REVIEW SOMETHINC 5% NIACINAMIDE + MOISTURE SABI BEET SERUM

by - May 13, 2021

Ngomongin Somethinc kayak enggak ada habisnya yah. Belum kelar nyobain yang ini, muncul baru lagi yang itu. Apalagi sekarang banyak banget skincare enthuasiast yang selalu gercep sama produk-produk baru. Sebagai blogger yang 'kalau beli pas butuh dan pas mampu', aku sadar sih, ngejar ketinggalan tuh enggak gampang. Jadi, kalau kalian lihat aku sering ketinggalan, ya salah satunya karena enggak sanggup buat nyobain semua-mua ke wajahku yang berminyak dan rentan jerawat. Tiap mau nyobain skincare baru, biasanya karena emang habis, dan produk yang aku pilihpun aku sesuaikan sama kebutuhan kulit wajah.

Produk yang menurutku worth to try kali ini adalah Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum. Serum lokal ini digeber habis-habisan sama beauty vlogger/ blogger, sampai viral di Tik Tok karena emang canggih serta bisa membuat kulit kita lebih cerah dan bersih. Jujur, mau bahas ini tuh kayak mubazir enggak sih, karena emang banyak banget ya udah bahas, hahah. Tapi demi menaikkan traffic, dan emang termasuk produk kecintaan, aku tulis sekarang yah. Aku udah pakai ini lebih dari 4 minggu, btw. Jadi emang aku tunggu-tunggu biar kelihatan before-afternya.

SOMETHINC 5% NIACINAMIDE + MOISTURE SABI BEET SERUM

Kenapa aku pilih yang 5%? Karena bisa dikatakan, aku tuh pemula dalam nyobain niacinamide sebagai active ingredients. Kadar 5% termasuk yang minim iritasi, baru misal cocok, lanjut cobain yang kadar lebih tinggi.

Produk-produk yang mengandung niacinamide emang buanyak banget. Aku sendiri memang sering pakai niacinamide, tapi produk yang aku pakai, niacinamide-nya bukan disebutkan di urutan-urutan awal. Biasanya cuma buat pemanis, atau lengkap-lengkap aja wkwkw. Oh iya buat yang belum tahu, urutan paling awal menggambarkan urutan level/ konsentrasi yang lebih besar, nanti semakin akhir, levelnya makin mengecil. Kita lihat full ingredients-nya aja yah.

INGREDIENTS:
Centella Asiatica Water (72,5%), Niacinamide (5%), methylpropanediol, Betaine, water, 1,2-Hexanediol, glycerin, polysorbate20, ammonium acryloyldimethyltaurate/vp copolymer, polyglyceryl-10 laurate, Tetrahydrocurcumin, butylene glycol, xanthan gum, ethylhexylglycerin, adenosine, Hydrolyzed Algae Extract, Anthemis Nobilis Flower Extract, Beta Vulgaris (Beet) Root Extract, allantoin, Caffeine, Tocopherol (Vit E)

SOMETHINC 5% NIACINAMIDE + MOISTURE SABI BEET SERUM

Produk ini punya kandungan utama yakni niacinamide dan beet extract, yang bermanfaat untuk melembapkan, memperkuat skin barrier, mencerahkan, menyamarkan noda hitam, mengatasi jerawat, mengurangi kemerahan di kulit. 
Pada urutan pertama ada bahan Centella Asiatica atau yang biasa kita sebut sebagai cica. Serum ini emang punya kadar air sejumlah 72,5% dari bahan Cica, karena cica punya efek menghindrasi dan menenangkan. Perpaduan niacinamide plus cica biasa digunakan oleh banyak produk skincare, dan biasanya cocok untuk semua jenis kulit.
Terus ada juga Tetrahydrocurcumin yang terbuat dari ekstrak kunyit, dan punya strong brightening effect. Bahan ini konon bisa mencerahkan lebih kuat dibanding hydroquion khas produk abal-abal. Jadi buat kalian yang suka pakai produk abal-abal, mending tobat dan beralih ke sini deh, jauh lebih aman dan enggak berbahaya. Selain itu ditambah Vitamin E, Beet Root Extract yang kaya akan vitamin C,  Anthemis Nobilis Flower Extract/ Roman Chamonile, yang bisa menyembuhkan bekas luka serta meredakan kemerahan. Mantap ya, terdapat beribu kebaikan dalam satu botolnya

SOMETHINC 5% NIACINAMIDE + MOISTURE SABI BEET SERUM

Sama seperti produk serum Somethinc yang lain, Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum punya botol kaca yang simple, dan pakai aplikator berupa pipet. Ketika dikirim/ dikemas, enggak pakai box, tapi langsung dilapisi plastik supaya isinya tetap terjaga. 

Teksturnya sendiri watery gel based dengan warna transparant dan enggak ada wangi macam-macam. Yang 5% termasuk agak padat tapi katanya masih lebih cair ketimbang Somethinc 10%. Nah, teksturnya ini, agak susah diambil pakai pipet. Beda sama Bakuchiol-nya yang bertekstur oil, lebih gampang diambil. Awal-awal waktu isinya masih penuh sih paling dipencet sekali dua kali bisa terhisap di pipet, tapi menuju ke isinya habis, aku lebih sering nuangin botolnya ke tangan langsung. Jauh lebih gampang keluar. 

SOMETHINC 5% NIACINAMIDE + MOISTURE SABI BEET SERUM

Menurutku, serum ini butuh waktu yang enggak sebentar buat menyerap ke kulit, kalau dibandingkan dengan serum yang biasa aku pakai ya. Awal aku pakai Somethinc, seperti biasa, pakainya dijeda dulu untuk melihat reaksinya. Aku jeda 3 hari sekali, lalu di minggu kedua aku jeda 2 hari sekali, dan pakai tiap hari di minggu ketiga. Ambil 3 drop aja buatku udah cukup, pakainya setelah pakai hydrating toner/ essence yah. Dengan cara seperti ini kulitku terasa lebih aman tentram. Maklum, selain Somethinc Serum, aku juga nyobain produk layering skincare lain. 

Tapi di tengah jalan waktu transisi menuju pakai tiap hari, aku ngerasa kulitku jadi agak berat. Sempet keluar jerawat di bagian bawah pipi dan aku pikir itu maskne. Cuma mikir lagi, aku kan udah jarang pergi keluar rumah, kalaupun pakai masker, enggak lebih dari 3 jam tuh. Malah kalau lebih dari 4 jam, aku ganti masker medisnya sekalian. Sebelum pakai Somethinc, cara ini sudah paling aman untuk menghindari masker. Nah, berarti bukan Maskne dong.

Setelah nyobain berbagai macam cara, aku menemukan kontra-nya produk ini ketika dipakai di kulitku. Tapi tolong diperhatian, reaksi tiap orang berbeda ya, cocok di aku belum tentu di kamu. Sekarang, aku jabarin aja.

1. Aku enggak bisa pakai Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum dengan AHA/BHA sebelumnya. Jatuhnya kulit iritasi dan kemerahan.
2. Aku enggak bisa pakai Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum dengan Bakuchiol karena kulit terasa engap dan berat. Jatuhnya kulitku berjerawat.
3. Aku enggak bisa pakai Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum dengan toner/essence yang masih setengah basah. Artinya, kalau mau pakai serum ini, aku harus nunggu sampai toner/ essence meresap sampai terasa pliket. Kalau masih setengah basah, agak heavy dan makin susah menyerapnya. 

Kalau kalian bingung karena saking banyaknya produk yang harus dipakai, mungkin kalian bisa ikuti caraku yaitu dengan selang seling produk. Misal kamu pakai Somethinc 5% Niacinamide + Moisture Sabi Beet Serum tiap pagi, dan Bakuchil waktu malam hari. Atau misalnya lagi jatahnya pakai produk AHA/BHA atau yang bersifat ekfoliasi, kamu bisa skip penggunaan serum ini.


Dengan penggunaan yang lebih nyaman dan setelah melalui proses yang butuh kesabaran, ternyata sudah terlihat hasilnya di minggu ke-empat. Untuk jerawat, di kulitku masih tetap keluar apalagi kalau menjelang haid ataupun enggak bisa jaga pola makan. Sedangkan bopeng sendiri, mungkin butuh waktu yang lebih lama. Karena faktanya, sebuah penelitian menemukan manfaat niacinamide bisa menunjukkan hasil yang nyata setelah 8-12 minggu pemakaian. Jadi ya harap sabar aja, toh ini bukan produk instan.

Pada foto di atas, yang paling terlihat di kulitku justru efek calming dan meredakan redness pada wajah. Enggak bikin putih pucet, tapi kelihatan lebih sehat, segar, dan bercahaya. Ya sejalan sih dengan campaign Somethinc: RealisticWhite, and achieve a maximum level of #BrightBeautifully skin. Sejak waras dalam menghadapi cobaan, aku enggak neko-neko pengen kulit putih rupawan. Dapetin kulit sehat dan bersih aja sudah kebanggaan. Somethinc ini akan ngebantu memperoleh level cerah tertinggi di kulit kita. Kalau udah mentok, enggak perlu dipaksain karena kulit punya batasannya sendiri-sendiri.

Eventually, aku suka sama produk ini dan akan aku pakai lebih hikmat lagi. Semoga bisa lebih optimal dalam memperbaiki kulitku yang bermasalah. Kalau kalian gimana? Ada yang pernah pakai? Share di kolom komen ya.

You May Also Like

0 komentar