SKINCARE BUAT MUSIM PANAS UNTUK KULIT BERJERAWAT

by - July 13, 2020

Ngomongin masalah skincare enggak ada habisnya ya. Antara selalu tergiur sama produk-produk baru, ngekepin produk yang memang sudah cocok dari dulu, dan yang paling ngenes kalau sudah ngomongin soal harga. Ini natural sih sebetulnya, karena kadang, impulsif bisa membuat kita bahagia. Beli barang ngikutin tren, sekadar ngicip, atau memang karena kebutuhan konten. Nah, tinggal disesuaikan saja sama kebutuhan dan kondisi keuangan kita. Kalau memang mampu ya kenapa tidak beli? Kalau memang belum mampu ya kenapa enggak bekerja keras sampai kamu membelinya tanpa melihat harga, hahaha.

Bulan ini aku beli-beli lagi. Satu karena sunscreen-ku habis, yang kedua, aku pengen produk yang bisa mengurangi kemerahan jerawat serta bekasnya. Aku enggak mau ribet sebetulnya, tapi kalau urusan skincare nih beda. Makin enggak dirawat, makin kerasa kusamnya. 

So yes, akhirnya kebeli juga L'oreal UV Perfect Transparent dan Benton Goodbye Redness beserta produk-produk lainnya. Berhubung ini lagi musim panas dan kulitku butuh asupan ekstra, maka dua produk yang kusebut tadi, bisa dikatakan Summer Essentials untuk kulit berjerawat. Ada sih produk lainnya, tapi yang paling vital ya yang dua ini. Penasaran enggak sih sebagus apa? Aku bikin mini review-nya langsung ya!



BENTON GOODBYE REDNESS

Aku tahu Benton sudah lama sih, banyak yang cocok sama Benton Aloe Propolis Soothing Gel. Tapi jujur, aku sudah enggak tertarik sama yang berbau aloe-aloe. Gel berbahan lidah buaya akan aku pakai ketika habis panas-panasan saja. Lainnya boleh deh kalau dipakai di kulit tubuh. Soalnya kalau di kulit wajah, aku beneran takut lama-lama mental!

So, varian Benton Gel lain ternyata ada yang berbahan Centella Asiatica. Wah begitu denger bahan satu ini, aku pasti langsung mupeng. Terserah mau dibilang sudah enggak hits, tapi nyatanya, aku cocok! Uniknya lagi, Benton mengusung konsep Goodbye Redness dan fokusnya pada jerawat, serta kemerahan yang ditimbulkannya. Benton Goodbye Redness juga punya beberapa produknya, yaitu: Spot Treatment, dan sheet mask. Satu-satu deh cobanya. Saat ini yang penting Gel-nya dulu.


INGREDIENTS

Centella Asiatica Extract (80%), Aqua (Water), Glycerin, Pentylene Glycol, Arginine, Ammonium, Acryloydimethyltaurate/Vp Copolymer, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Sodium Gluconate, Chamaecyparis Obtusa Water, Propanediol, Butylene Glycol, Enantia Chlorantha Bark Extract, Oleanolic Acid, 1,2-Hexanediol, Dipotassium Glycyrrhizate, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Extract, Portulaca Oleracea Extract, Houttuynia Cordata Extract, Asiatic Acid, Madecassic Acid, Asiaticoside, Madecassoside, Caprylic/Capric Triglyceride, Hydrogenated Phoshatidycholine, Sucrose Stearate, Cetearyl Alcohol

KLAIM

Klaim dari produk ini bilang, bisa mengurangi kemerahan di kulit akibat iritasi, bisa dipakai sebagai soothing gel dan moisturizer, bisa menghidrasi, bisa dipakai untuk semua jenis kulit, serta uniknya, enggak mengandung bahan yang berbahaya. Bisa dilihat dari ingredients-nya di atas, produk ini memang macam 'anak baik'. Nyaris semua bagus dan saling melengkapi satu sama lain. 

Star ingredients-nya adalah Centella Asiatica dengan persenan yang lumayan banyak dan Glycerin yang bisa bekerja sebagai humektan untuk menjaga kelembapan kulit dengan mengunci air di dalam tubuh. Lalu, Cetearyl Alcohol pada list terakhir adalah zat pengemulsi untuk melembutkan kulit. Tenang saja, bahan ini halal kok.


TEXTURE & SCENT

Untuk teksturnya sendiri, sama seperti gel lainnya. Cukup kental, tapi mudah dibaurkan, dan cepat meresap! Yang membedakan adalah scent yang enggak menyengat, enggak ada wangi yang menusuk, dan malah bikin tenang. 

RESULT

Kulitku kalau nemu gel yang sifatnya nyengat dan keras, akan langsung bereaksi. Kadang bisa terasa panas, perih, atau malah bisa kayak bersisik dan ngelupas di pinggir hidung, maupun bawah dagu, Nah, Benton Goodbye Redness ini mantep. Kulitku kaleman. Kemerahan masih ada, masih suka kelihatan oily juga, TAPI BERKURANG, enggak seperti biasanya.

Untuk jerawat sendiri, dia enggak bisa langsung mengeringkan atau menghilangkan gitu, tapi hanya meredamnya biar enggak pecah atau bikin tambah besar. Makanya, aku menyarankan misal kalian mau pakai produk ini, kalian bisa pakai sebagai tambahan layering skincare, atau ketika jerawat kalian sudah reda. Soalnya kalau dibilang buat jerawat yang besar-besar ya belum tentu bisa langsung menguranginya.

Lalu, produk ini aku pakai untuk apa? Aku pakai sebagai ganti dari moisturizer dengan harapan bisa mengurangi spot kemerahan, bisa membuat seluruh kulit wajah segar, dan berwarna rata. Apakah bisa? Lah, bukankah skincare yang instan harusnya yang dipertanyakan? Aku yakin kok pelan-pelan bisa kalau telaten. Ini saja dua minggu pemakaian hasilnya sudah cukup memuaskan.


L'OREAL UV PERFECT TRANSPARENT

Beralih ke L'oreal UV Perfect Transparant ya! Sebelumnya aku cukup sering pakai produk sunscreen lokal yang gampang ditemukan di pasaran dan yang harganya, uhuk, mu-rah! So, kenapa ganti? Sejauh ini, nyaris semua produk sunscreen dari yang lokal-internasional, dari yang murah sampai mahal, cocok semua di kulitku. Aku meyakini sunscreen itu sebagai pelindung dari efek sinar buruk matahari dan dapat dikatakan anti aging paling ampuh sejagad raya. Karena apalah artinya jika kamu sudah layering skincare mahal-mahal dan eksfoliasi rutin sampai maskeran, kalau kulitmu enggak dapat perlindungan?

Aku beralih ke L'oreal UV Perfect Transparant karena harganya masih masuk akal, dan aku pengen sunscreen yang enggak whitecast dengan SPF yang tinggi sekalian, mengingat sekarang aku kembali lagi kerja di luar ruangan.

L'oreal punya banyak jenis sunscreen-nya, ada yang ijo, pink, biru, dan putih. Aku pengen sih, cobain satu-satu, tapi nanti, enggak sekarang. Sekarang aku lagi butuh yang transparent dulu saking lagi hectic-nya.


INGREDIENTS

Aqua, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Drometrizole Trisiloxane, Glycerin, Propylene glycol, Diethylamino Hydroxybenzoyl Hezyl Benzoate, Triethanolamine, Bis-ethylhexyloxyphenol Methoxyphenyl Triazine, Stearic Acid, Potassium Cetyl Phosphate, Ascorbyl Glycoside, Tocopherol, Sodium Citrate, Phenoxyethanol, PEG-100 Stearate, Ethylparaben, Pamitic Acid, Limonene, Mannitol, Xanthan Gum, Linalool, Benzyl Alcohol, Tromethamine, Caprylyl Glycol, Carbomer, Geraniol, Disodium EDTA, Cetyl Alcohol, Methylparaben, Butylene Glycol, Butyphenyl Methylpropional, Vitreoscillia Ferment, Citronellol, Aluminum Hydroxide, Hexyl Cinnamal, Glyceryl Stearate, Parfum

KLAIM

Mengandung SPF 50 PA ++++ dengan filter UVA panjang, melindungi terhadap sinar UV selama 12 jam, mencerahkan rona kulit, dan mengatasi kulit kusam.


TEXTURE & SCENT

Warna dari L'oreal UV Perfect Transparent ini putih susu, teksturnya aantara lotion sama cream tapi cukup lembut ketika dioles ke kulit. Scent-nya cukup kecium walaupun enggak nyengat. Kalau kulitku yang berminyak, tekstur L'oreal cukup gampang nyatu ke kulit, cepet meresap, dan enggak pakai banyak cing cong langsung bikin kulit glowing. Ya iya sih, kalau pas jerawatan jadi kelihatan kurang bagus, tapi kamu bisa ngakalinnya dengan pemakaian loose powder, atau bedak sesudahnya, dan jangan lupa diberi jeda 7 menit ya!

Yang paling bikin aku suka, ini enggak whitecast. Enggak kelihatan ndemplong keputihan dan klinyit gitu. Totally transparent dan aman. Apalagi kalau kulit kamu enggak bermasalah, wah pasti bakal kelihatan tambah cakep.


RESULT

Dari sejak pertama kali pakai, aku sudah langsung suka. Enggak bikin kulitku breakout dan enggak bikin jerawatan. Kalau klaimnya bilang bebas minyak, di aku masih sering berminyak ya. Itu karena tipe kulitku saja. Mungkin akan berbeda dengan kondisi kulit lainnya.

Aku pakai tiap pagi dan bener-bener nyaman enggak pernah ketinggalan. Sebagus ini guys. Mana bisa aku lupa hahaha.

Kalau sehari-hari di rumah, aku enggak nambahin bedak. Wes biarin saja kelihatan berminyak dan kinclong, toh kulit yang penting sehat. Baru kalau keluar rumah, aku tambahin pakai bedak tipis-tipis pokoknya yang cuma tap-tap supaya kelihatan lebih manusiawi saja wkwk.



Kedua produk ini bisa aku kategorikan sebagai Holy Grail di skincare-ku saat ini. Terbukti walaupun panas menyengat, berada di bawah terik sinar matahari langsung, kulitku aman sentosa. 

Apakah bisa kedua produk ini dipakai bersamaan? Kalau di-layering tentu bisa. Misal pun aku lagi riweuh, lagi keluar rumah, dan enggak mau ribet bawa banyak produk, pagi hari habis cuci muka, aku langsung pakai Benton Goodbye Redness baru L'oreal UV Transparent. Malam pun gitu juga, habis cuci muka langsung Benton saja, wes enggak apa-apa.

Nah, semoga ulasan kali ini ngebantu kalian yang mau pilah pilih produk untuk kulit berjerawat ya. Atau kalian yang pernah cobain kedua produk ini, silahkan komen di kolom komentar, siapa tahu hasilnya akan beda.

Buat kalian yang pengen rekomendasi skincare lain, silahkan berkunjung ke blog-nya temenku, Eka Kuncoro.  Dia lebih lengkap bahas layering skincare buat musim panas, tentunya, dengan kondisi kulit yang berbeda denganku.

Segitu dulu ya perjumpaan kita kali ini. Kapan-kapan aku review produk lain lagi. Bye! :)



Blog post ini adalah July Blog Challenge Sesi I barengan Beautiesquad. 

If You wanna join on this Beauty Community, make sure You have a beauty blog, join on Beautiesquad Facebook Group , also follow Beautiesquad Instagram to always get the latest information. Trust Me, You will get more fun here!

You May Also Like

0 komentar