3 TEMA BLOG FAVORITE

by - November 21, 2018

Menentukan tema sebuah blog pastinya enggak semudah membalikkan telapak tangan. Ada banyak hal yang harus dipikirkan berkaitan dengan tujuan ngeblog ataupun kesenangan. Blog aku ini salah satu contohnya. Lantaran kebingungan mencari tema yang tepat, karena semua-mua pengen dimasukkin, aku awalnya enggak memperhatikan tema khusus untuk blogku sendiri.

Parenting iya, beauty iya. Kadang kalau nemu tempat yang bagus dan recommended ya aku tulis, kadang kalau lagi pengen sharing tentang parenting ya nulis kayak ngalir, kadang kalau pengen mengomentari hidup ya aku tulis kayak aku lagi bawel. Bebas sih, blog aku ya kan. Pokoknya PALU GADA, apa lu mau gua ada, yhaaaa!!!

Source: https://pixabay.com/en/desktop-laptop-crafts-still-life-1985856/
Aku paham kok, bagi sebagian orang, aku bukanlah orang yang cukup berkarakter. Tapi kalau temen-temenku sendiri, pastinya tahu dong aku ini gimana orangnya. Bahkan semacam the one and only, karena menurut mereka dandananku simple dan unik, plus kalau gaya bahasanya cablak. Cuma, bagaimanapun aku susah menuangkan itu menjadi sebuah blog. Aku masih mikirin banyak hal seperti, gimana ya kalau ada kata-kataku yang kurang berkenan, atau memangnya ada yang baca kalau aku nulis segini banyaknya?

Ya seperti itulah. Dilema juga mengingat sekarang netizen sedang sensitif-sensitifnya. Aku lalu pelan-pelan banget mencari karakter buat diri sendiri. Salah satunya adalah dengan banyak mengunjungi blog lain. Bagiku, blogwalking selain sebagai sarana untuk memperbanyak teman dan wawasan, juga bisa semakin memberiku inspirasi agar aku bisa menjadi diri sendiri.

Awalnya terbawa juga sih. Misal lagi baca blog si A, kok gaya bahasanya enak, nanti ikut-ikutan kayak A. Begitu pula si B, eeeh ternyata yang judes lebih nampol, ya sudah ikut-ikut B. Namun lama kelamaan kita akan menemukan kenyamanan menulis dengan sendirinya. Itu natural kok. Enggak ada yang salah, namanya juga lagi belajar ya kan.

Baca juga: Because Why Not?

Nah, mong ngomong tema blog apa sih yang selalu aku buka? Jawabnya agak susah ya, karena banyak banget! Pagi-pagi biasanya aku bakal baca berita plus blogwalking dulu. Setelah itu habis kerja, lanjut blogwalking lagi. Iya, sesenang itu. Tapi gini deh, biar enggak kebanyakan, aku bakal kasih list favorit dan yang paling sering aku buka saja ya, so, here they are.

LIFESTYLE & BEAUTY


Bagiku, membuka blog dengan banyak label, biasanya bikin aku tertarik baca post lain. Misal aku nemu blogpost dari hasil googling nih, terus aku lihat, eeeh ternyata blognya responsif, eeeh blognya cantik, eeeh ada post lain yang enggak kalah bagus. Nah, itu yang bikin aku betah buat lama-lama baca blog.

Blog yang bertemakan lifestyle biasanya identik sama yang namanya gado-gado. Mau beauty, parenting, healthy life, travelling, inspiration, fashion, sampai food. Tipsnya biar lifestyle kalian tetap berkarakter gimana? Ya usahakan temanya enggak terlalu campur aduk, karena orang bakalan susah mengenal kalian. Lifestyle oke, tapi dominannya ke label apa. Maksimal 5 deh, itupun sudah pusing banget.

Lifestyle blog favoritku adalah yang membahas tentang fashion ataupun beauty. Beauty sih yang paling banyak aku cari, terutama review produk skincare atau make up. Jujur saja ya, aku lebih suka blog ketimbang youtube. Membaca bait demi bait itu asik, ngelihat foto-foto itu juga bikin mata fresh. 

Kalau nonton youtube, kadang aku malah ikut komentar sama gaya bicara dan kemasan video tersebut. Beneran, rasanya pengen "sini deh, aku direct-in". Hahaha, peace.

PARENTING


Tahu kan, blog ku ini awal boomingnya karena apa? Yes, karena aku cerita soal baby blues dan mastitis. Aku berani nulis pengalamanku, bukan faktor ketidaksengajaan. Aku banyak membaca blog yang berkaitan dengan parenting dan bikin aku melek dunia. Lalu aku bisa meyakinkan diri bahwa "oh okay, i'm not the only one who suffers againts the myth"

Membaca pengalaman orang lain tentang pola asuh anak, terkadang lebih relevan ketimbang aku mendengarkan tips dan saran parenting itu harus bagaimana. Really, aku ngerasa banget ketika aku enggak bisa apa-apa dan diotakku didikte terus karena aku dianggap salah. Woh, beneran. Ini kalau aku ketemu orang, senggol dikit curhat loh. Makanya, di saat aku cuma bisa di rumah doang. satu-satunya yang bisa aku lakukan ya baca pengalaman.

TRAVEL & FOOD


Yang terakhir yang juga sering aku baca, apalagi kalau travel dan food. Karena aku belum bisa keliling dunia huhuhu, jadi aku seneng gitu bawaannya. Apalagi yang plus kasih tips and trik buat pergi ke luar negeri dengan budget yang terjangkau. Wahya pasti aku bacaaa!!

Makanya, kalian yang punya niche khusus travel and food, fotonya dibagusin dong, sayang loh sudah keliling dunia tapi kok fotonya enggak sepadan sama apa yang kalian rasanya. Aku kan juga pengen menikmati lewat fotografi. Beneran, pembaca bakalan lebih merasa nyaman baca di blog kalian.

***
Okay deh, itulah 3 tema blog favorit ku sejauh ini. Kalau kalian paling suka tema apa? Share di kolom komentar ya :)


#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day2

You May Also Like

1 komentar

  1. Hi mbakk.. Salam kenall... Hampir mirip mbak yang disuka.. Hehhehee... Punyaku gado2 ala lifestyle tapi memang hanya seputar 3 tema sih, parenting, travel, dan opinii..

    Mastitis dan baby blues emang berkesan banget sihh, harus dituliss

    ReplyDelete