REVIEW SKINTIFIC MUGWORT ANTI PORES & ACNE CLAY MASK

by - February 24, 2022

Sejak era sheetmask hadir, jujur saja aku sudah jarang banget pakai yang namanya wash-off mask. Kenapa? Tentu karena selain kadang susah dibersihin jadi bikin ribet harus cuci bersih, plus kadang hasilnya bikin kulit keset. Paham aja sih, karena fokus wash-off mask emang membersihkan sel kulit mati sampai bersih. Sedangkan aku kalau mau eksfoliasi, ya tinggal pakai toner yang udah ada kandungan AHA/BHA/PHA-nya? Cepet, enggak ribet, mantep. Lagian aku udah jarang jerawatan, kalaupun lagi jerawatan, itu pasti jatuhnya jadi jerawat mendem, yang baru kerasa keras kalau udah diraba. 

Jerawatnya cuma kelihatan merah samar, tapi minusnya, lebih lama keluar. Jadi aku ngerasa, "perlu juga sih, sebuah produk yang bisa menenangkan, pelan-pelan bikin jerawat cepat matang, serta membersihkan!". Agak lama juga nih nentuin produknya, mengingat semua layer skincare sudah aku pakai dengan benar. Sementara spot treatment, kadang bikin area yang dioles itu kerasa kering di pagi harinya. Pokoknya saat itu, aku ngerasa harus pakai skincare yang sifatnya enggak lama dipakai di kulit, tapi bisa membersihkan serta menenangkan.

Lalu aku memutuskan: "kenapa enggak balik ke wash-off mask ya?". And then masalahnya adalah harus ketemu produk yang enak, enggak bikin kulit ketarik, bisa menenangkan, serta bikin kulit lembap. Sounds so impossible, but aku yakin ada. Dan pilihanku akhirnya jatuh ke Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask

Produk ini udah lama bersliweran di lini masa-ku, entah itu dari iklan, maupun review beauty blogger kenamaan. Wah, kenapa enggak aku coba aja ya kan, mengingat kangen juga nih ngerasain wash-off mask, dan kebetulan, aku udah berteman akrab dengan mugwort. Jadi aku coba Skintific tanpa ragu.


Seperti produk Skintific lainnya, Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask juga diformulasikan di Canada, dengan konsen utama, yaitu membantu menenangkan jerawat yang meradang, mengontrol produksi minyak berlebih, membersihkan pori-pori, dan mencerahkan kulit. Terdengar promising sekali ya, tapi Mugwort emang banyak manfaat.

Buat yang belum tahu. Mugwort merupakan sebutan bagi berbagai tanaman aromatik dari genus Artemisia. Tanaman ini bahkan sejak lama digunakan untuk meningkatkan energi serta mengatasi masalah pencernaan. Mugwort juga dinilai berkhasiat bagi kulit berkat kandungan senyawa antibakteri, antijamur, dan antiradang di dalamnya. Tanaman ini juga mengandung berbagai jenis vitamin dan antioksidan yang dapat memperkuat lapisan pelindung kulit. 

Makanya, enggak heran jika saat ini, brand-brand kenamaan banyak mengeluarkan series Mugwort yang dikhususkan untuk perawatan berbagai jenis kulit khususnya sensitif. Kenapa aku pilih Skintific diantara wash-off yang lain, salah satunya adalah karena Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask laris banget, namun belum banyak yang review. Bahkan aku pernah tahu ada yang sampai PO 15 hari khusus menunggu produk satu ini.


FULL INGREDIENTS

Aqua, Montmorillonite, Glycerin, Artemisia Vulgaris (Mugwort) Extract, Cetearyl Alcohol, Oryza Sativa (Rice) Bran Oil, Methylpropanediol, Ethylhexyl Palmitate, Ci 77891, Magnesium Aluminometasilicate, Glyceryl Stearate, Volcanic Soil, Peg-100 Stearate, 1, 2-Hexanediol, Hydroxyacetophenone, Xanthan Gum, Cetearyl Glucoside, Allantoin, Chlorphenesin, Niacinamide, Centella Asiatica Extract, Ceramide As, Ceramide Eop, Ceramide Ap, Sodium Hyaluronate, Alchemilla Vulgaris Extract,Bisabolol, Silica, Ethylhexylglycerin, Disodium Edta, Pentylene Glycol,Sophora Flavescens Root Extract, Trehalose, Opuntia Ficus-Indica Stem Extract, Ophiopogon Japonicus Root Extract, Hydrogenated Lecithin, Butylene Glycol, Glucose, Lactobacillus Ferment, Parfum, Ceramide Np, Zingiber Officinale (Ginger) Root Extract, Propylene Glycol, Salicylic Acid, Gentiana Scabra Extract,Amylopectin, Dextrin, Fomes Officinalis (Mushroom) Extract,Phenoxyethanolbark Extract, Ceramide Ns/Ceramide Ng,Propylparaben, Glycyrrhiza Inflata Root Extract, Royal Jelly Extract, Ci 77492


Meski wash-off mask ini masih menggunakan parfum/ fragnance di salah satu bahannya, namun aku ngerasa enggak terlalu ngefek dan bikin kulit aku sensitif. Mungkin penggunaan perfume justru supaya wangi masker bertekstur clay ini, enggak terlalu menyengat. Tahu sendiri lah gimana aroma clay yang mungkin tercium tanah basah. In fact, wangi Clay Mask ini masih bisa ditolerir, dan malah menenangkan.

Move ke ingredients utama lainnya aja yuk. Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini punya bahan-bahan lain yang enggak kalah keren, buat hempasin jerawat, kulit kusam, komedoan, sampai warna kulit tidak merata. Aku jembrengin satu-satu bahan utamanya ya!

Hero Ingredients:
  • Mugwort: Mugwort adalah sebuah kandungan penyembuhan alami karena memiliki sifat menenangkan. Memiliki manfaat sebagai antibakterial, anti-fungal, anti-inflamasi, anti-aging, dan melindungi skin barrier. Kandungan alami ini membantu untuk membersihkan racun, menstimulasi pembaruan kulit, dan mencerahkan kulit kusam. Dapat digunakan untuk kulit kering dan iritasi dikarenakan memberikan sensasi menenangkan untuk kulit yang sedang rusak.
  • Niacinamide (vitamin B3):Adalah kandungan aktif yang cerdas dan multi-fungsi, dikarenakan dapat menembus lapisan luar kulit untuk memperbaiki warna kulit yang tidak merata, noda hitam, kulit kendur, pori-pori besar, mengurangi kusam, dan melindungi kulit ketika terpapar sinar UV agar kulit tampak lebih halus dan lebih muda.
  • Salicylic acid: Menembus secara mendalam ke kulit untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan jerawat. Kandungan ini mengeringkan sebum atau minyak berlebih dalam pori-pori. Berkurangnya sebum dapat mencegah terjadinya breakout.
  • Centella Asiatica: Menenangkan kulit.

What you might notice is that this product is safe for all skin types. Karena dia juga No Alcohol, No Paraben. No Mineral Oil, No Colorant, Vegan Friendly, Cruelty Free. Keren ya!


Jadi, manfaatnya pun juga banyak. Antara lain: Menenangkan Jerawat, Menenangkan Bruntusan, Membersihkan secara mendalam, Mengurangi kemerahan, Membersihkan pori-pori, Menghaluskan dan menyamaratakan warna kulit, Memperbaiki skin barrier, Melembabkan dan oil control, serta Menyamarkan pori-pori yang membesar.


TEXTURE & SCENT

Pertama kali buka packaging-nya, Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask ini terasa mewah banget! Jarnya terbuat dari kaca tebel, dengan desain dominan warna hijau mint, masih satu pantone sama warna maskernya. Ada juga spatula, sebagai aplikator masker biar higienis, efisien, dan bikin masker yang nempel terlihat rapi di kulit. Karena aku kebiasaan pakai kuas, sisa maskernya masih nempel di sela-sela kuas, dan eman banget kan. Jadi spatula, menurutku emang pilihan tepat.

Well, teksturnya sendiri super creamy, thick enough, mirip es krim lembut dan gampang banget nempel di kulit. Sekali ngeratain bakal nemplok dengan sempurna. Nyaris enggak ada bolong-bolong yang bikin berkali-kali oles, dan tinggal ratain sampai seluruh wajah. Teskturnya juga ada cooling sensation-nya, yang terasa tipis, dan enggak pedih. And what I like the most is, the texture is still moist without making the texture dry. Mungkin sedikit mengering, cuma kalau diraba, masih lembap banget, bahkan ketika udah ditunggu selama 15 menit sekalipun. That's why ketika pakai masker ini, kulitku enggak kerasa kayak ditarik!

Sedangkan untuk aromanya, aku agak susah deskripsiin karena ya kayak masker pada umumnya aja, yang wanginya tercipta karena efek ingredients-nya. But again, seperti aku jelaskan di awal, mungkin emang bahan perfume di sini emang bukan buat genit-genitan, semacam buat netralisir aroma aslinya saja.


Karena ini termasuk eksfoliasi dengan bentuk masker, jadi aku hanya pakai 2 sampai 3 minggu sekali. Cara Penggunaan gampang banget. Biasanya aku pakai setelah double cleansing biar makin mantap.
1. Aplikasikan lapisan tipis Clay Mask pada kulit bersih, hindari area mata.
2. Tunggu 10-15 menit dan bilas hingga bersih dengan air hangat.

Setelah aku pakai Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask, wajib pakai masker dan langsung timpa pakai produk-produk lain buat melembapkan dan membuat barrier kulit makin terjaga. Yes, menurutku fungsi produk tuh akan makin nampol ketika kita optimal dalam layering skincare pilihan yang cocok di kulit kita. I mean, kita emang kadang enggak bisa jagain hanya dalam 1 produk aja.

RESULT

Hasil yang aku dapatkan setelah pakai Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask, tentunya kulitku jadi terlihat lebih bersih, segar, komedo juga perlahan berkurang. Ya pantes wae, karena judulnya juga Anti Pores. Supaya lebih jelas, lihat foto di bawah ini ya. Ini baru sekali pakai loh, gimana entar kalau rutin pakai dalam 2 bulan lebih ya haha.


Saat ini, terhitung sudah 4 kali pakai, dalam jangka waktu 2 minggu. Aku bener-bener ngerasain banyak manfaat buat kulitku. Kalau biasanya aku ngira wash off mask itu kesannya bikin kulit keset, Skintific berani buktiin kalau dugaanku salah besar. Produk-produknya aku rasa enggak ada yang failed, karena emang konsen di skin barrier, which means ya emang semua orang memerlukannya.

Fotoku di bawah ini, adalah foto terbaru yang aku ambil, dan aku enggak pakai foundation atau bedak. Aku udah pede banget dengan layering skincare-ku dan Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask sebagai pelengkapnya. Kulitku kalau diraba pun jauh lebih lembut, meski masih ada sisa-sisa geradakan yang sulit banget dihilangkan. Oh ya, aku jarang treatment di klinik kecantikan, karena masalah waktu dan pandemi yang bikin aku makin pilah pilih kesempatan. So, aku pikir dengan penggunaan Skintific Mugwort Anti Pores & Acne Clay Mask. aku ngerasa perawatan di rumah aja udah cukup mantap, karena Skintific selalu canggih dalam memproduksi kesemua variannya.

Aku harap kamu bisa juga icip produk ini ya friends! Produk ini bisa kalian dapetin di beberapa e-commerce, terutama di akun official-nya. Nanti jika kamu lihat harganya dan ngerasa mungkin agak mahal, kalian harus compare juga dengan hasil dan manfaatnya. Okay then, see ya on next blogpost ya!

 
Size            : 55 gram
No BPOM                : NA11210200181
Harga               : Rp 139.000

You May Also Like

0 komentar