#RESEPSUAMI BITTER BALLEN SIMPLE

by - July 31, 2018

Waktu aku nge-post bitter ballen yang dimasakin suami di instastory, aku enggak nyangka yang respon banyak banget. Semuanya kompak tanya resepnya. Karena mungkin dilihat dari fotonya saja sudah meyakinkan ya. Bentuknya bisa bulat banget dan kayak chruncy gitu. Memang, rasanya juga enggak kalah nikmat kok. Aku enggak bohong. Buktinya baru masak dari penggorengan saja, sudah ludes tak bersisa. Ya masih untung sih, aku sempat foto. Jadi niat pamer, sudah terlaksanakan. Yes!

Nah, lebih efisien ketimbang aku kasih kalian resep satu-satu, aku sekalian bikin blogpost yang isinya Resep Bitter Ballen Simple. Yang masak Suami, yang makan aku, yang posting aku. Istri macam apaan ya. Haha biar. Yang penting kami senang. Maklum sehari-hari aku sudah terpatok masak sayuran.

Dan karena kalau yang bikin Suami, itu jadi luar biasa, jadi yok, contek resepnya.


WHAT


- 3 sdm mentega/butter
- 3 siung bawang putih cincang halus
- 300 ml susu UHT kurleb (pake 1 1/3 gelas belimbing, dikira-kira saja)
- 1 buah paha/ dada ayam (rebus, potong dadu)
- 3 sdm tepung terigu
- 1 sdt garam
- 1 sdt totole/ royco
- 1 sdt merica bubuk
- 1/2 sdt gula
- 1/3 atau 1/2 bagian keju cheddar potong dadu.
- Tepung terigu buat nguleni
- Tepung panir
- 1 butir telur kocok

Sejujurnya, kami menyontek resep bitter ballen pada bungkus keju. Namun karena memanfaatkan bahan yang ada di rumah, maka resep ini dibikin se-simple mungkin. Buat jadi peluang usaha boleh juga, karena nyatanya, kami enggak keluar duit banyak buat dapetin makanan yang cuma ada di cafe tertentu ini. 

So, ini dia step by step nya.

HOW TO


1. Rebus ayam, sampe mateng trus potong-potong.
2. Panasin mentega
3. Masukin bawang putih cincang, gongso sampe wangi.
4. Masukin tepung terigu dikit-dikit, aduk cepet sampe kalis (jangan sampe ngegumpel)
5. Masuk susu dikit-dikit, aduk rata.
6. Masukin ayam, aduk lagi sampai rata.
7. Masukin garam, totole, merica, gula. Aduk terus pokoknya.
8. Matiin api (sampe sini boleh langsung camputin potongan keju trus diaduk, atau tunggu adonan dingin dulu, keju nya ntar dimasukin pas bikin adonan jadi bulet).
9. Ambil adonan pake sendok makan (besar sesuai selera).
10. Masukin ke tepung terigu, buletin adonan di tangan.
11. Masukin ke telor kocok (balurin sampe rata)
12. Cemplungin ke tepung panir.
13. Setelah adonan jadi bulet boleh masukin ke kulkas dulu atau langsung goreng.



Walaupun dilihat memang gampang, tapi ternyata ada trik khusus biar bentuknya enggak ambyar. Bisa bulat sempurna. Do check this out.

TRICK


- Makin banyak susu, makin lembut adonannya. Asalkan enggak kebanyakan, soalnya nanti malah adonan jadi encer kayak bubur. Usahakan teksturnya lembut tapi juga masih gampang dibentuk. Dikira-kira saja, faktor kebiasaan ini mah.

- Kalau step 11-12 tadi diulangi 2 kali, nanti bagian luarnya jadi lebih tebel, keras dan crispy. Penting sih ini buatku. Karena bitter ballen akan lebih enak kalau garing di luar, lembut di bagian dalam.

- Kalau mau bikin adonan bulat sempurna, step ke 12 adonan panirnya pake rantang. Buletan bitter ballen diayak pelan biar membulat sempurna dengan sendirinya.

Over all, bitten ballen ini beneran terasa pas. Ayamnya masih kerasa kesatnya, kejunya mantap, dan enggak terlalu manis. Bisa juga ditambahkan kentang rebus, yang nantinya bakal jadi kayak kroket. Atau keju dalamnya diganti mozarella kayaknya endeus juga.

Yok ah, sudah dapet resepnya, kudu langsung nyoba. Biasanya anak-anak doyan juga. Jadi enggak heran kan, kalau menu ini jadi favorit keluarga!

You May Also Like

0 komentar