GRADUATION MAKEUP COLLABORATION WITH BEAUTIESQUAD

by - September 18, 2019

Rasanya sudah lama skip makeup collab barengan komunitas beauty kesayangan, apalagi kalau bukan Beautiesquad. Maklum, sekarang jadwalku lagi padet banget, mulai dari nulis skenario untuk animasi, video company profile dan bikin webseries, belum lagi ngurus anak yang sedang masa pemulihan karena paru-paru basah. Ya ada sih waktu buat nyalurin hobby, kalau sudah malem gitu, atau pas weekend, tapi nyatanya lebih sering gegoleran nonton film saking sudah capeknya.

Wait, ternyata selama itu pula, aku sadar bahwa aku jarang makeup juga. Paling banter aku pakai bedak tabur, bingkai alis, sama lipstickan. Sudah gitu doang aku berani sampai mana-mana. Nah, kemarin nih, waktu Beautiesquad mencetuskan ide Graduation Makeup Collaboration dalam rangka memperingati hari sarjana nasional pada tanggal 29 September, dalam hati aku bilang, "aku harus maksa ikutan gimanapun caranya".

So, berbekal tekad kuat disamping karena dulu waktu wisuda makeup-ku jadul abis, aku pun rela bongkar kardus buat ambil toga-nya Mas Suami, dan bela-belain makeup pagi sebelum rempong kerja. Aku ceritain deh detailnya.


Buat yang belum tahu, aku wisuda tuh di tahun 2009, 10 tahun yang lalu. Kala itu masih berumur 23 tahun, dan bangga banget dong, karena aku satu-satunya mahasiswa termuda yang bisa lulus dalam waktu 4 tahun saja. Mungkin itu hal yang biasa ya, tapi di kampusku, lulus cepat adalah hal yang enggak lazim. Antara dikatain sok pinter lah, sarjana prematur lah, yang artinya "yosa habis ini mau kemana? Ilmumu belum melekat betul kok berani-beraninya wisuda?". Aku enggak bohong loh. Sampai ada yang ngirimin aku testimonial di friendster soal sarjana prematur gitu. Aku dikira enggak becus berilmu dan bakal nganggur karena lulus saking mudanya. Yang bilang seperti itu kok ya kakak tingkat yang enggak lulus-lulus coba. Ya iya sih dia mangkir kuliah karena kerja, tapi memangnya waktu aku kuliah aku ongkang-ongkang ngadelin duit orang tua apa? Aku kan ya kerja, ya cari beasiswa.

But, time will prove everything kan. Apalagi asumsi orang yang cuma tebak-tebak buah manggis saja. Wong kenal saja tidak kok berani-beraninya meramal masa depanku tanpa diminta. Sibuk bener ngurusin hidup orang. Aku akhirnya malah justru semangat buat buktiin bahwa aku bisa. Mulai sibuk cari link, benerin sifat egois, sampai masukkin lamaran kemana-mana. And you know, enggak nyampai sebulan aku bisa langsung kerja dan diterima di sebuah production house yang siap kejar tayang. Sampai saat ini, aku enggak ngerti kenapa wisudawan-wisudawati yang lulus cepet di-judge enggak siap di lapangan kerja. Padahal di lapangan, aku banyak menemukan fakta bahwa anak-anak SMK sekarang tuh enggak kalah cekatan. Jadi, aku pikir yang penting itu kualitas diri, dan enggak bisa diukur mau seberapa lama durasi kalian kuliah. 


Sekarang aku makin paham, bahwa ilmu pengetahuan itu bakal terus ada sepanjang kehidupan. Lagian zaman sekarang, kursus online, sertifikasi profesi, maupun pendanaan film bahkan ada kalau kita mau berusaha dan gencar cari tahu. Enggak usah khawatir dikatain minim ilmu, karena sejatinya, kalau kita memang minim ilmu, justru kita yang selalu berusaha cari tahu kan? 

Fiuh, malah marah-marah hahaha. Oh iya, aku sudah cerita di atas kan ya kalau aku kurang cocok sama makeup pas wisuda? Dulu aku dirias, karena enggak bisa makeup sendiri. Sudah aku kesusahan pakai softlense, alisnya dibikin tipis pis, ketambahan pula dulu bedaknya padet banget kayak mantenan. Sumpah malu! T.T

Makanya dengan collab kali ini, aku tuh pengen deh bikin makeup wisuda yang sesuai dengan keinginanku. Yang dewy, flawless, awet, yet natural. Awalnya bingung sih beneran, mau bikin look bagaimana, karena kalau wisuda kan aslinya cuma merayakan kemenangan ya. Tapi di sisi lain, cewek-cewek zaman sekarang makeup sudah gorjes to the bone euy, jadi jomplang kalau cuma natural biasa. So, aku pilih menambahkan beberapa elemen make up seperti banyakin highlighter, dan pakai eyeshadow yang berglitter. 

Pakai apa saja produknya? Monggo sudah aku catat di bawah, barang kali ada yang suka sama look-nya hehe.


FACE
Loreal Revitalift Crystal Micro Essence
Pixy Beauty Skin Primer
Pixy Dewy Cushion (Natural Beige)
Focallure Big Cover Concealer (Warm Ivory)
POND'S BB Powder
Pixy Aqua Beauty Protecting Mist

EYEBROW
Viva Eyebrow (shade Brown)

CHEEKS
Focallure Trio Blusher & Highlighter Palette Original
Pixy Twin Blush (Shade Pop Teracotta)

EYES
Inez Color Contour Plus Eyeshadow (Venice)
Popfeel Eyeshadow Pallet Matte-Glitter
Madame Gie Silhouette Eyeliner (Silver)
Maybelline Magnum Volume Express
Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black
Bulu mata palsu

LIP
Loreal Rouge Signature (Shade I Rule)
Pixy Tint Me (Shade On Pink)


Step pertama, aku pastikan dulu kulit wajah aku sudah bersih. Aku sampai exfoliating wajah dulu, plus maskeran, niatnya biar makeup nempel pel kayak perangko. Keingetan dulu pas wisuda, aku pas perawatan dokter sebuah klinik kecantikan ternama. Pakai acara kulit ngelupas segala. Wah beneran deh, salah timing kayaknya. Yang ada, sepanjang acara, kulitku bedaknya matte, tapi ada kulit ngelupas di bagian hidung dan pipi. Ya mohon maaf, namanya juga Yosa, yang sudah dapet gelar sudah paling selamet daripada mikirin mau makeup apa.

Kali ini aku sekalian bikin tutorial ala-ala deh. Enggak ribet kok. Setelah wajah bersih, aku masih pakein toner, kemudian lanjut pakai Loreal Revitalift Crystal Micro Essence. Aku tuh ya, kalau pakai essence, mau makeup gimanapun, kulit tetap aman tentram. Enggak tahu ini perasaan doang, atau memang fungsinya sebagus itu. Aku juga pakai sunscreen sebagai step terakhir skincare.

Baru aku mulai ke makeup. Aku pakai Pixy Beauty Skin Primer biar nanti riasannya jadi tampak glowing gitu. Terus aku pakai Pixy Dewy Cushion di seluruh area wajah. Ya memang sih, ini enggak akan dempul banget, plus enggak awet kalau cuma ngandelin cushion. Jadi aku tambahin concealer punyanya Focallure di bagian dahi, bawah mata, hidung, dagu, dan beberapa spot jerawat. Habis itu baru ditempel POND'S BB Powder dengan spons agak basah. Kenapa enggak pakai brush? Karena aku agak alergi dengan partikel kecil. Selain itu, kalau pakai spons akan lebih nempel dan bisa nutup pori-poriku yang besar. Nah, selanjutnya baru aku semprotin Pixy Aqua Beauty Protecting Mist supaya makeupnya nempel dan tampak basah. Eh tampak segar ding haha.

Before and After

Untuk decorative mata, aku pilih warna coklat tanah, coklat tua, dan gold di bagian tengah. Lalu di pinggir bawah, aku madame gie silhouette eyeliner warna silver. Setelah semua diblend sampai halus, aku kasih wink liner pakai produk Wardah EyeXpert Optimum Hi-Black. Baru terakhir pakai maskara Maybelline Magnum Volume Express, dan ditempelin bulu mata palsu. Sampai sini aku sudah mau bangga dulu sih, karena ternyata wow bisa juga aku bikin look yang aku inginkan, yaaasss!

Move ke bagian pipi, aku pulaskan Pixy Twin Blush (Shade Pop Teracotta). Warnanya orange bata, enggak terlalu ngejreng, tapi natural manusiawi gitu lah. Kemudian aku tambahkan Focallure Trio Blusher & Highlighter Palette Original di bagian tulang pipi, hidung, dan atas bibir. Aku shading juga pinggiran hidung dan bawah pipi biar muka chubby-nya enggak terlalu bulet-bulet amat. Yaaaa gimanaaa????


Bagian terakhir adalah bibir. Aku pakai lipstick Loreal Rouge Signature Shade I Rule yang finish-nya berwarna pink tua. Ngerasa agak enggak cocok sama riasan mata aku mix dengan Pixy Tint Me shade on pink. Hasilnya agak glossy nan terkesan muda. Love it!

Menurutku, ketimbang makeup dulu pas wisuda, mending yang aku bikin sekarang ini deh. Selain aku enggak tampak tua, juga enggak terlalu dempul banget, sampai gatel kulitnya. Btw, kalau menurut kalian gimana sih? Semoga bisa menginspirasi kalian juga ya.

And as always, kalau kalian mau cari-cari look lain, coba deh lihat si Tulipakasia ini. Tampilannya enggak kalah fresh loh.


Masih kurang juga? Nih, peserta yang lainnya dalam satu banner. Cakep-cakep kan? 


Kalian pengen juga ikutan collab kayak gini? Pastikan follow Instagram Beautiesquad, gabung di fanpage Facebooknya, dan pantengin terus info-info menarik tiap harinya. Collab kayak gini diadain terus tiap bulannya kok. Jadi, selain kita bisa dapetin banyak temen, juga bisa ngelatih skill makeup kita.

See ya next collab ya!

You May Also Like

0 komentar