SUKSES MEMBERI ASI WALAUPUN PUASA

by - June 15, 2017

Hebat kan aku menyusui tapi tetep puasa? Mana soraknya?
Hahaha.
Eh jangan minder duluan donk, aku ngga nyinyir kok, aku murni mau sharing aja. Serius. Aku percaya buat beberapa orang, ASI itu pilihan. Aku ngga mau bahas sufor atau ngga karena itu terserah kamu.
Postingan kali ini sebagai jawaban atas beberapa pertanyaan: apa sih rahasianya berhasil memberi ASI walaupun puasa tetep jalan?


Jadi yak, tepatnya, 2 ramadhan kemarin, sebelum Alya berumur 2 tahun, puasa tetap aku jalani dan menjadi prioritas. Padahal menyusui itu bisa dibilang gampang laper, dan gampang lemes. Shantay, aku juga mengalaminya kok. Bukan berarti di sini aku menggurui, tapi aku coba kasih realitanya juga ke kamu. Aku sering banget ngerasa lemes apalagi di awal-awal puasa, duh, rasanya emang kayak pengen batal aja. Tapi inget lagi ke niat awal, udah niat ingsun sahur, eh di tengah hari makan minum kan eman-eman guys.
Ya ngga?
Jadi aku tetep kekeuh berpuasa karena begitu udah dijalanin, rasanya malah nyaman dan ngga bikin beban sama sekali. Aktivitasku tetep berjalan seperti biasa, tapi memang aku batasi supaya tidak terlalu capek aja.

Foto di Instagram, waktu perjalanan ke kalimantan ramadhan 2016
Ramadhan pertama sama Alya itu masih ASI full karena Alya belum berumur 6 bulan. Sedangkan yang kedua, umur Alya setahun lebih 3 bulan. MPASI sangat membantu walopun Alya males-malesan makan dan masih ASI mania. 
Ada 2 pertanyaan yang sering orang lontarkan ke aku:
Apa ASInya ngga berkurang?
Jawab:
Di awal puasa aku juga ngerasa kalo ASIku berkurang, payudaraku kayak ngga penuh gitu. Tapi, ketika aku coba memerahnya, nyatanya masih terus ada kok. Makanya, aku ngga khawatir kekurangan dan ngga buru-buru menambahkan sufor untuk Alya.
Mohon diingat, ini belum tentu berlaku untuk semua orang. Karena dikasus beberapa orang, memang kesusahan menyusui, gimana kalo ikutan puasa, bisa-bisa ASI ngga keluar tiba-tiba. Kasus ini, coba konsultasikan ke ahlinya ya.
Kenapa sih kamu ngga bayar fidyah aja sih? Kan ngga wajib?
Jawab:
Jadi, aku sebenernya emang lagi prihatin banget saat itu. Tepatnya beberapa bulan setelah Alya lahir. Ibadah yang aku lakukan juga merupakan salah satu bentuk rasa bersyukur dan tetap tidak mengeluh untuk menyadari apa yang belum aku dapatkan. Jujur aja, waktu itu alih-alih mau kasih angpao, beliin baju buat Alya aja kondisinya masih memprihatinkan.
But guys, dont worry, hal itu ngga berlangsung lama. Selalu ada hasil di setiap usaha. Ya kan? Nah, selain usaha, aku percaya mendekatkan diri padaNya juga kunci kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Aku pikir kamu setuju dan ngga bakal tanya lagi kenapa aku memilih untuk tetep puasa.

Ada beberapa tips yang pernah aku praktekkan, dan terbukti bikin ASI tetep deres kayak pas ngga puasa.
1. Selalu konsumsi makanan dan minuman sehat dan berimbang
Minum air putih 8 gelas per hari tetep aku jaga supaya aku ngga gampang dehidrasi. Kamu pikir menyusui itu ngga butuh tenaga ha? Ehehehe. Daripada siang bolong lemes karena kepanasan dan kehausan, jadi kita kudu pinter ngatur waktu buat bagi minum dengan total 8 gelas.
2. Jaga kesehatan
Entah kenapa ya, tiap ramadhan aku sering kena flu. Mungkin karena kondisi aku lagi lemes, aku jadi gampang terkena penyakit. Makanya disamping tetep gerak dan ngga males-malesan, aku selalu rajin jaga kesehatan dengan mengkonsumsi imboost atau vitamin C.
3. Pikiran kudu tenang
Ini lumayan susah guys. Alya beberapa kali minta nenen pas aku kudu nyiapin sahur, kalo udah gitu biasanya aku badmood. Nah kalo badmood, gondok ngga tahu mau marah sama siapa, aku jadi ngga tenang seharian. Huhuhu. Solusinya kalo Alya minta nenen pas sahur, aku sering bangunin dia sekalian. Sahur itu wajib hukumnya ya, pokoknya jangan sampai ngga sahur. Udahlah nangis  aja, nangis nggapapa, asal aku tetep sahur, biar ngga lemes.
4, Booster alami ASI
Kalo kamu males, aku ngga nyalahin kamu kok. Pakai aja yang instan kan banyak, maklum Ibu-ibu, kerjaannya pasti seabreg ya kan. Nah booster alami yang ampuh buatku selama ini adalah jus kurma susu.
Cara bikinnya gampaaang sist, cuma yaa butuh ngilangin rasa males itu tadi.
Yeeee hehehe.
Siapin :
  • 7 butir kurma apa aja yang direndam semalaman/ seharian.  Buang bijinya, simpan di kulkas. Rendaman kurmanya jangan dibuang dulu yes.
  • 100 ml Susu UHT/ bear brand.
  • Boleh tambahkan madu sedikit aja sih ngga usah banyak-banyak. Aku cuma pakai madu hutan 1 sendok teh.
Caranya:
  • Blender semuanya hingga merata
  • Kalo terlalu kental biasanya aku tambahin air rendaman kurma tadi
  • Atau bisa juga tambahin es balok
Rasanya enak kok guys. Duh sayang banget waktu itu aku ngga sempet fotoin. Tapi hasilnya kira-kira gini:

http://breaktime.co.id/culinary/recipes/legitnya-3-es-serba-kurma-untuk-berbuka.html
Udah deh, cobain cobaaa...
Enak dan berkhasiat banget. Inshaallah ASI masih deres dan lancar menyusui. Resep ini juga bisa untuk Ibu-ibu hamil lho.
Dan buat orang-orang yang selalu ngribetin orang yang ngga puasa. Cobalah ngelihat semangatnya Ibu-ibu menyusui tapi tetep berpuasa. Bahkan malah kudu nyuapin makanan buat anaknya.
Ini baru yang namanya menahan hawa nafsu.
Soalnya, kalo ngga ada godaan, lantas apa yang kamu pertahankan?
Hehehe.
Aku cuma mau nambahin, bahwa ibadah itu niat dan urusan pribadi, Tulisan ini aku bagi supaya kalian yang niat berpuasa tetep semangat menjalani hari. Cuma sebulan aja kok ngga repot. Allah senantiasa memudahkan hambaNya dengan segala cara terbaiknya.

You May Also Like

4 komentar

  1. dulunpas menyusui juga aku tetap puasa mba 😁 alhamdulilah meski asinya agak camerang klo kata urang sunda mah tp bisa penuhi asupan si kecil ✊🏻 aku bekum pernah cobain juice kurma itu buat booster asi yg ptg memang fikiran y mb 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. toss mbak, alhamdulillah bisa tetep ngASI ya. yup betul, kalo pikiran kita udah nyaman, bakalan enjoy seharian. cobain lah jus kurma, enak kok, bagus juga buat kesehatan :)

      Delete
  2. Aku baru berani puasa pas Raya udah umur 1thn hehehe.. soalnya sebelum puasa aja asi aku ngga banyak2 juga, jadi nunggu raya 1thn dulu, salut lah sama ibu2 yg puasa tapi ttp full ngasih asi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, emang ada kan ibu yang ASI nya ngga deres. Yang penting tetep semangat ya, karena jadi kita adalah yang terbaik buat anak :D

      Delete

INSTAGRAM