RESEP SAMBAL GORENG PETAI

by - February 08, 2017



Sumpah tadinya saya benci banget sama benda satu ini. Selain bikin bauk, pete juga aneh rasanya. Jaman masih kecil, mama sering masak pete sendiri. Gimana lagi, di rumah ngga ada lagi yang doyan menu ini. Papa benci banget kalo mama udah mengeluarkan jurus menu andalannya ini. Saya dan adik-adik kadang merasa iba kalo mama makan pete sendirian di dekat kolam. Mama rela mengasingkan diri. Kalo saya pribadi, mau dimasak sambel, mau dibikin nasi goreng, mau dijadiin lalap, atau barangkali mau ditambah keju? No!
Seiring berjalannya waktu dan bertemu dengan banyak orang, rasa risih sama pete itu akhirnya kian samar. Apalagi waktu kerja, banyak temen yang maniak pete. Mau komplain kok mereka keroyokan, mau nyicip tapi asli ngga nahan baunya. Termasuk Mas Suami, tergoda makan pete gara-gara ngelihat temen-temen “kok kelihatan enak makan pete?“ Ternyata setelahnya dia doyan dan secara sah bergabung dengan Club Pete Mania di kantor. Saya jadi terbiasa melihat Mas Suami dan Mama makan pete.
Ternyata benda bauk ini banyak manfaatnya lho, iseng saya googling manfaat pete, dan ini dia MANFAATNYA:
1. Meredakan depresi
2. Mengatasi gangguan PMS
3. Mencegah anemia
4. Menurunkan tekanan darah tinggi
5. Menghilangkan rasa sesak karena kekenyangan
6. Menghilangkan gatal karena gigitan nyamuk
7. Mencegah serangan stroke
8. Baik untuk kesehatan lambung
9. Mengandung antioksidan
10. Kaya vitamin C
dan masih banyak lagi.
Dan di suatu hari, tiba-tiba dibenak saya pengen makan ini! Ngga tau angin dari mana atau jangan-jangan saya diguna-guna monster pete.
Saya langsung bilang, “Mas, aku mau nyoba”
Mas Suami menanggapi biasa aja sambil nyodorin: ‘Nih, ngga usah banyak-banyak dulu, makannya bareng sama nasi atau yang lain”
Ketika saya nyoba dengan satu sendok nasi, rasanya memang aneh. Malah kadang ngga ada rasanya. Tapi lho eh, kok enak. Ah, jangan-jangan karena sambelnya ya? Tapi aromanya jadi beda memang kalo sama pete.
Demi gengsi, saya sudah makan pete hari itu juga. Tapi akhirnya nagih lagi di hari-hari selanjutnya. NAGIH!
Paling sering saya dimasakin mama atau beli diluar. Tapi kali ini saya pengen nyoba masak sendiri sambil takut, rasanya gimana ya kalo malah ambyar? HUHU. Saya Cuma inget-inget waktu mama masak.


Ini resepnya:
  • 2 papan petai matang
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 15 cabe keriting merah
  • 5 cabe rawit merah
  • 1 buah tomat sayur
  • Seperempat gula jawa
  • 1 sendok teh terasi
  • Minyak goreng secukupnya

Cara masaknya:
  1. Masak bawang merah, bawang putih, cabe dan tomat hingga agak layu. Tomatnya saya masukkan terakhir jadi tomat ngga terlalu matang, biar rasanya segar.
  2. Uleg/blender bahan sambel tadi hingga rata. Tambahkan gula jawa dan terasi.  Saya lebih suka pake uleg-an, dibikin ngga terlalu halus, biar bawangnya kerasa.
  3. Tumis pete dalam minyak goreng secukupnya, hingga setengah matang. Kemudian masukkan sambel dan ratakan.




Mama nyaranin saya supaya pete jangan dimasak terlalu matang, biarkan setengah keras. Kalo terlalu matang malah rasanya eneg. Mas Suami bilang enak itu udah paling bikin bahagia. Baru sekali masak pete udah oke, maklum doski juga pinter masak. Dan saya jadi bisa pilih pete yang masih muda atau siap masak. Kalo terlalu muda, rasanya ngga mantep, kalo tua juga ngga enak. Pokoknya dari baunya aja udah kerasa kok.
Tapi sampe hari ini, kalo makan pete, saya ngga berani terlalu banyak juga, takut menyengsarakan umat. HAHA.

You May Also Like

0 komentar

INSTAGRAM