5 TEMPAT MAKAN FAVORIT DI YOGYAKARTA

by - November 26, 2018

Dalam kurung, favorit aku dan Suami sih tepatnya hehehe. Okay, aku flashback bentar ya. Boleh dibilang, kota Yogyakarta merupakan kota kedua setelah Magelang. Yah, walaupun sedekat itu, tapi atmospherenya tetep beda banget. Magelang masih ada hawa adem-ademnya, terus nuansa desa, jadi diatas jam 9 malam, memasuki pemukiman penduduk, kebanyakan sudah sepi. 

Terpaut hanya 45 kilometer, Jogja sudah banyak perbedaannya. Mana sekarang banyak tumbuh perhotelan dan macet dimana-mana. Dulu circa 2004 an, Jogja masih cukup tenang. Daerah sekitar kampus ku di jalan parang tritis masih sepi... pi! Di atas jam 7 sudah nyenyet. Makanya, dari tahun ke tahun, kostku pun pindah semakin ke utara.

Aku meninggalkan kota Jogja buat kerja, walaupun masih sering ke Jogja setidaknya sebulan sekali Habisnya deket sih, dan ya sekangen itu kalau enggak ke Jogja. Ada saja yang bikin rindu dan balik ke kota ini lagi.

Waktu memutuskan mau nikah, aku dan Suami pindah dari kota Semarang ke Jogja. Di sini aku sudah hampir yakin kalau masa depan ku ya di Jogja. Maka, jangan heran kalau aku tahu betul seluk beluk kota ini, mulai dari utara versus selatan, pameran keren tahunan, acara seni yang asik, dan juga makanan blusukan.

Source: https://pixabay.com/en/eating-restaurant-food-meal-lunch-601581/
So yes, daripada bahasannya makin macam-macam, aku bakal kasih tahu ke kalian tempat makan favoritku dan Suami. Sebelumnya, monmaap banget, aku enggak nemu foto-fotoku waktu makan di sana, lagi aku cari di komputer Suami tapi baru nemu satu, moga-moga bisa ada semuanya. Karena ya gimana ya, kadang kalau sudah memang niat makan, lupa foto-fotonya hehe.

Dari sekian banyak tempat tongkrongan yang jadul sampai millennials, yang murah sampai yang mahal, aku klasifikasikan tempat favorit itu adalah tempat makan yang enak dengan harga yang terjangkau. Yang mahal dan enak sih banyak, tempat nongkrong yang instragramable mah buat foto doang, lah yang makanannya enak, dan selera banyak orang? Mmmm mungkin enggak banyak yang tahu kan? Dan ini khusus aku rekomendasikan karena hanya ada di kota Jogja.

Berikut list-nya.

1. Nanamia Pizzeria

Aku taruh sebagai yang pertama ya, karena ini paling yang enggak terjangkau di antara semua daftarnya. Tapi diantara Pizza tradisional yang lain, Nanamia paling masuk akal. Aku kenal sejak zaman kuliah, sejak zaman pertama kali buka, dan enggak banyak yang orang tahu, yaitu tahun 2007. Pengen sombong sih, karena Mbak Nana, pemilik Nanamia ini, masih satu ruang lingkup temen-temenku anak seni. Yang mural tempatnya ya temen-temenku juga, jadi sempet dikenalin sama Mbak Nana yang ternyata ramah juga loh.

Setiap aku ke Jogja, aku pasti nyempetin ke Nanamia. Semua temenku dari luar kota sampai hafal betul. Pasti aku ngajakin ke sana. Sudah deh, beneran recommended. Aku hampir semua pizzanya. Terus di sini aku juga pertama kali kenal sama Fried Mozarella, kalau enggak salah inget nama menunya Mozarella Fritta. Sampai saat ini, selalu jadi snack favoritku. Ya pantes lemu!

via GIPHY

Tempatnya ada sua, yang pertama ada di jalan moses gatotkaca, yang kedua ada di tirtodipuran sebelah kedai kebun. Tapi enggak usah dijelasin, kayaknya semua sudah pada paham deh ya hehehe. Oiya, semua tempatnya nuansa kuning dan hangat. Yang di tirtodipuran lebih gedhe, ada gardennya, dan kalau mau foto-foto juga lebih instagramable. Kalau ngajak Alya enggak perlu khawatir karena ada pojok kecil buat anak-anak.

Sudah deh, lengkap banget nget. Enggak heran kalau tiap hari rame, dan makin terkenal. Aku sih selalu yes kalau diajak ke sini. Enggak pernah nolak, begitu juga sama suami. Mau buat nongkrong, meeting ala-ala, sampai reunian, cocok deh tempat dan menunya. Mong omong ada yang pernah ke Jogja dan belum pernah kesana, wah kasihan.

Map:
Nanamia Tirtodipuran
Nanamia Mrican

2. Bungong Jeumpa

Waktu hamil sih yang paling parah ngidamnya. Kayaknya bisa seminggu sekali makan mie acehnya deh. Belum nambah canne durian, martabak, sampia teh tarik. Kalap beneran tiap ke sini. 

Bungong Jeumpa adalah kedai makanan khas aceh. Sangat cocok bagi kalian yang demen cita rasa berempah. Rumah makan berwarna merah ini tersebar di banyak penjuru kota Jogja. Tapi yang paling sering aku jabanin yang di Seturan dan di Sagan. Semua sama kok, aku cuma nyasar yang paling deket sama tempat tinggal saja. Hahaha.

via GIPHY

Ada yang bilang kalau mie acehnya terlalu nyemek dan nampol pedesnya. Nah, aku pribadi malah suka, berasa pas banget di lidah. Aku berkali-kali kesini rasanya juga sama, sejak zaman masih hamil, sampai sekarang, tetap wae enak. Kalau misal kalian enggak suka sama mie, kalian bisa pesan nasi goreng dengan banyak pilihan rasa. Mau nasi goreng cumi, kambing, telur, rendang, dan masih banyak pilihan lainnya. 

Kalau enggak suka mie dan nasi goreng karena saking pedasnya, coba deh nasi gurih dengan beragam lauknya. Masih enggak suka lagi, tuh ada roti canne, martabak kari, atau nge-jus saja deh, sudah paling bener hehe. Buat nongkrong asik, buat makan berat tambah asik. Harganya variatif, dan kebanyakan masih di bawah Rp 20.000. Gimana pengen nyobain kan?

Map: 

Eh btw katanya yang di Seturan sudah tutup ya. BRB aku cek deh besok pas ke Jogja hehe.

3. Soto Sawah Ayam Kampung Bu Hadi

Pertama kali tahu ini karena dulu kost-an Suamiku persis di depan Soto Sawah. Aku nganggepnya ya soto biasa saja, kami sering sarapan di sana. Tapi lama-lama ngeh, kalau ternyata sotonya kok rame, dan cepat habisnya. Oiya, habisnya itu ya bener-bener ngabisin stock soto setiap harinya. Jadi enggak tentu, kalau lagi diborong, pagi sudah kukut, tapi kalau masih ya sampai malem.

Yang paling kami suka dari Soto Sawah, karena rasanya seger, beda sama soto biasanya. Kuahnya bening, tapi terasa, eh gimana ya gambarinnya. Hehehe. Mungkin karena kaldunya dari ayam kampung kali ya. 

Nah, aku nih, tiap kali ke sini rasanya kok enggak cukup satu mangkok saja, jadi ya aku sering nambah kerupuk, sate telur, baceman, sampai perkedel. Lengkap juga sih pernak perniknya.

Konon, banyak yang langganan Soto Sawah ini sejak zaman dulu kala. Dari pejabat, kantoran, sales, mahasiswa, sampai orang enggak jelas kayak aku, semua ada. Cuma saranku, kalau mau ke sini ya buat makan saja, jangan terus ngelunjak dan nongkrong haha hihi berjam-jam. Soalnya kadang kalau pas lagi rame, sampai antri tempatnya loh. Jadi ya beneran kudu tahu diri.

via GIPHY

Tertarik kesana? Nih mapnya: Soto Sawah.

4. Bubur Ayam Syarifah

Ini juga aku kenal sejak zaman kuliah, cuma sayangnya, pas kuliah aku lebih sering makan buburnya. Dan ketika sudah punya anak, ternyata baru kusadari Yamienya juga enak. Yayaya, kemana saja ya kan yaaaa!!!

Dulu favoritku yang di sagan, tapi sekarang paling sering jabanin yang di Jalan Tajem. Habis, deket banget sama rumah saudara. Terakhir ke sana bulan lalu, terus kecewa karena Yamie nya sudah enggak ada. Huaaaaa....

Harga menunya enggak kalah murah, sekitar 15.000an. Buburnya mantep, topingnya macem-macem, dan porsinya pas. Aku sih yes, suamiku juga yes, apalagi Alya. Yes semua. 


Ohiya, yang di tajem, ada juga cemilan macem-macem. Kemarin ini aku beli sirup asam jawa, uenak tenan je. Mana harganya cuma 20ribuan lagi. Nyesel cuma beli satu, besok lagi kalau ke sana mau beli beberapa deh, buat stock di rumah.

Map: 

5. Tio Ciu Chinese Food Bang Sinyo


Yang dari luar kota mungkin belum banyak orang yang tahu, padahal makanannya sangat recommended! 

Tempat ini menyuguhkan chinese food terbaik yang pernah aku makan. Lagi-lagi kenal Bang Sinyo sudah lama sejak zaman kuliah. Dari dulu sudah rame gila. Sekarang tempatnya jadi agak lebaran sih, tapi tetep wae rame.

Soal rasa enggak perlu diadu, beneran. Tapi aku pribadi paling seneng pesen seafood hot plate. Duh rasanya dek, susah move on. Temen-temenku juga pada cocok lidahnya, dan paling takjub sama atraksi kebul-kebulan hahaha.

Iya, jadi inget waktu ngajak kru setelah syuting ke sini, pada yang wow gitu karena di depannya disuguhkan makanan berasap dengan banyak menu. Dari yang Masa' dalam sekejap saja langsung ludes.

via GIPHY

Map: Bang Sinyo

Walaupun banyak makanan baru di Jogja, tempat nongkrong yang kece punya, tapi kalau soal rasa kok aku tetep klasik ya. Lidah memang enggak bisa dibohongi sih ya. Jadi misal ke Jogja, pasti balik ke tempat itu-itu saja.

Nah, semoga 5 tempat tadi bisa jadi agenda khusus kalian ke Jogja, kalau kalian belum pernah ke sana. Sayang kan, masa' ke Jogja enggak nyicip makanan khasnya.

Anyway, kalian ada cerita apa soal tempat favorit kalian, atau jangan-jangan diantara 5 tempat tadi, malah sudah pada sering ke sana? Share di kolom komentar ya :)

#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day7

You May Also Like

0 komentar