GLOSSY MAKE UP COLLABORATION

by - September 26, 2018

Hai, jumpa lagi dengan postingan make up, barengan sama grup mana lagi kalau bukan BEAUTIESQUAD. Wih openingnya mirip sama penyiar radio yah hahaha. Oke langsung saja ya, aku kasih tahu kalau collab kali ini rada gokil. Karena jujur, temanya sangat menantang sekali, yaitu GLOSSY MAKE UP.


Namanya juga tertantang, jadi tema apapun tetep dijabanin (azeg songongnya enggak kira-kira). Tapi, masalah terbesarnya adalah kulit wajahku berpori besar dengan flek hitam dimana-mana. Jerawat sih Alhamdulillah sudah agak berkurang, enggak kebayang juga sih kalau lagi jerawatan terus make up ala-ala glossy, wah wajah bisa makin kayak kilang minyak.

Iya, kondisi wajahku juga tipe oily, which means cukup susah buat bikin kreasi make up ini. Nanti jatuhnya gimana ya, bakal kelihatan glossy beneran, atau malah bikin wajah kayak gorengan. Maka, hal ini harus disiasati, jangan sampai nanti kesan berminyaknya malah menonjol. Glossy kan identik sama glass skin, alias kondisi wajah harus diusahakan sebisa mungkin terkesan bersih duluan. Dalam hati batin gini terus: "glossy tapi enggak berminyak. Enggak berminyak tapi glossy".

((ENGGAK BERMINYAK TAPI GLOSSY))

Sudahlah, pokoknya asal dicoba sajaaa!!!

Curhat sedikit ya, waktu aku bikin make up ini, aku sendirian loh huaaaa... Biasanya kan dibantu sama Suami buat motretin supaya dapet angle yang pas dan cahaya yang oke, nah ini enggak ada bantuan sama sekali. Aku cuma pakai kamera handphone ku saja dan berbekal golden hours bagian Magelang, yakni jam 06.00 sampai jam 09.00. Nah, untungnya mama mau nganter anakku sekolah, jadi kondisi rumah aman. Hahaha.

Cuma aku jadi bingung mau minta pendapat siapa dan gimana ngatur pose nya. Capek juga, karena ternyata pada akhirnya hasil fotonya banyak enggak sesuai ekspektasi. Iya kalau bagus semua, waini ternyata ada yang enggak fokus, blur, sampai cahayanya kebangetan. Giliran sudah bagus nih kondisi cahaya dan dapet kesan glossynya, eeeh pose nya malah merem. Ya selamet, kudu ngulang ngulang terus sampai keringetan.

Oiya, aku disini pakai kamera belakang ya, karena kamera depan biasanya resolusinya lebih dikit plus biasanya yang depan enggak bisa disetel manual. Bayangin deh, sumpah pegel motret pake tangan kayak zaman masih pake Blackberry. Tripod mana tripod, ya Tuhan dibawa Suami. Kraay.


Baiklah supaya kalian enggak penasaran, aku kasih list make up yang aku pakai. Enggak pakai macem-macem kok. Yang penting menurutku kesehatan kulit dulu. Karena, aku putuskan bikin make up kali ini dengan judul: Natural Glossy Look.

FACE
Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence
Grapeseed Oil Casa Di Olivia
Wardah Luminous Liquid Foundation
Pond's BB Powder
Mustika Ratu Oxygenated Spray

EYEBROW
Viva Eyebrow Shade Brown

CHEEKS
Lip Cheeck Eye Colour Brun Brun Paris
Focallure Trio Blusher & Highlighter Palette Original

EYES
Vaseline Petroleum Jelly Mix With Eyeshadow Wardah Seri G
Maybelline Magnum Volume Express

LIP
Looke Lipcreme Shade Irene Mix With Vaseline Petroleum Jelly

Dari samping kelihatan bekas jerawatnya
Begitu dapet jadwal deadline make up ini, sebenarnya selain ngepasin jadwal, aku juga nunggu jerawat bulanan enyah duluan. Karena jerawatku biasanya datang mendekati period, bukan pas period. Nah loh bingung kan ya. Hehehe. Kondisi kulit yang sehat bikin kita lebih gampang mengaplikasikan make up.

Pertama-tama, aku bersihkan wajah pakai ritual double cleansing, eventhough ini pagi hari. Yang penting komedo dan sisa cream malamnya bener-bener hilang. Wajah terasa bersih dan segar. Setelah itu aku pakai Avoskin Perfect Hydrating Treatment Essence, tunggu bentar baru olesin Grapeseed Oil merek Casa Di Olivia tipis-tipis. Aku enggak punya face oil soalnya. 


Jadi si Grapeseed Oil ini sebetulnya biasa aku pakai buat bersihin muka alias sebagai cleansing oil. Tapi di sini si Grapeseed Oil juga aku jadiin primer atau semacam face oil biar kesan glossynya dapat. Enggak tahu sih ini bagus atau enggakbuat kulit, tapi menurutku selama enggak beraktivitas di bawah sinar matahari langsung, its okay. 

Selanjutnya, aku pakai Wardah Luminous Liquid Foundation kesayangan. Sudah berkali-kali pakai foundation ini dan cocok buat riasan dewy. Baru setelahnya aku tap tap Pond's BB Powder tipis-tipis supaya enggak terlalu kelihatan noda hitamnya. Plus buat nyetting si foundation biar enggak beleber.

Semua yang bikin berkesan glossy aku pakai deh, termasuk si Vaseline Petroleum Jelly. Setelah aku selesai ritual bedakan, baru deh lanjut ke bagian mata. Eyeshadownya aku campur sama Vaseline Petroleum Jelly ini biar enggak matte banget.


Aku enggak banyak main warna dan macem-macemin daerah mata. Konsisten sama yang namanya Natural Glossy Look lah, ya alasan juga sih sebenarnya karena make up nya terbatas. Hahaha peace dong!

Khusus bagian cheeck, aku sengaja enggak pilih blush on yang model sapuan. Aku pakainya Lip Cheeck Eye Colour Brun Brun Paris. Ini super bagus buat yang pengen make up dewy. Dia bisa nyatu ke kulit tapi juga kayak basah gitu. Suka deh!

Lalu aku tambahkan Focallure Trio Blusher & Highlighter Palette Original. Warnanya cukup netral walaupun highlighternya enggak bisa yang gonjreng banget. Aku suka sih, karena match sama natural look. Aku sapukan beberapa kali dan koreksi terus di bagian ini. Apalagi waktu sudah mulai foto-foto, kudu telaten touch up biar make up nya enggak hilang dan bubar.

Kalau terlalu dekat make up nya malah failed hahaha
Untuk bagian bibir. Aku mix Looke Lipcreme Shade Irene sama Vaseline Petroleum Jelly. Karena kalau pake gloss, bibir aku yang kering, malah jadi ngelupas gitu. Oiya, lupa, sebelumnya aku scrub bibir terlebih dahulu pakai gula dan madu, biar bibirnya lebih sehat dan bisa didandanin gimana-gimana.

Yang terakhir, aku semprotkan Mustika Ratu Oxygenated Spray sebagai finishnya biar lebih lembap dan basah. Kayaknya setting spray seperti ini penting banget sih buat yang suka dandan. Dan sekarang kan lebih banyak ya macamnya, cuma punya ku masih, jadi aku ngabisin yang ada dulu.

HDR setengah mati
Oiya, make up collab kali ini menuai banyak pengalaman. Ada beberapa hal yang aku catat:

1. Jangan lupakan double cleansing setidaknya sekali sehari biar bisa dapetin kulit sehat bersih terawat.

2. Musti punya face oil nih kayaknya. Kalian bisa rekomendasiin aku face oil yang biasa kalian pakai di kolom komentar ya.

3. Pencahayaan yang bagus akan berpengaruh pada hasil foto. Mau pakai kamera apapun, lighting termasuk elemen penting loh. Misal belum punya ringlight kayak aku, ya jangan malas buat foto di golden hours. Cahaya keemasan natural ini sangat bagus kok aselik! Mumpung belum musim hujan juga ini kan, jadi manfaatkan cahaya matahari sebagai pendukung kalian berfoto ria. Ingat ya, walaupun cahaya matahari bagus, tapi usahakan foto tetap konsisten cahayanya. Kalau sudah nemu satu spot oke, langsung pasang tripod dan secepat mungkin jeprat jepret, jangan sampai matahari keburu tinggi. Kalian bisa lihat foto-foto ku di atas kan, warnanya beda-beda karena spotnya juga berpindah-pindah. 

4. Nonton America Next Top Model atau yang sekarang lagi tayang: Asia's Next Top Model, beneran. Hahaha. Kita bisa cari-cari pose yang oke dan dipraktekkin buat koleksi foto kita. Dan yang terpenting, ketahui angle yang terbaik dari diri kita, karena siapa tahu aku foto lagi sendiri gini tanpa ada yang ngarahin yekan. Sambil belajar juga sih foto di depan kamera, masa' jadi orang di belakang layar terus hehehe.

5. Cari-cari highlighter yang lebih oke. Kayaknya harga agak berbicara ini. Kalau konsumsi pribadi dan buat sehari-hari cincai lah. Enggak terlalu kelihatan mah enggak apa-apa. Tapi kalau buat foto, wah yas udah, kudu pakai yang warnanya menyala.

6. Ringlight kayaknya penyelamat juga ya. Hahaha. Masa' mau foto di pagi/sore hari terus. Mana make up nya model yang keburu gitu, mengejar matahari. Nah, kalau ada lighting yang pas, kan mau kapanpun bisa foto-foto yekan.

Alisnya beda ya hahaha
Okey, aku akui, walaupun kalau dibandingin temen-temen yang lain aku masih awam, tapi foto ini definitely bakalan gantiin profile picture ku di Instagram maupun Whatsapp. Habis aku suka banget sih, gimana. Make up ini juga bisa aku pakai sehari-hari, ceritanya ketagihan make up glossy. But yeah, skincare first lah ya. Hahaha.

Baiklah, kayaknya sudah cukup panjang juga blogpostnya. Jangan lupa cek juga kreasi make up yang lain, kayak punyanya si Tulipakasia berikut ini. 


Dan ini dia banner collab kami kali ini. Wah seruuu, yang ikutan makin banyak. Aku jadi makin banyak referensi make up nya. Aku enggak bohong kan, semua kreasi make up nya ciamik semua.




Buat kalian yang pengen gabung buat ikutan collab, bisa banget. Pantengin terus sosial media BEAUTIESQUAD seperti Facebook Page, atau Instagramnya untuk info updatenya. Okey ya, see you on next collab! Daboom!

You May Also Like

2 komentar

  1. Perjuangan ya beb sampe foto bagian kamera belakang.
    Eh itu jadi inspiring liat American model 👍thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener perjuangan sekaliii hihihi. Sip, nonton yang Asia's Next Top Model dulu aja yang masih running wkwk.

      Delete