WHY MUST BE EXIST?

by - November 24, 2018

Enggak bisa dipungkiri lagi, sosial media saat ini sangat diakui keberadaannya. Baik untuk hiburan semata, sampai untuk sarana promosi produk dan jasa. Well, kalau dibilang enggak butuh ya naif juga ya. Walaupun aku pribadi lebih seneng sosialisasi langsung, tapi beneran deh, sosial media itu enggak ada matinya.

Source: https://www.freepik.com/free-photo/woman-using-mobile-phone-social-media-concept_2593432.htm#term=social%20media&page=1&position=37
Jauh sebelum ada Facebook, Twitter, dan Instagram, aku sudah lebih dulu mengenal Friendster. Eaaaa... ketahuan umurnya kan :(. Isinya  mostly foto-foto hasil belajar ngedit, note-note galau, nge-add temen yang sekiranya keren dan suka Radiohead, sampai kirim testimonial. Pokoknya, semua orang pernah alay pada waktunya ya kan. Nah akupun. Been there, done that.

Friendster murni aku pakai buat kepentingan personal, buat seneng-seneng doang. Buka Friendster sama dengan harus ke warnet. And yes, warnet is my life, my second home. Eh kost-an ding! *Getok*

Oh iya, kayaknya waktu itu pada belum kepikiran buat branding deh. Ada sih beberapa yang jualan baju via friendster, tapi beneran, bisa dihitung dengan jari, enggak kayak sekarang. Selain friendster, ada juga Multiply sama Myspace. Bentar-bentar aku kok agak lupa ya. Kayaknya yang Myspace ini semacam media sosial buat yang suka musik deh. Enggak lama sih eksisnya, sudah keburu disenggol sama Facebook.

Move to zaman kerja di tahun 2009. Aku lalu mengenal Facebook, berturut-turut Twitter. Dibanding temen-temenku yang lain, sebenernya aku termasuk yang pertama. Cuma sayangnya, abis itu ya enggak ngerti fungsi utamanya buat apa. Buka Facebook bikin seneng karena bisa ketemu temen lama, komen-komenan di foto atau status, dan bisa chatting juga. Satu buat semua sih enaknya.

Tapi sungguh ku bosan. Lama-lama facebook bisa juga jualan. Iya dulu sebelum ada FB Page dan grup, online shop nge tagnya kebangetan. Masa' wall ku isinya tag-tag-an jualan. Sekali nyetatus, tenggelam. Bye!


via GIPHY


Aku buka media sosial itu pas pulang kerja. Maklum lah, handphone masih ecek-ecek, koneksi internet juga pake modem smartfriend yang lelet. Lagian kerjaanku hectic di lapangan, ngecek handphone murni buat sms sama telponan.

Terus beralih ke era smartphone. Ini nih kayaknya biang kerok semuanya yang bikin media sosial makin moncer. Kata orang, kalau sudah beli blackberry, jaminan kita akan lupa di sekitar kita. Mmmm enggak salah juga sih. Aku sudah mulai menemukan dunia baru dan beneran seasik itu bisa chat all day long. Mulai dari yang enggak penting, gosip, dan yang parahnya lagi, temen yang tadinya enggak deket jadi deket gara-gara BB.

Nge add pin, bikin status, berlanjut chatting. Wiiih seru, mengingat dulu kalau chat saja harus buka yahoo messenger. Iya kalau yang sana juga online, kalau enggak, makanya chat saja musti janjian. Di era BB ini sebetulnya ada kok saingan utama, yaitu Apple. Rasanya dulu Instagram cuma buat yang punya Apple deh. Aku sedih bener deh, ngelihat filter-filter Instagram sebegitu bagusnya dan itu aku banget huhuhu. Tapi ya gimana lagi, maklum, rakyat jelata, bisa punya BB saja sudah jaya.

Bersamaan dengan ini, aku sudah menemukan keasikan di twitter, lumayan sih, enggak eksis-eksis banget. Banyak hal yang bikin twitter jadi fun dan lebih cepat menyerap informasi. Salah satunya karena sifatnya mobile plus karakternya dibatasi. Praktis bener dah!

Nah, di sini aku sudah memanfaatkan media sosial buat jualan. Jualan apa? Jualan produk lulur dan masker homemade. Waaah enggak disangka, aku sampai resign dari kerjaan terus sibuk sama bisnis yang cukup menjanjikan ini. Bisa dibilang, aku sukses endorse beberapa selebtwit, lalu perlahan, produkku laris di pasaran.

Enggak lama kemudian, muncul aplikasi whatsapp. Yang enggak punya BB, asal punya smartphone, bisa install aplikasi ini secara gratis. Ya sudah, lama-lama BBM turun pamor. BB lalu lengser sama android hanya dengan hitungan tahun.

Kabar gembira selanjutnya datang: android pelan-pelan bisa akses instagram. Akses buat jualan online rasanya makin terbuka lebar.

via GIPHY

Tapi sayang, setelah punya anak, aku agak vakum di dunia media sosial. Paling banter buka facebook, twitter, lalu berlanjut bikin instagram pribadi. Iya, bikin IG nya baru sekitar 3 tahun ini kok, belum lama-lama banget. IG bagiku semacam ruang buat pamer foto. Beberapa temen bahkan mengaku kalau IG bisa buat ajang bisnis gara-gara rutin ngisi feed dengan karya-karya. Tinggal dihestekin saja nanti klien ada saja.

Aku pernah juga sih bikin IG buat kepentingan bisnis media. Aku pasang beberapa foto, video syuting, drone, dll. Ternyata ya ada tuh, satu dua yang nyantol. Inilah yang pelan-pelan bikin aku sadar, bahwa kalau kita memanfaatkan media sosial dengan bijak, maka ia pun bisa bermanfaat.

Baca juga: Bijak Menggunakan Media Sosial

via GIPHY

Karena sekarang aku sudah mulai konsisten nge-blog, jadi aku pun harus akrab sama media sosial. Blog personal sangat rapuh loh kalau berdiri sendiri, kecuali mungkin yang jago SEO. Lagian, wong yang portal berita saja sekarang eksis di jagad media sosial kok, masa' kita enggak memanfaatkan medsos sekalian sih. Bener deh, sekali bikin blog post lalu dispoiler lewat Facebook, Instagram, dan twitter bakalan lebih atraktif, dan bikin lebih eksis.

Saat ini aku lebih sering aktif di IG. Asik sih, bisa bikin instagram story, terus bikin feed rapih (rapih apaan). Tapi gini, aku enggak pusing sama pressure media sosial, karena aku toh juga masih awam, belum bisa dibilang berpengaruh buat banyak orang.

Kadang kalau lagi bete, lagi enggak mau buka IG, ya enggak aku buka. Kadang kalau moodnya lagi bagus, ya sampai titik titik. Aku bisa enggak peduli sama viewers, aku bisa enggak peduli engagement, aku lebih peduli sama kenyamanan, jangan sampai aku tertekan cuma gara-gara eksistensi *sikap*. Duh, jadi inget Awkarin kan, hehehe.

Terserah sih, yang penting kita senang. Ya kecuali sudah ada kesepakatan duluan, ada keharusan buat posting, beda lagi ceritanya. Yang jelas, beberapa job datang, kebanyakan polanya pakai blog plus Instagram. Dua ini susah banget dipisahkan. Makanya, bagiku media sosial tuh kayak pendukung banget buat branding sekaligus seneng-seneng.

Aku yakin kok, profesi digital nomad itu punya banyak cara dan jalan buat bertahan. Apalagi zaman semakin modern, apa-apa bisa disentuh dengan jari tangan. Sudah deh, manfaatin saja selagi itu baik buat kita. Selama itu bisa mendatangkan kebaikan, ya kenapa kita enggak berdamai saja.

Gitu sih menurut aku. Menurut kalian gimana? Share di kolom komentar ya :)

#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day5

You May Also Like

4 komentar

  1. Yahoo messenger dan MSN omg, legenda banget ituuuu..setiap mau connect internet harus nunggu bunyi khas sambungan telp ke internet😂😂 jadul yaa mbak, kayanya kita seumuran hahaha

    ReplyDelete
  2. Setuju Mba, aku juga gak mau tertekan sama medsos. Mending dipake seneng-seneng dan cari duit hehe...

    ReplyDelete
  3. YM dan FS yang paling aku kangen. Dan mIRC aduh itu masuknya apa yah hahaha jaman jadul banget asl pls wkwkwk.

    ReplyDelete
  4. hahaha aku dulu anak friendster bangeeet. Skrang pakai medsos kalu lagi senggang aja

    ReplyDelete