VILLAIN MAKEUP COLLAB - BEAUTIESQUAD X PURBASARI

by - November 23, 2019

Kalian sudah tahu belum kalau komunitas kesayangan aku, yaitu Beautiesquad lagi ulang tahun yang ketiga? As we know, umur 3 tahun itu lagi lucu-lucunya, sudah bisa mengungkapkan macem-macem, sudah bisa berlari, dan enggak bisa dibilang anak kecil lagi. Tentu saja, Beautiesquad perlahan tumbuh jadi komunitas yang konsisten, disiplin, serta banyak inovasi. Ini basic dari pengalamanku sendiri loh ya.

Nah, bulan November ini Beautiesquad punya banyak acara nih. Seperti giveaway, review produk, dan tetep ada collab bertemakan Villain Makeup Collab. Collab kali ini berbeda, karena menggandeng brand lokal kenamaan, Purbasari. Pesertanya pun hasil seleksi, kebanyakan sudah pada pernah ikutan collab sebelumnya, dan sudah ngikutin rules seperti follow IG-nya Beautiesquad, maupun join di grup Facebook.

Btw, kalian mau tahu enggak aku dikirimin apa saja sama Purbasari? Here it is!

Purbasari Brightening Cool BB Cream, 
Purbasari Daily Series Alas Bedak (4 shades), 
Purbasari Daily Series Pelembap, 
Purbasari Daily Series Triple Action Cake Refill, 
Purbasari Flawless Matte BB Two Way Cake,  
Purbasari Lipstick Color Matte Shimmer Finish, 
Purbasari 2in1 Color Tint Cheek and Lip Tint, 
Purbasari Daily Series Eyeliner Pen. 


Sebelum aku ngomongin ke proses dan hasil makeup-nya, aku tahu kok, di luar sana, banyak diantara kalian yang pengen banget gabung sama Beautiesquad. Mostly pada ngincer dapetin produk gratis karena BS sudah banyak kerjasama dengan brand-brand beauty. Sorry, agak frontal, tapi aku beberapa kali dapet komen, sampai DM gimana sih cara dapetin produk gratis buat direview?

FYI saja, awal aku bikin blog aku beli apa-apa sendiri. Nyobain skincare, struggling sama jerawat, latihan dandan, bikin tulisan persuasif yang soft supaya pembaca jadi tertarik, dan itu enggak gampang. Aku sudah 4 tahun jadi blogger. 3 tahun memantaskan diri jadi beauty blogger. 2 tahun mulai ikut collabnya sama Beautiesquad. Lalu 1 tahun yang lalu finally bisa gabung menjadi Officer-nya.

Jadi seorang beauty blogger/vlogger, kok rasanya naif ya kalau cuma pengen barang gratisnya doang? Buat koleksi saja atau gimana? Padahal dibalik itu, kita juga dituntut sama attitude yang baik, disiplin bikin postingan, dan mikir gimana supaya kontennya bagus. Beneran, kalau sudah deadline begitu ya sama kayak kerja. 

Intinya apa? Beautiesquad mengajariku banyak hal, termasuk sharing ilmu lewat Ngopi Cantiknya, dan berfungsi buat perkembangan blog ku ke depan. Aku juga mulai cari tahu soal ingredients suatu produk yang cocok untuk kulit, dan berani bereksperimen. Enggak cuma itu, aku bahkan jadi banyak kenal beauty blogger/vlogger yang keren-keren di luar sana. Banyak yang humble, tapi karyanya cakep. Banyak yang disiplin, tapi masih down to earth. Makanya, next aku tertarik sama konsep video karena aku basicnya kuliah dan kerja di kancah audio visual. Do'ain yaaa!!

Kalian beneran pengen gabung sama Beautiesquad, caranya sebetulnya gampang. Pastikan kalian punya blog yang berumur lebih dari 6 bulan, dan ada postingan tentang Beauty-nya. Lalu join grup facebook-nya, follow instagramnya, dan ikuti beberapa informasi lewat media sosialnya. Tiap bulan ada kok makeup collab. Lalu ada juga Ngopi Cantik secara berkala. Nanti kalau kalian aktif, akan diajak ke grup whatsapp-nya dan bisa sharing apa saja sesama beauty blogger. 

Back to makeup collab. Tema villain ini seru banget buat dicobain, mengingat aku jarang banget makeup aneh-aneh gitu. Aku seringnya makeup cantik, makeup biasa, makeup yang simple. Nah, ini termasuk tantangan banget!

Oleh karena kita dikirimin Purbasari beberapa produknya, aku akan memilih beberapa produk untuk mendukung look-ku kali ini.


Yang pertama, aku pastikan kondisi wajahku bersih, terawat, sehat, dan lembap dulu. Setelah dibersihkan, aku memakai Purbasari Daily Series Pelembap, yang diperkaya buah delima yang bisa melembapkan kulit biar tampak lebih segar. Aku suka sama teksturnya Moisturizer ini karena adem kayak gel, tapi gampang pecah dan meresap. Tekstur pelembapnya cocok sama jenis kulitku yang berjerawat dan berminyak. So yes, kayaknya nih, aku bakalan pakai si pelembap ini untuk pemakaian sehari-hari karena terbukti enggak bikin break out kulit wajah.

Setelah itu, aku bingung nih, mau pakai alas bedak atau BB creamnya saja. Karena jujur, warna-warna complexion-nya nyaris enggak ada yang fix banget di warna kulitku. Aku pakai BB cream Brightening Cool sebagai base, lalu masih pakai Alas Bedak Warna Kuning Gading dicampur dengan Natural, agar menghasilkan bedak yang dempul banget. Tebel biar, kan villain bebas hehe.


Setelah itu, aku pakai Purbasari Flawless Matte BB Two Way Cake yang hasilnya bener-bener matte. Di sini aku udah ngerasa kayak topeng sih sebenernya, but it's okay, the show must go on. Anggep saja mau pentas jadi peran antagonis ya kan?

Oh iya, aku ngetap bedaknya pakai spons bawaan TWC Purbasarinya. Cukup di-tap-tap saja biar enggak geser dan enggak demek.


Selanjutnya pada decoratif mata, aku pilih warna merah sesuai sama brief-nya. Cuma, aku ngerasa kurang nih. Pengen lebih nampol, kemudian aku tambahkan garis yang membingkai dengan Purbasari Eyeliner Pen yang warnanya hitam jreng. Hitamnya ini kreng, sekali oles kelihatan, juga waterproof, sudah aku coba di tangan dan ngucurin air, tetap ada. Bisa bertahan 4 jam lebih, yang berarti produk ini termasuk kece lah ya untuk seharga Rp 50.000an.

Lalu pada foto yang kanan, aku nemplokkin alas bedak warna sawo matang, karena baru keinget, aku enggak shading sama sekali. Mendadak jadi pengen nambahin nuansa Maleficent yang rahangnya menonjol banget. Habis itu baru aku tambahkan lagi TWC Purbasari biar nyatu sama complexion sebelumnya. 


Nah, karena aku dikirimin Purbasari Lipstick Color Matte New Shimmer sejumlah 4 shades, jadinya aku tertarik buat nyobain sekaligus memilih salah satu warna lipsticknya, sebagai dekoratif villain makeup aku. Kira-kira yang mana ya yang bagus? Bingung juga euy. 


Kebetulan, warna-warna Purbasari Lipstick Color Matte New Shimmer termasuk gelap dan cocok buat villain makeup kayak gini. Warna bold jauh dari kesan aman, tapi aku senang, karena warna seperti ini tegas dan terkesan keluar dari zona nyaman. 

Buat yang belum tahu, Purbasari sebelumnya mengeluarkan 3 varian lipstick. 
Yang pertama, yang sempet heboh dan fenomenal yaitu Purbasari Lipstick Color Matte yang punya packaging hitam.
Yang kedua Lipstick Color Matte Metallic dengan packaging gold.
Yang ketiga Purbasari Hi Matte Lip Cream dari Hydra Series dengan packaging hitam ala liquid lip cream.

Kardus packaging-nya sendiri, sama seperti series Purbasari Lipstick Color Matte, tapi dalamnya, sama seperti yang versi metallic. Bingung ngebedainnya? Di bagian kardus kemasan, ada kok tulisannya, terus di bagian sisi kanan kirinya ada nama warnanya. 


Yang aku dapetin ini memang bertajuk Purbasari Lipstick Color Matte, tapi dengan warna shimmer baru, yang lebih berkilau. Kalian yang pengen nyobain lipstick ini enggak perlu khawatir, karena warna-warnanya disesuaikan dengan tone kulit orang Indonesia, dan katanya nih, enggak bikin bibir kering. Masih kurang? Tenang, Purbasari sudah tercatat izin BPOM dan punya label halal MUI. Lengkap kan.


Sebetulnya, Purbasari Lipstick Color Matte New Shimmer punya 5 shades, antara lain:

Shade 12 - Crystallite (Cokelat Kemerahan)
Shade 13 - Azure (Ungu Pearl) Shade 14 - Morganite (Merah) Shade 15 - Citrine (Cokelat) Shade 16 - Quartz (Maroon)


Aku dapat 4 shades, kecuali yang nomor 14. Kesemua warna-nya memang tampak ber-glitter shimmer, dan berbeda dari series sebelumnya. Awalnya aku kira akan enggak aman di wajahku, tapi begitu aku coba satu-satu di-swatch, aku malah jadi pengen buru-buru oles ke bibir.


Aku setuju sama klaim yang bilang bahwa lipstick ini ringan, dan pigmented. Seperti yang aku yakini, warna bold akan cenderung lebih pigmented ketimbang nude, karena dia sudah gonjreng duluan. Cuma nih ya, karena bibirku itu super kering, aku harus ekstra perlindungan, jadi sebelumnya aku pakein lip balm as always, jadi mohon maaf jika nanti fotonya enggak matte banget. Aku cuma enggak mau hasilnya enggak sesuai ekspektasi karena aku susah cocok pakai produk yang matte seperti ini.

Supaya tahu warna detailnya, berikut swatch-nya di tangan.


Purbasari Lipstick Color Matte New Shimmer
Nomor 12 - Crystallite

Kita mulai coba yang nomor 12, yaitu Crystallite dulu. Warna coklat kemerahan dan cenderung seperti warna bata, ternyata masih aman buat digunakan sehari-hari atau bahkan acara formal. Aku ngelihat warna shimmer tipis-tipis pada warna ini. Hasilnya matte, terus glitternya enggak terlalu kelihatan. 



Purbasari Lipstick Color Matte New Shimmer
Nomor 13 - Azure

Sejujurnya awal buka, aku paling naksir warna ini. Kupikir akan cocok sama villain makeup karena warnanya cenderung ungu pearl yang kelihatan galak gitu. Tapi ketika dioles di bibirku, ternyata hint ungunya enggak terlalu kelihatan, dan malah cenderung berwarna pink tua. Mungkin karena warna bibirku gelap kali ya. Jadi kurang terlihat ungu. Anyway, ketimbang nomor 12, shimmer nomor 13 lebih kentara dan lebih bold.



Purbasari Lipstick Color Matte New Shimmer
Nomor 15 - Citrine

Warna Citrine didominasi warna coklat keorange-an. Shade-nya lebih light ketimbang nomor 12, tapi shimmernya lebih terlihat. Warna ini tentunya juga cocok buat pemakaian sehari-hari. 



Purbasari Lipstick Color Matte New Shimmer
Nomor 16 - Quartz

Sewaktu di-swatch di tangan kan warnanya cenderung matte dan shimmernya enggak terlalu kelihatan ya, tapi ketika dioles ke bibir, wuuuz...warna merahnya bold banget dan cenderung ke maroon. Well i said yes for it, dan langsung milih warna ini sebagai dekoratif bibir karena cocok sama riasanku.



Supaya meyakinkan kalian, nih lihat perbandingannya di bibirku pada kolase berikut ini. Di aku, bagus yang nomor 16 kan? Kan? Kan? Hehe maksa.

Oh iya, aku lupa bilang, aku cukup hati-hati ngolesin lipsticknya ini karena ringkih dan cukup mudah patah. Beberapa kali aku kesulitan menghias pinggir bibir saking tebelnya bibirku juga nih. Bentuk lipstick yang memanjang kayak gini enggak terlalu cocok sama bibirku yang tebel, jadi aku kadang butuh bantuan brush untuk aplikasiin ke pinggiran bibir.

Again karena ngerasa kurang garang, aku bubuhkan eyeshadow hitam di sekitar bibir-ku. Hasilnya seperti ini, cocok sama dekoratif matanya.


Aku kasih nama Gothic Villain Makeup karena riasan mataku sudah smokey dan bedakku sudah dempul banget. Gothic-Metal kayak gini bayanginnya ke Lorde atau Amy Lee-nya Evanescence. Btw ini mau nyanyi atau melakukan kejahatan sih hehehe. Enggak apa-apa ya, yang penting cadas! 


Eh kelupaan, di bagian bawah mata itu, aku bikin semacam ((TEARS)) dari Purbasari Lipstick Color Matte New Shimme Nomor 16 juga. Aplikasinya pakai brush tipis. Jadi kesan gothic metalnya makin terasa. Tears ini aku buat supaya nonjolin kesan gahar dan "hello gurls, aku nangis saja nangis darah nih loh" LOL. Jadi, belum melakukan tindak kejahatan, orang sudah takut duluan haha.

Aku malah jadi kepikiran, misal dulu waktu sekolah aku bisa makeup seperti ini, pasti sudah aku bawa ke panggung ke panggung sambil nyanyi. Kalau sudah di depan panggung kan yang penting penampilan, hehehe.

So, menurut kalian, makeup ku kali ini gimana? Cocok enggak sama temanya? Heheh. Jangan takut, aku masih baik dan penyayang kok. Villain makeup cuma tampak luarnya, dalamnya tetep princess disney.


Kalau kalian butuh referensi lain, kalian juga bisa kepoin makeup-nya Novitania yang lebih manis dan simple. 


Atau bisa juga contek dari peserta lain yang enggak kalah cakeeep...



Nah, dalam blogpost kali ini, sekalian aku mau ucapin HAPPY BIRTHDAY yang ketiga buat Beautiesquad. Semoga makin kompak, banyak ide yang inovatif, serta banyak gaet brand-brand kenamaan buat diajak kerjasama. Senang rasanya berada di bawah komunitas yang care, buaaik banget, supel, dan mau berkembang bersama.

Buat kamu yang belum gabung, kami tunggu yah!

Instagram 

You May Also Like

1 komentar

  1. Cakep banget ini villain makeupnya, pop art ala ala gitu 😁 aku setuju dengan statement km tentang how did we build our personality di media sosial. Sebagai beauty blogger rasanya gemes pen nasehatin kalau liat ada yang mau jd beauty blogger cuma karena biar dapet produk gratis. Tapi orang sekarang susah dikasih tau 😩

    www.nadiahasyir.com

    ReplyDelete