FAMILY TIME DI JOGLO NDESO MUNTILAN

by - June 30, 2017

Hai gengs, mohon maaf lahir batin ya. Iyaaaa tahu, aku banyak salah sama kalian, pan aku orangnya nyolot dan galaknya kebangetan. Hahaha.

Kalian pasti udah pada manfaatin moment lebaran donk ya? Yes, kapan lagi yekan, bisa ngumpul semua anggota keluarga kayak gini. Kalo buat aku pribadi, lebaran ini adalah lebaran paling santai tapi cukup melelahkan. Kami memutuskan berlebaran di Magelang sekalian dengan mertua dan adik-adik ipar. Otomatis rumah yang tadinya kosong melompong, kini jadi rame dan hore. Adik suami ada 3 orang, mereka terpencar di beberapa kota. Yang nomor dua, cewek, udah kerja di jakarta. Anak yang ketiga, cowok, kuliah nyambi kerja di surabaya. Yang terakhir, cewek lagi, kuliah di semarang.

Aku bisa bayangin rindunya mertuaku dengan kebersamaan dan keakraban yang cuma bisa ada di moment lebaran kayak gini. Bayangin, mereka di kalimantan berdua sendirian, sementara anak-anaknya mencar semua. Even sering video call, aku yakin ngga bakal mampu menandingi hangatnya ketemu langsung.

Karena kemaren ini kami ngabisin waktu di Magelang, aku sebagai among tamu harus banget ngasih itinerary yang asik dan tepat waktu. Apalagi Magelang ini dikenal sebagai kawasan wisata pegunungan dan pemandangan yang indah. Maka, setelah kami melancong ke hutan pinus kragilan, dan mertua pengen menyantap makanan sambil leyeh-leyeh, seketika aku inget rumah makan Joglo Ndeso.


Resto ini terletak di Jalan Dukun, Dusun Kuthan, Desa Sedayu, Kecamatan Muntilan, Muntilan. Sebelumnya, aku tahu Joglo Ndeso karena punyanya Bu Bertha, salah satu temen fesbukku. Tapi monmaaf, aku teh lupa darimana awal mula aku berteman sama Bu Bertha ini.
Huhuhu.

Dan jujur, kesananya dipandu oleh google maps. Maklum aku agak lupa daerah sini. Eehehe. So, thanks google! You help me alot.


Pas kami dateng, pas banget ada acara di sini. Rame banget donk ya, tapi jangan khawatir, urusan parkir, tempatnya cukup luas kok. Dan tempat di dalamnya gedhe, masih ada beberapa tempat kosong yang bisa kami singgahi. Kami pilih saung yang teduh dan nyaman.


Di sekitaran tempat makannya, terdapat banyak banget kebun hidroponik. Makin ijo makin seger, pikiran jadi fresh kan ya. Isinya macem-macem guys, dari mulai kangkung, selada air, kedondong, dan masih banyak lagi.



Pengunjung resto ini juga banyak yang mengambil foto cuma buat selfie, foto keluarga atau seneng ngelihat tanaman yang subur kayak gini.


Aku banyak nemuin selada air, lalapan favoritku. Duh, jadi pengen nanem sendiri di rumah.




Katanya nih, di sini kita juga bisa belajar berkebun dengan Bu Bertha, tapi pas kami kesana, Bu Berthanya lagi hectic luar biasa. Aku ngga enak ganggu huhuhu. Lain kali kalo kesana kudu janjian sama Bu Bertha dulu kali ya, biar bisa belajar.


Saking ramenya dan pegawai yang masuk kerja sedikit, kami nunggu pesenannya lama banget. Mama mertuaku sampai ngga lapar lagi coba.

Padahal ya, ekspektasi kami lumayan tinggi di resto ini. Aku udah gembor-gemborin kalo makanannya non MSG, petik di kebun sendiri dan tempatnya enak. Sayang seribu sayang, satu jam lebih kami menunggu, sampai bosen fota foto. 


Ni kami saking bosennya, hahaha.
Tapi asiknya, tempet ini teduh dan seger. Jadi pas di luar panasan, kami bisa kliyeran terkantuk-kantuk sambil nunggu makanan.


Untung tempatnya enak, bahkan anak-anak pun bisa bermain di playground yang telah disediakan. Ada mainan berupa ayunan, jungkat-jungkit dan kolam ikan. Alya ngga rewel sih, karena dia asik main dan suasana segar yang mendukung.

Beberapa lama kemudian, sampe aku krik krik kelaparan, ini dia makanannya dateng!
Yang pertama dateng itu minuman, pisang dan tempe goreng, gurami ikan asin. Ini kenapa guraminya dateng duluan nasinya belakangan?

Eeeeh, begitu mau komplain, trus ngelihat riuh dan semangat para pekerjanya di bagian dapur, kami malah ngga enak sendiri. Hehehe.


Pisang gorengnya menurutku so-so. Pisangnya terlalu matang dan kejunya dikit. Tapi tepung dan masaknya pas kok. Beda selera sih, kalo kamu suka pisang yang mateng, overall oke.


Es telernya enak abis guys. Pake alpukat mentega, mangga, kopyor dan ketika dicampur beuug...rasanya nikmat. Ngiler deh ngileeer. 


Waktu disuguhin tempe goreng, suamiku nanya, ini tempe goreng atau mendoan? Aku bingung jawabnya wey, tulisan di buku menunya tempe goreng, tapi yang dateng kok mendoan.

Tempe goreng di sini means tempe tepung, mas. Gitu aja dibahas T.T

Potongan tempenya terlalu besar kalo ukuran mendoan, no matter, aku tetep doyan. Soalnya orang magelang suka gorengan. Hidup minyak goreng!


Fuyunghai ini pesanan adek ipar sih, rasanya udah ketahuan ya dari fotonya. Enak.


Ini nih yang mau aku pamerin: Salad sayur dari kebun hidroponik!
Kami pesen ukuran medium, karena ada juga yang large. Seger banget kan ngelihatnya, ada selada air, selada merah sama tomat cherry. Ditambah saus mayonnaise, makin seger dan sedep deh. 


Sebenernya, kalo aku masak di rumahpun juga jarang banget pake MSG. Pake MSG itu, kok kayak menistakan rasa gitu deh, hahaha. Ya pan kalo kita tambahin MSG, udah pasti masakan jadi enak, jadi kalo aku masak, aku lebih pentingin rempah dan skill. *apaan skill, masak aja googling*
Pokoknya mbuh rasanya gimana yang penting aku tidak berdusta dengan menambahkan penyedap rasa.
Hahaha.

Nah, gurami asam manis dan gurami telur asin di Joglo Ndeso ini cukup enak walopun dimasak non MSG. Aku jadi merasa yes, toss dulu kita, sama-sama ngga pake MSG.


Total bayar kami senilai empat ratus kurang dikit. Harga yang lumayan dengan banyaknya ragam makanan dan tempat nyaman yang disuguhkan. Joglo Ndeso ini cocok buat family time atau tempat ketemuan kerabat dan temen lama. Bahkan bisa juga dipakai buat event atau meeting. Tinggal booking aja jauh hari, karena tempetnya sering rame.

Aku ngga bisa bilang ini istimewa dan lazis rasanya, karena konsepnya juga bukan ke arah situ. Tapi kamu bakalan disuguhi pemandangan kece nan hijau di sekitar sini, dan it feels notalgic.
So, i tell you: ngga ada salahnya kamu kesini!

You May Also Like

14 komentar

  1. Wuih seger deh ijo2 pengen ta comot n kremus *dasar kambing

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita sama-sama bangsa kambing brarti mak. hehe

      Delete
  2. Replies
    1. bangeeet, betah berlama-lama di sini :)

      Delete
  3. Tempatnya enakeun yaaa. Love!Apalagi makan di gazebo di atas kolam itu. Beuh kenikmatan ya g hakiki :D. Makanannya juga enak-enak, apalagi selada airnya. Menggoda. Duh sayang. Jauh dari Bandung. Pengen sih maen ke Jogja. Semoga ada waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo teh ke sini, dijamin enak banget tempetnya. Hihihi

      Delete
  4. wah enak sekali tempatnay bikin adem dan pastinya makannya lahap lah, dan ada tanaman hidroponik ayng bikin seger

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa apalagi kalo kita sambil belajar nanem hidroponik ya mak :)

      Delete
  5. Klu mba Bertha aku juga temenan di fesbuk, cuma baru tau aja kalau dia juga punya resto yg hidroponik...bedewey makanannya bikin ngenceess

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iyaaa, blio sering posting restonya ini lho. cicipin mak, aku rekomendasi saladnya :D

      Delete
  6. Hai mba
    Lihat selada airnya segar-segar banget. Makannya so yummy banget nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaak, seladanya emang seger, kudu nyoba! hehe

      Delete
  7. Hai mba, tempatnya nyaman banget. Sayuran hijau itu bikin seger. Langsung pengen makan deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, saking nyamannya jadi terkantuk kantuk hehe

      Delete

INSTAGRAM