RESEP SEMUR SIMPLE ANTI GALAU

by - February 19, 2017



Hampir tiap hari berkutat di dunia dapur jadi bikin bosen makanan sendiri. Saya adalah salah satu Ibu paling gedombrangan sedunia. Masak bisa sambil nyuci, mandiin anak sekalian mandi sendiri, sampai ngepel dan beres-beres kamar jadi satu kegiatan di setiap pagi.
Alya bangun pagi jam 6, jadi saya kudu udah selesai bersih-bersih atau masak. Abis mandi nih, kalo makanan belum tersaji dengan cepat, widiw, pasti minta nenen aja. Makannya saya musti rajin-rajin masak simple nan enak supaya Alya jadi ngga males makan. Karena, sekali dia punya mood makan dan ngga terpenuhi, timbullah badmood kemudian. Apa emaknya ngga capek?  *curcolterooos
Ini! Ini! Semur kombinasi anti galau.
Kapan hari itu Mama pernah bilang kalo masak itu dibikin gampang dan senang. Mama kasih resep semur yang bener-bener ngga perlu ribet. Istilahnya cemplung cemplung beres.
Ndilalah cuy, di kulkas ada galantin sama telor puyuh, saya kepikiran bikir semur ala mama. Kalo versi saya nih biasanya dikasih serai, bawang putih sama kemiri. Diuleg lembut dan ditumis.

Kali ini ngga perlu repot nguleg ya? Ngga nambahin cucian piring juga lho. *ini penting*

BAHAN:
  • 1 buah galantin
  • 10 buah telor puyuh dikupas
  • 5 tahu putih dipotong-potong (sesuai selera)
BUMBU: 
  • 5 siung bawang merah 
  • 6 sendok makan kecap
  • 1 sendok teh garam
  • Seperempat sendok teh merica bubuk
  • 50 ml air
CARANYA:
  1. Cincang bawang merah, kemudian tumis hingga berubah warna cokelat. 
  2. Masukkan galantin, telor dan tahu dan tumis sebentar.
  3. Tambahkan kecap, lada, garam dan air. Ratakan.
  4. Tutup wajan sebentar hingga kuah mengental.
Yeay, simple abis kan? Ngga pake pala, ngga pake serai, ngga pake bawang putih. Total waktu masak kira-kira sekitar 20 menit deh sama siap-siapinnya. Rasanya? Yakin ngga kalah enak.
Yuk ah, praktekin. 

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM