5 BLOGGER INDONESIA FAVORITE

by - November 27, 2018

Namanya juga blogger awam, rasanya enggak lengkap kalau enggak saling blogwalking. Bahkan sejak sebelum rutin ngeblog pun, aku sudah kerap berkunjung ke banyak blog loh. Karena gimana lagi ya, search engine google lebih sering mengarahkan ke situs-situs website ketimbang youtube.

Selain itu, aku juga lebih percaya sama blogger. Soalnya kebanyakan blogger kalau bikin review itu super jujur. Sudah deh, pokoknya kan aku apa-apa googling, nah pasti seringnya bakalan baca blog. So yes, lama-lama aku punya blog favorit yang enggak aku subscribe saja, sudah otomatis aku buka sebagai bacaan tiap harinya.

Source: https://pixabay.com/en/workspace-place-of-work-work-766045/

Dari sekian banyak lifestyle blogger di Indonesia, wah ya tentu saja aku punya blogger favorit. FYI, dalam memilih blogger favorit, aku biasanya cenderung nyaman karena gaya bahasa, karakter, serta foto-foto yang mendukung. Maklum, kameraku sudah enggak mumpuni lagi, jadi sekali lihat foto seger-seger bawaannya pengen nabung gitu (eh lha bocahnya curhat).

Anyway, menentukan blogger favorit ternyata enggak mudah ya, karena sebetulnya ada buanyak banget blogger yang menurutku istimewa. But then, akhirnya harus aku pilih lima dari sekian banyak blogger junjunganku yang tersebar dimana-mana.

Ya sudah, enggak usah lama-lama deh. Pengen tahu enggak siapa saja blogger favorit ku? Cuuus ini dia:




Kesan pertama ketika berkunjung ke blognya Andra Alodita, aku cuma bisa bergumam "adem bener". Aku enggak bohong, coba deh kalian kesana, tone-nya itu seakan menjadi karakter pribadi Malo (panggilan akrabnya) yang lembut dan bijak. Dari segi penulisan, dia juga sangat rapi dan mengajak kita untuk larut ke dalam cerita-ceritanya. Bagiku, berkunjung ke blog personal Malo selalu bikin betah dan cenderung klik post lainnya.

Seperti yang semua orang tahu, Malo ini awalnya banyak dikenal karena IVF Journeynya. Tetapi selain itu, aku juga tertarik sama pribadi Malo yang mannernya bagus, punya Suami seorang pelukis, dan punya anak yang cantik bernama Aura Suri. Malo sering membagikan kisahnya mulai dari travelling, healthy life (one lemon shot, i love!), sampai beauty.

Malo dan Suaminya sama-sama bekerja freelancer. Nah ini nih yang aku suka juga, dia ini enggak pelit ilmu. Sering membagi kisah dan tips finansialnya baik itu di blog maupun Instagram Storynya. Aku kayaknya kehabisan kata nih buat mendeskripsikan Andra Alodita, karena ya sengefans itu aku tuuu...



Sudah aku bilang ya kalau aku suka sama blog yang berkarakter. Nah, Teh Icha ini kalau boleh ni ya, aku jadiin sebagai one of the most inspirational people in my life deh! Aku suka sama pemikirannya dan cara nulisnya yang judes. Bagiku penting sih, mengingat netizen zaman sekarang jauuuh lebih nyinyir. Jadi kalau misal dijawab kalem, yang nyinyir ya makin jumawa.

Teh Icha lain. Setiap bikin tulisan, selalu realistis, punya materi yang pas, tapi juga berbobot. Cara menyampaikan sesuatu itu asik, enggak berat, dan sangat cocok buat segala lapisan. Dari yang enggak suka baca sampai yang seneng baca. Enggak heran sih, kerjaannya memang selalu berhubungan sama dunia tulis menulis.

Yang aku seneng, sekarang Teh Icha juga rajin menggambar. Gambarnya lucu-lucu deh, girly and sweet abis. Rasanya tuh, dia ini sibuk kantoran, tapi kok ya masih sempetnya ngurus-ngurusin blog dan gambar, hehe. Melihat kesibukannya, aku jadi ikutan semangat.

Oh iya, satu lagi. Aku tertarik sama kesehariannya bersama suaminya JG dan anaknya Axylo. Kompak loh mereka ini. Hubungan mereka harmonis: JG lucu, xylo juga cerdas. Buat kalian yang sudah berumah tangga ataupun yang masih single, enggak ada salahnya berkunjung ke blog Teh Icha, tapi masa' ada sih yang enggak tahu hehe. Tulisannya banyak loh yang viral. Iya, di sana banyak tips tentang parenting, menikah, ASI, sampai daycare.



By the way, mereka ini lifestyle blogger bukan ya. Ah anggape saja blogger gitu deh, soalnya aku paling sering buka blognya mereka. Kreatif abis!

Barangkali dari kalian ada yang enggak mengenal The Baby Birds? Enggak apa-apa, mereka memang dasarnya ngeblog untuk mengdokumentasikan karya serta kehidupan mereka, bukan buat cari traffic.

Aku tahu The Baby Birds ini kalau enggak salah gara-gara The Urban Mama deh. Lupa detailnya bagaimana, wong aku sendiri cuma silent reader doang kok. Cuma yang aku inget adalah si Almaviva Landjanun alias Nyanya adalah anggota TUM.

Aku senang berselancar di blog The Baby Birds yang isinya adalah kehidupan (well now) Nyanya, Ing, dan Rinjani anak pertamanya. Banyak artworks yang mereka bikin sendiri, mulai dari topi, tas, sampai selendang. Bukan cuma itu saja loh, desain rumah mereka juga unik, ditambah dengan taneman-taneman succulent yang bikin rumah makin hidup dan teduh.

Sekali buka blog The Baby Birds, aku beneran hanyut ke dalam cerita-cerita ringannya. Nyanya dan Ing tuh low profile banget, dan gaya bahasanya ringan. Mereka juga punya banyak kegiatan, kayak running, cycling, gardening, and home decor. Waaah beneran deh, rasanya nyaris fun terus! Suamiku pun begitu lihat blog mereka juga langsung tertarik baca.

Kalian enggak usah heran, wong mereka ini memang seniman kok. Hanya saja mereka rutin mendokmentasikan kehidupan mereka dalam blog. Mana sekarang Rinjani juga diajarin menulis pula. Makin asik deh blog nya. Sekarang kalau kamu sudah tahu, gih langsung ke thebabybirds.net. Dijamin kalian bakal seneng karena banyak inspirasi di sana.



Bohong kalau aku bilang enggak nge-fans Sekar Arum. Sejak 2012 dia ini sudah konsisten ngeblog dengan niche paling dicari, yaitu beauty. Sebenernya ada satu lagi blog barengan Sekar Arum yang aku suka, yaitu blognya Lintang Rinastiti.  Tapi enggak tahu ya, sekarang Lintang dimana, padahal blognya bagus banget.

Duh, malah ngaco, balik lagi ya sama Sekar Arum. Cara mengenalinya cukup gampang kok, dulu awal aku 'kenal', aku selalu dirujuk google ke blognya Arum setiap minta review produk kecantikan. Wah ya enggak heran kan, kalau sekarang page viewsnya sudah tembus puluhan ribu.

Salah satu yang paling suka dari si Arum, dia pakai nama racun warna-warni yang menurutku ear catching abis. Efeknya buanyak, mana sekarang pada ikut-ikutan pakai kata 'racun' pula, sekali mau kasih tahu produk yang luar biasa. Ya iya sih kata racun memang sangat umum, tapi siapa sih yang paling racun diantara semua racun? Ya cuma racun warna-warni! (Mendadak ngegas).

Dulu sih dia paling sering review produk lokal, tapi sekarang sudah mulai open produk dari luar, tapi ya enggak apa-apa juga, karena tiap kali review, dia selalu jujur. Jujurnya kebangetan, jelek ya bilang enggak bagus, bagus ya enggak perlu lebay. Mantep gitu loh gaya bahasanya.

Dan ohiya satu lagi, Sekar Arum juga punya blog lainnya bersama Monica Agustami bernama Besok Siang. Yang suka sama tulisan sarkas ala nyindir, curhatan frontal, atau tips tips yang rodo nyebahi, monggo kunjungi blog tersebut. Dijamin koplo langsung deh. Kalian juga bisa ikutan nulis sih di situ, itung-itung biar bisa se-terkenal Sekar Arum. Hehehe.



Memangnya ada ya, yang enggak kenal Grace Melia? Letters to Aubrey, Imunisasi MR, Rumah Ramah Rubella, dan banyak lagi yang biasa dia bagi. Aku ngikutin banget tuh Diary Mami Ubii dari lama hingga Gesi punya anak lagi bernama Aiden.

Menurutku, Gesi ini tipe orang yang easy going walaupun beberapa kali dia mengaku pernah depresi. Dia juga orang yang sangat sangat sangat low profile, blak-blak-an, enggak ada sombong-sombongnya, bisa diajak curhat, dan.... enggak ragu buat folbek. Please, zaman sekarang loh ini, selebgram mana yang dengan gampangnya folbek orang padahal baru menyapa di IGnya? Huhuhu terharu aku tu.

Gesi ini kayaknya juga dengan mudah mengenali pembacanya. Wah beneran deh, humble dan nyaris kayak temen sendiri. Yang aku suka dari blognya Mami Ubii ini (ya walaupun harus kuakui tampilannya 'its not not my thing'), punya another insight dalam memandang sebuah persoalan. Walaupun dapat dikatakan Gesi ini perasa, tapi nyatanya dia sangat realistis tuh. Ditambah dengan kehadiran Papi Ubii, yang tulisannya sangat cadas, makin membuat Blog Diari Mami Ubii makin berwarna.

Di samping itu, aku suka juga ngelihat IGsnya Gesi dan suka nyamber sok-sok kenal gitu. Aku suka sama keseharian dan dia yang apa adanya. Oiya di blognya, Gesi sering bikin printable lucu-lucu buat bahan belajar anak juga. Jadi, kalau kalian emak-emak macam aku gini, pastinya suka dan betah main lama-lama ke blognya.

***

Fiuh, akhirnya selesai juga ya, milih 5 blog favoritku. Kalau mau ditarik benang merah, kesemua blogger tersebut punya hubungan Suami Istri yang seru. Andra Alodita dan Abenk Alter, Annisast dan JG, Popo dan Nyanya, Sekar Arum dan Sandiga Uno, eh maap, Dani maksudnya, dan yang terakhir Grace dan Adit.

Aku beneran seneng sama orang-orang yang bisa menjalin hubungan harmonis tapi realistis. Dan mereka orang-orangnya! Hal ini sangat berpengaruh besar bagi kehidupanku makin kedepannya.

Aku bisa konsisten nge-blog dan berpikir logis, salah satunya berkat mereka-mereka juga. Bagiku yang tinggal di kota kecil dan lebih sering di rumah, secara enggak langsung, mereka membuatku agar selalu percaya diri.

Secara enggak langsung, mereka berhasil membuat karakter mereka sendiri. Enggak yang ketika hits yang ini ikutan jadi ini, ketika booming yang itu ikutan kayak gitu. Membaca banyak blog harusnya menjadi refleksi. Kenapa sih, orang-orang yang aku sebut tadi bisa punya banyak pembaca? Tentu ada formulanya kan. Nah, alangkah baiknya, kenali diri kita duluan sebelum kita tampil. Dan tentu saja blog bisa menjadi wadah kita berbagi dan saling memberikan inspirasi.

Intinya, ingin seperti mereka, kita bisa, asal kita konsisten dan berani jadi diri sendiri.

#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day 9

You May Also Like

0 komentar