HANTARAN PRAKTIS UNTUK ULTAH ANAK

by - March 24, 2018

Enggak kerasa ya, Alya udah 3 tahun aja. Kemarin, tepatnya 24 maret, adalah hari ulang tahunnya. Dan lagi-lagi bikin aku sama suami baper, "nak kok kamu udah besar aja sih" LOL.


Seperti biasa, ulang tahun Alya, kami rayakan secara sederhana. Selalu di rumah dan ngasih hantaran ke tetangga, enggak yang gimana-gimana. Kami undang anak-anak komplek datang ke rumah secara spontan cuma buat tiup lilin doank. Maksud kami baik, biar Alya makin akrab dan enggak malu-malu lagi. 

Dalam tumbuh kembang Alya, Alhamdulillah millestonenya selalu kekejar, tapi untuk mood , masih naek turun. Kadang baik, kadang galak. Kadang cengeng, kadang supel. Pokoknya masih banyak PR buat papa mamanya. 

Merayakan ulang tahun Alya bagi kami adalah hal yang menggembirakan sekaligus reminder biar makin semangat kerja cari uang. Semakin bertambah usianya, semakin banyak pula kegiatannya. Aha, mungkin itulah kenapa banyak orang tua seperti kami yang minta anaknya supaya enggak cepet gedhe. LOL lagi.

Karena kami udah nyicil belanja bahan makanan, pagi-pagi aku sama suami masih kerja dan beres-beres santai. Alya dari pagi udah di tempat mama, jadi kami bisa cepet kelarin kerjaan. Baru setelah siang, kami lanjut masak-masak, siapin kue, siapin hantaran. Kuenya kami beli di deket rumah.

Baju kado dari eyang

Kalau sebelumnya kami kasih hantaran snack, kali ini pengen nyoba bikin kreasi makanan sendiri. Ini resep dari mama sih, kebetulan mama sama adek mau bikin warung makan chicken katsu. Nah, sekalian lah aku kenalin masakan ini ke tetangga, siapa tahu pada suka. Mmmm ada udang dibalik batu. Biar. 😜

Buat yang mau nyoba hantaran ini, bahan-bahannya mudah di dapat, plus enggak banyak makan biaya. Ya daripada beli kan sist, toh aku juga lebih sering di rumah.

Berikut list belanjanya

- Ayam fillet 3 kilogram
- Beras 4 kilogram
- Tepung terigu 1 kilogram
- Tepung roti 1 kilogram
- Telur ayam 1 kilogram
- Buncis seplastik aku enggak tahu ukurannya 
- Jagung 6 buah
- Wortel 6 buah
- Mayonnaise 1 botol
- Minyak goreng 1 liter
- Saus sambal 40 biji
- Seledri Rp 3000 aja

RESEP AYAM KATSU

Bumbu Halus
- Bawang merah 10 siung
- Bawang puting 12 siung
- Lada
- Garam
- Bumbu masak 
- Kemiri 3 butir
- Air secukupnya

Cara memasak:
1. Potong daging ayam tipis dan memanjang. Ini bisa terserah mau dibikin kayak apa bentuknya sih. Tapi karena aku menyesuaikan wadahnya, aku bakal potong ayam tersebut setelah masak.
2. Lumuri ayam yang sudah dipotong dengan bumbu halus. Tunggu 30 menit hingga meresep. 
3. Untuk katsu sendiri ada 2 bahan utama yaitu, telur, tepung terigu dan tepung roti. Telur dan tepung terigu dikasih bumbu masak dan garam supaya lebih gurih.
3. Ambil ayam, masukkan ke tepung terigu, beralih ke telur, dan yang terakhir tepung roti. Usahakan tepungnya merata ya.
4. Lakukan sampai ayam habis.
5. Panaskan minyak goreng lalu goreng ayam. Menggorengnya dengan deep fried ya. Semua bagian ayam tercelup dengan sempurna.
6. Tiriskan lalu potong-potong.

RESEP TUMIS SAYUR

Cara memasak:
1. Potong buncis, wortel dan jagung.
2. Bawang putih 5 butir dicincang kecil.
3. Tumis bawang putih, lalu masukkan potongan sayur, tambahkan sedikit air. Sedikit aja enggak perlu banyak-banyak. Gunanya supaya sayur cepat matang. Sebenarnya bisa sih enggak pake air, tapi lama.
4. Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa. Koreksi rasa.

Tumis sayuran ini simple banget sih. Karena fungsinya sebagai penambah selera makan. Alya cukup susah makan sayur. Tapi resep tumis buncis ini dia lumayan suka. Kadang malah dicemilin sendiri gitu. Hehehe.


Dari kesemua bahan di atas, bisa menghasilkan 50 kotak hantaran lebih. Tergantung sama takaran masing-masing ya. Karena jumlah anak di komplek sendiri sedikit, jadi aku bikin yang pas aja, supaya enggak mubazir. Ini jenis makanan yang harus langsung dimakan soalnya. Kalau nunggu besok-besok ya jaminan jadi kecut. Apalagi ada mayonnaise nya. 

Yang jadi masalah, ternyata ada tetangga yang lagi keluar kota. Padahal semalam hantarannya mau enggak mau dihabiskan. Hihihi. Mungkin tahun depan balik ke snack lagi aja yang praktis. Ternyata masak segini aja, sudah cukup bikin berkeringan lho. 😅

Beberapa temen ada yang nanya, "Jatuhnya mahal mana antara snack dan menu masakan kayak gini?"
Jawab:
Kalau toh ada selisih, itu selisih dikit aja. Karena aku compare nya sama 'mending masak sendiri daripada beli makanan udah jadi di luar', jadi waktu itu aku enggak kepikiran sama snack. Masak tiap tahun snack aja sih. Mau nyobain yang bergizi dan juga higienis. Bikin sendiri lho ini. Hehe.

Tapi kalau kalian sibuk dan enggak masalah beli di luar ya engga masalah. Aku cuma menekan biaya saja soalnya. Sisa duit bisa dibelikan buat kado mainan. Ya kan ya?

Sedangkan kalau untuk snack, lebih banyak keuntungannya sih. Antara lain, hemat waktu, praktis, tidak cepat basi, dan semua anak pasti suka.

Semua dapat disesuaikan sama kebutuhan dan kondisi yang sedang kita alami. Kalau kayak aku tadi kan emang sengaja bikin tester masakan. Nah, engga ada salahnya sekali-kali biar semua orang makin percaya aku juga bisa masak. Ehe.

Well, Alhamdulillah semua lancar dan semua suka. Yang penting di tiga tahun Alya ini, Alya jadi lebih bahagia, selalu sehat, lebih pintar, lebih bisa jaga mood, dan lebih lebih semuanya. Hahaha.  Doa orang tua selalu yang terbaik buat anaknya.

Anyway, makasih banyak buat sodara, temen-temen, tetangga, dan semua yang turut mendoakan Alya. Bagi kami doa itu lebih dari segalanya. Aduh jadi terharu ini. Hehehe. Semoga kedepannya kami sebagai orang tuanya juga lebih sehat dan bahagia dalam momong anak.

Thanks for stoping by.

Salam.

You May Also Like

2 komentar

  1. Hihihi bener mbaaa, anak cepet gede bikin baper deh.
    Hilang sudah imutnya perlahan 😂

    Biayapun nambah, terlebih klo udah sekolah 😂

    Btw salut banget ama orang2 yang lebih milih masak sendiri.
    Kayaknya wajib di save nih buat di cobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi siap engga siap mau engga mau ya. Makasih mbak, bisa dicobain buat menu masakan sehari-hari juga kok :)

      Delete

INSTAGRAM