RESEP TAHU ISI SUPER GAMPIL

by - June 29, 2019

Pada nungguin postinganku soal makanan enggak sih? Karena kalau dipikir-pikir, viewers ku soal resep ini banyak juga lho. Sayang kalau enggak dilanjutin. Eh, iya enggak sih? Hahaha.

Oke, langsung aku kasih tahu saja ya resep cemilan yang buatku pribadi super gampang. Kalau yang tadinya mikir bahwa makan gorengan itu mending beli, sekarag jadi mikir dua kali karena ketika aku bikin, enaknya enggak kalah sama tukang jualan. Beneran deh. Tanyain Suami sama tetanggaku coba kalau enggak percaya, hehe.

Yang akan aku share kali ini adalah resep tahu isi. Kalau di daerah Magelang, yang tukang jualan gorengan ada di setiap tikungan, tahu isi akrab disebut dengan tahu susur. Biasanya dijual Rp 2000/ 3 biji gorengan. Bisa mix tahu isi, tempe mendoan, atau pisang goreng. Murah? Tentu saja, wong aku tinggal di desa. 

Tahu isi merupakan cemilan khas yang enak dimakan pas panas-panas. Bisa di pagi hari, atau di siang hari ditemani dengan teh hangat. Beugh, mantap. Nah, ketimbang ngiler, yuk kita bikin, aku kasih contekan resepnya ya. 


Bahan utama:
1. 10 potong tahu kulit dipotong separo menjadi bentuk segitiga. Lalu belah tengah isinya, tapi jangan sampai putus.


Bahan Isi:
1. Kubis setengah iris (Diiris/dicacah tipis-tipis)
2. 3 buah wortel sedang (Kupas dan potong memanjang. Kalau aku parut menggunakan parutan keju)
3. 6 buah udang dikupas kulitnya
4. Taoge secukupnya
5. Daun Bawang dan seledri secukupnya dicacah halus
6. 3 siung bawang putih
7. 5 siung bawang merah (kalau aku suka lebih banyak bawang merah)

Bahan tepung:
1. 1/4 tepung terigu
2. 4 sendok makan tepung beras
3. Sebungkus tepung bumbu kriuk (merek apa saja)


Cara memasak:

- BIKIN ISIAN
1. Kupas bawang merah dan putih. Kemudian cacah kecil biar lebih mudah mencampurnya.
2. Tumis irisan bawang ini ke dalam minyak yang sudah dipanaskan sampai harum.
3. Setelah harum dan layu, masukkan wortel, kubis, tauge, baru daun bawang dan seledri.
4. Campur hingga merata dan semua layu.


- Setelah matang, kita siapin tahunya. Tahunya kan sudah berbentuk segitiga dan sudah dibelah tengahnya tuh. Nah, dalamnya dikasih isian tersebut. Tipsnya jangan terlalu banyak, cukupan saja. Karena kalau kebanyakan akan susah dimasak dan bisa ambyar pas goreng.

- Selanjutnya, siapin tepung. Ketiga bahan tepung di atas, dicampur, dan diberi air secukupnya. Jangan sampai keenceran. Kalau encer, akan susah nyatu dan enggak ngikat isian.

- Tahu yang sudah diisi, lalu dicelupkan ke dalam tepung hingga semua sisi ketutup. Ingat ya, tepung harus cukup kental, dan make sure isian tidak tercecer di mana-mana.

- Kalau mau lebih mantep, coba satu dulu. Seperti pengalamanku, tahu pertama gagal akibat tepungnya keenceran dan isiannya kebanyakan. Setelah aku tambahin tepung terigu, baru deh bisa pas. Tapi resep tepung di atas sudah sesuai revisinya kok.


- Setelah semua siap. Panaskan minyak goreng hingga panas dengan api yang sedang. Baru goreng tahu isi ini. Oh iya, minyaknya yang banyak ya. Dan posisi tahunya harus kerendem semua. Biar lebih enak dibalik.

- Kalau sudah berwarna kecoklatan, segera angkat dan tiriskan.

- Jadi deh.


Beberapa resep ada yang menambahkan kunyit supaya lebih berasa rempahnya. Tapi aku kan pakai campuran tepung bumbu juga, dan aku tambahin bumbu-bumbu lain, jadi ya, menurutku sudah cukup.

Kata Suami dan anakku sih ini enak. Rasanya bahkan lebih mantep ketimbang yang beli di pasaran. Ya gimana ya, wong aku juga tambahin udang kok hehe. Plus aku juga enggak pelit bumbu.

Sebagai tambahan, rasanya enggak lengkap kalau tahu isi ini tidak dimakan bersama cabe rawit. Atau bisa juga bikin sambel kecap. Tergantung selera kalian sih, monggo divariasi sendiri.

Semoga resep ini membantu ya. Kalau kalian berhasil mencobanya, boleh tag aku di Instagram, atau komen di kolom komentar di bawah ini. Senang sekali rasanya berbagi. Sampai jumpa di resep-resep selanjutnya!

You May Also Like

3 komentar

  1. dari sekian banyak gorengan, fav ku itu tahu isi jugaaaa :D... apalagi kalo nemu yg isiannya mantep, ga cuma seuprit... di deket rumahku ada tahu isi yg enaak juga mba... sebijinya 5 rb, tp memang sizenya gede, dan isianya selain sayuran ditambah telur puyuh :D.. jd hrg segitu ya okelaah :D.. cocolannya pake sambel kacang.. aku memang blm prnh coba bikin sendiri... nantilah, kalo si mbak ART lg ga terlalu banyak kerjaan, aku minta bikinin :D.. enaknya kalo bikin sendiri sih isianya bisa sesuai yg dimaui yaaa...

    ReplyDelete
  2. Saya bukan penyuka gorengan sih, tapi kalau ditawarin aneka gorengan saya mesti pilih tahu isi. enak banget ya ampuuun. Dimakan gitu aja enak, apalagi cocol saos. Ah lihat fotonya aja ngiler.

    ReplyDelete