MY TOP LIST INSTAGRAM ACCOUNT

by - December 04, 2018

Sudah pernah aku bahas ya, soal instastory, ini tuh sudah kayak kegiatan umum buat orang-orang zaman sekarang. Enggak perlu disalahin, tinggal sikapin saja secara bijak. Toh nyatanya, Instastory lama-lama menjanjikan, mulai dari endorse versi murmer, sampai bikin pembahasan seru lalu taruh di highlight.

Keren sih, agak enggak nyangka juga perkembangan instastory segini cepatnya.

Source: https://pixabay.com/en/instagram-mobile-phone-smartphone-1789189/
Sebagai makluk yang enggak bisa jauh dari Instagram, kini aku lebih sering mencet IGs duluan ketimbang kepo foto-foto kalian. Enggak tahu deh ya, rasanya kayak kesirep gitu pencet buletan-buletan yang berjejer di atas. Berlanjut ke next stories, sampai ke orang lain setelahnya.

Bagiku, melihat IGs sama dengan terasa dekat sama orangnya. Bayangin deh, dari yang enggak kenal saja bisa langsung nyambung sama topik yang diangkat kok. Kita pun juga bisa langsung DM sambil SKSD dikit (ya kecuali kolom message dinonaktifkan sih).

Nah, enggak sedikit pengguna Instagram yang sengaja membuat instastory sebegitu menariknya. Yang lagi marak tuh, bikin topik lalu dibahas bareng. Di situ kita bisa saling sharing via DM. Kemudian merekalah yang akan membahas satu per satu DM dengan atau tidak ditampilkan nama.

Ini menarik banget, mengingat fungsi instastory sendiri sekarang lebih mudah dijangkau dan lebih menarik ketimbang blog. Instastory lebih praktis, tinggal tap tap tap, dan tampilannya enggak tulisan mulu. Maka enggak heran juga, sekarang banyak bermunculan aplikasi untuk membuat instastory.

Mungkin memang itu prinsip utamanya sih ya. Karena konon, engagement instagram sekarang juga berubah, sampai postingan orang di timeline saja kadang enggak kelihat kan. Lalu beberapa orang  sampai mengingatkan: "cek postingan terbaru kakak, ada yang lucu loh"

Sekarang aku lagi suka sama IGs yang mengangkat topik asik dan seru. Misalnya pendidikan, parenting, short review, sampai ngomongi hal-hal yang masih dianggap tabu seperti LGBT. Mayan deh, dari pada cuma mantengin IGnya selebgram yang isinya endorse-an krim abal-abal, seenggaknya kita juga bisa pilah pilih orang yang akan kita follow di Instagram.

Pengen tahu siapa saja? Here they are.

1. @catwomanizer AKA Andrea Gunawan

Jujur ya, pertama kali tahu Andrea ini malah justru dari instastory temen. Dia ngerepost gitu postingan Andrea tentang LGBT. I feel so wow, mindset Andrea bener-bener terbuka dan berwawasan luas. Langsung deh aku follow. Dan ternyata... banyak banget topik kontroversial lain yang dibahas. Yak, mantep, langsung love.

Terus beberapa saat setelahnya, hasil kekepoanku sama Andrea Gunawan, aku baru tahu kalau dia suka kucing, makanya nicknamenya carwomanizer.

Andrea ini sebenernya juga seorang blogger, plus public figure. Jadi boleh dibilang, pemikiran bebasnya juga karena pengalamannya yang banyak. Coba deh tengok highlightnya. Dia bahas topik semacam aborsi, sugar mommy/daddy/baby, menstrual cup, sampai tips seputar relationship.

Gile ya, aku kadang sampai enggak kepikiran sejauh itu loh. Ini beneran jadi new insight buat aku yang hidupnya lempeng-lempeng saja. Bertemu dengan Andrea, menciptakan hidupku lebih realistis dan berpikiran terbuka.

2. @jouska_id 

Jangan bilang kamu enggak kenal Jouska. Karena ya bowk, cerita-ceritanya saja seruuuu. Cara penyampaiannya juga asik, enggak bikin aku pusing padahal lagi ngomongin finansial. Jouska juga banyak membagikan ilmunya secara gratis tis. Dari yang cicilan mobil lah, apartemen lah, pernikahan gedhe-gedhean lah, sampai sepasang kakek nenek yang pada akhirnya sukses jualan telur asin.

Buatku yang kadang sudah give up begitu dompet menipis, lewat Jouska lah aku jadi agak teratur dan mulai mikirin finansial ke depan.

Ohiya, Jouska sebenernya sering ngadain meet up gitu di beberapa kota, cuma eventnya selalu enggak kebeneran sama jadwalku. Padahal asik loh, sama siapa lagi sih bisa ngobrol keuangan seru tanpa bahasa yang ribet?

3. @skinchemically AKA Stefan

Tahu stefan ini gara-gara Mrs Delonika kalau enggak salah. Waktu itu followers stefan masih 4000an. Stefan itu blogger juga kok. Ia sering bahas kulit berjerawat dan beberapa kandungan bahan produk yang enggak cocok. Stefan neranginnya simple kok. Dia satu-satunya orang yang aku catat sebagai orang yang humble dan sabar menjawab berbagai macam pertanyaan orang.

Terus yang aku suka lagi, stefan tuh kalau ngasih review bener-bener yang jujur dan enggak menyakitkan. Stefan pun selalu menekankan, kalau sebuah produk cocok di kamu ya sudah, itu keputusanmu buat memilihnya. Mau produk lokal, sampai yang mahal pun, Stefan enggak beda-bedain kok. Apalagi kalau sudah cocok, mau apa gitu kan ya.

Yang terakhir ini aku lihat Stefan bahas Nano Spray. Hiyaaak, aku punya yang harganya jutaan. Padahal fungsinya sama kayak face mist. Mau sedih sih, tapi enggak bisa apa-apa. Beruntung sekarang ada Stefan, jadi misal mau beli apa-apa aku contek dulu produk yang dia pakai. Hahaha.

Oiya, buat kalian yang masih awam sama Stefan, sesuai dengan nickname @skinchemically, bahwa dia ini skincare junkie with science degree! Jadi ya enggak heran, kalau semua nama kimia dia ini tahu betul.

4. @jennyjusuf

Penulis skenario Filosofi Kopi sih kenalnya, hehe. Jenjuf ini aku suka karena orangnya apa adanya, asik, enggak ribet mikirin omongan orang. Iyes, dia banyak belajar dari kehidupan dan berani memutuskan pilihannya sendiri.

Pemikiran terbuka jenjuf 11 12 sama Andrea Gunawan. Cadas dan realitis. Lagi-lagi buatku ini jadi wawasan biar enggak uplek sama kota kecil doang. Bahwa dunia itu luas bos, kita bisa mendapat kesempatan yang sama selagi kita menginjakkan kaki di dunia. Intinya, kita harus menganggap diri kita berharga dulu.

Coba cek highlight "Afirmasi" deh. Di sana kita diajak buat self affirmation yaitu dengan cara mengulang-ulang terus sebuah pernyataan hingga akhirnya perkataan tersebut kita anggap benar. Nah, yang dilakukan di sini adalah Positive Self Affirmation.

Kita disuruh terus menerus ngomong ke cermin, kalau kita berharga dan itu dilakukan selama 2 bulan. Oh wow, sesering itu dan yes, alam bawah sadar kita secara enggak langsung akan menerimanya sebagai semangat agar kita bisa percaya diri. Menurutku bagus banget buat jiwa yang enggak tenang dan sedang dalam tekanan. Ini akan menjadi power ketika kita kita enggak punya siapa-siapa lagi untuk berbagi.

Ngomong pas keadaan happy gini kayaknya "kok halu banget sih". Tapi pas lagi sakit hati? Nah, siapa lagi yang akan menolong diri kita selain kita sendiri, ya kan?

5. @mamamolilo AKA Okke

Tahu Mbak Okke karena gambarnya lucu-lucu dan relate sama kehidupan emak-emak. Dan Oh, dia juga blogger, punya series namanya #modyarhood barengan Puty. Kalau mau collab sama mereka boleh banget, biasanya diposting kok tema yang akan diangkat. Terus tulisan terbaik juga akan dapat gift spesial dari sponsor. Wih, seru ya.

Back to instagram. Mbak Okke ini kalau ngomong blak-blakan dan cenderung judes tapi masih lucu. Topik yang diangkat mulai dari yang ringan kayak seputar anak, sampai feminisme. Yang aku suka, Mbak Okke kadang receh banget. Selera humornya bisa bikin aku ngakak.

Hal lain, ia juga bisa menjadi perantara dan bikin semua tuh kayak ngeblend gitu, enggak yang bermaksud nge-judge secara langsung. Pokoknya pinter bikin orang 'enggak ngerasa sakit hati' deh. Ya mungkin karena dia Lecturer kali ya. Jadi bisa menyampaikan sesuatu secara baik dan jelas.

6. @irrasistible AKA Ira

Tahu mbak ira karena... mmm apa ya, karena IG bening bersinar kalau enggak salah inget. Jadi kan Jeng Bening namanya juga Ira, nah, mbak Ira Bening Bersinar temenan sama Ira yang aku maksud ini. Eeeeh aku kepo dong, ternyata gokil, lucu, dan biasa ngobrolin hal yang seru. Cucok lengkap!

Mbak Ira termasuk blogger lama. Dia seneng berbagi resep makanan, resep kinclong (temenannya sama Ira Bening Bersinar sama Afi Assegaf sih ya, wk), dan... ya.... dia receh juga! Mbak Ira gayanya asik, humble, sama siapa saja kayaknya bisa cocok nyambung ngobrol. Jadi kita bisa ngerasa enak mengenalnya.

Di IGsnya, Mbak Ira beberapa kali mengangkat topik yang bagus banget, seperti poligami, nikah muda, stunting, sampai online dating. Ini membuka wawasan loh, karena jadi banyak yang curhat. Mbak Ira selalu bisa memposisikan diri dengan gaya bahasa yang sangat mudah dipahami.

7. @jonathanend 

Sudah deh, ini jagonya receh se Indonesia Raya. Biasanya kalau malam, sudah kelar semua kerjaan, aku langsung buka akunnya Jon. Kayaknya memang enggak ada yang bikin enggak ngakak deh. Tuh, yang paling ampuh receh nya, berjudul "request music". Aduuuuh, kebangetan sampai lagu-lagu kenapa diplesetin segala. Mana netizen pengikut Jon ini juga gesrek semua pula. Klop deh.

Buat yang belum tahu, Jon dulunya adalah Head of Social Media-nya Gojek Indonesia. Pernah kerja di Singapore, dan juga pernah jadi stand up comedian. Woh, lha ya pantes lucunya enggak kira-kira. Aku sampai enggak bisa berkata-kata sih, cek saja akunnya ya!

8. @nenglita AKA Lita

Mengaku diri Rock N Roll Mommy, aku kenal Neng Lita lebih dulu sebagai blogger. Kemudian berlanjut ke IGnya yang ternyata sama menariknya. Dia lebih aktif di IGs sih rupanya. Topik yang sudah dihighlight juga banyak banget, seperti toxic relation, puber ke-2, pelakor, sampai friendzone.

Tampilan IGnya bersih dan tertata rapi, seakan merepresentasikan Neng Lita yang adem. Iya bener, adem banget ngelihatnya. Gaya berceritanya ngeflow banget, gampang buat dipahami. Enggak bertele-tele tapi juga ngena ke akar permasalahan. Buat aku yang sering baca IGsnya, aku ngerasa nyaman baca lama-lama. Makanya, aku sadar betul, ketika ada suatu masalah di jagad media sosial, beberapa orang nyenggol Neng Lita buat ngangkat sebagai topiknya.

9. Annisast

Kayaknya aku nyebut Teh Icha terus nih dalam segala orang-orang yang difavoritkan. Dulu nih, waktu followers Teh Icha masih 2000an aku sempat batin, kok cuma segini ya, harusnya sudah puluhan ribu dong, mengingat visitor blognya saja juga sudah 4 jutaan kok. Nah beberapa saat setelah Teh Icha sering posting hasil gambarnya, bersamaan dengan bikin topik di IGs, plus kerja di mommies daily, followers nya pun naik secara signifikan.

Aku seneng banget loh, ketika dia bilang sudah bisa swipe up. Karena ya sebegitu ngefansnya aku tuh. Sosok yang beneran to the point, banyak wawasan, punya pola pikir yang sangat sangat realistis. Ayolah, siapa sih yang enggak kenal sama Annisast?

10. Sekar Arum

Beauty blogger satu ini jiwa recehnya sungguh kebangetan. Kadang yang dibahasnya memang bikin gregetan, cuma ya jatuhnya lucu juga. IG Sekar Arum yang lama dinonaktifkan sama Instagram, entah gimana ceritanya. Kayaknya kebanyakan hestek apa ya. Kok agak lupa.

Nah beruntung aku follow akun satunya, yang bernama Racun Warna-Warni. Eeeeh begitu Sekar Arum hilang, Racun warna-warni inilah yang lalu dieksiskan lagi. Karena ya seterkenal itu sekar arum, maka racun warna warni pun sekarang sudah 5000 followers.

Mengenai kenapa sih kudu banget stalking sekar arum? Gini, arum itu sebenernya suka berbagi hal positif dan informatif walaupun seringnya pakai bumbu becanda. Cuma beneran deh, beberapa produk yang dia review enggak bertele-tele, jujur banget kalau ngomong, dan selalu menekankan kalau kulit kita itu ya kita sendiri yang tahu. Review dari dia oke, belum tentu buat orang lain. Dia sering wanti-wanti ke followersnya agak bijak dalam menentukan pilihan.

***
Fiuh, akhirnya kelar juga 10 akun instagram favoritku. Lumayan berfaedah sih, ketimbang scroll akun-akun gosip yang bikin pusing dan julid. Haha ya enggak?

Nah, kalau boleh tahu, kalian paling sering kepo siapa? Jangan-jangan samaan kayak aku nih. Share di kolom komentar ya.

#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day 15

You May Also Like

0 komentar