REVIEW CLINELLE ESSENTIAL CARE UNTUK KULIT SENSITIF

by - December 30, 2020

Jadi udah sebulanan ini aku fix nambahin produk-produknya Clinelle ke layering skincare harianku. Ada 3 yang aku coba dari Clinelle Essential Care, yaitu Clinelle Deep Cleansing Water, Clinelle Deep Cleansing Gel, dan Clinelle Moisture Glow. Kabar baiknya, series ini bisa dipakai untuk semua jenis kulit.

Btw, review kali ini agak berbeda ya, agak berkesan cepet-cepet, fotonya seadanya (karena ada box Moisture Glow lupa aku foto), tapi percayalah, aku nyobainnya enggak setengah-setengah. Terbukti sampai hari ini, aku masih pakai dan cocok di kulitku yang sensitif. Enggak usah lama-lama, langsung saja ya!


ABOUT CLINELLE

Clinelle adalah produk asal Malaysia, yang dikembangkan melalui industri farmasi di Malaysia dan Hongkong sejak tahun 2004. Semua produk Clinelle juga diformulasikan dan diproduksi menggunakan teknologi terdepan pada dunia skincare, tentunya di laboratorium seperti Perancis, USA, & Korea Selatan.

Clinelle berasal dari 2 suku kata yaitu Clin: yang punya arti telah diuji secara klinis, dan Elle: yang memiliki arti ringan. Jadi visi dari Clinelle adalah memberikan perawatan kulit dengan kualitas yang profesional, dan dengan kandungan terbaik yang telah teruji secara klinis. 

Beda Clinelle dengan brand lainnya adalah Clinelle punya RX3 Action, antara lain:
1. Repair (Memperbaiki): Pro Vitamin B5 
2.  Refine (Menghaluskan): Vitamin E 
3.  Reshield (Melindungi): Anti-leukin-6

Ketiga ini sangat baik untuk mengoptimalkan kesehatan kulit. Enggak cuma itu saja, Clinelle juga diformulasikan dengan "7 Secrets to the Happy Skin", dalam artian produknya enggak pake kandungan tambahan yang enggak bagus buat kulit, kayak: tanpa pewarna buatan, tanpa pewangi buatan, tanpa lanolin, tanpa SD-Alkohol, tanpa bahan komedogenik, dan tanpa paraben. Jika dipersingkat, pokoknya produk Clinelle enggak pakai bahan-bahan yang bisa bikin kulit iritasi, penuaan dini, atau penurunan kulit. Ciamik lah pokoknya.


CLINELLE DEEP CLEANSING WATER
 
Isi      : 180 ml 
Harga: Rp 159.000

INGREDIENTS

Aqua (Water), Butylene Glycol, Sodium Lauroyl Sarcosinate, Glycerin, Polysorbate 20, Phenoxyethanol, Bisabolol (L-alpha), Ethylhexylglycerin, O-cymen-5-OL, Citric Acid, Tetrasodium EDTA, Ormenis Multicaulis Oil, Lactobacillus/Punica Granatum Fruit Ferment Extract, Sodium Hyaluronate (L), Centella Asiatica (Gotu Kola) Extract, Camellia Oleifera (Green Tea) Leaf Extract, Citrus Limon (Lemon) Peel Oil, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Citrus Grandis (Grapefruit) Peel Oil. 

Produk yang pertama kali aku coba adalah Clinelle Deep Cleansing Water. Ini sama sih kayak micellar water pada umumnya, teksturnya cair, ringan, tapi daya bersihnya juara. Clinelle sama sebenernya, cuma kandungannya lebih cakep-cakep, seperti: Green Tea Extract untuk membantu melindungi kulit dari radikal bebas, Hyaluronic Acid untuk hidrasi kulit tanpa kandungan minyak, dan Pomegranate Enzyme yang bisa mengangkat sel kulit mati.

Clinelle Deep Cleansing Water juga punya banyak keunggulan, antara lain: membersihkan riasan pada wajah/ area mata/ bibir secara lembut, mengangkat sel kulit mati, membersihkan dan mengangkat residu pada kulit wajah. mencerahkan, serta melembapkan.

Hanya dengan 1 step ini sebetulnya sudah kaya manfaat. Di kulitku yang sensitif, Clinelle ini enak, lembut, enggak cekit-cekit, tapiii di area mata itu tetep terasa pedih, dan terasa pahit kalau kena bibir. Aku enggak rekomendasiin buat bagian mata sama bibir sih. Kulit wajah aja sudah cakep kok! Beneran makeup/ debu/ kotoran gitu terangkat secara gampang.

Karena pakai embel-embel bisa ekfoliasi ringan, aku pakai Clinelle Deep Cleansing Water ini sekali sehari, terutama waktu sore hari, sebelum cuci muka. Mau bersihin makeup, atau cuma sekedar kotoran biasa, tetep aku pakai as first cleanser, karena terbukti nyaman di kulitku. Hasilnya juga cukup signifikan, kulit jadi kelihatan bersih, dan fresh!


CLINELLE DEEP CLEANSING GEL

Isi      : 100 ml 
Harga: Rp 109.000

INGREDIENTS
Aqua (Water), Decyl Glucoside, Acrylates Copolymer, Cocamidopropyl Betaine, PPG-26-Buteth-26, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Phenoxyethanol, PEG-90 Glyceryl Isostearate, Coco-Glucoside, Glyceril Oleate, Chiorphenesin, Sodium Hydroxide, Citric Acid, Laurenth-2, Bisabolol, Citrus Limon (Lemon) Peel Oil, Lavandua Hybrida Oil, O-Cymen-5-OL, Tocopheryl Acetate, Propylene Glycol, Menthyl Lactate, Arnica Montana Flower Extract, Helianthus Annuus (Sunflower) Seed Oil, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Tocopherol, Hydrogenated Palm Glycerudes Citrate, Lecithin, Panax Ginseng Root Extract, Hedera Helix (Ivy) Extract, Ascorbyl Palmitate, Asiaticoside, Asiatic Acid, Madecassic Acid, Camellia Sinensis Leaf Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.


Sejak pertama kali pakai, aku jatuh cinta sama facial wash satu ini. Teksturnya gel bening yang lembut dan ketika dipakai enggak banyak busa! Kulitku yang sensitif nyaris enggak kerasa pedih, terasa lembut, tapi juga daya bersihnya lumayan. Ini bisa jadi karena aku selalu pakai first cleanser dulu ya, baru lanjut cuci muka. Bagusnya lagi, Clinelle Deep Cleansing Gel enggak bikin kulitku keset dan ketarik. Ada efek lembap yang samar, dan terlihat lebih segar. Hanya saja, yang aku enggak suka adalah aroma citrus yang cukup menyengat, mengingat penciumanku kuat. 

Aku pakainya 2 kali sehabis mandi dan kulit aku keringkan tanpa menggunakan apa-apa. Sudah sebulanan pakai dan langsung jadi salah satu Best Skincare Products karena nyaman di kulit, enggak bikin jerawatan, enggak bikin bruntusan, dan bikin wajah enggak kehilangan kelembapan.


CLINELLE MOISTURE GLOW

Isi      : 50 ml 
Harga: Rp 159.000

INGREDIENTS:
Aqua (Water), Dimethicone, Caprylic/Capric Triglyceride, Glycerin, Butylene Glycol, Cetyl Alcohol, Glyceryl Stearate, Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil, Phenoxyethanol, Acrylamide/Sodium Acryloyldimethyltaurate Copolymer, PEG-75 Stearate, Butyrospermum Parkii (Shea) Butter, Isohexadecane, Chlorphenesin, Sclerotium Gum, Xanthan Gum, Ceteth-20, Steareth-20, Tocopheryl Acetate, Panthenol, Citrus Limon (Lemon) Peel Oil, Polysorbate 80, Laminaria Ochroleuca Extract, Lavandula Hybrida Oil, Allantoin, Tetrasodium Edta, Propylene Glycol, Sorbitan Oleate, Citric Acid, Escin, Sodium Hyaluronate, Ruscus Aculeatus Root Extract, Ammonium Glycyrrhizate, Centella Asiatica Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Hydrolyzed Yeast Protein, Aesculus Hippocastanum (Horse Chestnut) Seed Extract, Calendula Officinalis Flower Extract, Sodium Citrate, Camellia Sinensis (Green Tea) Leaf Extract, Potassium Sorbate, Sodium Benzoate.


Clinelle Moisture Glow ini adalah pelembap ringan dan bebas minyak, yang diformulasikan untuk semua jenis kulit. Klaimnya juga bilang kalau bisa menyeimbangkan kelembapan kulit, memulihkan kulit dari masalahnya, dan dipertahankan secara intensif untuk hidrasi yang optimal. Elastisitas dan tekstur kulitnya dipertahankan, sedangkan garis-garis halus dan kerutan diminimalkan.

Ketika tahu ada pelembap secanggih ini, aku excited sih. Apalagi ada penekanan 'menjaga skin barrier', yang hey itu enggak mudah loh! Clinelle dengan segala formulasinya, bisa bikin kulit yang kering jadi lebih lembap, dan kulit yang berminyak, akan mengeluarkan kelembapan tanpa berlebihan. 

Kalau dari list ingredients-nya sendiri, kita kelompokkan jadi beberapa ya. Di bahan pelembap, ada Pathenol yang sifatnya bisa sebagai skin conditioner, lalu ada Centella Asiatica Extract yang bisa menenangkan kulit, juga bisa menyembuhkan luka. Sedangkan brightening-nya dapat dari bahan Ammonium Glycyrrhizate yang bisa melindungi kulit dari sengatan sinar matahari, dan mengatasi kemerahan pada kulit. Ada juga Anti-aging dari Tocopheryl Acetate (vitamin E) yang bisa melembapkan, dan meningkatkan aktivitas anti oksidan.

Mix bahan-bahannya yang cukup seabreg ini tentunya ada yang good and bad for your specific skin types. Terutama yang punya acne-prone skin nih, ada bahan Sorbitan Oleate, Butirospermum Parkii, Prunus Amygdalus Dulcis (Sweet Almond) Oil, yang potensial memblokir pori-pori atau comedogenic.


Aku pakai Moisture Glow ini 2 kali sehari, pagi dan malam. Di kulitku enggak ada reaksi macam-macam. Teksturnya yang lotion to gel, membuatnya agak lengket. Jadi aku akalin dengan tetap menggunakan toner/ essence/ serum sebelum moisturizer ini. Hasilnya lebih enak, cepat meresap, dan enggak bikin wajah pedih gitu. Yang aku enggak suka, sama seperti Cleansing Gel-nya, Moisture Glow ini aromanya cukup nyegrak.

RESULT

Di bawah ini adalah hasil dari pemakaian rangkaian Clinelle Essential Care selama 2-3 mingguan. Sebelumnya aku hanya pakai skincare dan pelembap biasa. Kulitku yang sensitif tapi berminyak, memang kadang terasa kesat apalagi kalau abis cuci muka pakai sabun yang banyak busanya. Nah, kalian bisa lihat sendiri, setelahnya sangat berbeda. Kulitku jauh lebih glowing, cerah, tapi jerawat juga enggak nambah. Memang pencahayaannya agak beda ya, cuma cukup representatif kan? Kelihatan lebih sehat setelah pakai Clinelle.


Dari ketiga produk di atas, yang paling aku suka adalah Clinelle Deep Cleansing Gel, dan Moisture Glow. Penyelamat banget buat kulit yang sedang capek, stress, sensitif, dan rentan jerawatan. Rentan ya, lagi enggak sering jerawatan soalnya. Aku takut kalian salah tafsir, karena aku pun enggak tahu gimana peforma Clinelle Essential Care ini buat kulit yang acne-prone. Di atas sudah kusebutkan bahwa ada beberapa bahan yang kurang bagus. 

So, kalau kalian mau tahu gimana enaknya produk ini, silahkan dicoba sendiri yah. Atau kalian udah ada yang pernah coba? Share dong di kolom komentar :)

You May Also Like

0 komentar