REKOMENDASI CLAY MASK UNTUK KULIT BERJERAWAT

by - January 05, 2021

Adakah dari kalian yang masih nyari-nyari masker buat kulit berjerawat, uhm, tentunya dengan harga terjangkau dan gampang ditemui di pasaran? Okay, kalau gitu, aku rekomendasiin 2 wash off mask yang biasa aku pakai ketika jerawat sedang datang. Menurutku, wash off mask lebih nampol ke jerawat, bisa bikin minyak berkurang, dan tentunya lebih membersihkan kotoran sampai pori-pori. Masker ini mungkin sudah kalian kenal, mungkin sudah kalian baca di blog/ forum lain, tapi di blog ini belum-padahal aku sering pakai - jadi ya kenapa enggak dibikin postingan saja~

So, here we go. Kita bahas Acnes Tea Tree Oil Clay Mask dan Himalaya Purifying Neem Mask yah! Kesemua produk ini punya 2 ukuran besar dan kecil. Aku suka beli yang kecil, biar enggak mubazir dan gantian pakai yang lain.


ACNES TEA TREE OIL CLAY MASK

Isi : 50 gram
Harga :  Rp 28.000 an

Semua yang pakai embel-embel tea tree, rasanya sangat menarik perhatian karena bahan ini memang bagus buat kulit berjerawat. Acnes sendiri memang produk yang punya segmentasi remaja dengan problemnya: acne! Produk Acnes lainnya juga enggak kalah cakep, seperti Face Wash dengan berbagai macam varian, UV Tint, Compact Powder, sampai Spot Gel. Nyaris semuanya aku cocok sih, belum pernah punya pengalaman buruk sama Acnes.

Aku beli Acnes Tea Tree Oil Clay Mask ini di toko kosmetik di kotaku. Dulu waktu zaman belum nikah, produk ini termasuk susah ditemukan. Tapi makin ke sini, makin banyak, bahkan bisa ditemui di mini market terdekat. Kenapa demand dari produk ini termasuk banyak, walaupun sekarang persaingan di dunia wash off mask makin ketat? Yes, karena sudah banyak yang membuktikan kalau masker ini beneran ngaruh buat jerawat, dan bikin wajah yang meradang jadi kaleman. Kita intip ingredients-nya saja ya.

INGREDIENTS
Aqua. Butylene Glycol. Bentonite. Kaolin. Glycerin. Triethylhexanoin. CI 77891. Illite. Melaleuca Alternifolia Leaf Extract. Phenoxyethanol. Xantham Gum. Polysorbate 20. Dipotassium Glychyrrhizate. Disodium EDTA. Aloe Barbadensis Leaf Extract. Alcohol. Citric Acid. PEG-60 Almond Glycerides. Caprylyl Glycol. Carbomer. Nordihydroguaiaretiv Acid. Oleanolic Acid. CI 19140. CI 42090.

Dari bahannya, ada Bentonite yang berarti face mask ini merupakan clay mask, karena Bentonite adalah Clay dengan daya serap yang kuat. Selain itu, dia juga anti bakteri dan bisa menyembuhkan luka. Kemudian ada Melalueuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil untuk jerawat, tapi juga harus diperhatikan karena bisa juga menimbulkan iritasi. Aloe Barbadensis Leaf Extract yang kaya akan protein, kalsium, vitamin A, C, dan E untuk menghilangkan jerawat, melembapkan kulit, serta meremajakannya. Lalu ada Citric Acid yang dikenal sebagai bahan untuk anti aging, tapi perlu dihati-hati, karena bisa bikin kulit iritasi kalau enggak cocok. 


HIMALAYA PURIFYING NEEM MASK

Isi : 50 gram
Harga :  Rp 25.000 an

Himalaya juga enggak kalah banyak varian produknya. Seperti face wash, lip balm, cream, sampai pasta gigi. Selisih sedikit dari Acnes Tea Tree Oil Clay Mask, ada Himalaya Purifying Neem Mask. Bedanya, produk asal India ini mengusung Neem (kunyit) sebagai star ingredients, karena di India sana, rempah itu seperti segalanya, entah buat makanan, konsumsi kesehatan, maupun kecantikan. Herbal yang dimaksudkan di sini adalah konon Himalaya enggak pakai SLS, Paraben, dan bahan yang berbahaya. Pernah ada sticker di kemasannya dulu, tapi ini sempat jadi perdebatan, karena Himalaya pakai bahan yang setara sama SLS. Wkwkwk.

INGREDIENTS
Aqua, Kaolin, Melia Azadirachta Leaf Extract, Propylene Glycol, Bentonite, Fuller's Earth, Curcuma Longa Root Extract, Perfume, Sodium Methylparaben, Imidazolidinyl Urea, DMDM Hydantoin, Xanthan Gum, Disodium EDTA, Sodium Propylparaben, Citric Acid, Sodium Lauryl Sulfate.

Di list ingredients-nya ada Kaolin yang berarti produk ini termasuk juga clay mask. Kaolin itu semacam tanah liat, yang efektif mengatasi peradangan. Terus ada Melia Azadirachta Leaf Extract atau Neem, yang bagus buat mengatasi jerawat, bisa sebagai detoks kulit, dan membantu menyembuhkan luka. Sedangkan Fuller's Earth, terkenal di India dengan nama Multani Mitti, yang dipakai sebagai obat jerawat. Curcuma Longa Root Extract ini juga sama dari kunyit. Kemudian yang perlu diperhatikan, produk ini juga mengandung Sodium Lauryl Sulfate yang comedogenic. 

Dilihat dari ingredients-nya, enggak perlu heran kalau nanti teksturnya lebih kental, pekat, dan ala-ala lumpur gitu hehe.
 

PACKAGING

Dari segi packaging, kedua mirip-mirip. Punya kemasan berbentuk tube dari plastik tebal, tutup flip top, dengan kombinasi warna putih dan hijau. Di kemasannya juga sangat informatif banget. Dari klaim, ingredients, sampai tempat produksi. Bedanya, Himalaya punya info PAO (Period After Opening), yang enggak boleh digunakan lagi kalau sudah kebuka selama 6 bulan. Secara keseluruhan, produk ini tuh bisa dibandingkan.


TEXTURE & SCENT

Kita beralih ke tekstur dan wangi yah. Acnes Tea Tree Oil Clay Mask cenderung lebih creamy dan mudah dibaurkan walaupun hanya dengan tangan. Warnanya putih kehijauan yang tampak segar. Wanginya cukup menyengat, ala mint gitu, tapi terasa ademnya. Jadi ada efek cooling yang bikin relax. Acnes lebih gampang dibilas, dan enggak perlu wash lap supaya semua terangkat.

Sedangkan Himalaya Purifying Neem Mask warnanya hijau pekat, dengan tekstur yang cukup lembek-tapi oily-tapi kerasa ada butiran scrub-nya. Gawatnya lagi, kalau kelamaan enggak dipakai, oil-nya ini bisa tumpah duluan karena sampe netes-netes ketika tutup dibuka. Oh iya, Himalaya ini kudu pakai wash lap buat ngangkat maskernya, karena ada butiran scrub-nya. Untuk wanginya, karena dia punya kandungan perfume, wanginya herbal rempah tapi sama artifisialnya. Aku enggak suka. Walaupun sama menyengatnya, tapi lebih enakan yang Acnes Tea Tree Oil Clay Mask.


RESULT

Aku biasa pakai wash off mask, apalagi menjelang haid. Ini berfungsi juga untuk mencegah, karena biasanya, sudah muncul tanda-tanda jerawat. Dulu waktu masih jerawatan, aku bisa pakai dua sampai 3 kali seminggu. Urusan kulit jadi kering, aku bombardir dengan toner-essense-serum-moisturizer, dan aman.

Acnes Tea Tree Oil Clay Mask lebih cocok ketika kulitku banyak jerawatnya. Teksturnya yang creamy nyaman di kulit dan enggak bikin iritasi. Sedangkan Himalaya Purifying Neem Mask lebih enak digunakan ketika jerawat sudah agak kaleman. Butiran scrub-nya bikin wajah tampak bersih dan tampak cerah.



Kalau aku sendiri disuruh milih, aku milih Acnes Tea Tree Oil Clay Mask yang bisa juga ditotol buat jerawat yang besar. Ini dibiarkan semalam, biasanya jerawat bakal mendem gitu. Aku pernah coba dan iyes, bener juga! 

Tapi, kalau boleh enggak memilih, aku bisa gunakan selang-seling karena fungsinya sama-sama mengobati agar enggak jerawatan, but in different way. Acnes buat peradangan, Himalaya aku fungsikan buat merawat setelahnya.  Ketika sudah enggak jerawatan gini, aku pakainya selang seling seminggu sekali aja, sudah cukup banget. Wajah jadi terasa lebih bersih, enggak gampang kemerahan, dan tampak cerahan, ya mungkin karena enggak kayak kepanasan itu tadi.

So buat kamu yang pengen beli clay mask buat jerawat, cobain dua produk ini deh! Cari yang tercocok di kulit kamu, karena kamu yang tahu. Semoga makin ke depan, kulit kita semua jauh dari masalah yang bikin enggak pede ya teman-teman :)

You May Also Like

0 komentar