RESEP GURAMI ASAM MANIS

by - February 25, 2018

Ikan jenis air tawar ini adalah salah satu ikan yang banyak digemari oleh bangsa Asia. Dagingnya padat, durinya besar besar dan rasanya juga gurih. Kita juga biasa menyebutnya gurame, gurameh, atau kalau orang jawa bilang: grameh.

Karena saking bosennya sama masakan dari bahan ayam, kami sekarang jadi lebih sering masak olahan ikan. Bagi kami seafood lebih banyak macemnya dan kaya akan rasa. Mau dimacem-macemin oke. Trus kandungan gizinya jauh lebih banyak ketimbang ayam.

Salah satu menu yang paling sering kami masak adalah ikan goreng. Kali ini aku mau berbagi resep gurami asam manis yang bisa kalian praktekkin di rumah. Simple banget kok, engga repot apa. Soalnya pas beli ikan, aku minta buat dibersihin sekalian. Jadi sampe rumah tinggal goreng.

Ohiya, Resep ini bisa kalian praktekkan buat semua jenis ikan tawar juga ya.


BAHAN IKAN GORENG
👍 1 Ekor ikan gurami
👍 Minyak goreng
👍 Jeruk nipis (optional)
BAHAN ASAM MANIS
👍 2 Siung bawang putih/ bawang bombay dicincang
👍 Tepung kanji
👍 Saus tomat
👍 Saus pedas
👍 Margarin
👍 Merica
👍 Gula
BAHAN HALUS
💪 3 Siung bawah putih
💪 1 iris jahe
💪 Kunyit secukupnya
💪 Garam secukupnya
💪 Merica secukupnya
CARA MEMASAK
👉Lumuri ikan yang sudah bersih dengan jeruk nipis. Diamkan sebentar. Ini biasa aku lakukan supaya ikan enggak amis dan bau. Kata suami, ikan di jawa banyak yang masih bau tanah. Lain dengan kalimantan yang emang dikembangbiakkan di tambak sungai.
👉 Campurkan ikan dengan bahan halus dan ratakan. Tunggu sekitar 5 menit hingga meresap.
👉 Panaskan minyak dalam wajan, goreng ikan. Pastikan pakai wajan yang besar dan muat semua badan ikan. Jangan sampai wajan kekecilan dan ikan tidak tergoreng sempurna.
👉 Tiriskan ikan. Ini juga bisa langsung dimakan sih, tapi aku mau sekalian kasih tips bikin saus asam manisnya yang gampang.
👉 Panaskan mentega. Lalu masukkan bawang putih/ bawang bombay yang telah dicincang. Tumis hingga harum. 
👉 Masukkan saus tomat dan saus pedas sesuai selera. Aduk hingga merata. 
👉 Tambahkan merica, gula, dan garam. Koreksi rasa.
👉  Campur tepung kanji dengan air dan aduk hingga merata. Ingat, jangan langsung masukkan tepung kanji ke dalam masakan, agar tidak menggumpal.
👉Masukkan cairan tepung kanji ke dalam asam manis yang masih di masak. Aduk perlahan hingga mengental.

Jadi deeeeh...


Penyajiannya terserah ya, mau dilumuri lansung ke ikan goreng, atau mau dicocol aja juga boleh. Boleh juga ditambah wortel, buncis, jagung biar makin menambah selera makan. Ada juga sih yang bikin asam manis tanpa goreng ikan duluan. Tapi kalau aku sendiri lebih suka ikan goreng dilumuri langsung. Karena rasanya krenyes-krenyes hehehe.

Oke deh, sekian resep dari dapur sederhana aku. Semoga bermanfaat ya. Lain kali aku bakal sharing terus resep mudah ala ala biar makin beragam isi blogpostnya. Hihihi.

Selamat mencoba.

You May Also Like

4 komentar

  1. waah ini salah satu makanan favoritku mbaa :d anyway betuul ikan di jawa banyak yg bau tanah. kalau nggak pinter2 mbersihin, makan jadi kurang sedap

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, aku sendiri jadi ngeh saat aku diajak ke kalimantan. kata suami, nih beda kan. tapi emang iyaaa hehehe.

      Delete
  2. Oh pakai tepung kanji juga ya kuah sausnya. Makanya kelihatan kental ya kuahnya. Ikan pun juga sama enaknya kok dg ayam. Iya untuk ganti2 menu ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mbak, biar kental.
      Iya nih bosen sama ayam terus, jadi kudu variatif hehe.

      Delete

INSTAGRAM