A LITTLE ABOUT BEAUTIESQUAD

by - November 22, 2017

Sekarang ini, dunia permake-up-an udah ngga cuma ngomongin soal ‘gue yang paling oke’. Rasa senioritas yang dianggap so last year kini dipatahkan dengan adanya komunitas-komunitas para beauty blogger yang makin banyak aja. Sok atuh lihat di instagram banyak collab dan grup yang bertebaran seluruh dunia.

Bagi kamu yang udah punya skill dewa nge-mix warna eyeshadow, atau kamu yang gorjes bikin bibir ombre ala korea, dan kamu yang ruaaar biasa urusan nge painting wajah bikin karakter, itu ngga masalah. Lha wong udah punya modal buat pede duluan.

Trus gimana dengan cewek-cewek yang ngakunya beauty blogger awam? Kayak *uhuk* aku ini? 

Kan pengen juga tuh ikutan ngasah kemampuan.
Padahal nemplokin dempul aja hasilnya demek, milih warna eyeshadow aja pake mikir ribuan purnama, bikin winged liner doank sampe nungguin anak tidur duluan. Wah wah... kayaknya mustahil buat ikutan collab bareng sama mereka yang udah expert.

Bayangannya sih gitu.

Tapi nyatanya, aku nemuin komunitas beauty blogger yang asiknya ngga pake ribet. Ngga ada tuh istilah gue suci lo penuh dosa. Oh oke, salah lirik. Maaf sengaja.

Jadi, komunitas apa sih yang dimaksud?
Komunitas tersebut adalah BEAUTIESQUAD.


Ha apa? Beautisquad? Mau nyaingin Squad Nia Ramadhani? 

Jangan su’udzon dulu sebelum kamu tahu. Squad yang kita mau omongin disini berbeda. Bukan karena pengurus dan membernya yang kebanyakan jomblo. Bukan karena ini Squad baru terus emang siapa elu. Bukan karena ini Squad yang lahir tidak di ibu kota. Bukan.

Beautiesquad justru datang merangkul semua kalangan beauty blogger. Semua ketakutan beauty blogger awam hingga ilmu make up artist yang udah expert, bisa melebur jadi satu. Mereka bersinergi dengan saling berbagi. Bukan saling mencaci.
Sepele memang, tapi bagiku penting. Karena apa gunanya ilmu kalo cuma buat diri sendiri ya kan? Sementara yang awam masih harus banyak belajar dan optimalin jam terbang. Btw milih kuas susah juga ya sist. T.T

OK ngga usah ngelantur, ngga usah berbelit belit, ngga pake lama. Penasaran kan seluk beluk hingga bisa seperti sekarang ini?
Inilah dia Beautiesquad 101 dan alasan kenapa Komunitas ini beda dan asik.

 👉Dibentuk atas asas kekeluargaan
Karena kini asas kekeluargaan kan ngga cuma Koperasi doank. Penting lho bagi komunitas itu mempunyai kedekatan satu sama lain. Kalo udah ngerasa deket, mau kasih kritik dan saran pun tetep membangun, bukan malah bikin sensitif satu sama lain. Sama-sama ingin maju kok intinya.

Singkat ceritanya gini.
Si founder utama yang bernama Virly KA, bersama dengan dua founder lainnya yaitu Nisa dan Liana, berniat membuat sebuah group chat untuk beauty blogger. 


Tanggal 23 november 2016 adalah kolaborasi pertama mereka yang bertemakan Smokey Eyes. Maka di hari itu pulalah, komunitas ini didirikan. Dari yang awalnya cuma pake nama Beauties aja, trus biar kece ya sist, diubah menjadi Beautiesquad, dan selanjutnya akan disingkat BS.

👉Kerjasama Brand
Emangnya apa sih keuntungan jadi member BS?
Banyak sist. 
BS ngga ngasih kamu harapan palsu kayak mantan.

Brand pertama kali yang bekerja sama dengan BS ngga tanggung tanggung. INEZ lho guys, INEZ! Gimana ngga gempar ya. Setelahnya makin banyak produk yang merangkul BS buat buat direview para pengurus serta membernya. Kayak Lipmatte dan skincare baru dari FANBO hingga Lipstick terbaru keluaran ODESSA.

Naaaah, sejak saat itulah, banyak yang ingin bergabung dengan BS. Ngga heran sih banyak yang mupeng masuk group inti. Tergiur sama endorse dan  barang gratis. Makanya mau ngga mau BS ini kudu diseriusin. Udah bukan yang buat ajang kumpul-kumpul doank. Ada banyak hal yang kudu diatur dan dipikirkan (terlebih) kedepannya.

Terbukti di bulan ulang tahunnya, november ini, tiap minggunya, ada giveaway seru yang bisa diikuti oleh siapa aja. Seperti Blog Competition dengan hadiah dari Nihonmart. Online beautyshop yang menjual brand-brand hits dengan harga bersaing.

👉Memiliki Kepengurusan yang Kuat
Pada masa awal terbentuknya BS, komunitas ini menerima semua orang tanpa syarat. Yang ngga cuma blog, mau chat doank, sampai jomblo butuh curhat *jomblo lagi sih*, semua bisa masuk. Tapi karena dunia kecantikan itu menjanjikan, jadi dibentuk kepengurusan.

Ngga main-main doank, BS juga punya Visi dan Misi. Dan bertindak tegas mewajibkan semua member harus punya blog dengan postingan Beauty per bulannya. Wow keren kan. Hahaha. Nah, buat yang penasaran Visi Misinya, nih aku kasih bocorannya. 

Visi :
1. Menjadi pionir beauty micro influencer berkualitas di Indonesia
 2. Menjadi wadah berkembang bersama para beauty blogger dan beauty influencer

Sedangkan misinya :
1. Menemukan talent-talent baru dan mengarahkan mereka menjadi beauty blogger yang berkarakter dan bertanggungjawab melalui agenda Ngopi Cantik yang digelar tiap dua bulan
2. Menjadi jembatan antara beauty micro influencer dengan brand
3. Menjadi wadah berkreasi para beauty blogger melalui makeup collab yang rutin digelar tiap bulan
4. Menjadi referensi bagi para beauty enthusiasts ketika mencari apapun yang berhubungan dengan beauty melalui website kami (soon).

Karena saking banyaknya member yang ingin bergabung, lau pikir gampang apa ngurus banyak orang, terpencar pula! Pengurus dan member inti kemudian melakukan musyawarah hingga mencapai mufakat: melakukan reshuffle kepengurusan kembali.

💪Pergantian nama pengurus Beautiesquad menjadi lebih manner: Beautiesquad Officers. Tujuannya bukan mengurus lagi, melainkan melaksanakan tugas sesuai visi misi BS.

💪Tugas Founder adalah mengambil keputusan cepat dan tegas, serta memantau officers melakukan tugas demi kelancaran visi misi BS.

💪Chief Officer baru diisi oleh Vina Eska yang bertugas melaksanakan visi misi dan keputusan yang udah dibuat. Semacam media buat officers dan para blogger biar ngga melenceng dari aturan.

💪Public Relations diganti menjadi Community Relation (CR), diampu oleh Lia Melqha. Sedangkan Fuji Astyani sebagai Sekretaris dan SEO Analysis.

Officers yang bertanggungjawab dalam divisi CR ada 3 orang, yaitu: Liana Eka, Ariani Rosidi, dan Rahma Brilianita. Tugasnya ngga kalah berat, mereka menjembatani BS dengan brand, juga menjembatani para member dengan BS dan Brand. Ngga cuma itu aja, mereka juga melakukan proker bulanan kayak collab, ngopi cantik dan proker lain ke depannya.
Btw ssssttt.... PR ini juga membantu si Vina dan Founder untuk memutuskan siapa aja sih yang lolos kriteria member BS inti di Whatsapp Group. 


💪Admin diganti nama menjadi Sosial Media Squad (SM). Supervisornya masih sama, Rani Lukman dengan anggotanya Devi Purwati, Khairunnisa, dan Savitri Hutapea. Merekalah yang memberikan info ke member melalui akun sosial media BS dan menjaya image BS di dunia maya. Kesannya gampang, tapi menjadi SM Squad itu kudu mikirin feed, caption, sampai memantau insight. 

💪Photo Editor Squad (PE) yang selalu ada di belakang layar. Supervisornya Raydita dengan officersnya Annisa Pertiwi dan Laudita Cahyanti. Tugasnya apa lagi selain membuat design dari design collab sampai design feed. Bisa dipastikan, apalagi saat collab, tugas mereka dikeyar deadline. Tau sendirilah, mengedit sesuai list itu ngga gampang kan.

Nah, jadi pastikan kalian baik-baik sama mereka ya guys. Kirimin bakso misalnya. *eewwh*

👉From Community to Professional
Basic BS adalah group Blogger. Nah, untuk menjadi blogger yang baik, BS memutuskan untuk memiliki SEO Analysis yang membantu kita mengatahui blog udah sesuai kriteria atau belum. SEO itu ngga gampang, gimana cara menulis artikel agar langsung menjadi halaman utama mesin pencarian google, pilih tempate yang oke, serta widget pendukungnya.

Ngga semua blogger memahami tampilan blog yang oke dan cara menulis yang SEO Friendly. Jadi kedepannya, BS berencana untuk membantu para member biar ngga bingung dan semangat menjadi blogger yang professional.

Selama ini baru 2 orang dari Facebook Group yang udah lolos masuk ke group inti di Whatsapp. Mereka terbiasa menulis SEO, template kece, dan disiplin waktu. 2 Hal itu penting banget soalnya. Officers udah tahu kinerja para blogger group inti sehingga saat brand minta nama-nama blogger, BS udah pasti kasih jamin bahwa blogger terpilih, akan menyanggupi keinginan sponsor.

Banyak sih sebenernya member yang tulisannya bagus, punya potensi, dan followernya berjibun. Tapi namanya kerjasama kan simbiosis mutualisme. Harus mau donk, memberikan kontribusi untuk BS. Kalo ikuti aturannya enak kok. Apalagi kedepannya BS ini bakalan terus ada kerjasama dengan sponsor dan banyak event.

Makin mupeng kan? Hahaha.
Tapi ngomong-ngomong, dari tadi aku ngomong BS ngalor ngidul itu tahu dari mana coba ya?
Bahkan tadinya mau bikin judul ALL ABOUT BEAUTISQUAD pula. Sungguh tulisan yang sok kenal sok dekat. Eeeit tapi jangan salah, aku bisa bikin tulisan gini karena aku ikutan Ngopi Cantik Beautiesquad #3 – BEAUTIESQUAD BIRTHDAY.

Wooohooo. Seru kan.
And yes, aku sengaja memilih post di tanggal 23 November ini bersamaan dengan Beautiesquad First Anniversary.
Happy Bornday Beautiesquad, seneng bisa gabung di BS walopun pas chit chat ngga begitu aktif. Maklum, ibu muda yang kerja nyambi momong. Hihihi.
Nah, biar makin erat dan sebagai ajang silaturahmi, BS bikin event seru-seruan ketemu langsung yuk. Eh tapi pasti udah direncanain mah, aku yakin. Semoga waktu dan tempatnya pas, karena aku pengen banget nimba ilmu di dunia beauty barengan temen-temen semua.

So, buat kamu yang pengen join, caranya gampang kok. Pastikan dulu, kamu blogger yang punya ulasan beauty tiap bulannya. Lalu klik tautan di bawah ini yang terhubung langsung ke sosial media Beautiesquad.
Facebook Group
Instagram

With love,
Yosa Irfiana.

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM