RESEP PRAKTIS SAMBAL GORENG HATI

by - February 16, 2018

Wah udah lama juga ya, aku enggak berbagi resep makanan. Oh, bukan karena aku chef, tapi karena aku sering dianggap enggak bisa masak, jadi sekalinya masak, aku pamer donk. Abis gimana, kalo aku diem seringan dianggap "masak cewek enggak bisa masak". LOL.

Jangankan kalian yang baru kenal, jangankan temenku yang jarang ketemu, mama sama nenek ku aja kaget kalo aku bisa masak kok. Lho masak kan gampil ya. Semua orang juga bisa. Mungkin yang perlu ditekankan, mereka enggak percaya masakanku enak. Beugh kata siapa, sini icip!

Aku setiap harinya masak, karena ya emang lebih banyak di rumah. Kalo butuh variasi mah tinggal beli. Trus masakan di rumah juga kudu nyesuain. Misal dibatasin jumlah masakan dan takarannya, supaya enggak kebuang percuma. Pokoknya dibikin santay, yang penting kenyang.

Makanya, kalo masak, aku usahakan suami juga suka. Salah satu yang paling dia demen itu sambal goreng hati. Perbedaan cara masak antara aku dan suami adalah, dia sering pake resep instan. Ya walopun ditambah-tambahin juga sih. Sedangkan aku lebih percaya sama hasil ngolah sendiri. Enak enggak enak, masakanku adalah rasa kejujuranku. Hasyah.


Nah, aku tadi abis masak sambal goreng hati nih. Barangkali ada yang mau masak dan bingung resepnya kayak apa?
So here this.
BAHAN 
👍 4 Buah hati ayam 
Caranya direbus sampai matang. Lalu potong Potong sesuai selera.
👍 1 Buah Kentang 
Dipotong dadu lalu digoreng. Supaya jatuhnya enggak benyek.
👍 Petai sesuai selera
Aku lebih suka potong petainya. Karena aku masih sering menemukan ulet di dalam petai. Katanya sih, petai yang ada uletnya ini enak. Tapi ya masak kita makan seulet-uletnya? Kan hiiiii ngeri. Hahaha. 

BUMBU ULEG
💪 4 Siung Bawang Merah
💪 4 Siung Bawang Putih
💪 7 Buah Cabe Keriting
💪 3 Buah Cabe Rawit Merah
💪 1 Ruas Jari Lengkuas Digeprek
💪 1 Buah Kemiri

Note:
Boleh diuleg, boleh diblender. Enggak ada yang salah. Rasanya sama, cuma, kalo bumbu uleg, masih ada sisa sisa cabe/bawang yang bikin kerasa.

BAHAN LAIN
👌 1 Gelas Kecil Santan Kelapa
👌 Garam
👌 Gula

CARA MEMASAK
👉 Tumis semua bumbu uleg hingga harum. 
👉 Masukkan petai. Tumis hingga petai setengah matang.
👉 Masukkan hati ayam, berturut-turut kentang goreng.
👉 Tambahkan santan cair dan aduk hingga merata.
👉 Tambahkan gula, garam, penyedap rasa jika suka.
👉 Koreksi rasa. Tambahkan bumbu dapur lain sesuai selera.


Simple kan? Yes hahaha. Waktu memasaknya kurang lebih 20 menitan. Soalnya tadi pake nguleg dulu kan. Aku sih udah lumayan sering masak sambal goreng hati ini. Salah satu kuncinya terletak pada santan. Santan yang gurih dan kental, bisa menambah kekuatan rasa. Soal petai, ya karena aku dan suami suka, enggak suka tinggal dihilangkan aja. Hehehe.

Gimana? Tertarik mencoba? Gih ke dapur sana. 😋

You May Also Like

4 komentar

  1. Heemm!! Jadi pengen makan melihat resep sambel diatas... 😄😄😄

    Coba buat aahh!!

    ReplyDelete
  2. Looks so yummy mbaaaak. . .kapan" mau cobaaain ah resepnyaaa .tfs mbaak yaa, salam kenaaal 😊😊😊

    ReplyDelete

INSTAGRAM