RESEP SAPI NANAS LADA HITAM

by - September 17, 2018

Ceritanya kebagian daging kurban nih. Kebetulan tahun ini enggak dapet kambing, dapetnya daging sapi. Seneng deh. Karena jujur, selain aku enggak bisa masak segala macam menu kambing, juga enggak suka dan belum bisa dimakan Alya. Cukup beralasan kan? Hehehe.

Baiklah, daripada bingung mau bikin apa, kita langsung eksekusi saja. Di kulkas nemu nanas, wah cocok ya, bisa dimasak bareng biar daging makin empuk dan berasa fresh.


BAHAN 

👉 1/4 Kilogram Daging Sapi Potong Sesuai Selera
👉 10 Biji Cabai Merah/Paprika lebih baik, Lalu Iris Tipis
👉 1 Buah Nanas Kupas Dipotong Sesuai Selera
👉 3 Butir Bawang Putih Cincang
👉 12 Buah Bawang Bombay
👉 Kecap Secukupnya
👉 Tepung Maizena Secukupnya
👉 Gula
👉 Garam
👉 Lada Putih/hitam
👉 Penyedap Rasa 
👉 Minyak Untuk Menumis

CARA MEMASAK

👆 Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu goreng bawang putih cincang hingga kecoklatan. Tambahkan air dan tunggu hingga matang.
👆 Masukkan daging sapi yang sudah dipotong, beri sedikit garam dan lada. Kemudian tutup wajan hingga bumbu meresap dan daging bener-bener empuk. Sisihkan bersama sisa air di tempat berbeda.
👆 Panaskan minyak goreng lagi untuk menumis bumbu lada hitam. Siapkan bawang bombay yang sudah dicincang dan tumis hingga harum.
👆 Tambahkan cabai lalu tumis sebentar.
👆 Masukkan daging sapi beserta air kaldunya. Aduk perlahan sampai merata.
👆 Masukkan garam, lada, dan sedikit bumbu penyedap rasa. 
👆 Lalu tuang kecap dan aduk sampai semua tercampur. Koreksi rasa. Kira-kira kurang apa, kalau aku suka sama lada jadinya lada lumayan banyak.
👆 Masukkan nanas pada bagian terakhir, supaya nanasnya masih terasa segarnya. 
👆 Larutkan tepung maizena ke air, aku kira-kira saja sih enggak pakai takaran hehe. Tuang air maizena tersebut ke masakan. Campur semuanya deh biar nanti airnya mengental.


Aku sekali masak sapi lada hitam seperti ini bisa buat makan berkali-kali. Enggak habis tinggal manasin sampai habis bis. Karena semakin lama kita masak, semakin empuk pula daging sapinya. Maklumlah, umur sudah mendekati tua, jadi ya makan apa-apa harus yang empuk dan jangan yang keras-keras amat, biar enggak sakit gigi. (Polos amat ngakunya)

Oke deh, sekian resepku kali ini. Sekarang aku lebih sering masak juga sih, tapi selalu lupa foto dan lupa masukin blog. Huhuhu so sad. Padahal lumayan berguna loh, karena begitu masak aku seringnya lupa resepnya. So, blog yosairfiana berguna juga buat jurnal pemiliknya. Hehehe, peace yo!

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM