NGOPI CANTIK #2: BLOG DAN SEO-NYA

by - September 09, 2017

Siapa yang pada awal bikin blog berisi curhatan atau puisi?
Ngga peduli ada yang baca yang penting nulis aja?
Ngga penting apa isi blognya yang penting mood happy?

Udah ngaku aja, kita sama! 
Coba kamu tengok arsip bar, awal aku ngeblog, sebenernya udah dari sekitar tahun 2010 yang emang belum mudeng mau ke diarahkan kemana. Aku anggep semacam diary, tapi aku sendiri ngga sadar emangnya aku siapa emangnya orang bakal respect?
Hahaha.
Ya namanya aja ngga mudeng kan...

Aku bikin blog ini via blogspot, sebuah aplikasi web paling mudah menurutku. Ngga banyak aturan dan simple banget pokoknya. Walopun aku agak hopeless sama yang namanya desain. Kudu milih template, ngatur header, komposisi, alah alaaah, kok kayaknya ribet sih. Makanya aku pilih sesimple mungkin padahal aslinya aku pengen yang semacam tampilan informatif. 

Aku bikin blog satu lagi di tumblr yang tampilannya ya gitu aja, ngga banyak macem-macem, dan aku suka. Postingannya curhat parah dan ngga berfaedah. Udah gitu, menghilang lalu vakum karena males.

Setelah sekian lama bertapa, aku mengisi blogku lagi murni pengen curhat tentang baby blues. Dan ngga disangka, banyak yang ngeshare, komentar lalu mereka menemukan namaku di sosial media. Wow,  aku jadi takjub campur haru. Eh kok tulisanku ada manfaatnya juga ya. Akhirnya, hahaha.

Lambat laun aku niat ingsun nulis lagi, bergabung dengan beberapa grup blogger dan mulai melirik jumlah pageviews. Walopun jumlahnya masih dibilang kecil, tapi angka ini terus bertambah seiring dengan bertambahnya jumlah konten, rajin blogwalking dan share ke sosial media.
Aku yakin kok, blog yang banyak pembaca itu bukan peruntungan semata. Pasti ada caranya!
Dan bukan yosa namanya kalo ngga suka belajar dan putus asa. 

Hari minggu kemaren nih, Beautiesquad ngadain NGOPI CANTIK #2 yang bertajuk: "Belajar SEO Blog, yuk!"
Tanpa babibu aku langsung daftar. Aku yakin bisa menemukan jawabannya di sini walopun urusan pengetahuan SEO ku nol besar. 



Menghadirkan narasumber Mbak Shintaries, Blogger profesional yang juga Founder dan Strategic Planner dari Blogger Perempuan Network. Ngopi cantik ini berlangsung dengan fun tapi syarat pengetahuan. 
Yang mau tahu dan mau tahu banget, berikut rangkumannya.

SEO adalah singkatan dari "search engine optimization" (pengoptimalan mesin telusur) atau "search engine optimizer".

TEORI SEO 

1. Otoritas Blog
Yang dimaksud otoritas blog adalah kepemilikan blog. Google akan lebih memprioritaskan blog dengan akun yang tidak anonim dan memiliki identitas yang jelas. Lengkapi data di https://aboutme.google.com
Nama domain yang dimiliki juga didaftarkan dengan email yang sama. Otoritas blog juga sering diartikan dengan Domain Authorithy (DA). Semakin besar nilainya, berarti semakin sering pula selalu terindeks di Google.
Pokoknya, google tanya apa, kamu jawab aja! Kayak kita lagi cari muka. Ini penting soalnya google bakalan melihat kamu serius atau ngga. Hahaha. 

2. Konten

Isi konten blog dengan artikel yang berkualitas tanpa copas, buatan sendiri, dan kudu organik. Yang paling baik dan paling disukai oleh Google adalah rutin update. Bahkan kalau bisa update setiap hari itu SANGAT baik. Konten dalam hal ini termasuk video dan image. Karena saat ada yang search dengan kata kunci tertentu, konten video dan image juga akan keluar. Jadi pastikan, untuk mengoptimasi keduanya.

3. Template yang Fast Loading 

FYI, template memegang peranan penting dalam SEO. Template yang dikenal dengan SEO Friendly ini berperan cukup besar. ukuran secepat itu, hanya bisa dideteksi, apabila templatenya tidak terlalu banyak script, ornamen, music, dan image yang berukuran besar. 
Jadi apabila tidak memiliki template yang SEO friendly, masih bisa diakali dengan template seminimalis mungkin. Hindari penggunaan script slider apabila ukurannya tidak kecil dan resize ukuran gambar sebelum diupload. Usahakan maksimal lebar 600 pixel dan berat 300 kb.

4. Mobile Site 

Untuk responsive atau mobile site, sudah ngga usah pake nawar. 90% akses website, blog, dan aplikasi sepenuhnya sudah melalui mobile lho. Jadi apabila blog tidak bisa dibaca secara mobile, ya dadah bubye.

5.  Backlink

Yang terakhir, yang paling buanyak dicari, yang paling banyak menentukan posisi dan prestasi adalah BACKLINK. Banyak yang menyakini, posisi di search engine, ditentukan oleh banyaknya backlink yang dimiliki oleh blog. Itulah kenapa, blog dengan posisi bagus di search engine, DAnya akan tinggi, berpengaruh juga dari backlink. Intinya, SEO adalah backlink.

TEKNIS SEO

Sebaiknya, sebelum publish, kita kudu double check kontennya. Jangan sampe udah ke publish tapi baru ngeh kalo ada yang kelewatan. So, teknisnya kayak gini:

1. Menaruh kata kunci di judul 

Misalnya kata kunci yang ingin dimasukkan adalah “nama brand maskara”. Maka buat judul yang menarik, namun tetap ada “nama brand maskara”. 
Contohnya: Seharian Memakai “nama brand maskara” Ternyata Tetap Oke Banget.

2.  Ubah permalink

Secara default, kalau memakai judul di atas, maka link yang muncul adalah www.namadomain.com/seharian-memakai-nama-brand-maskara-ternyata-tetap-oke-banget. 

Tapi, kalau SEO ini harus diubah dulu menjadi www.namadomain.com/nama-brand-maskara yaaa. Setting permalink pada blogspot ada di sebelah kanan. Oiya, bahasa indonesianya Tautan Permanen itu lho. Nah ganti aja yang singkat dan jelas.

3.  Jumlah kata 
Google sangat menyukai konten dengan jumlah kata yang banyak. Sesuai riset, jumlah kata yang sering terindeks adalah 800-1000. Mbak Shinta menyarankan minimal 1000 kata, tapi untuk biuti, 800 kata sudah cukup.

4. Image

Sebelum upload image, resize dan rename dulu dengan KEYWORD. Misalnya nama-brand-maskara.jpg. Jika lebih dari 1, bisa menambahkan angka di belakangnya. nama-brand-maskara1.jpg, dst.

5.  Internal dan Eksternal link

Selalu tambahkan link ke tulisan lain dalam blog kita dan juga link ke blog/web lain sebagai referensi. Related post dan Read more di halaman awal juga diperlukan karena itu dianggap sebagai internal link. Tapi jangan gunakan blogroll yang ada di sidebar. Karena eksternalnya dianggap tidak baik, terlalu kebanyakan link keluar oleh Google. 

6. Meta deskripsi 
Kalau dirasa blogwalking rumit dan memakan waktu lama, cara termudah SEO adalah dengan update blog setiap hari. HAAA tiap hari?
Of course, karena Google suka dengan fresh konten.
Yang paling penting sebetulnya adalah meta deskripsi, yang harus diaktifkan. Baik itu di wordpress dengan plugin atau di blogspot (setting -> seerch description). Karena merupakan ringkasan dari konten kita, yang akan muncul pada hasil pencarian. Hal ini akan berpengaruh pada ketertarikan orang untuk mengklik tulisan kita.


Sumber: Shintaries


Yang banyak dielu-elukan orang/brand/ecommerce dll-nya itu adalah BACKLINK alias OFFSITE-nya. Karena kalau onsite, optimasinya hanya sebatas konten, internal link, eksternal link, template, dan image. Sisanya yang menentukan adalah berapa banyak backlink yang didapat. Oleh karenanya, ada banyak web/blog yang berlomba lomba mencari backlink, baik dengan cara beli/bayar, ada juga dengan cara paling gampang, yaitu blogwalking kakaaak.

Nah sekarang tinggal kamu mau pake blog itu sebagai apa?

Kalo web portal bakalan beda banget. Ada banyak hal yang tentunya jauh lebih rumit step by stepnya. Jadi kaya tribun network, kapanlagi network, dan lain lain. Mereka ngga bisa mengandalkan satu portal saja untuk SEO-nya. Sekarang teknik yang digunakan adalah viral konten network, karena SEO sudah sangat sesak pasarnya dan mulai susah banget. Kalau media sosial, lebih mengandalkan viral, bukan SEO. Walaupun sesekali konten media sosial masuk juga di google search.


Lain dengan blog pribadi, kamu kudu berani membangun character (niche) bersamaan dengan melatih SEO di blog. Dan sebisa mempertahankan reputasi yang baik di mata google.  Hobby menulis bukan lagi cuma bisa diumpetin, kalo  kita rajin, pasti membuahkan hasil. 

Ngga mau kan, kalah sama SEO yang model cuma cari traffic atas nama adsense?

Blog kalo diseriusin, bukan cuma kayak rumah sendiri lho, melainkan kita sedang membentuk perusahaan. Menulis artikel itu ibarat kita lagi nabung, seiring berjalannya waktu, pageview juga akan bertambah semakin kedepannya. 
Buat lingkaran blog terhubung dengan sosial media, karena hal ini akan sangat berpengaruh ketika kita sudah menemukan pembaca tetap alias loyal. Merekalah yang nantinya jadi penunggu setia cerita-ceritamu, suscribe tanpa disuruh, komen statusmu dan jadi teman baikmu. Makanya, jangan heran kalo Blogger sekeren Alodita, Grace Melia, atau Annisast itu tetep rame pembaca even mereka udah ngga peduliin lagi SEO atau engga. Percayalah, mereka juga berjuang keras mendapatkan itu semua.

Wuiiih, ternyata banyak juga ya yang bisa aku dapetin disini. Blogging ternyata nagih dan bikin semangat.
Makasih banyak buat Mbak Shintaries dan temen-temen dari Beautiesquad, AKU SENENG BANGET! 

Kiss satu satu.

You May Also Like

4 komentar

  1. nah ini yang aku suka dari blog walking, dapat ilmu baru :D tapi kalau blogger share ilmunya tuh pakai bahasa yang ringan dan nyantai jadi mudah dipahami kalau langsung buka web atau blog yang bahasanya teknologi banget malah nggak mudeng. thanks for sharing ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih senengnya bisa bermanfaat.
      Ini semua berkat Mbak Shintaries dan temen-temen Beautiesquad :)

      Delete
  2. SEO.. Ilmu yang aku bnyk nggak pahamnya aku mba..
    Apalagi klo dah nyangkut teknis2.. Aduh. Kudu bnyk belajar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, samaaaa. Aku juga kudu belajar banyak nih.

      Delete

INSTAGRAM