TARGET BLOGGING 2019

by - December 19, 2018

Finally sudah hari ke 30 yeay. Sumpah kerasa juga ya ngos-ngosannya. Bergulat sama waktu, plus kerjaan lain, eeeh terpenuhi juga. Aku memang menantang diriku sendiri sih, di samping buat melatih gaya bahasa dan penulisan, juga pengen deh menambah teman. Ternyata, manfaatnya memang banyak banget sampai aku terharu huhuhu. Aku sudah punya beberapa teman baru, saling blog walking, dan wawasan satu sama lain yang sama-sama seru.

Well, topik terakhir ini adalah, apa sih target blogging 2019 nanti? Ummm, hal yang enggak terpikirkan sebelumnya, mau enggak mau aku akan nulis juga. So yeah, kita kupas saja.

Nge-blog boleh saja hanya hobby, tapi bakalan lebih asyik kalau diseriusin. Gini loh, aku tuh sudah mulai mengenal SEO, cara menulis yang baik, sering share di media sosial, dan beberapa kali belajar bareng lewat komunitas, lah kenapa enggak sekalian saja bikin blog sebagai lahan buat cari keuntungan?

Terdengar sangat materialistis, ya memang itulah salah satu fungsinya. Enggak bisa dipungkiri, sekarang aku sudah dapat satu dua artikel sponsored post, yang ternyataaa,,, wiiih asik juga ya kak. Tapi, di situlah aku juga belajar bahwa blogging itu bisa jadi sebuah profesi yang enggak main-main juga.

Maka, di tahun 2019, aku juga punya target. Apa saja? Berikut diantaranya:

1. FOTO YANG KEREN

Mungkin bagi sebagian orang, foto adalah faktor penunjang nomor kesekian, tapi bagiku pribadi, ini adalah nomor satu. Sayang deh rasanya punya basic photography yang jarang digunakan. Seperti yang sudah aku sering sambat sebelumnya, kamera foto aku tuh kurang mumpuni, jadi agak susah digunakan plus ngatur fokusnya. Duh, padahal ini termasuk yang urgent.

Kerasanya kalau sudah foto produk. Aselik, mau ngakalin dari segi apa juga, hasilnya tetep wae mentok. Sudah bikin photo box, lighting ala-ala, berkreasi sama pernak-pernik properti, tapi kan boring ya kan cuy, masa' mau foto flatray terus. Kan pengen juga bikin yang model bulb, model strobist light, sampai yang ekperimental kayak pas dulu masih muda, eaaa...

Giliran punya blog pribadi, kok fotonya enggak sedep, malu ah. Jadi, target blogging tahun 2019, gimana pun juga, tiap kali foto, aku usahakan punya karakter, total, dan metal!

via GIPHY

2. ARTIKEL YANG BERKUALITAS

Dari sekian banyak artikel yang aku bikin, rasanya kok kebanyakan curhat mulu ya hahaha. Pantes, enggak berkembang dan pageview segitu-segitu saja. Padahal pengen juga loh, bikin konten sesuai pengalaman yang membuka wawasan.

Besok aku mau mikirin gimana caranya agar tulisanku berkarakter dan dilirik banyak orang. Yang tadinya asal-asalan dan nulis sekadar cerita karena punya blog, ke depannya harus punya faedah buat para pembaca. Terus satu lagi, aku kudu pinter ngatur sudur pandang. Yang baca di sini, lebih seneng sama artikel ketika aku bisa becanda sekaligus ngasih informasi secara ringan. Mungkin karena sifat blog yang bersifat personal, jadi lebih enak punya gaya bahasa yang enggak berat-berat ya.

Aku belajar juga kok. Jadi, makasih ya yang sering baca tulisanku di sini. Karena kalianlah aku bisa bertahan dan berkonsisten ria.

via GIPHY

3. MENGIKUTI EVENT

Aku akuin, aku hampir enggak pernah ikut event blogger. Huhuhu, sedih loh, karena selama ini cuma bisa saling sapa lewat dunia maya. Padahal aku juga pengen ketemu langsung, saling tegur sapa, dan tahu kehidupan kalian di dunia nyata.

Aku masih sering kesusahan ngatur jadwal. Habis jujur saja ya, waktuku tuh kayak habis buat ngurusin rumah, momong anak, dan kerjaan. Mana aku juga punya target bikin film tahun depan, jadi harus ada prioritas dan mana yang harus dikesampingkan.

Target tahun 2019, aku kudu bisa ngikutin satu dua event blogger. Sekali-kali deh unjuk gigi dan berjumpa sama temen-temen di luar sana. Aku lebih suka ngobrol langsung soalnya. Jika selama ini bikin collab dan ngobrolnya terbatas DM instagram dan WA, moga-moga event bisa mencambuk semangatku dan membuka dunia bahwa blogging enggak bisa dipandang sebelah mata.

Kadang bingung juga sih kalau ditanya orang sama profesi blogger. Kerjaannya kan cuma nulis, foto produk, dan cuma handphone-an doang, nah, kalau aku bisa nunjukkin, oh ternyata ada loh komunitasnya, oh ternyata eksis loh, oh ternyata menjanjikan loh. Mungkin orang akan mengubah pola pikirnya.

via GIPHY

Mohon do'anya ya, moga-moga tahun depan bisa ikutan event blogger paling enggak yang deket-deket dulu deh, kayak di Jogja, atau di Semarang.

***
Fiuh, itulah dia target blogging tahun depan. Enggak lebay kan, hehe, semoga iya. Tanggung soalnya sudah punya blog, rutin perpanjang domain, eh enggak konsisten. Ya buat apa coba. Blog toh bisa jadi professional juga. Paling enggak, urusan artikel dan rutin nulis sebagai tujuan utamanya. Karena, kita sudah punya modal, sudah punya tekad, tinggal kita bisa bertahan, atau cukup sekian.

Ya sudah deh, mari kita akhiri blog challenge ini dengan bacaan hamdalah. Alhamdulillahi rabbil alamin. Sampai jumpa di challenge lainnya ya.

#BloggerPerempuan
#BPN30dayChallenge2018
#day 30

You May Also Like

3 komentar

  1. Mbak, mau tanya boleh? Itu caranya gimana ya biar dapet sponsored post?

    Makacih 😘😘

    ReplyDelete
  2. Soal fotografi itu aku pun juga sama, pengen bisa belajar foto dari berbagai angle yang berbeda. Paling susah tuh memang foto produk ya. Semoga tahun depan kalo Blogger Perempuan ngadain workshop photography for blog aku pengen ikutan hahaha. Semangat, Mbaa bloggingnya!

    ReplyDelete
  3. iyes setuju mba foto keren aku masih pengen belajar lagi deh semoga bisa nih sapa tau dari HRD bisa jadi fotografer saingan Rio Motret wkwkwkwk *halu tingkat internesyenel

    ReplyDelete