SUNSCREEN DENGAN HARGA DI BAWAH 70 RIBU!

by - January 07, 2021

2021 masih ada yang enggak nyadar tentang pentingnya pakai sunscreen? Aku sendiri pakai sunscreen sejak umur 24 tahunan setelah bisa cari duit sendiri. Plus karena waktu itu lebih sering kerja di lapangan, jadi yaaa sudah ngerasa perlindungan buat kulit itu enggak bisa main-main. Aku dari dulu beli sunscreen yang harganya relatif murah, dengan range harga di bawah Rp 70.000-an. Baru kalau lagi banyak duit, berani beli yang harganya di atas Rp 100.000. Yang aku rasakan, ngaruhnya ke kenyamanan di kulit, karena kulitku cukup sensitif. 

Nah, berbekal hal tersebut, aku mau ngrekomendasiin ke kalian sunscreen yang patut dicoba dengan harga di bawah Rp 70.000. Off the record, ketiga sunscreen ini punya kemasan sebelum kita buka botolnya. Skin Aqua pakai kardus kotak, Wardah pakai semacam kertas tebal dan plastik yang melapisi tube-nya.

Btw, ini aku bikin blogpost-nya spontan sih, karena waktu bersihin rak makeup, botol sunscreen ternyata banyak juga haha.


SKIN AQUA UV MOISTURE GEL 
SPF 30 PA++

Isi: 40 gram
Harga : Rp 45.000 an

Brand Skin Aqua asal Jepang ini sering disebut-sebut kalau urusan sunscreen. Ukurannya ringan dan gampang dipegang. Harganya juga masuk di akal. Skin Aqua termasuk Hybrid Sunscreen yang menggabungkan antara Chemical Sunscreen dan Physical Sunscreen. Ringannya seperti Chemical, tapi daya perlindungannya setara sama Physical. For your information, Skin Aqua punya beberapa varian seperti: 

1. UV Whitening Milk SPF 20 PA++
Mencerahkan & Melembabkan
Melembabkan, mencerahkan sekaligus memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UV-A dan UV-B.

2. UV Mild Milk SPF 25 PA++
Hyaluronic Acid dan Collagen melembabkan, melembutkan, dan mempertahankan elastisitas kulit. Vitamin E sebagai anti oksidan

3. UV Moisture Gel SPF 30 PA++
Melembabkan sekaligus memberikan perlindungan ganda terhadap sinar UV-A dan UV-B yang mengandung :
- Improved Hyaluronic Acid (AcHA) yang berfungsi untuk Memberikan kelembaban dan kelembutan extra pada kulit.
- Collagen untuk Menjaga elastisitas kulit.
- Vitamin B5, E dan C untuk Menutrisi kulit
- SPF 30 untuk Perlindungan 30x lebih lama terhadap sinar UV-B yang dapat menyebabkan kulit merah karena terbakar sinar matahari dibandingkan kulit yang tidak dilindungi.
- PA++ untuk Perlindungan optimal terhadap sinar UV-A yang dapat menyebabkan penuaan dini, timbulnya kerutan halus, bintik hitam dan penggelapan warna kulit.
- Water Based Formula Sehingga tidak lengket dan cepat meresap, terasa ringan di kulit.
- Tidak menggunakan pewarna dan parfum.
- Dapat digunakan sebagai dasar make-up
- Untuk semua jenis kulit

4. UV Moisture Milk SPF 50 PA+++
untuk perlindungan ganda terhadap UV-A dan UV-B.
Improved Hyaluronic Acid (AcHA)** dan Collagen yang melembabkan, melembutkan kulit dan mempertahankan elastisitas kulit
Mengandung Vitamin B5 dan E yang menutrisi kulit.
Dapat digunakan sebagai dasar make up.
Untuk perlindungan lebih lama


Perlu diingat, makin tinggi PA, makin tinggi pula kadar proteksinya. Aku beli Skin Aqua UV Moisture Gel ini justru setelah ngerasa yang Skin Aqua UV Moisture Milk itu agak enggak cocok tapi enak. Gimana ya ngejelasinnya haha. Pokoknya yang ijo ini konon memang paling laris sih. Kita bahas bahan-bahannya dulu aja yak!

INGREDIENTS:
Water, ethylhexyl humektan Methoxycinnamate,methylene bis-benzotriazolyltetra methylbutyl phenol, cyclopentasiloxane, glyserine, ethylhexyl triazone, polysarbate-60, diethylamino hydroxybenzoyl hexyl benzoate, betaine, phenoxyethanol, amonium acryloyldimethyltaurate/vp copolymer, Acrylate/c 10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hydrogenated lecithin, triethanolamine, panthenol, Disodium Edta, MethylParaben, propylparaben, sodium Hyaluronate, dipotassium glycirrhizate, sodium acetylated Hyaluronate, arginine, hydrolized Collagen, tetrahexyldecyl ascorbat, tocopheryl Acetate.

Kalau dipetakan, ada Tetrahexydecyl Ascorbate dan Tocopheryl Acetate sebagai Antioxidant. Tetrahexyldecyl Ascrobate sebagai skin brightening. Pathenol, Dipotassium Glycyrrhizate untuk soothing. Dan untuk bahan sunscreen, terdiri dari Etylhexyl Methoxycinnamate, Methylene Bis-Benzotriazolyl Tetramethybutylphenol, Ethylhexyl Triazone, Diethylamino hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate.

Klaimnya bilang kalau Skin Aqua Moisture Gel itu oil free, jadi cocok untuk kulit berminyak. Yang perlu diwaspadai cuma Polysarbate-60 sebagai emulsifier, tapi bisa memicu fungal acne. Terus Trithanolamine yang berpotensi komedogenic. Serta beberapa turunan Paraben yang mungkin enggak cocok buat kulit sensitif.


SKIN AQUA UV MOISTURE MILK 
SPF 50 PA+++

Isi: 40 gram
Harga : Rp 50.000 an

Sunscreen ini lebih menawarkan banyak benefit sebetulnya. Klaimnya dapat memberikan perlindungan 51 kali lebih lama terhadap sinar matahari yang bisa menyebabkan sun burn. Sunscreen ini juga bisa dipakai buat base makeup karena mengandung improved Hyaluronic Acid (AcHA) dan kolagen, sehingga dapat menutrisi dan melembutkan kulit, juga enggak kerasa lengket di wajah. Oh iya, enaknya lagi, produk ini bisa dipakai di wajah maupun badan.

INGREDIENTS
Water, Cyclopentasiloxane, Zinc Oxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Butylene Glycol, Diethylhexyl Succinate, Polymethylsilsesquioxane, Hydrated Silica, Glycerin, Lauroyl Lysine, Lauryl Peg-9 Polydimethylsiloxyethyl Dimethicone, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hexyl Benzoate, Sodium Hyaluronate, Acrylates Copolymer, Hydrogen Dimethicone, Phenoxyethanol, Triethoxysilylethyl Polydimethylsiloxyethyl Hexyl Dimethicone, Methylparaben, Disodium Edta, Sodium Acetylated Hyaluronate, Hydrolyzed Collagen, Arginine, Bis-Ethylhexyl Hydroxydimethoxy Benzylmalonate.

Hampir mirip seperti Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30, bedanya, yang Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 ini ditambahin Zinc Oxide sebagai UV Protection, Hydrated Silica (silikon) yang membuat sunscreen ini bisa jadi base makeup.


WARDAH UV SHIELD ESSENTIAL SUNSCREEN GEL
SPF 30 PA+++

Isi : 40 ml
Harga : Rp 30.000 an

Ini adalah inovasi terbaru dari Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel, dengan formulasi 0% alcohol. Klaimnya juga bilang kalau telah teruji untuk semua jenis kulit, bahkan untuk kulit sensitif sekalipun. Sunscreen ini juga gampang nyatu dengan makeup, non acnegenix, dan terbukti enggak bikin jerawatan.


INGREDIENTS: 
Dimethicone Crosspolymer, Disodium EDTA, Panthenol, Water, Carbomer, Propylene Glycol, Butyl Methoxydibenzoylmethane, Acrylates Copolymer, Dimethicon, B Laureth-7, Cyclopentasiloxane, Tocopheryl Acetate, Methylparaben, Polyacrylamide, Benzyl Alcohol, Triethanolamine, Methylchloroisothiazolinone, Ethylhexyl Methoxycinnamate, 4-Methylbenzylidene Camphor, Methylisothiazolinone, Propylparaben, Fragrance, Aloe Barbadensis Leaf Extract.
Ada Pathenol sebagai pelembap. Ada Butyl Methoxydibenzoylmethane, Ethylhexyl Methoxycinnamate (bisa berpotensi iritasi), 4-Methylbenzylidene Camphor sebagai UV Protection. Tocopheryl Acetate (vitamin E) sebagai anti aging. Ada fragnance yang wanginya aku kurang suka. Dan ada Aloe Barbadensis Leaf Extract yang bagus buat menenangkan kulit iritasi.

Secara keseluruhan, ketiga produk sunscreen ini termasuk laris di pasaran dan gampang ditemukan. Aku sendiri, lebih mengenal Wardah duluan ketimbang Skin Aqua. Wardah ini juga mirip sama Emina, sister brand-nya. Harganya mirip, dan formulanya hampir sama. Yang membedakan cuma pangsa pasarnya. Wardah lebih mature, Emina lebih ke anak muda.

Skin Aqua langsung mengusungnya menjadi satu brand saja. Yang ditawarkan memang 4 varian, tapi yang paling sering ditemukan ya cuma 2 varian ini. Sekarang yuk kita bahas teksturnya saja. Di bawah ini bisa kalian lihat sendiri ya.


Wardah UV Shield Essential Sunscreen Gel SPF 30+++:
Teksturnya gel padat tapi warnanya putih susu. Aku ngerasa agak lengket, butuh waktu agak lama untuk diratakan, tapi ketika udah nyatu, dia enggak white cast. Cuma, kalau aku pribadi, ngerasa agak engap pakai ini. Kerasa glowing tapi juga berminyak. Kalau enggak ditambahin bedak, waduh say, malah kayak kileng-kileng. Nah anehnya, kalau dibedakin langsung kerasa seger gitu.

Untuk peformanya sendiri, sunscreen ini kalau udah lama makin kerasa meleleh bikin kulit kelihatan kusam huhuhu. Makanya, kalau pas kepepet beli ini karena lagi bokek, aku akalinnya ya tetep pakai bedak walaupun cuma di rumah aja. Aku enggak mau terlihat jelek yang sering bikin aku bad mood haha.

Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50 PA+++:
Tekstur Skin Aqua yang ini, bener-bener seperti susu. Cara pakainya kudu dikocok dulu, biar teksturnya nyatu. Karena kalau kita lupa ngocok, yang keluar jadinya yang cair duluan. Kalau rata, teksturnya lotion agak kental. Sebetulnya enak diratain, cuma kadang baunya kayak obat nyamuk menurutku T.T Sorry, aku enggak bisa mendeskripsikan bau-bauan ya. 

Untuk hasilnya sendiri, bikin wajah lebih terlihat milky, tapi enggak white cast kok. Glowing sih iya, cuma lebih natural ketimbang yang Wardah. Aku enggak sukanya, dia ini ternyata kadang bikin aku jerawatan. Mungkin karena ada kandungan silikon yang aku enggak cocok. Padahal yang udah selalu double cleansing loh.

Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++:
Yang terakhir ini adalah yang paling terkini aku coba, dan paling aku suka. Ini teksturnya gel yang gampang pecah dan paling gampang diratainnya. Hasilnya juga bikin kulit kayak enggak pakai apa-apa, cuma lebih kelihatan glowing yang wajar. Kandungan Oil Free-nya oke juga nih! Terus karena sekarang lebih sering di rumah, aku ngerasa SPF 30 sudah cukup.


So far, aku paling cocok sama Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ untuk daily. Mungkin kalau ke lapangan, baru aku pakai yang SPF 50 PA+++. Padahal kalau yang SPF tinggi, aku udah nemu brand yang lebih cocok di kulit tanpa bikin jerawatan. Artinya, mungkin ya enggak pakai Skin Aqua Moisture Milk lagi hehehe.

Oke deh, semoga review kali ini ngebantu kalian yang lagi pilah pilih sunscreen yak. Pokoknya jangan sepelein sunscreen, karena penting banget buat kulit jangka panjang. See ya!

You May Also Like

0 komentar