CURRENT FAVORIT MOISTURIZER - REVIEW SKINTIFIC 5X CERAMIDE BARRIER REPAIR MOISTURE GEL

by - February 23, 2022

Waktu masih muda, aku menganggap moisturizer adalah hal yang enggak perlu-perlu amat mengingat kulitku berminyak. Di pikiranku, kalau pakai moisturizer, kulit bakal makin kayak tambah minyak. So yeah, aku skip layer moisturizer selama beberapa tahun, sampai tibalah umur 30-an dan ngerasa "loh kok kulitku mendadak kering?". Oke sejak saat itu, aku baru tahu kalau moisturizer adalah penting dan cukup wajib. Karena sejatinya, kulit mengeluarkan minyak justru karena Ia kekurangan kelembapannya. Namun, menemukan moisturizer yang cocok tentunya enggak gampang. Aku harus pilah pilih tekstur, dan bahan-bahannya. Soalnya kalau tekstur yang terlalu rich, atau ada active ingredients yang terlalu tinggi kadarnya, seringan bikin kulit berjerawat. So, sejauh ini moisturizer yang paling masuk di kulitku adalah yang bertajuk buat menjaga barrier kulit.

Then I saw Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel, yang sempet viral karena main ingredients-nya oke. Well, karena aku udah pakai selama semingguan, dan ngerasa sudah ada efeknya, aku tulis review-nya yak!


Buat yang belum tahu, Skintific ini emang lagi populer. Begitu lihat packaging-nya. aku sempet mikir kalau harganya mahal about IDR 300K ke atas, but, aku salah besar. Harga Official-nya Rp 139.000 dengan isi 30 gram, yang mungkin akan habis dalam waktu sebulan, jika kita menggunakannya siang dan malam. Tenang, produk ini sudah terdaftar BPOM kok! Nah soal kenapa aku kira ini brand mahal, karena dari tampilannya aja cukup mewah sih. Packaging-nya cakep. Kemasan luar adalah box kardus yang dilapisi plastik, dan ketika dibuka, jarnya terlihat kokoh, dengan tambahan aplikasi spatula buat ambil isiannya.

Masih kurang mewah? Okay. Brand bertajuk "Skincare Powered by Science" ini diformulasikan di kanada yang produk-produknya punya active ingredients tepat, dengan teknologi TTE (Trilogy Triangle Effect). Fokus utamanya adalah mengatasi permassalah kulit wajah. namun juga membuat kulit tetap terhidrasi, serta menjaga skin barrier! Jadi semacam 1 solusi buat segala macam permasalahan kulit, seperti kulit kering, kulit kemerahan, sampai kulit bertekstur. Wow cakep sih ini. Of course aku punya good feeling kalau semua produknya bakal cocok di kulit aku, yang masih sering berjerawat, namun sekarang sering berubah kering seiring bertambahnya usia.

Supaya lebih jelas, kita lihat ingredients-nya di bawah ini.


INGREDIENTS

Aqua. Butylene Glycol, Hydrogenated PolyisobuteneDimethicone, Glycerin, Propylene Glycol, 1,2-Hexanediol, Hydroxyacetophenone, PEG-400, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/​VP Copolymer, Hydrogenated Lecithin, Panthenol, Phytosteryl/​Octyldodecyl Lauroyl Glutamate, Carbomer, Allantoin, Pca, Hydroxyethyl Acrylate/​Sodium Acryloyldimethyl Taurate Copolymer, Squalane, Ceramide NP, Ceramide NS, Ceramide NG, Ceramide AS, Ceramide EOP, Ceramide AP, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Collagen, Centella Asiatica Extract, Sodium Hydroxide, Hamamelis Virginiana (Witch Hazel) Extract, Trehalose, Ectoin, Sophora Flavescens Root Extract, Opuntia Ficus-Indica Stem Extract, Ophiopogon Japonicus Root Extract, Yeast Polysaccharides, Pentylene Glycol, Disodium EDTA-Copper, Polysorbate 60, T-Butyl Alcohol, Citrus Aurantium Amara (Bitter Orange) Flower Oil, Sorbitan Isostearate, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Citrus Medica Limonum (Lemon) Peel Oil

Yang aku stabilo kuning, adalah kandungan ceramide-nya. Ceramide bisa mengembalikan fungsi protective barrier kulit buat mencegah hilangnya kelembapan pada kulit. 


Selain itu, Skintific juga dilengkapi bahan lain yang enggak main-main buat kebutuhan kulit kita. antara lain:

  • Hyaluronic Acid: memberikan hidrasi bagi kulit dan memperbaiki sel kulit dari dalam,sehingga kulit menjadi lembab dan sehat.
  • Centella Asiatica Extract: menenangkan kulit bermasalah, mempunyai efek anti inflamasi, serta kaya akan antioksidan.
  • Marine Collagen: menghaluskan kulit bertekstur, menjaga elastisitas kulit. dan mencegah penuaan dini seperti garis halus maupun keriput.
And the most important is this product also Alcohol Free, Fragrance Free, Mineral Oil Free, Cruently Free. Jadi yang konsen dengan hal tersebut, enggak usah khawatir ya.


TEXTURE AND SCENT

Meski Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel enggak ada kandungan fragrance-nya, namun aku mencium ada wangi bunga segar yang tipis. Begitu diaplikasikan kulit, perlahan wangi samar ini menghilang.

Pelembap ini antara gel dan cream, berwarna putih susu. Ada juga cooling sensation-nya, tapi enggak kerasa pedes di kulit. Teksturnya sendiri ringan banget, enggak lengket, enggak berminyak, justru mendekati ke watery, sesuai dengan ingredients-nya yang banyak menyimpan kandungan air. Jadi, tekstur-nya gampang menyerap secara menyeluruh. Awal pemakaian akan terasa segar dan terlihat banget bisa menghidrasi kulit secara cepat, namun setelah ditunggu beberapa saat, kulit akan terasa kenyal!


CARA PAKAI

Produk ini bisa dipakai sesuka kita, baik pagi ataupun malam. Karena aku lagi konsen ke anti aging juga, jadi aku tetap memakai rangkaian skincare aku yang lain biar makin nampol efeknya. Cara pakainya gampang banget, aku ambil teksturnya pakai spatula secukupnya, enggak usah heboh banyak-banyak, lalu ratakan ke seluruh wajah dengan tangan. Menurutku, tipis aja udah nampol sih lembabnya.

Kemudian layer yang biasanya aku pakai seperti ini:
AM = Double Cleansing - Toner - Essence - Serum - Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel - Sunscreen
PM Double Cleansing - Toner - Essence - Serum - Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel - Spot Treatment jika ada jerawat.

Jadi sebenarnya enggak banyak berubah, cuma skip sunscreen kalau malam. Makanya, kalau travelling aku udah enggak ribet lagi, pakai day cream atau night cream, karena satu Pelembap ini saja udah cakep. Nah, kalian jangan terpatok sama layering skincare aku ya, sesuaikan saja dengan kondisi dan kebutuhan kulit kalian.

Yang paling bikin aku suka adalah, Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel ini bisa masuk ke semua produk aku sebelumnya. Mau dimodif scrambled oil juga bisa banget! Tapi artinya, kalian harus menemukan layering yang tepat dulu, sebelum mencoba pelembap ini. Karena kalau layer-nya udah enggak ada masalah dan cocok. pakai Skintific langsung tambah hinyai!


RESULT

Sejak pertama kali pakai, aku langsung pakai pagi dan malam, tanpa babibu. Ini enggak biasanya loh, karena biasanya aku harus ngelihat reaksinya dulu satu dua hari, baru berani pakai setiap hari. Dan benar saja, tebakanku benar: kulitku aman dan jauh lebih sehat!

Hidrasi di kulit terasa, sekaligus dapet lembapnya. Selain itu, aku tuh ngerasa kalau pas ditimpa sunscreen lagi, kulit enggak akan ngerasa sumuk.  I think, oily skin will love it too.


Mungkin difoto enggak begitu kentara, cuma aku deskripsikan dengan tulisan saja ya. Kulitku waktu muda tuh berminyak dan berjerawat. Akibat dulu enggak pinter perawatan, jadi pernah ada fase kulitku super kemerahan, banyak bekas jerawat, pori besar dan kusam. Kulitku sudah lumayan justru memasuki umur 30-an di mana saat itu aku juga memutuskan untuk menjadi beauty blogger which means, aku sudah paham perawatan. Tapi masalah di kulit umur 30-an kan enggak kalah ribet dan berubah harus konsen ke anti aging. Makanya, aku pun harus sadar kalau kulitku berubah kering dan harus hati-hari sama kerutan.

Singkatnya: kondisi kulitku saat ini normal ke kering, dan kadang masih muncul jerawat apalagi jika PMS.

So, aku pikir Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel adalah solusi untuk semuanya. Mau itu kondisi kulitku lagi berminyak karena lagi ada kerjaan di kota besar, ataupun kulitku lagi kering karena lagi di Magelang. Aku ngerasa dia match saja tuh dengan semua kondisi kulitku tadi. Bahkan aku ngerasa kulitku jauh lebih sehat, segar, dan kelihatan cerah karena bikin enggak kusam. Oh iya, produk ini enggak bikin kulitku break out seperti yang sudah aku duga.


Aku sebetulnya banyak berharap sih, ke depannya mudah-mudahan bisa memperlambat kerutan dan memperbaiki tekstur kulitku yang ada bopeng bekas jerawat. Di foto memang hari ke 3 aku pakai, tapi sampai detik ini sudah sekitar 2 mingguan aku pakai. Aku bakal terus pakai sih ini sampai habis bis! 

Nah, jika kamu lagi cari-cari pelembap yang enak dan cenderung cocok ke semua kulit, cobain deh Skintific 5X Ceramide Barrier Repair Moisture Gel. Aku harap, akan cocok di kamu juga! 

You May Also Like

0 komentar