JERAWATAN? SUDAH COBA PRODUK ANDALAN INI?

by - December 15, 2018

Dari sekian banyak artikel yang aku bikin, label review pastinya memberikan tabungan pageview cukup banyak dibanding dengan yang lainnya. Paham banget kok, kalian di luar sana sering banget nyari tahu rekomendasi skincare khususnya untuk jerawat. Nah, berbekal pengalamanku sendiri yang struggle tiada habis mendambakan kulit mulus, dalam mereview produk, aku bakal ngomong apa adanya. Honest review lah kalau para blogger bilang.


Aku kasih tahu sedikit cerita perjalananku gonta-ganti skincare ya. Jadi, aku memang sudah jerawatan sejak SMA. Aku inget banget, itu karena aku enggak cocok sama cream POND'S dan tergiur sama efek pencerahnya. Habis itu entah gimana ceritanya, muka yang tadinya mulus-mulus saja, berubah jadi geradakan di pipi. Jerawatnya model yang gatel, merah-merah, dan bikin gemes mau dipites. Cuma sayang, aku enggak tahu gimana penangannya. Pernah sih sesekali facial di salon, tapi tetep wae malah jadi makin parah.

Waktu kelas 2 sudah agak mendingan karena mulai pakai cream jerawat walaupun enggak rutin. Habis itu kumat deh pengen nyoba ina inu, sampai segala apa dicoba kayak minyak bulus segala, dan jerawat tetap datang silih berganti.

Beralih ke kuliah, aku sudah mengenal facial wash, peeling, masker, sampai obat jerawat. Lumayan banyak yang aku coba. Lagi-lagi enggak yang bisa langsung bersih sih gitu, pasti ada saja jerawat dan bekasnya itu loh enggak nguatin. Mana yang namanya produk, enggak bisa kan cuma rekomendasi saja, kalau mau tahu ngefek apa enggak, ya harus berani nyoba.

Jerawatku agak mendingan, kalau aku rajin merawat wajah. Lebih-lebih pas sudah kerja, begitu ada uang, larinya ke klinik kecantikan. Tapi gini ya, sifat beberapa klinik kecantikan, kalau kita rutin ya hasilnya bagus. Giliran stop, bakalan ambyar semuka. Mana klinik yang aku datengin tuh yang mahal-mahal pula, denger-denger ada steroidnya. Duh, mulai deh salah kaprah ngerawat muka.

Kondisi wajah habis dirawat di klinik malah jadi banyak bopeng akibat terlalu sering difacial. Ini juga yang menyebabkan sampai sekarang susah bener mau memperbaiki tekstur. Tapi enggak manusia namanya kalau enggak belajar dari pengalaman. Lalu setelah punya anak, baru aku tersadar, kalau kita benar dan mengerti kondisi kulit wajah sendiri, kulit pasti bakalan kalem dengan sendirinya.

Berbekal dari banyakin baca review blogger, gabung ke forum kayak Female Daily Forum, terus juga sekarang kan makin banyak ya pemerhati skincare di Instagram, jadi ku senang, aku makin banyak wawasan. Memang bener ya beauty entusiast kadang tumbuh karena mereka juga punya pengalaman pahit buat kulitnya haha. So do i.

Sekarang aku sudah ngerti bener gimana cara ngerawat kulit. Ngerti apa itu pentingnya tahu ingredients, sampai Mitos dan Fakta Soal Skincare. Ternyata selama ini aku salah merawat muka cuy, basicnya saja sering salah kok, mau yang layer-layer.

Aku kasih tahu ya, tahapan merawat wajah yang terpenting adalah CLEANSING, HYDRATING, AND PROTECTING. Ketiga ini dulu sudah bener belum, nah kalau sudah nemu yang cocok, baru bertahap kalau mau yang layer-layer.

Tenang, aku bakalan ngasih tahu ke kalian produk apa sih yang cocok di kulit aku dengan harga yang terjangkau. Beberapa bisa kamu dapetin di swayalan terdekat tapi kayaknya hanya satu yang didapetin via online. Oh, dan ini adalah produk lokal semua. Gimana, mau tahu kan, apa saja? Lets check it out.

1. VIVA MILK CLEANSER GREENTEA

Termasuk dalam step first cleanser. Beberapa orang bilang, kulit berminyak ngapai pakai milk cleanser? Padahal minyak itu ya bisa larut sama yang kental-kental. Makanya, dalam step membesihkan wajah, aku selalu menerapkan double cleansing, biar bersihinnya maksimal.

Viva Milk Cleanser Greentea ini di Female Daily sering dibahas juga, bahkan dinobatkan sebagai pembersih paling recommended. Baik itu segi harga maupun efektivitasnya. Aku masih bertahan sama Viva Milk Cleanser Greentea karena mau beli cleansing oil tapi kok harganya belum ada yang cocok. Istilahnya,Viva saja sudah oke, ya sudah bertahan dulu. Baru nanti kalau ada duit skincare lebih, mungkin baru ganti.

Dibanding sama varian lain, aku paling sering beli yang greentea. Wanginya kalem, enggak sepedih yang lemon, dan bersihinnya lebih tuntas dibanding yang timun. Buatku sangat pas. Enggak lebih, enggak kurang.


Aku pakai dua kali sehari, pagi dan malem sebelum tidur. Caranya begini: aplikasikan milk cleaser di seluruh wajah yang kering, lalu pijat lembut. Habis itu diperciki air sedikit saja, pijat lagi, baru bilas. Supaya apa sih kak? Ya supaya minyak luntur sis, wkwk. Konon kalau pakai oil atau balm sebagai first cleanser lebih enak lagi karena bisa di emulsi. Emulsi sangat baik buat kulit berminyak, supaya minyak stabil.

Nah, milk cleanser sifatnya memang belum tentu bisa mengemulsi, cuma dengan cara pakai seperti itu, sudah cukup membantu mengurangi minyak berlebih kok.

2. AVOSKIN PERFECT HYDRATING TREATMENT ESSENCE

Mungkin buat sebagian orang, belum ngerti bener, apa sih ngefeknya Treatment Essence? Padahal kalau sudah nemu yang cocok, produk hydrating ini akan bekerja supaya cream yang akan kita pakai selanjutnya lebih meresap sempurna. Produk Hydrating juga bagus supaya kulit enggak dehidrasi, karena kulit yang dehidrasi justru akan memicu minyak berlebih, atau malah akan kering kerontang.


Kenapa avoskin? Ya jelas karena Avoskin produk hydrating lokal yang paling mantep. Ini sudah aku buktiin sendiri. Buat yang mau nyoba dan takut enggak cocok, coba beli yang botol kecil. Segitu bisa dipakai sebulan lebih. Aku pakainya setelah membersihkan wajah baru deh tap tap pakai PHTE ini.

3. GIZI BEAUTY ACTIVE LOTUS ESSENCE CREAM

Susah nyari pelembab buat kulit berjerawat? Dari segala cream yang pernah aku coba, aku bisa bilang, Gizi Lotus Cream ini sebagai cream yang cocok. Harganya terjangkau, efenya juga bagus. Dia bisa mencegah jerawat dan juga membuat kulit tetap terjaga kelembapannya. Aku pakai setelah Avoskin PHTE.

Oh iya, Gizi Lotus Cream sudah mengandung SPF rendah. Cocok buat pemakaian sehari-hari, namun kalau intens kerja di bawah paparan sinar matahari, tetep kudu ditambahin sunblock ber spf ya.

Baca review lengkapnya: Review Gizi Lotus Cream

4. VIENNA SLEEPING MASK - ACNE CARE SACHET

Baru beli semingguan yang lalu dan sebagus itu coba. Aku sempet under estimate, mana produknya sachetan gitu kan. Tapi ternyata enak bener di kulit, jerawat lebih kalem, dan dapet sensasi adem. Sesuai namanya, sleeping mask, jadi dipakai semalaman di wajah setelah ritual membersihkan wajah.


5. FANBO ACNE GEL

Kadang ada kalanya kan jerawat membesar dan meradang? Dulunya, aku mengandalkan pembasmi jerawat model lotion, tapi berhubung Fanbo mengeluarkan varian Acne Solutionnya, aku langsung nyoba dong, termasuk yang acnel gel. Dan officially bombastis! Dalam 3 hari jerawat bisa ilang gitu loh sampai yang enggak berbekas. Ciamik kan? Fanbo Acne Gel juga bisa dipakai di pagi atau malam hari, tapi aku lebih seneng malam hari, sesudah memakai Avoskin PHTE dan Sleeping Mask.

Baca reviewnya: Review Fanbo Acne Solution

Sebenernya masih ada produk lain dalam serangkaian menumpas jerawat, tapi setelah diotak-atik, 5 ini deh yang paling ngaruh bikin kulit lebih sehat terawat. Pokoknya kunci cuma: membersihkan wajah metode double cleansing, terserah apa facial washnya, asal first cleansingnya sudah betul. Baru ke tahap hydrating sama protect.

Well, itu dia produk andalan aku selama ini. Rumus skincare di dunia ini adalah, kalau aku cocok, belum tentu kamu klop. Nah lo, bingung kan. Intinya apa? Kalau kalian mau coba cobi produk baru, yang kamu butuhkan adalah keberanian dan cari tahu ingredients yang tepat.

So, silahkan mencoba, semoga kalian juga cocok ya!

#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day 26

You May Also Like

1 komentar

  1. Aku sukaaa juga maskeran pake Vienna, favoritku yang model peeling mask..sensasi ngelotokin maskernya itu trus after effect setelah masker mua jadi kenyal dan halussss...😍

    ReplyDelete