreen. Cuma karena kulitku tuh berminyak, jadi sekali saja sudah cukup well! Mungkin buat kamu yang punya kondisi kulit kering, bisa tuh dicoba teknik ini.

HYALU HYDRATING TONER

Price: Rp 100.000/ 100 ml

Pas Hyalu Hydrating Toner ini dateng, aku baru nyadar, kalau punya produk-produk Pratista harganya cenderung lebih murah dibanding brand lainnya. Hydrating toner dengan hasilnya nendang kan biasanya harganya di atas Rp 150.000an? So, aku menganggap Hyalu worth to buy banget.

Hyalu ini juga sudah terkenal kok. Banyak review yang bilang bagus dan ya memang sebagus itu. Tekstunya cair, tapi agak kental. Pakainya cuma 3 tetes doang sudah yoi. Bahkan sebotol ini bisa aku pakai selama 2 bulan pemakaian, 2 kali sehari: pagi, dan malam.

REVIEW HYALU PRATISTA SKINCARE

INGREDIENTS:
Aqua, Propylene Glycol, Sodium Hyaluronate, Phenoxyethanol, PED-40 Hydrogenated Castor Oil, Aloe Barbadensis Leaf Extract, Panthenol, Centella Asiatica Leaf ExtractGlyceryn, Butylene Glycol, Portulaca Oleracea Extract, Sodium Ascorbyl Phospate, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copol, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Disodium EDTA, arfum, Cocoamidopropyl Betaine, Sodium Benzoate, Tocopheryl Acetate.

Hyalu ini sebetulnya fungsinya mirip dengan HyGlow, sama-sama melembapkan dan menghidrasi. Hanya saja, kalau kamu berjerawat, mungkin akan lebih cocok ke Hyalu karena ada kandungan Sodium Hyaluronate yang dapat menjaga kelembapan kulit dan mencegah penuaan dini. Lalu ada Aloe Barbadensis Leaf Extract yang kaya akan protein, kalsium, vitamin A, C, dan E untuk menghilangkan jerawat, antibakteri dan antiinflamasi. Terus yang diunggulkan adalah Centella Asiatica yang banyak bermanfaat untuk kulit berjerawat. Kemudian yang enggak kalah bagus ada kandungan Glycyrrhiza Glabra Root Extract atau Licorice atau Akar manis yang bisa mengatasi kulit gatal dan meradang, serta dapat memperbaiki hiperpigmentasi kulit.

REVIEW HYALU PRATISTA SKINCARE

Aku pakai Hyalu setelah pemakaian face mist/ toner.  Ada kalanya aku langsung pakai Hyalu setelah cuci wajah, ada kalanya juga aku pakai Hyalu setelah HyGlow. Wah ramuan yang terakhir ini gokil sih. Glowing-nya enggak cuma-cuma.

Pakainya langsung dituang di telapak tangan, lalu tepuk perlahan di kulit wajah, dan langsung menyerap. Tapi kalau kamu mau fungsiin Hyalu sebagai pembersih ekstra, kamu bisa tuangkan Hyalu ini ke kapas, kemudian oles ke wajah secara perlahan. Sensasinya adem, tapi juga lembap. Kulit terasa segar dan bersih seketika.

BRIGHTENING LIQUID SERUM

Price: Rp 50.000/ 10 ml

Si imut satu ini klaimnya bisa mencerahkan noda hitam bekas jerawat, dan dipakai langsung pada spotnya tipis-tipis saja. Jadi walaupun kecil, tapi habisnya lama. Harganya lumayan murah, tapi efeknya pelan-pelan terasa. Memang perlu waktu yang enggak sebentar, cuma yaa... hari gini masih ada nih yang percaya efek instan?

REVIEW BRIGHTENING SERUM PRATISTA SKINCARE

INGREDIENTS:
Aqua, Niacinamide, Glycerin, Alpha Arbutin, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Hydroxypropyl Methylcellulose, DMDM Hydantoin, Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Powder.

Dilihat dari ingredients-nya, ini lumayan ringkes ya. Ada niacinamide yang berfungsi melembapkan, mengurangi noda hitam, mengatasi peradangan, sampai mengurangi kerutan halus. Lalu ada Glycerin sebagai pelembap kulit. Dan Alpha Arbutin yang merupakan bahan aktif yang bisa mencerahkan kulit wajah. Mantap sih kombinasi ini, dan di kulitku yang masih rentan jerawat, serum ini enggak bikin jerawat yang lain tumbuh, alias dia fokusnya memang ke mencerahkan kulit.

REVIEW BRIGHTENING SERUM PRATISTA SKINCARE

Aku pakai Brightening Liquid Serum setelah penggunaan HyGlow atau Hyalu. Lalu oles cerata tipis dan merata, only ke spot bekas jerawat. Teksturnya ringan seperti air, tapi versi agak thick, dan warnanya kekuningan. So far, serum ini memang paling belum kelihatan hasilnya secara signifikan dibanding produk Pratista yang lain, but I still keep using it until I get results that look real lah pokoknya, wong harganya murah ini~

ACNE SERUM

Price: Rp 80.000/ 20 ml

Serum ini direkomendasi MinStanya karena seperti yang aku bilang di atas, aku jerawatan gara-gara Maskne. Jerawat muncul merah-merah enggak kayak biasanya, dan sampai bentol gitu. Padahal, kulitku sudah jarang muncul jerawat yang gedhe-gedhe gini. Jadi, aku agak risih dan pengennya langsung beli produk yang langsung mengatasi jerawat, biar maskeranpun juga nyaman. 

Acne Serum itu termasuk eksfoliator BHA (Beta Hydroxy Acid atau Asam Salisilat). Kandungan BHA memang direkomendasikan buat mengatasi masalah kulit bermintak karena bersifat mengeringkan. BHA jugua mengandung agen antiradang dan antibakteri sehingga ampun buat mengatasi jerawat terlebih untuk kulit yang sensitif .

REVIEW ACNE SERUM PRATISTA SKINCARE

INGREDIENTS:
Aqua, Butylene Glycol, Glycerin, Salicylic Acid, Fomes Officinalis (Mushroom) Extract, Aloe Barbadensis (Aloe Vera) Leaf Juice, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Hydroxypropyl Methycellulose, Carbomer, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Triethanolamine, DMDM Hydantoin.

Yang aku maksud BHA di sini adalah Salicylic Acid, bermanfaat untuk mengobati jerawat, mencerahkan, dan membersihkan wajah. Fomues Offinalis (Mushroom) Extract adalah agen aktif dari jamur Fomes Officinalis yang punya efek astrigent, mengencangkan pori-pori, serta memberikan kelembapan pada kulit. Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract adalah anti bakteri, anti alergi, anti radang, anti oksidan, dan pereda radang.

REVIEW ACNE SERUM PRATISTA SKINCARE

Awalnya, waktu aku beli Acne Serum ini, aku langsung pakai setiap skincare-an setelah penggunaan HyGlow/ Hyalu. Kadang masih aku layering pakai Liquid Brightening Serum juga, tapi aku kasih jeda. Ternyata bener, enggak berapa lama, hanya dalam hitungan seminggu, sudah langsung kelihatan hasilnya. Bahkan di hari ke 10 setelah pemakaian Acne Serum, wah beneran kerasa halusnya.

Nah, karena ini BHA, lalu aku kurangi pemakaiannya karena aku takut over exfoliation. Lalu aku pakai 2 hari sekali terutama di malam hari, bersamaan dengan Derma Pure Cream yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid).

DERMAPURE CREAM

Price: Rp 80.000/ 20 ml

Produk ini juga direkomendasiin oleh MinSta. Aku yang awalnya cuma milih Centella Enrich Cream yang akan aku pakai sebagai moisturizer, langsung tergiur juga sama Derma Pure Cream yang diformulasikan untuk kulit yang bruntusan, dan jerawatan. 

Aku kira ini moisturizer biasa, tapi ternyata dia ada kandungan AHA-nya. Dungjeng! Padahal setiap malam dan setiap hari! Jadi awalnya memang bagus, tapi di hari ke 5 setelah pemakaian, aku over exfoliating saudara-saudara!!!

REVIEW DERMA PURE CREAM PRATISTA SKINCARE

INGREDIENTS:
Aqua, Glycerin, Dimethicone, Glycolic Acid, Methyl Phenyl Siloxane, Lactic Acid, Butylene Glycol, Arachidyl Alcohol, Galactosyl Salicylate, Phenyl Trimethicone, Spiraea Ulmaria Extract, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, PEG-75 Stearate, Ceteth-20, Steareth-20, Behenyl Alcohol, Arachidyl Glucoside, Glucose, Propanediol, Polygonum Cuspidatum Root Extract, Myristyl Alcohol, PCA, Polyacrylamide, C13-14 Isoparaffin, Laureth-7, Phenoxyethanol, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, BHT, Bisabolol, Propylene Glycol, Chamomilla Recutita Flower Extract, Sodium Benzoate, Sorbic Acid, Potassium Sorbate, Methylparaben, Dipotassium Glycyrrhizatem, Parfum.

Glycolic Acid dan Lactid Acid itu AHA yang cara kerjanya adalah dengan melepaskan sel kulit mati dan menampilkan sel kulit sehat yang sembunyi di lapisan bawah. Makanya produk-produk yang sifatnya pengelupasan kulit/ peeling, kebanyakan ada AHA-nya. Nah, bayangkan saja kulitku yang berminyak, sensitif, dan rentan jerawat ini tiap hari dipakein AHA, ya pantes saja kalau aku over eksfoliasi hahaha.

Satu lagi star ingredients-nya adalah Chamomile Extract yang berfungsi mengatasi keluhan jerawat, beruntusan serta mencerahkan wajah.

REVIEW DERMA PURE CREAM PRATISTA SKINCARE

Akhirnya, aku pakai Derma Pure Cream ini 3 hari sekali, di malam hari, setelah serum. Pakainya tipis saja, karena teksturnya ringan dan gampang banget nyerep. Menurutku, produk ini paling nampol kalau urusan jerawat. Jadi dia bisa menghilangkan bruntusan, dan menghaluskan kulit FOR REAL. Makanya, pakainya juga jangan berlebihan biar kulit jadi enggak tipis. Lalu jangan lupa juga penggunaan sunscreen di pagi harinya, dan pastikan kulitmu terhidrasi dengan optimal, baik dari luar maupun dalam.

CENTELLA ENRICH CREAM

Price: Rp 80.000/ 20 ml

Centella Enrich Cream ini adalah inceranku mengingat testimonialnya wow menggiurkan sekali. Tapi, aku juga paham kok, kondisi kulit tiap orang berbeda sehingga efeknya pun enggak sama. Aku memang enggak mengharap suatu produk akan cepat bekerja, tapi aku respek dan menikmati prosesnya. Nah, Centella Enrich Cream ini sesuai dengan yang aku inginkan. As a moisturizer, dia ini enak banget teksturnya. Cream yang enggak lengket, tapi ngesetnya cepet, enggak bikin berminyak sepanjang hari.

Centella Enrich Cream sebetulnya ada yang day cream, tapi berhubung aku maunya pelembap yang bisa dipakai di berbagai waktu, maka aku milihnya yang Cream biasa. Kalau yang day cream mengandung UV Protector soalnya. Aku enggak butuh itu, karena aku masih layering lagi setelah pelembap, lalu pakai sunscreen.

REVIEW CENTELLA ENRICH CREAM PRATISTA SKINCARE

INGREDIENTS:
Aqua, Butylene Glycol, Helianthus Annuus (Sunower) Seed Oil, C12-15 Alkyl Benzoate, Glyceryl Stearate, Stearic Acid, Cetearyl Alcohol, Dimethicone, PEG-100 Stearate, Ceteareth-20, Phenoxyethanol, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Cetyl Palmitate, Ceteareth-12, Centella Asiatica Extract, Tetrasodium EDTA, Triethanolamine, BHT, Quaternium-15, Methylparaben, Tocopherol, Butylparaben, Ethylparaben, Isobutylparaben, Propylparaben.

Helianthus Annuus (Sunower) Seed Oil adalah minyak bunga matahari yang cocok untuk kulit sensitif. Bisa memperbaiki tekstur kulit, melembapkan, meredakan jerawat dan peradangan, mengecilkan pori-pori, sampai meratakan warna kulit. Stearic Acid ini adalah asam lemak jenuh untuk mencegah oksidasi, tapi buat kalian yang sensitif, mungkin akan kontra sama kandungan ini. Kemudian Centella Asiatica Extract, yang menjadi keunggulan di cream inilah yang bisa meredakan bopeng kemerahan, sampai meratakan warna kulit.

REVIEW CENTELLA ENRICH CREAM PRATISTA SKINCARE

Aku pakai Centella Enrich Cream sebagai pelembap baik pagi hari maupun malam hari. Pakainya juga tipis-tipis tapi merata. Kalau di pagi hari, jatuhnya enggak bikin berminyak, sedangkan pada malam hari, efeknya kulit terasa kenyal keesokannya. Untuk bopeng sendiri memang belum terlalu kelihatan, tapi aku memang enggak bisa hidup tanpa pelembap, mengingat usiaku juga sudah 30 tahun ke atas.

REVIEW PRATISTA SKINCARE

Oh iya, awalnya aku pakai Calming Spray dan aku lupa fotoin produknya karena memang sudah habis. Nanti kalau beli lagi, aku bikin review-nya sendiri, mungkin barengan produk lain yang belum pernah aku coba. Pokoknya penggunaan produk Pratista itu gampang karena ada petunjuk pemakaian di kertas yang akan dikirimkan bersamaan dengan produknya. Dan aku lupa satu hal lagi, packaging Pratista Skincare ini aman damai sentosa sampai rumah, karena pada saat pengiriman dibungkus super rapi pakai bubble wrap, plus semua produknya terdapat plastic sealed yang ngebungkusnya. Bahkan di beberapa variannya terdapat kotak kemasan yang gemes dan eksklusif.

RESULT

Di bawah ini adalah foto-foto dari hari 1 sampai ke 5. Ini yang aku maksud ada tanda-tanda over exfoliation. Kulitku cerahan, kenyal, glowing, tapi jerawat sempet keluar-keluar. Padahal sudah cakep loh. Kalian bisa lihat sendiri ya di pipi.

REVIEW PRATISTA SKINCARE

Lalu ketika aku rombak lagi penggunaannya, hasilnya jauh jauh jaauuuuh berbeda.... Nih lihat nih. Bersih, glowing, kenyal, cerah, dan kalau ada jerawatpun ya datang enggak rombongan. Sedangkan untuk urusan bopeng, dan bekasnya, masih ada. Susah cuy beresinnya. Aku paham kok, butuh waktu yang enggak sebentar untuk urusan satu ini.

PRATISTA SKINCARE

Well, kalau kalian ngikutin blog post-ku di sini, pasti tahu kondisi kulitku. Sempet jerawatan parah, sempet reda, sempet dehidrasi, sempet kusam, sempet enggak kerawat, dan kelihatan dekil. Sekarang sudah nemu produk Pratista Skincare ini, ya aku akan tetap pakai lah. Aku bakal terus repeat order. Kecuali kalau memang sedang ingin coba cobi produk lain, yaaa biar aku juga enggak bosen hehehe. Tapi percayalah, aku segitu cintanya pada Pratista Skincare. Sudah buktiin hasilnya dan bakal telatenin apalagi yang bopeng ini. 

Semoga makin tua aku makin muda ya haha. 

You May Also Like

0 komentar