5 YOUTUBER FAVORITE

by - December 07, 2018

Profesi orang makin beragam berkat kehadiran internet. Dari yang hanya orang biasa, hingga yang punya modal, mempunyai kesempatan yang sama. Sebut saja Kekeyi Putri Cantika. Mungkin buat yang kontra, hal ini akan menjadi perdebatan pelik. Paham kok, kualitas konten yang dibikin Kekeyi terbatas dan mungkin enggak ada faedahnya. Cuma hari gini siapa sih yang bisa memprediksikan internet?(Selain Tuhan yang pasti wk)

Bisa saja orang sudah capek-capek bikin konten bagus tapi subscribers segitu-segitu saja. Atau justru yang baru-baru yang bermodal iseng doang, malah langsung viral. Coba siapa yang bisa menyangka. Nah, inilah hebatnya internet, bisa sih semua dipelajari, tapi enggak jadi sesuatu yang pasti.

Sebagai orang yang berkecimpung di dunia audio visual juga, sudah berkali-kali aku bilang, kalau youtube adalah angin segar. Beda banget pokoknya sama televisi, sama film, istilahnya di youtube kita bisa menghasilkan karya sendiri tanpa repot-repot. Aku ya, mau ngejual pilot program ke stasiun televisi saja rasanya susah kok. Bikin film cari sponsor, ikut ke festival, bikin proposal, butuh efford banyak kok.

Nah, youtube makin ke depan kan jatuhnya makin memperlebar kesempatan. Nyatanya sekarang pada bikin webseries juga kan orang-orang film? Makanya, kalau kalian nge-judge Kekeyi yang cuma gitu doang bisa viral, ya gimana ya sist, bukankah ini juga kesempatan emas buat kita-kita. Mau masuk TV, mau masuk film, mau jadi public figure susah loh. Mbok ya legowo saja. Enggak adil loh, membatasi pemikiran hanya karena keterbatasan.

Aku justru malah mendukung sepenuhnya para vlogger yang bermunculkan. Asalkan tetap ya, kalian harus berkembang :)


Mong-ngomong soal Youtuber, aku enggak tahu kriteria pastinya. Apakah bersifat personal, kayak vlogger gitu? Atau bisa juga semacam video tapi dibikin oleh sebuah team? Karena menurutku pribadi, semua yang dikerjakan secara tim, pastinya bakalan lebih matang dan terkonsep. Stress loh bowk mikirin konten sendirian. Hahaha.

Nah daripada bingung sendiri, aku coba list youtuber yang sering aku tonton. Ini dia:

1. Space#


Berawal dari Allan Wangsa sih. Dia pemenang Big Brother Indonesia. Terus aku ngikutin Youtubenya Allan yang Meja Gunjing sama Masisya barengan Andre Bailing. Sumpah aku ngakak karena lucunya enggak ketulungan, ditambah sama grafisnya yang cakep, bikin setiap episodenya "loh kok segini aja". Beneran yang enggak kerasa nontonnya.

Terus aku kepo sama Space#, ternyata sudah banyak bikin series. Dan mereka ini semacam perkumpulan talent-talent gitu. Series yang cukup terkenal sebenarnya Keluarga Badak. Ringan dan bener-bener hiburan. Selain itu yang baru Beef Rap Battle. Ini berupa kompetisi hip hop pertama dan terbesar di Indonesia. Enggak tanggung-tanggung, nanti hadiahnya berupa uang sebesar 100 juta rupiah. Oh wow, barangkali kalian tertarik, langsung cuuuss ke youtube mereka!

2. Bayu Skak


Ngomongin soal youtuber belum lengkap tanpa kehadiran Bayu Skak. Bayu sebenernya punya tim dalam membuat konten youtube. Sejak dulu aku paling suka sama aksen suroboyo yang medok dan khas, nah ini nih yang jadi point plus. Bayu juga pinter ngelucu, ngelucunya pas. Padahal susah kan ngelucu.

Bayu termasuk orang yang sukses diranah youtube, terbukti setelah diundang meet up oleh Presiden Jokowi, Bayu juga akhirnya bikin film sama Fajar Nugros berjudul Yo Wes Ben. Semakin produktif ya, mana Bayu nih juga punya band pula. Klop. Semoga ke depannya Bayu bisa terus berkarya dan memberikan pengaruh positif bagi penggemarnya.

3. Cameo Project


Mungkin ada yang belum tahu Cameo Project? Basisnya orang-orang kreatif di Jakarta. Hampir mirip sama Space#, Cameo juga menampilkan konten yang bukan hanya menghibur tapi juga turut memberikan inspirasi. Sebut saja Reza Nangin, Martin Anugrah, sampai Yosi Mokalu.

Cameo project juga pernah ngisi acara InstaTawa Trans TV kok. Saking bisa dinikmatinya oleh berbagai kalangan. Kalau space identik sama blak-blakan, cameo berbeda. Ia bener-bener bisa nge-blend di semua lapisan dengan gaya bahasa yang ringan. 

Yang paling gila, sekarang Cameo bikin project film. Topik yang diangkat makin berbobot, tentunya dengan kemasan yang enak dilihat, dan asik. Subscribe deh, pasti bakal ketagihan nonton konten mereka.

4. Vice Indonesia

Boleh dibilang kontennya berupa film dokumenter. Terdengar berat? Oh enggak sama sekali padahal. Gaya bahasanya anak muda banget, pengambilan gambar yang enggak lebay, dan cenderung menekankan pada pesan yang akan disampaikan. Uniknya, Vice bisa membuat situasi netral tanpa memihak satu sisi. Penontonlah yang nantinya akan menilai apa arti tayangan ini.

Menuruku Vice berhasil membuat sebuah era baru film dokumenter. Coba deh tonton yang soal poligami, Royal Blood, Feminis Islam, sampai seri terbarunya yaitu indopop yang bekerja sama dengan gojek.

I highly highly recommended this buat kamu semua. Beneran, ketimbang kalian nontonnya tayangan sinetron, scroll media sosial lambe-lambe-an. Please, tonton lah Vice!



5. Sacha Stevenson

Mungkin ini satu-satunya youtuber yang jatuhnya personal. Aku suka Sacha karena kontennya yang sering mengoreksi kesalahan-kesalahan berbahasa inggris oleh beberapa public figure Indonesia. Sebut saja Suhay Salim, Nicholas Saputra, Luna Maya, Ridwan Kamil, sampai Joko Widodo.

Sacha ini Native Speaker. Awal 'kenal' sacha pas dia bikin video "How to Act Indonesian", lucu banget penyampaiannya. Sebagai warga asli Indonesia, aku kadang ngerasa oh iya bener juga ya hahaha. Sacha blak-blak-an banget apalagi kalau mengoreksi kesalahan bahasa inggris. Mau dia artis, mau dia Presiden, kalau salah ya salah.

Pas mengritisi Ibu Susi, dia bilang bahasa inggrisnya punya aksen unik walaupun terdapat beberapa kesalahan. Tapi, dia sebenernya nge-fans sama Bu Susi sampai terharu pas foto bareng. Hihihi lucu ya. Aku senang mengikuti Sacha karena itung-itung buat ngelatih bahasa inggrisku sendiri. Thanks Sacha!

***
Sejujurnya, sekarang aku lebih sering buka youtube ketimbang nonton televisi. Youtube itu asik, enggak bikin boring dan on demand banget. Mau nonton apa tinggal search, bosen tinggal pindah, nyari apa saja ada, dan bisa dimana saja. Wah ya lama-lama citra televisi bisa tergantikan semua oleh youtube nih hahaha. Becanda kok, aku yakin semua pasti ada segmennya.

Oke segitu dulu ya, semoga membantu kalian yang bingung mau nonton apa di youtube. Saranku sih, kontrol media ada pada diri kita. Mau tayangan apa kalau kita pandai memfilternya pasti jatuhnya akan menjadi hal yang bermanfaat kok. Ambil saja sisi positifnya, hari gini pada mikir negatif muluk kapan berkembangnya. Ya kan?

Intinya, berkaryalah selagi kita bisa. Karena karya, adalah ekpresi diri kita.

#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day 18

You May Also Like

0 komentar