AKU CAH KERJO

by - October 15, 2017

Ngobrolin soal timeline ngga ada matinya. Ada aja tren yang silih berganti. Dan timeline sosial mediaku kali ini dipenuhi dengan hestek #akucahkerjo.

Iyo iyo.. aku percoyo!

***

Salah satu lagu hits dari Mbak Nella Kharisma ini sekarang bukan hanya enak dinyanyiin doank memang. Dipake jadi hestekpun juga ngga malu-maluin. Ya biar kesibukan kita makin terlihat. Lau tahu lah ya, kalo lau diem dikit, lau bakal dikira kumbahan. Zaman sekarang pantang kelihatan diem aja. Pokoknya lagi ngapain, dihestekin aja #akucahkerjo.

Persaingan di dunia kerja dan bisnis itu keras! Lama kita ngga nampang di dunia maya, atau lama kita ngga bersua secara nyata, bikin orang lain sinis bilang: "hey kamu kemana aja?"

Miris dan bengis. Hahaha.

Aku cerita kerjaanku dikit boleh ya.
Udah lama sebenernya, aku udah intens bekerja sebagai freelance writer. Terutama skenario program televisi, TVC/Iklan, maupun Film. Cuma, dalam 3 bulanan ini, naskahku jadi tambah kenceng karena makin butuh ya gimana lah yaa...
Untuk tawaran shooting keluar, emang masih aku batasin karena alasan anak. Paling banter 3 hari lah kalo mau ninggalin rumah. Selain itu, dengan sangat berat hati aku tolak.
Bukannya nolak rejeki, bukannya nolak supaya bisa aktif lagi. Toh ada kerjaan yang lebih bisa disambi momong karena bagiku, family adalah nomor satu. Aku ngga mau melewatkan golden age Alya. Aku ngga mau keluarga kecilku berakhir seperti apa yang dialami orang tuaku. Kurang komunikasi.

Duh elaaah...

Ini belum juga ngomongin bisnis perawatan organik yang mulai aku jalankan lagi. Sungguh harus punya tenaga extra dan pintar memanfaatkan waktu yang ada. Ngurus bisnis selang seling bersamaan naskah, bersamaan mikirin creative, bersamaan mikirin next target, dilakukan secara mobile pula. Ups sorry, sambil ngemong Alya juga! Joss gandos mamen.

Aku kayak dapat spanduk geday dengan tulisan: welcome back to the jungle, KEJAR TAYANG.

Efeknya, postingan di blogku bulan ini bakal sepi. Padahal tadinya janji nulis blog dengan konsisten. Bah! Cuma wacana doank yekan. Bayangin aja, aku tiap hari ngadep layar dan ngetik. Blog yang tadinya aku anggap ruang bermain ini malah jadi hal yang membosankan. Mau ngemeng apa kok ya harus diketik. Mata minusku nambah lho iniiii... Ngga ada yang tahuuuu... Makanya itu, kadang aku curhat di Instastory atau status.

Baca juga: Kesibukan Baru Bernama Instastory

Udah ah ngga usah banyak melo drama.

Kembali ke hestek akucahkerjo. Salah satu korelasi yang aku dapatkan ketika menemukan status atau pic dengan pamer kerjaan, biasanya nih, mereka ini adalah seorang freelancer.

"Hari minggu nih, aku tetep kerja lho... No problemooo"
"Hellaw jam 9 anak film kok merem, melek donk biar produktif"
"Ealah bro, baru lembur berapa jam aja crewet. Aku nih ngga tidur 3 hari, masih kuat.... Yang penting job lancar, invoice keluar"

Dan status ajaib lainnya, dan lainnya.

Yes, seperti aku juga kok.
Aku dengan kerjaan seperti diatas tadi. Demam #akucahkerjo ini sebenernya sesederhana orang butuh makan. Iya, jadi kebutuhan soalnya. Wajar donk ya, mereka juga butuh dianggap ada.

Namun, garis korelasi ini seperti sebuah akibat dari shock karena udah lama ngga kerja brek langsung banyak, ATAU bisa jadi malah buat trigger supaya job tambah lancar. Semacam portfolio secara ngga langsung gitu lho. Siapa tahu ada relasi di fesbuk yang butuh kerjaanku kakak, bisa langsung email dan message langsung. Dijamin harga dan kualitas cocok. *malah promosi*

Mau ngga mau freelancer tetap berbeda sama orang kantoran. Ya masa ada orang ngantor tiap hari mau update status #akucahkerjo trus upload foto, instastory yang bakalan nampak itu itu aja. Kecuali mungkin, kalo mereka lembur, dinas keluar, ada event kantor, baru deh materi status agak berbeda dikit. Karena kita semua tahu, orang kantoran ya gitu. Tiap hari bahkan akan sangat membosankan.

Padahal mah kerja, ya kerja aja yakan. Emangnya situ doank apa yang kerja.

Nah, kemarin ini, aku baru nyadar, ada beberapa hal yang bikin  aku ketampar tanpa disadari. Yalaaah... aku kan sukanya ngeluuuh. NGELUH TAPI PAMER. Gimana coba? Nyebelin kan.


1. Mbah Wagiyem
Kalo kamu lihat foto di atas barusan, beliau ini adalah salah satu buruh gendong di pasar beringharjo. Aku bertemu beliau sewaktu belanja yang kesemua barangnya berbobot 20 an kilogram.
FYI guys, Mbah Wagiyem ini berusia 70 tahun. Wajahnya terlihat masih kencang, lebih mulus dan cerah daripada aku, padahal ngga ada deh yang namanya pake skincare 7 lapis ala korea. Dan yang pasti badannya masih kuat lho. Telak, suamiku juga kalah!
Aku sempat hampir memeluk Mbah Wagiyem saking pengen semangatnya ditularkan padaku.  Tapi aku ingat, aku ngga boleh lebay. Nanti situ ngatain aku sok artis. -__-

2. Bang Josh
Di dekat komplekku, ada yang jualan makanan seperti kwetiaw, capcap ama nasi goreng dengan nama Tegal Bahari. Kayaknya sih bisnis keluarga. Soalnya tersebar dimana-mana. Bang Josh ini salah satu pemiliknya. Mulai jualan jam 18.00, dan tutup sampai 21.00. Eh bahkan pernah juga sih, sampe jam 23.00.
Dan ternyata, paginya, Bang Josh ini jualan sayur keliling. Dia bilang, kulakan sayur ini biasanya jam 2 an di pasar pagi.  Bisa dibayangkan ya, berapa jam dia melek dan kapan dia kudu ngatur waktu. Jam istirahatnya pun juga dibagi, kadang nyempetin di malam setelah jualan makanan, atau siang waktu senggangnya.

3. Talkshow Tentang CEO
Judulnya aku rahasiain dulu ya sampai mau tayang. Hahaha. Salah satu program seru yang  bakalan tayang di channel UseePrime ini bikin aku semangat 45. Aku ikutan hunting, riset dan discuss tentang orang-orang kreatif di Indonesia. Schedulepun diatur oleh salah satu team kami, dan script langsung aku garap untuk dipelajari subyeknya langsung.
Subyek ini kami pilih karena bisa menginspirasi banyak orang. Jangankan ngomongin omset bisnis, mereka kerja aja kayaknya ngga ada beban, beneran lho, spiritnya emang juara.
Aku yang selama ini songongnya minta ampun trus ngerasa udah tangguh banget ngadepin hidup, begitu lihat profile mereka, beuuughhh ciut nyali beribu kali. Yahahaaa....Rasain deh ya.

Yang perlu digaris bawahi, mereka semua ini beneran mendedikasikan dirinya untuk berkerja dan berkarya.

SENANG.
BANGGA.
IKHLAS.
Ngga perlu update status #akucahkerjo pun dunia udah tahu kok, apa yang sedang dikerjakannya.

Kalo kata suamiku sih, cara respek terhadap seseorang BUKAN dengan MENGASIHANINYA tapi dengan memberinya pekerjaan.
Benar juga ya.
Karena ketika bekerja, kita juga lebih bisa menghargai orang lain maupun memberi penghargaan terhadap diri sendiri. Lebih sehat dan bahagia karena lingkungan mendukung kita.

Ambil faedah dari 3 contoh diatas. Kalo kamu ngeluh capek, mata panda, kurang tidur, kurang me time, kerjaan berat, sampai lebay bilang kepala mau copot. Ih amit-amit jangan deh.
Please buka mata lebih lebar lagi.
Noooh di luar sono noh, banyak banget orang yang justru lebih giat daripada kita.

Ada seorang pegawai yang waktunya habis buat macet-macetan di jalan, tapi ia lakukan dengan hati riang.
Ada petani yang mulai macul mulai jam 5 pagi, siang buat tidur lalu lanjut sore hari.
Ada pengusaha tempe yang ketika orang lelap tidur, justru ia sedang memulai mengolah tempenya.
Ada ojek online yang kehujanan saat kalian merasa nyaman di rumah.

Ingat.
Sewaktu kita bangga karena kita bekerja, kadang tidak sadar, banyak orang juga sedang mengalami hal yang SAMA.

Ngga ada suatu masalah yang hanya satu-satunya di dunia. Pamer dikit boleh, tapi jangan sombong. Boleh juga, kamu beradegan drama, tapi kalo ngga dilakukan action ya sama aja bo'ong. Alur ceritapun bakal boring nan halu semata.

Jadi marilah kita sama-sama bertanya pada diri kita. Emangnya jaman keras seperti sekarang ini, "ONO PO SING RA KERJO?"

You May Also Like

4 komentar

  1. Hahahah, josss banget isinya :D. Jd inget bbrp status yg srg ngeluh seolah2 kerjaan udah berat banget :p

    Aku baca cerita mbah wagiyemnya lgs salut dan takjub mba. Ya ampuuun 70 thn msh seger dan kuat angkat beban berat gitu yaaa :o. Moga si mbah slalu sehat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya mbak, kayak aku berarti ya. Hihihi. Ketampar abis sama mbah wagiyem :)

      Delete
  2. #akucahkerjo onlen medsos mulu mbak hahaha.
    Iya ya, gak perlu menyuarakan #akucahkerjo yang penting itu kerjo beneran hehe.
    Kalau keetmu org2 yg inspiring biasanya emang semangatnya nular ya mbak? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, jadi semangat biar ngga pamer. Hehehe. Makasih udah mampir mbak april :)

      Delete

INSTAGRAM