EMANG UDAH NGAPAIN AJA DI TAHUN 2017?

by - December 30, 2017

Krik. Abis nulis judul itu langsung bingung sendiri. Yang lain penuh semangat ngadepin tahun baru, aku malah nyolot sendiri. Bikin judul kok ngga read-able. Hahaha.


OK, anggep aja ini sebuah refleksi diri sebelum aku melangkah lebih jauh lagi. Jujur aja ya, tiap tahun aku justru bingung kalo disuruh bikin resolusi. Pertama, semua hal yang aku inginkan selalu berbau uang. Kudu bisa beli laptop baru, kamera baru, bisa piknik sampe naikin haji orang tua yang ujung-ujungnya tetep: kerja keras cari uang. Muluk muluk intinya. Btw, ini mah bukan resolusi, semua orang juga pengen keleus.😑
Kedua, aku males kalo ngga terealisasi. Aku pengen sekali berkeinginan, ya fokus dulu satu itu. Baru nanti nyusul keinginan lain begitu seterusnya.
Dan ketiga, ngga usah nunggu tahun baru napaaaa? Momentumnya ngga pas ini. Mau beresolusi tapi kerjaan aja belum kelar. Yang ada ditambahin jadi numpuk terus kapan selesainya? 
Jadi resolusi tahun baru besok jelas sudah: Selesaiin kerjaan aja ngga usah banyak cakap. *meh*

Sutralah aku sendiri juga bingung mau berandai-andai piknik yang jauh kemana gitu barengan anak bojo. Tapi ya memang sedang susah. Masih sama kok, masih tahun tahun perjuangan.

Tahun 2017 sebenernya better than tahun sebelumnya. Bahkan jauh dari itu, aku udah bisa dapetin uang bulanan pribadi selain nafkah dari suami. Terdengar sepele ya. Tapi sangaaat berarti. Tahu sendiri lah, setelah menikah itu rasanya kok dari nol lagi. Uang yang dikumpulin rasanya selalu habiiis aja ngga tahu kemana rimbanya. And then ketambahan punya anak yang bikin hidup makin duss tak jess.

Kesel tapi cihuy. Mungkin kalo engga nggetih gini, aku ngga akan tahu rasanya merangkak dan berproses. Masa iya sih, ijig ijig melek udah enak. Dimana letak pilihannya. Lain kalo kita dari bawah dulu. Ya ngga cuy?

Setingkat lebih maju di tahun 2017 aku awali dengan mulai nge-blog lagi. Sebelumnya aku emang udah punya blog yang berisi tentang parenting sendiri kan. Nah, waktu aku nulis tentang baby blues lha kok banyak yang DM dan nyariin aku lewat sosial media. Itu berarti tulisanku membawa pengaruh bagi pembaca.

Even aku juga emang freelance scriptwriter, tapi punya blog pribadi rasanya jauh lebih merdeka dan lebih asik bereksplorasi. Aku jadi lebih berani bersuara, mengungkapkan perasaan pribadi dan melihat dari sudut pandang lain.

Nulis ya tingga nulis. I feel like i have my own company. Ngebranding diri sendiri dan membangun apa yang aku pengen lewat tulisan. Ngga cuma ngendon dipikiran, lewat blog ternyata bisa menambah teman dan banyak banget wawasan.

Sampe aku sendiri heran lho, di umur blog yang baru 3 bulan jalan, aku udah bisa dapetin sponsored review. Eh B aja ya. Hahaha. Iya iya... itu aku udah seneng banget lho. Tapi sayangnya, hingga saat ini aku masih belum berani beli domain pribadi dikarenakan.... konsistensi.

Asli, aku sendiri ngga bisa janji bisa rutin ngeblog dan kasih tulisan yang selalu berfaedah. Bayangin aja, aku sehari-harinya nulis naskah, dan 2018 bakalan banyak project besar nan menggiurkan. Aku jadi bingung sendiri ya kan, ruang nulis dari buah pemikiran kecil yang aku anggap sebagai ruang bermain itu bakalan ngga asik lagi.

Yang tadinya aku cacicu nulis, jadi sering ngeblend sama naskah yang sedang aku garap. Misal aku lagi bikin creative tentang webseries yang isinya lucu-lucu, begitu mood nulis blog ya jadi lucu. Kalo misal aku lagi bikin drama mellow atau iklan yang isinya petuah bijak, yasudahlah, bisa tebak sendiri nanti blognya jadi ikutan penuh quotes kenamaan. Hahaha.

Keberuntungan ngeblog lainnya adalah, jam terbangku menulis jadi terasah. Dan tawaran demi tawaran bikin naskah makin berdatangan. Say what? Alhamdulillah.

Trus tahun 2017 ini aku juga berhasil menyapih Alya tanpa drama. Yes, buatku itu keren tauk. Anak yang tadinya neners garis keras ini akhirnya bisa lepas tanpa komat kamit dukun atau tragedi brotowali. Abis disapih, tentu aja banyak keuntungannya. Alya lebih mandiri, dan aku bisa kerja lagi. Aku jadi leluasa ambil kerjaan keluar rumah. Horeee...

Baca juga: Menyapih Tanpa Drama

Mmmm apalagi ya. Ohiya, aku juga udah dihire menjadi creative dan scriptwriter khusus dari sebuah production house. Yang punya temenku sendiri sih, dan teamnya juga mantan kantor dulu. Jadi ya udah klop dan saling melengkapi gitu. Kami mengerjakan program TV, TVC sampe webseries. Lumayan lah buat lebih dari jajaan duh aku terharu.

Selain itu, aku juga jualan online lagi yaitu perawatan organik kayak masker, lulur dan rempah-rempah. Pas zaman belum nikah sih jualan ini bisa menghidupi keseharianku di kota besar. Nah, sekarang kalo bisa jalan lagi kan, aku bisa ngumpul-ngumpulin uang buat beli rumah idaman. *kedip kedip*

Baca juga: Antara Passion dan Bisnis Sampingan

Dan kabar baik terakhir, aku dapet project akhir tahun dari Kominfo, berturut turut Dinas Pariwisata lalu yang terakhir project besar tahun depan: Web Series dan Film pendek. Belum lagi project program TV yang tetep jalan.

Ternyata Tuhan selalu membukakan jalan. Ia mendengar  apa yang diucap lirih seraya bersabar. Anyway 2017 banyak membawa perubahan...

Dan tentu saja aku siap menyambut tahun depan.

😉😉😉😉

You May Also Like

2 komentar

  1. Happy new year mba :) .. Semoga semua yg di planning nantinya bisa berjalan lancar yaa.. Ga usah bikin target yg muluk2. Sesuai kemampuan dan achieveable aja deh yg penting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak mbak fanny. Amiiiin amiiin. Ah iya, aku kudu ngukur kemampuan hihihi.

      Delete

INSTAGRAM