MENU PRAKTIS BUAT SAHUR

by - May 07, 2021

Jujur aja nih ya, ramadan kali ini adalah fase paling males-ku, terutama buat sahur. Selain karena aku pasti tidur larut karena kerjaan makin banyak, jadi kalau mau masak pun terasa malas. Boro-boro sahur, wong makan malam aja kadang kelupaan kok. Kacau deh pokoknya. 

Jadi, biasanya Suamiku yang ngurus menu sahur. Tenang, cuma ngangetin kok, karena kadang malamnya udah beli atau disiapin. Nah, biar agak imbang, aku tetep bikin menu praktis dong haha. Bikin agak lengkap supaya tetap ada asupan dan bisa berstamina selama puasa. Yang penting enggak pake ribet bikinnya, karena kalah sama ngantuk huhuhu. Nah, kebetulan, Suami dan Alya juga sama. Mereka tipe yang misal adanya itu, ya itu aja enggak usah repot. Apalagi sahur. Tahu banget lah, rasa kantuknya gimana.


Menu praktis yang aku maksud tersebut adalah variasi roti, smoothie buah/ sayur, salad, ataupun a bowl of granola. Makannya lahap, enggak mikir dosa-dosa di perut karena lemak jahat, juga ini adalah my comfort food. Enggak tahu yah, setiap ngabisin semangkuk granola atau salad buah penuh gitu, perutku kerasa enteng, celana tetep longgar, dan buang air besar lancar. Oh aku belum cerita ya, aku punya penyakit radang usus besar, dan harus selektif memilih makanan. Sebisa mungkin tiap hari ada asupan buah dan sayur. Misalpun pengen makanan yang berat/ aneh-aneh gitu, biasanya aku kasih makanan pembuka dulu, seperti buah-buahan. Kalau enggak ada landasan makanan sehat, bisa dipastikan perutku kerasa begah.

Begitupun ketika minum kopi. Aku penyuka kopi arabika btw. Karena kopi ini konon kopi paling aman buat penderita asam lambung, dan alhamdulillah cocok di perutku. Tiap aku minum kopi, sebelumnya aku makan secukupnya dulu, lalu cara minumnya disruput-sruput pelan. Cara ini paling aman, karena sebelum tahu bagaimana cara minum kopi yang nyaman, aku cenderung grusa-grusu, dan minum kopi sembarangan. Baik itu sachetan, atau kopi robusta yang bikin deg-deg-an.

Makan makanan sehat buat sahur, posisinya sama kayak kita sarapan. Pagi hari tuh paling bagus makan makanan sehat, biar kita bisa fit selama seharian. Aku percaya sih, karena kalau dibandingkan dengan makan nasi soto lengkap dengan pernak pernik cemilannya plus teh nasgitel, jatuhnya perut sudah penuh duluan. Kenyang sih kenyang, tapi kadang siang malah jadi ngantuk! Beneran. Berbeda kalau aku makan salad sayur dengan protein seimbang. Widih, kerasanya otak ikutan segar.

Aku nganggep sahur juga sama kok. Kadang kalau siang kan kita klentrak-klentruk, bedanya cuma lebih kerasa haus dan sering dehidrasi apalagi kalau kepanasan, nah, misal paginya kita makan menu sehat, insyaallah sesiangan mood kita stabil, lebih kalem. Stamina tetap ada, dan sesuai porsinya.

Untuk resepnya, aku sendiri biasa mix and match alias campur apa aja stock di rumah. Misal ada buah, ya jadiin smoothies buah, misal ada sayur hijau ya digadoin atau direbus aja biar seger. Tapi aku breakdown beberapa menu favorit aku yah.

1. GRANOLA AND YOGURT BOWL
Ini sebetulnya bisa buat buka puasa juga. Tapi tentatif sih, soalnya enak dimakan kapan aja. Kalau sahur pun, sebelum makan makanan yang agak berat, kadang aku makan ini dulu. Granolanya biasanya cuma 2 sendok makan, campurin dengan 2 sendok makan greek yogurt (aku suka rasa plain), terus kadang aku tambahin buah naga karena buah ini menurutku paling enak buat campuran. Rasa manisnya ada, tapi padet, dan enggak eneg. Cocok buat hidangan pembuka, dan enak kalau dimakan dikit-dikit aja.

2. SALAD SAYUR + SMOKE BEEF
Di rumah, aku selalu sedia selada, dari selada air, lettuce, atau romaine. Selain itu tomat cherry, mayonaisse, keju, sampai slide daging asap frozen supaya kalau males, bisa langsung bikin salad. Semua bahan sayuran aku cuci bersih dan potong sesuai selera. Kemudian daging asap dipanggang pakai teflon yang udah dioles margarin, terus potong kecil-kecil. Alternatif lain misal enggak ada daging asap, kalian bisa juga pakai telur rebus. Nanti kalau udah siap semua, campur sayur dan beef/ telur rebus di mangkok atau piring besar, lalu perciki dengan Extra Virgin Olive Oil dikit aja, baru tambahkan mayonnaise jika suka. Lebih enak lagi ditaburi wijen, wah bakalan terasa lebih wangi dan enak. Salad sayur satu mangkuk kayak gini aku bisa habis sendiri. Again, aku ngerasa sangat sehat dan berenergi.

3. TEH PANAS/ JUS BUAH
Another menu yang selalu aku suka buat tambahan stamina. Kadang aku ngerasa harus ada asupan gula supaya lebih bertenaga. Soalnya dulu zamannya masih nyusuin Alya, aku tuh sering loyo dan kurus banget. Suatu ketika, aku nanya ke dokter kenapa aku sangat lemes, apa karena asupanku kurang? Padahal tiap hari rasanya aku makan banyak. Eh ternyata, aku kurang gula. Dan seketika itu juga, aku selalu menyempatkan diri minum teh/ kopi dengan takaran gula yang normal. Efeknya apa? Bisa ditebak ya, aku langsung giras dan bisa ngerjain apa-apa tanpa ngeluh kecapekan. Hahah, mantap ya.

Jadi menurutku, berbekal pengalaman yang pernah aku alami, porsi makan kita tuh harus ada takaran sesuai kebutuhan. Misal badanku kecil, sehari-hari aku cuma di rumah dan mentok olahraga lari, aku harus bisa nyeimbangin. Enggak usah banyak-banyak, sebutuhnya aja, karena tentu akan berbeda dengan atlit olahraga misalnya. Aku juga bukan vegan kok, aku masih makan protein dari ikan, ayam, sapi, telur, karena kalau aku cuma makan sayur dan buah, kadang aku loyo. Apalagi aku darah rendah, sering kerasa pusing dan tangan sering basah. Aku butuh asupan protein hewani supaya lebih berenergi. Tenang, enggak berlebihan kok, sekarang aku tahu batasan.

Karena aku percaya, you are what you eat, apa yang kamu makan biasanya akan berpengaruh besar pada keseharian. Kalau kita lemas kurang makan, bisa bikin enggak maksimal dalam bekerja. Atau kalau kita kekenyangan akibat makan berlebihan, bisa mengancam kesehatan. Jadi kalem aja, semua lebih enak serba secukupnya, sepantasnya.

#BloggerPerempuan
#BPN30dayRamadanBlogChallenge2021
#day 25

You May Also Like

0 komentar